Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya

Meskipun ragam investasi banyak ditawarkan dan menjadi alternatif kebanyakan orang di zaman sekarang, namun jenis tabungan masih tetap menjadi idola dan kebutuhan sebagian besar orang. Alasannya adalah tabungan lebih cenderung bersifat konvensional dan hampir semua bank di Indonesia mempunyai produk ini. Terlepas dari itu, meskipun Anda sudah mempunyai tabungan di bank tertentu, namun apakah Anda tahu semua manfaat yang dapat Anda raih dari kepemilikan tabungan tersebut?

Sifat tabungan yang relatif aman dari resiko membuat banyak orang di zaman sekarang juga tidak tanggung-tanggung dalam membuat rekening tabungan. Sehingga, sangat dimungkinkan setiap orang memiliki lebih dari satu buku tabungan. Pertanyaannya adalah apakah ideal memiliki rekening bank lebih dari satu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut sangat tergantung pada kondisi keuangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Berapa Jumlah Idealnya

Ketahui Bahwa Tabungan dan Simpanan itu Berbeda

Terkadang kita salah mengartikan rekening bank yang kita miliki sebagai rekening tabungan. Padahal, rekening yang kita miliki bisa menjadi rekening simpanan jika memang kita menginginkan hal itu. Pembeda dari kedua istilah tersebut lebih mengarah pada cara mengelola uang kita yang ada di dalam rekening bank. Simpanan lebih merupakan payroll atas penghasilan bulanan yang kita dapatkan. Simpanan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan bulanan. Berbeda dengan rekening tabungan. Rekening tabungan lebih bersifat sebagai penampung atas dana yang kita sisihkan dengan berbagai macam tujuan seperti persiapan dana darurat, persiapan dana liburan, dana hura-hura dan lain sebagainya.

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan

Lalu apa saja manfaat memiliki rekening tabungan bagi Anda? Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

1. Menciptakan Kondisi Keuangan yang Lebih Sehat

Keuangan yang Sehat

Kondisi Keuangan yang Sehat via coachestrainingblog.com

 

Ini adalah manfaat pasti ketika Anda menabung karena setiap saat Anda harus mengeluarkan uang maka yang pertama kali Anda pikirkan adalah mengenai kebutuhan prioritas. Dengan itu, maka Anda sangat bisa untuk berhemat dan mengurangi kebutuhan-kebutuhan yang tidak terlalu penting. Selain itu ketika Anda sudah mempunyai pos-pos tabungan yang ditujukan untuk keperluan yang berbeda-beda maka secara otomatis Anda telah menerapkan manajemen keuangan.

2. Menabung Lebih Aman dari Pada Investasi

Menabung Lebih Aman di Bandingkan Investasi

Menabung Lebih Aman Dibandingkan Investasi via wordpress.com

 

Jika memang niat Anda adalah menabung maka rekening tabungan bisa lebih menjamin uang Anda tetap utuh. Berbeda dengan investasi yang keuntungannya bisa naik turun. Pastikan Anda menabung di bank yang terdaftar dan diatur oleh Lembaga Penjamin Simpanan Indonesia. LSI akan menjamin dana nasabahnya hingga Rp 2 milyar per bank. Selain itu jangan sampai Anda tergiur dengan pihak non-bank yang menawarkan tabungan dengan bunga yang berlipat-lipat. Sudah banyak sekali kasus penipuan tentang hal ini dan Anda harus selalu waspada.

3. Siap Sedia Ketika Kondisi Darurat

 Dapat Digunakan Sebagai Dana Darurat

Dapat Digunakan  Sebagai Dana Darurat via commercelenders.com

 

Banyak produk-produk tabungan bank yang difokuskan untuk keperluan darurat. Jika Anda tidak ingin repot menyisihkan uang, maka fasilitas tersebut sangat bermanfaat untuk berjaga-jaga ketika mengalami keadaan darurat. Dan meskipun Anda menyisihkan uang tersebut sendiri untuk keperluan darurat di pos rekening tabungan dana darurat, maka juga tidak ada salahnya, karena prinsipnya sama, yaitu menabung.

