Manfaatkan Hari Kasih Sayang jadi Peluang Bisnis buat Tambah Uang Jajan

14 Februari tinggal beberapa hari lagi, menjelang hari kasih sayang tentu akan ada banyak orang yang memanfaatkan hari valentine untuk memberikan hadiah spesial untuk orang terkasih. Baik itu untuk istri, suami, pacar atau orang tua.

Nah, jangan hanya dimanfaatkan sebagai momen untuk mengungkapkan rasa sayang. Tapi manfaatkan juga momen hari kasih sayang ini sebagai peluang bisnis untuk menambah penghasilan kamu. Bisa dijadikan sebagai peluang bisnis musiman yang lumayan menguntungkan, modal dalam menyiapkannya pun tidak mahal kok.

Intinya, asal ada niat dan kreativitas memadai, sekecil apapun bisnis jelang hari Valentine bisa membawa keuntungan yang cukup oke loh. Buat yang belum ada ide mau buka bisnis musiman apa menjelang hari Valentine nanti, berikut beberapa ide bisnis yang bisa dipilih untuk hari Valentine:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Handmade Boneka Kain

boneka

Jika kamu punya kelebihan atau hobi membuat kerajinan tangan boneka, maka kamu bisa menggunakan skill tersebut untuk bisnis musiman valentine. Nah, agar tidak sama dengan toko sebelah, cobalah untuk mendesain sendiri boneka yang akan kamu jual atau meminta pembeli untuk menentukannya sendiri.

Untuk memperlancar promosi bisnis ini, cobalah untuk memamerkan hasil boneka buatan sendiri di sosial media. Agar membuat orang semakin tertarik, cobalah untuk membuka jasa membuat boneka berkonsep couple. Berikan calon pembeli karakter berpasangan yang iconic dengan kustom bordir nama masing-masing dan pasangan untuk membuat kesan kado lebih romantis.

2. Kaos Couple

kaos couple

Jika kamu punya kelebihan dalam mendesain gambar menarik, coba salurkan bakat tersebut untuk mendapatkan uang tambahan dengan menjadikannya peluang bisnis musiman di hari kasih sayang nanti dengan membuka bisnis jual sablon kaos couple.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah membuat contoh desain kaos couple kedalam beberapa template. Pamerkan di sosial media atau blog pribadi kamu, bisa juga langsung buka toko di e-commerce agar cepat laku. Biar lebih menarik berikan contoh desain unik hasil kreasi sendiri atau membuka jasa untuk desain custom yang langsung diminta dari calon konsumen sendiri.

3. Hardcase/Softcase Smartphone Couple

Hardcase/Softcase Smartphone Couple

Selain kaos, ada satu hal lagi yang biasanya pasangan suka beli sebagai couple item di antara mereka. Hardcase/softcase handphone adalah salah satu couple item paling populer saat ini. Siapa sih yang tidak punya smarphone jaman sekarang?

Nah, memanfaatkan kepopuleran hardcase/softcase handphone dan hari kasih sayang kamu bisa membuka bisnis musiman yang lumayan menghasilkan. Kamu bisa memulai dengan membuat contoh desain kamu hardcase/softcase handphone pada template untuk berbagai jenis hp.

Jika kesulitan mengikuti jenis hp yang ada, kamu bisa mempersempit kategori tersebut dengan jenis hp yang kira-kira paling populer saat ini.

Baca Juga: Peluang Usaha Menggiurkan Pasca Banjir, Nomor 9 Modalnya Kecil Banget

 

4. Cupcake Bertema Valentine

Cupcake Bertema Valentine

Bosan kasih barang, bagaimana kalo kasih makanan? Identik dengan makanan yang manis, kamu bisa mencoba membuat bisnis membuat cupcake berkonsep spesial hari Valentine sebagai peluang bisnis musiman hari kasih sayang.

Jika kamu punya pengalaman dalam bidang kuliner satu ini tentu tidak akan kesulitan dong memenuhi standar rasa cupcake yang enak dengan desain yang cocok untuk dijadikan kado romantis di hari kasih sayang nanti. Jangan lupa manfaatkan sosial media kamu seperti instagram untuk memperkenalkan desain cupcake buatan kamu. Kasih varian desain kue dan rasa yang menarik.

5. Coklat

coklat valentine

Memberi coklat adalah hal yang paling umum untuk dikaitkan dengan hari kasih sayang. Nah, jika punya bakat dalam membuat coklat, apalagi coklat dengan berbagai bentuk dan gambar hiasan menarik tentu saja jangan sampai menyia-nyiakan bakat tersebut untuk diri sendiri. Manfaatkan juga sebagai peluang bisnis musiman, terutama di hari kasih sayang nanti.

