Makin Luas, Bandara Soekarno-Hatta Punya Terminal 4

Terminal 3 Bandara Soetta
Terminal bandara Soekarno-Hatta

Cermati.com, Jakarta – Bandara internasional Soekarno-Hatta (Soetta) yang terletak di Tangerang dan mulai beroperasi pada 1985 ini terus dikembangkan guna menampung jumlah penumpang, baik domestik maupun penerbangan internasional yang terus meningkat.

Seperti diketahui, saat ini Bandara Soetta hanya memiliki tiga terminal yang telah dilakukan revitalisasi atau perbaikan, yakni Terminal 1 untuk penerbangan domestik, Terminal 2 penerbangan domestik dan internasional, serta Terminal 3 buat penerbangan domestik dan internasional.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Sekelumit Sejarah Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Bandara Kemayoran
Penampakan Bandara Kemayoran via Kumparan

Sebelum berganti nama Bandara Soekarno-Hatta, penerbangan sipil ini bernama Bandar Udara Kemayoran yang terletak di Kemayoran, Jakarta Pusat pada 1928-1974. Namun seiring berjalannya waktu, Bandar Udara Kemayoran dirasa makin sempit karena peningkatan lalu lintas penerbangan.

Dengan alasan lalu lintas udara yang meningkat cepat dan dikhawatirkan mengancam lalu lintas internasional, akhirnya ada opsi membangun bandar udara internasional baru.

Pada awal 1970-an, USAID membantu pencarian lokasi potensial untuk bandara baru internasional. Waktu itu, pilihan lokasinya adalah Kemayoran, Malaka, Babakan, Jonggol, Halim, Curug, Tangerang Selatan, dan Tangerang Utara.

Pada 1974-1975, konsorsium konsultan Kanada yang terdiri dari Aviation Planning Services Ltd., Searlee Wilbee Rowland (SWR) Bersama PT Konavi sebagai mitra perwakilan dari Indonesia mulai membangun bandara internasional baru yang dinamai Jakarta International Airport Cengkareng (kode: JIAC) dengan nilai proyek sebesar 1 juta dolar Kanada.

Pada tahun 1975-1981, sebanyak 3 terminal domestik dan 1 terminal haji dibangun dengan biaya sekira USD456 juta. Pada 1982-1985 dibangun terminal domestik termasuk apron (pelataran tempat parkir pesawat) yang menelan biaya USD126 juta.

Penumpang di Bandara Soetta Makin Membludak

Check In di Bandara Soekarno Hatta
Sejumlah antrean saat check-in di bandara Soekarno-Hatta

Jumlah penumpang di Bandara Soetta terus membludak seiring bergantinya tahun. Pada tahun 1985, jumlah penumpang sebanyak 9 juta per tahun, dan di 2014 Bandara Soekarno-Hatta dinobatkan sebagai salah satu bandara tersibuk dunia dengan jumlah total 62,1 juta penumpang.

Terbaru, jumlah penumpang di bandara internasional dengan kode IATA (International Air Transport Association) CGK ini pada tahun 2019 sebanyak 54,2 juta penumpang per tahun. Namun menurut PT Angkasa Pusa (AP) II, sebagaimana Kantor Berita Antara beritakan bahwa jumlah ini turun sekira 11 juta penumpang dibanding tahun 2018 yang mencapai 65,6 juta penumpang.

Inilah yang jadi salah satu alasan bandara internasional berada di Provinsi Banten ini terus dilakukan revitalisasi Terminal 1, Terminal 2, dan Terminal 3, dan dilakukan penambahan yakni Terminal 4.

Sejauh mana progres pembangunan Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta? Simak ulasan Cermati.com berikut ini yang dirangkum dari berbagai sumber.

Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta Mulai Dibangun 2021, Selesai 2023

Bandara Internasional Soekarno-Hatta
Bandara internasional Soekarno-Hatta

Sejatinya, pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta ini sudah direncanakan sejak tahun 2014 silam. Namun pelaksanaannya tertunda karena berbagai hal.

Kini, perusahaan pelat merah AP II mengungkapkan pembangunan terminal 4 terus disiapkan secara matang. Tahap perencanaan desain Gedung ditargetkan akan selesai pada akhir 2020.

“Kamu mulai persiapan konstruksi maupun pembangunan awal (Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta) di 2021,” kata Muhammad Awaluddin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) seperti dilansir dari DetikFinance.

Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta ini berdiri di atas lahan seluas 120 hektare dengan kapasitas mencapai 45 juta penumpang per tahun. Terminal 4 ini ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo bisa rampung pada 2022 atau paling lambat awal 2023 sudah bisa beroperasi.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Kereta Bandara

Butuh Rp14 Triliun untuk Bangun Terminal 4 Soekarno-Hatta

Desainn Terminal 4 Bandara Soetta
Penampakan desain terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta via goodnewsfromindonesia

Sebagaimana banyak media massa nasional beritakan, dana yang dibutuhkan untuk membangun Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta ini sekira Rp12-14 triliun. Pendanaan terminal 4 ini dilakukan AP II dengan menggandeng perusahaan swasta.

Oleh karena itu, hingga sekarang ini masih terus membuka kesempatan bekerja sama dengan mitra strategis yang berminat untuk investasi dan ikut menggarap proyek Terminal 4 Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga: Ke Bandara Pilih Mana, Kereta Bandara, Bus Damri, atau Transportasi Online?

Bandara Soetta Bersiap Menangi Nominasi Bandara Terbaik Dunia

Bandara
Ilustrasi bandara

Tentu saja, untuk bisa bersaing dan diakui sebagai salah satu bandara terbaik dunia, modal utamanya adalah kelengkapan fasilitas dan kenyaman yang dirasakan oleh para penumpang maskapai penerbangan, baik domestik maupun internasional.

Kini, Bandara Soekarno-Hatta mampu masuk dalam nominasi di ajang pemilihan bandara terbaik dunia 2020. Bandara Soetta terus berbenah tuk buktikan kemampuannya bersaing di kancah dunia dan menjawab kebutuhan penerbangan di Indonesia dengan layanan terbaiknya.

Baca Juga: Masuk Nominasi, Akankah Soekarno-Hatta Jadi Bandara Terbaik Dunia 2020?