5 Manfaat dari Arisan Uang atau Barang

Arisan ternyata bisa jadi salah satu alternatif untuk membantu mengatur keuangan. Seperti yang diketahui, arisan merupakan suatu kegiatan kelompok yang mengumpulkan uang ataupun barang bernilai sama. Lalu, nama setiap peserta akan diundi sesuai periode waktu yang telah ditetapkan. 

Inilah yang membuat arisan kerap dianggap sebagai salah satu cara paling bagus untuk menabung. Sebab, arisan bisa melatih untuk belajar disiplin dalam menyetorkan uang di setiap bulan pada sang bendahara kelompok tersebut. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Pilih Arisan Uang Atau Barang?

loader
Arisan uang atau barang

Sebenarnya, ada cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk menentukan ikut arisan uang atau barang. Langkah pertama adalah melihat mana yang lebih dibutuhkan saat ini, apakah barang atau uang? Jika lebih butuh uang, tentunya arisan uang bisa jadi pilihan terbaik. 

Sebenarnya, arisan uang menerapkan metode yang sama seperti saat meminjam uang di lembaga perbankan. Setelah mendapatkan uang, kamu hanya perlu membayar cicilan atas pinjaman tersebut sesuai periode arisan yang ditetapkan. 

Nah, jika ternyata lebih membutuhkan barang tertentu, maka arisan barang bisa jadi pilihan tepat yang bisa diambil. Berkat arisan seperti ini, seseorang bisa mendapat barang sesuai keinginan secara langsung tanpa repot berutang. Artinya, seseorang akan mendapatkan barang yang dimaksud dalam arisan seperti mendapat pinjaman dana untuk membeli barang tersebut dari sesama anggota arisan. 

Berbagai Manfaat Mengikuti Arisan Uang atau Barang

Bagi kamu yang mungkin saat ini masih bimbang dan ragu untuk mengikuti arisan, ketahuilah bahwa sebenarnya arisan memiliki banyak keuntungan. Kira-kira apa saja? Coba simak ulasan di bawah ini. 

1. Uang hasil arisan jadi tabungan tambahan

Tahukah kamu, bahwa iuran arisan yang dibayarkan setiap bulannya juga bisa dianggap sebagai dana tabungan tambahan, lho! Misalnya, kamu bisa meminta kepada para pengurus arisan tersebut untuk mengeluarkan nama kamu pada akhir tahun. 

Dengan begitu, uang yang didapatkan dari arisan tersebut bisa digunakan untuk keperluan lain jelang pergantian tahun. Baik itu untuk mengadakan pesta bersama keluarga ataupun kerabat terdekat. Alhasil, kamu tak perlu lagi mengeluarkan uang sehingga cash flow tetap terkendali. 

Baca Juga: Untung Rugi Ikut Arisan yang Harus Kamu Tahu

2. Solusi untuk yang susah menabung

Bagi kamu yang hingga kini masih kesulitan untuk menabung, ikut dalam suatu arisan ternyata bisa jadi trik jitu. Ketika membayarkan uang setiap bulan sebagai iuran, tanpa disadari kamu telah menabung secara rutin meski tidak dilakukan dalam nominal yang besar. 

Namun ingat, ketika nama kamu keluar nantinya, jangan gunakan uang tersebut untuk berfoya-foya. Sebaiknya, memanfaatkan uang dari arisan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok ataupun membeli kebutuhan yang sifatnya mendesak. 

3. Bersosialisasi dan berbagi dengan orang lain

Apapun bentuk arisannya, baik itu uang atau barang, memungkinkan kamu untuk bertemu orang lain yang memiliki latar belakang berbeda. Dari pertemuan tersebut, kamu bisa bersosialisasi dan saling bertukar informasi ataupun pikiran. Meski arisan kerap diidentikkan sebagai ajang pamer dan bergosip semata, tetapi banyak juga arisan yang memiliki kegiatan informatif sekaligus positif. 

Bahkan tak ada salahnya jika kamu menyarankan kepada para anggota arisan tersebut untuk sekadar melakukan workshop. Jangan lupa undang seorang ahli yang memang mumpuni di bidang tersebut sehingga arisan tersebut bukan lagi jadi ajang berkumpul saja, tetapi juga belajar. Contohnya seperti kursus kilat merangkai bunga, merias wajah, atau membuat kue. 

Baca Juga: Jenis Arisan Ibu Rumah Tangga, Mana yang Sudah Kamu Ikuti?

4. Bisa jadi peluang bisnis yang menggiurkan

Di samping saling bertukar informasi dan pikiran, arisan juga memungkinkan kamu mendapatkan peluang bisnis yang menggiurkan. Hal ini terbukti dari banyaknya anggota arisan yang membawa barang dagangan ketika datang. 

Contoh sederhananya, kamu suka membuat kue. Coba deh, bawa beberapa kue buatan kamu untuk dicicipi anggota arisan lainya. Jika memang rasanya pas dan enak, otomatis mereka tidak akan ragu lagi untuk membelinya. 

5. Liburan dengan biaya murah meriah

Saat ini, ada banyak kelompok arisan yang juga kerap mengadakan acara liburan bersama. Biasanya, dana liburan tersebut dikumpulkan secara bertahap layaknya iuran arisan di setiap jadwal pertemuan. Nah, di akhir periode arisan tersebut, uang yang telah dikumpulkan bakal digunakan sebagai biaya untuk liburan bersama. 

Terdengar menarik, bukan? Cukup mencicil di setiap pertemuan dengan nominal yang tak terlalu besar, kamu sudah bisa berlibur bersama teman-teman. Seru, ya!

Sama-sama Menguntungkan Asal Cermat Memilih

Dari sekian banyak manfaat dan cara memilih arisan, kamu pasti sudah bisa memutuskan jenis arisan apa yang hendak diikuti. Perlu diketahui pula, arisan tidak diikuti dengan pembayaran bunga layaknya mencicil barang atau meminjam uang di lembaga perbankan. 

Kendati demikian, sesuaikan lagi dengan kebutuhan yang ada. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti arisan uang atau barang jika memang tidak ada dana yang tersedia. 

Baca Juga: Waspadai Penipuan Arisan Online, Ini Cara Mengenali Ciri Arisan Palsu