Maksimalkan Penggunaan Kuota Malammu dengan Melakukan Hal Ini

Di masa pandemi ini, tak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan terhadap layanan internet semakin meningkat. Hal ini menyusul adanya anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah. Padahal, beberapa hal perlu dilakukan dengan bantuan internet, termasuk bersekolah maupun bekerja. 

Inilah yang mendorong beberapa operator seluler berlomba-lomba menyuguhkan pilihan paket kuota internet yang menarik. Berbagai promo mereka luncurkan agar berhasil menarik hati penggunanya. Nah, di antara penawaran yang cukup banyak mencuri perhatian adalah paket kuota malam. Lalu, seperti apa sih kuota malam itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Meeting Online Saat Pandemi, Ini Tips agar Kuota Internet Tetap Aman

Apa Itu Kuota Malam?

loader

Jangan sia-siakan kuota malammu

Kuota malam adalah layanan paket internet yang hanya dapat digunakan pada malam hari. Biasanya, kuota ini dapat digunakan dari pukul 00:00 sampai 06:00. Namun, ada juga operator yang memberlakukan pemakaiannya hingga pukul 07.00.

Nah, jika kamu sering begadang atau lebih aktif bekerja di malam hari, kehadiran paket ini bisa menjadi angin segar. Hal ini karena selain kuotanya yang besar, harga yang ditawarkan pun lebih murah dibandingkan dengan paket reguler harian biasa. Belum lagi kecepatan internetnya pun cukup stabil mengingat jumlah penggunanya yang lebih sedikit di malam hari.

Meskipun begitu, tak selamanya kuota malam ini menguntungkan. Pada beberapa kasus, kuota akan terbuang dan tak terpakai karena penggunaan yang kurang maksimal. Tak setiap hari bisa begadang, akhirnya kuota malam pun terbuang karena masa aktif yang habis. Untuk itu, agar kuota malam bisa digunakan secara maksimal, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini.

  1. Upgrade Software Smartphone

    Untuk meng-upgrade software, kamu akan membutuhkan kuota yang cukup besar. Maka dari itu, kuota malam bisa menjadi alternatif yang tepat untuk meng-upgrade software tanpa membuang kuota utama. Dengan begitu, kuota malam pun bisa dimanfaatkan secara maksimal sembari sedikit berhemat. 

  2. Download Film dan Video

    Cara selanjutnya untuk memanfaatkan kuota malam adalah dengan men-download atau mengunduh film atau video. Hal ini karena mengunduh film dan video cenderung membutuhkan kuota yang cukup besar. Akan sayang sekali jika kamu menggunakan kuota utama karena tentu bisa membuat kantong ‘jebol’.

    Nah, dengan adanya kuota malam, kamu bisa men-download film tanpa khawatir akan menghabiskan kuota utama. Meskipun begitu, kamu tetap harus memerhatikan sisa kuota, ya. Jangan sampai karena keasyikan men-download, kamu jadi lalai hingga kuota utama ikut terpakai.

  3. Streaming Youtube dengan Kualitas HD

    Ketika menonton Youtube, ada banyak pilihan resolusi yang bisa dipilih. Mulai dari 144p sampai 1080p, bahkan pada beberapa video menyajikan pilihan resolusi 4K. Semakin tinggi resolusinya, maka semakin banyak juga kuota yang dibutuhkan untuk streaming video tersebut. 

    Jika kuota malam masih tersisa dan bingung akan digunakan untuk apa, kamu bisa menggunakannya untuk streaming Youtube dengan kualitas HD. Kamu bisa menikmati video dengan kualitas yang baik dan memuaskan serta menyimpannya untuk ditonton di lain hari. Menarik, kan?

  4. Upgrade Semua Aplikasi 

    Penggunaan kuota malam yang selanjutnya adalah untuk meng-update semua aplikasi yang ada di smartphone. Setiap aplikasi akan terus di-upgrade oleh developer aplikasi tersebut, baik untuk penambahan fitur-fitur terbaru ataupun perbaikan bugs. Untuk itu, kamu perlu melakukan upgrading agar performa aplikasi bisa berjalan maksimal.

    Untuk meng-upgrade aplikasi, kamu tentu membutuhkan kuota yang tidak sedikit. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan kuota malam agar tak terbuang sia-sia. Setelah melakukan upgrading, kamu pun bisa menggunakan aplikasi dengan layanan terbaru secara maksimal. 

  5. Men-download Game 

    Saat ini, game pada smartphone telah tersedia dalam jumlah dan jenis yang sangat banyak. Kamu bisa memainkannya baik secara online maupun offline. Namun, kamu tetap memerlukan kuota internet untuk men-download-nya.

    Selain itu, ukuran file dari game cenderung besar, terlebih game online yang berbasis MMORPG. Tentu kamu membutuhkan kuota yang cukup besar, kan? Di sinilah kamu bisa memanfaatkan kuota malammu secara tepat dan menguntungkan. 

Tetap Gunakan Secara Bijak

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan dalam memanfaatkan kuota malam agar tak mubazir. Artinya, kamu harus memanfaatkan kuota tersebut secara tepat dan maksimal agar tak merugi. 

Namun, meskipun memiliki kuota malam, kamu tetap harus bijak dalam menggunakannya, ya! Jangan sampai gara-gara kehadiran kuota malam ini, kamu jadi abai pada waktu dan kesehatan karena sering begadang. Imbangi dengan aktivitas fisik dan istirahat yang cukup serta berolahraga setiap hari agar badan tetap bugar dan sehat.

Baca Juga: Ingin Kuota Tak Jebol Saat Nonton Netflix? Berikut Tipsnya!