Manfaat Memiliki Rekening Tabungan dan Jumlah Idealnya

Bisa dibilang menabung itu cukup penting dan menjadi salah satu kebutuhan finansial yang perlu dimiliki di zaman sekarang. Jika kamu sudah memiliki tabungan, apakah jumlah tabunganmu sudah cukup memenuhi kebutuhan finansial? 

Untuk yang baru ingin memiliki tabungan, mungkin banyak yang akan ditanyakan, seperti fungsi tabungan, jumlah uang yang ideal dalam tabungan, keamanan tabungan, dan sebagainya. Munculnya pertanyaan memang suatu hal yang wajar, apalagi untuk pemula. Namun, perlu diketahui bahwa menabung yang aman adalah di lembaga keuangan, seperti perbankan.

Baca Juga: Cara dan Syarat Buka Tabungan dan Daftar Haji di Kemenag

Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Ketahui Tabungan dan Simpanan itu Berbeda

loader
Tabungan dan Simpanan Berbeda

Terkadang banyak orang salah mengartikan rekening bank yang dimiliki sebagai rekening tabungan. Rekening yang dimiliki bisa menjadi rekening simpanan jika memang itu yang diinginkan. Namun, bisa juga menjadi rekening tabungan. Pembeda antara tabungan dan simpanan lebih mengarah pada cara mengelola uang kita yang ada di dalam rekening bank.

  • Rekening Simpanan: lebih bersifat seperti penampung payroll atas penghasilan bulanan yang kita dapatkan. Simpanan difungsikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan bulanan.
  • Rekening Tabungan: lebih bersifat sebagai penampung atas dana yang kita sisihkan dengan berbagai macam tujuan, seperti persiapan dana darurat, persiapan dana liburan, dana pendidikan, dan lain sebagainya.

Manfaat Memiliki Rekening Tabungan

1. Menciptakan Kondisi Keuangan yang Lebih Sehat

loader
Kondisi Keuangan yang Sehat

Dalam sehari, pasti ada saja pengeluaran. Maka, hal pertama yang perlu dipikirkan adalah kebutuhan prioritas. Dengan begitu, kamu bisa berhemat dan mengurangi kebutuhan yang tidak terlalu penting. Selain itu, ketika sudah mempunyai pos-pos tabungan yang ditujukan untuk keperluan yang berbeda-beda, secara otomatis kamu telah menerapkan manajemen keuangan.

2. Menabung Lebih Aman dari Pada Investasi

loader
Menabung Lebih Aman Dibandingkan Investasi

Jika memang niat awalnya adalah menabung, rekening tabungan bisa lebih menjamin uang tetap utuh. Berbeda dengan investasi yang keuntungannya bisa naik turun. Pastikan kamu menabung di bank yang terdaftar dan diatur oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS akan menjamin dana nasabahnya hingga Rp2 miliar.

Selain itu, jangan tergiur dengan pihak non-bank yang menawarkan tabungan dengan bunga yang berlipat-lipat. Sudah banyak sekali kasus penipuan tentang hal ini dan harus selalu diwaspadai.

3. Siap Sedia Ketika Kondisi Darurat

  loader
Dapat Digunakan  Sebagai Dana Darurat

Banyak produk-produk tabungan bank yang difokuskan untuk keperluan darurat. Jika tidak ingin repot menyisihkan uang, fasilitas tersebut sangat bermanfaat untuk berjaga-jaga ketika mengalami keadaan darurat. Meskipun uang tersebut disisihkan untuk dana darurat, tidak ada salahnya jika digunakan untuk menabung pula.

4. Keuntungan Bunga Setiap Bulan

loader
Keuntungan Setiap Bulan

Selain merapikan perencanaan keuangan dengan jaminan keamanan, satu hal yang tidak bisa diremehkan dari menabung di bank adalah adanya bunga yang diberikan setelah mencapai kurun waktu tertentu. Meskipun bunga dari tabungan ini tergolong relatif lebih rendah dari deposito, tetap menguntungkan jika dibandingkan dengan menabung di rumah secara konvensional.

Baca Juga: Kenali Jenis-Jenis Tabungan di Indonesia

Berapa Jumlah Ideal Rekening Tabungan yang Harus Kita Miliki?

loader
Berapa Jumlah Ideal Rekening Tabungan?

Jika berbicara mengenai jumlah ideal kepemilikan rekening, hal ini sangat relatif dan tergantung pada kesehatan dan kekuatan keuangan yang dimiliki. Kesehatan keuangan dapat diukur melalui kekayaan bersih yang dimiliki setelah dikurangi oleh nilai utang pokok. Misalnya, kamu mempunyai total aset rumah, kendaraan, tanah, tabungan, dan deposito. Maka, jumlah kekayaan bersih yang dimiliki adalah jumlah keseluruhan aset tersebut setelah dikurangi dengan utang pokok.

Dengan mengetahui kekayaan bersih dimiliki, kamu bisa mengukur apakah memiliki dana likuid (tabungan) di bank tersebut menguntungkan atau malah merugikan. Idealnya aset lancar atau dana likuid yang harus dimiliki ada pada rentang 15-20% dari total kekayaan bersih. Jika kurang dari itu, dana tabungan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan darurat.

Dengan mengetahui hal tersebut, sekarang kamu bisa menentukan berapa jumlah tabungan harus disisihkan melalui pos-pos rekening untuk keperluan masing-masing. Selain itu, kamu juga bisa lebih teratur untuk mengalokasikan tabungan ke rekening yang berbeda-beda dari gaji bulanan. Kalaupun tidak mampu untuk membuat beberapa rekening untuk keperluan yang berbeda-beda, buat satu rekening tabungan untuk berbagai kebutuhan yang disusun berdasarkan prioritas.

Selanjutnya adalah mengenai kemampuan kamu dalam menyisihkan uang untuk menabung. Nilai ideal dalam menyisihkan uang untuk tabungan adalah sebesar 10% dari total penghasilan. Bahkan para pakar ekonomi menganjurkan untuk menyisihkan sebesar 20-40% untuk kawula muda. Karena dengan membiasakan berinvestasi atau menabung dengan persentase tersebut, dapat membantu mereka dalam menghadapi masa setelah berumah tangga.

Menabung Menjamin Keuangan Kamu Menjadi Lebih Sehat

Dari penjelasan yang telah dipaparkan di atas, ternyata banyak sekali manfaat dari memiliki rekening tabungan. Tabungan membantu dalam menggunakan anggaran atau uang yang sudah dipersiapkan di posnya masing-masing. Hal ini membuat kondisi keuangan makin baik dan kamu tidak akan khawatir lagi dengan kondisi darurat yang membutuhkan dana untuk mengatasi kondisi tersebut.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Meningkatkan Uang Tabungan kamu