Jangan hanya stuck di desain coklat berbau hati atau bunga. Cobalah menghias coklat dengan referensi desain yang lebih menarik perhatian lagi, biar tidak kalah dengan toko cokelat lain yang tentunya akan lebih kreatif lagi dalam mendesain coklat edisi valentine.

6. Kartu Ucapan Valentine Unik

Kartu Ucapan Valentine Unik

Kartu ucapan biasanya akan selalu ada berdampingan dengan apapun pilihan kado valentine. Tapi tidak ada salahnya kan mencoba memanfaatkan kepopularitasan kartu ucapan romantis menjelang hari valentine nanti. Kamu yang jago mendesain bisa memanfaatkan skill tersebut untuk membuat kartu ucapan orisinil yang tentunya tidak dijual dimana-mana.

Agar lebih menarik, coba terima juga jasa custom, dimana pembeli boleh memberikan ide, konsep, warna hingga tulisan. Buat bentuk kartu ucapan tidak hanya persegi panjang, coba cetak dengan berbagai bentuk yang lucu seperti hati, bunga, bintang dan banyak bentuk menarik lainnya yang cocok dijadikan hadiah spesial di hari valentine nanti.

Baca Juga: Walau Modal Kecil, Bisnis ini Untungnya Gede

 

7. Parcel Valentine

Parcel Valentine
Parcel Valentine via bukalapak.com

Zaman sekarang orang semakin kreatif saja dalam membeli kado pada hari valentine. Nah, itu lah cikal bakal lahirnya bisnis musiman parcel romantis pada hari valentine ini. Tidak cukup hanya memberi bunga dan coklat saja, parcel valentine bisa mengemas berbagai bentuk kado romantis seperti boneka, bunga, cokelat bahkan kartu ucapan romantis menjadi satu dan menarik tentunya cukup unik dan berkesan untuk dijadikan pilihan kado pada hari valentine.

8. Lukisan/Karikatur

lukisan

Jika kamu punya skill dalam melukis atau membuat sketsa seperti karikatur lucu. Bisa coba memanfaatkan kelebihan kamu untuk jadi peluang bisnis valentine. Kamu bisa memulai dengan mencoba menampilkan beberapa karya kamu ke sosial media, tulis di bio instagram kalau kamu membuka jasa melukis atau menggambar karikatur untuk pesanan hari valentine.

Jika perlu kamu jangan hanya kasih gambar tapi coba tambahkan ‘service´ lain seperti memberikan tambahan bingkai foto yang kamu ikut hiasi dengan lukisan juga. Kamu juga bisa membuka jasa menggambar untuk dikirim via digital untuk pemesan yang mungkin ingin menggunakan hasil lukisan kamu untuk hal lain.

9. Buket Bunga Plastik

buket bunga

Jika kamu memiliki hobi menghias bunga, atau floris kamu bisa mencoba membuat buket bunga untuk dijual di hari Valentine. Agar bisa lebih menarik, coba untuk memberikan beberapa contoh buket bunga yang pernah kamu buat. Jangan lupa coba berikan rekomendasi jenis-jenis bunga yang cocok untuk dijadikan diberikan sebagai hadiah di hari kasih sayang.

10. Gelang atau Kalung Handcraft

gelang handcraft

Untuk yang hobi membuat gelang dan kalung handmade bisa mencoba menjual jasa dan karya kamu untuk hari valentine. Biasanya pasangan yang ingin membeli aksesoris sebagai hadiah di hari valentine seperti gelang atau kalung akan mencoba mencari aksesoris dengan desain yang spesial dan unik serta tidak dijual dimana-mana. Untuk itu akan banyak orang mencari jual jasa membuat aksesoris yang bisa di custom sesuai dengan keinginan mereka.

Siapkan Modal dan Rapihkan Sosial Media

Setiap bisnis pasti perlu modal jadi, jika memnag benar-benar memiliki niat untuk menjalani bisnis musiman hari valentine kamu harus mulai repot untuk menyiapkan modal buka bisnis dari sekarang. Mengingat demam hari kasih sayang nanti tidak akan lama. Selain itu, manfaatkan sosial media kamu seperti facebook, instagram dan twitter untuk jadi media utama dalam mempromosikan bisnis tersebut.

Rapihkan feed, perbanyak gambar berkualitas dan penjelasan lengkap dari harga sampai deadline pemesanan hingga kontak pribadi pada bio di sosial media kamu agar calon konsumen tidak bingung ketika akan melakukan pemesanan.

Baca Juga:  Mau Sukses Bisnis Buzzer Media Sosial, Lakukan Cara ini!