4. Keuntungan Bunga Setiap Bulan

Keuntungan Setiap Bulan

Keuntungan Setiap Bulan via rimolgreenhouses.com

 

Menabung di bank selain kita bisa lebih merapikan perencanaan keuangan dengan jaminan keamanan, satu hal yang tidak bisa diremehkan adalah adanya bunga yang diberikan setelah mencapai kurun waktu tertentu. Meskipun bunga dari tabungan ini tergolong relatif lebih rendah dari deposito, namun tetap menguntungkan jika dibandingkan dengan menabung di rumah secara konvensional.

Baca Juga : Tabungan SIMPEL: Produk Tepat untuk Mengajari Anak Mengelola Keuangan

Berapa Jumlah Ideal Rekening Tabungan yang Harus Kita Miliki?

Jika kita harus berbicara mengenai berapa jumlah ideal kepemilikan rekening khusus tabungan, maka hal ini sangat relatif dan tergantung pada kesehatan dan kekuatan keuangan yang kita miliki. Kesehatan keuangan kita dapat diukur melalui kekayaan bersih yang kita miliki setelah dikurangi oleh nilai hutang pokok. Misalkan Anda mempunyai total asset rumah, kendaraan, tanah, tabungan dan deposito. Maka jumlah kekayaan bersih yang Anda miliki adalah jumlah keseluruhan aset tersebut setelah dikurangi dengan utang pokok.

Lantas melalui hitung-hitungan tersebut kita dapat menggunakannya untuk menjawab pertanyaan di atas. Dengan mengetahui kekayaan bersih yang kita miliki, baru kita bisa mengukur apakah memiliki dana liquid (tabungan) di bank tersebut menguntungkan atau malah merugikan. Idealnya aset lancar atau dana liquid yang harus kita miliki harus pada rentang 15%-20% dari total kekayaan bersih. Jika kurang dari itu berarti Anda tidak akan memiliki dana tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan darurat. Dan jika tabungan itu lebih dari 20% maka nilai tabungan yang Anda akan semakin menurun terkena dampak inflasi.

Dengan mengetahui hal tersebut sekarang Anda bisa menentukan berapa jumlah tabungan harus Anda sisihkan melalui pos-pos rekening untuk tujuan tabungan (keperluan) masing-masing. Selain itu, Anda juga bisa lebih teratur untuk mengalokasikan tabungan ke rekening yang berbeda-beda dari gaji bulanan Anda. Kalaupun Anda tidak mampu untuk membuat beberapa rekening untuk tabungan (keperluan) yang berbeda-beda, maka Anda juga bisa membuat satu rekening tabungan untuk berbagai kebutuhan yang Anda susun berdasarkan prioritas.

Selanjutnya adalah mengenai kemampuan Anda dalam menyisihkan uang untuk menabung. Nilai ideal dalam menyisihkan uang untuk tabungan adalah sebesar 10% dari total penghasilan. Disini kita memakai kata menyisihkan bukan menyisakan. Kata menyisihkan berarti memiliki konsekuensi yang lebih serius dan menuntut konsistensi yang tinggi. Bahkan para pakar ekonomi menganjurkan untuk menyisihkan sebesar 20%-40% untuk para kawula muda. Karena dengan membiasakan berinvestasi atau menabung dengan presentase tersebut dapat membantu mereka dalam menghadapi masa setelah berumah tangga yang biasanya ketika berumah tangga jauh lebih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Baca Juga : Kenali 7 Jenis Tabungan Di Indonesia Ini Agar Tidak Salah Pilih

Menabung lebih Menjamin Keuangan Anda menjadi Lebih Sehat

Dari penjelasan yang telah dipaparkan di atas, ternyata banyak sekali manfaat dari memiliki rekening tabungan. Tabungan membantu Anda dalam menggunakan anggaran atau uang yang sudah Anda persiapkan di posnya masing-masing. Hal ini membuat kondisi keuangan Anda akan semakin baik dan Anda tidak akan khawatir lagi dengan kondisi darurat yang membutuhkan dana untuk mengatasi kondisi tersebut.

Baca Juga : Tabungan Rencana : Apa Dan Bagaimana Mengenal Jenisnya?