Mau Ambil Kredit Motor? Ini 7 Tips Amannya

Tingginya kebutuhan masyarakat akan sarana transportasi yang baik, membuat para produsen kendaraan memiliki peluang yang besar dalam meningkatkan angka penjualan. Salah satu alat transportasi yang paling banyak digunakan hingga saat ini adalah sepeda motor, hal ini bisa dilihat dari jumlah pengguna motor yang semakin hari semakin meningkat.

Hingga saat ini, motor masih dianggap sebagai alat transportasi yang efisien dan paling mudah untuk digunakan. Banyak orang yang menggunakan motor sebagai alat transportasi utama mereka dan melakukan berbagai aktivitas dengan mengandalkannya. Motor bisa menjadi solusi bagi kemacetan yang selalu mendera pengguna jalan di perkotaan, di mana aktivitas di jalan raya seringkali menjadi sebuah hal yang melelahkan dan menguras banyak tenaga mereka.

Pembelian Motor Secara Kredit

Berbagai hal menjadi alasan banyak orang untuk memiliki sebuah motor, namun pada dasarnya hal tersebut diutamakan oleh kebutuhan akan alat transportasi yang mumpuni dan bisa diandalkan. Meski hanya dengan sejumlah dana yang terbatas, saat ini Anda  bisa tetap bisa memiliki motor dengan cara mengajukan kredit, di mana Anda hanya akan membutuhkan sejumlah uang muka dan berbagai persyaratan yang telah ditetapkan oleh pihak leasing yang Anda  gunakan.

Membeli motor dengan cara kredit akan membantu Anda untuk bisa segera memiliki sebuah motor dengan mudah, sehingga Anda tidak perlu menabung dalam jangka waktu yang sangat lama untuk mendapatkannya. Hal ini akan sangat membantu, terutama jika Anda  memang benar-benar membutuhkan dan bisa memanfaatkan motor tersebut untuk mendukung berbagai aktivitas harian yang harus Anda lakukan. Dengan begitu, pembelian motor yang Anda lakukan akan efektif dan berguna dengan maksimal.

Saat akan membeli motor secara kredit, Anda wajib mempertimbangkan hal tersebut dengan matang, karena pembelian secara kredit akan mempengaruhi keuangan Anda selama kurun waktu yang cukup lama (tergantung masa kredit yang akan Anda pilih). Berikut tips membeli motor dengan cara kredit:

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan dan Keinginan via theperformancecurve.com

 

Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah motor, maka Anda harus mengetahui dengan jelas kebutuhan diri sendiri akan sebuah motor. Sesuaikan jenis motor yang akan Anda beli dengan kebutuhan, jangan sampai Anda membeli sebuah motor yang tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Pilih jenis dan tipe motor yang benar-benar Anda butuhkan dan jangan memaksakan diri untuk membeli sebuah motor yang hanya bisa digunakan oleh Anda sendiri, terutama jika Anda telah berkeluarga dan anggota keluarga lainnya juga akan menggunakannya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari pembelian yang akan dilakukan tersebut.

Baca Juga : Tips Tukar Tambah Motor Lama dengan Motor Baru

2. Sesuaikan Dengan Anggaran

Sesuaikan Dengan Anggaran

Sesuaikan Dengan Anggaran via wordpress.com 

 

Saat membeli motor dengan kredit, maka bisa dipastikan Anda hanya memiliki anggaran terbatas, sehingga tidak mampu untuk membeli motor secara tunai. Mengingat kondisi tersebut, maka akan sangat baik jika Anda membeli sebuah motor yang memang harganya berada dalam jangkauan keuangan Anda, sehingga Anda tidak akan terbebani dengan sejumlah cicilan yang cukup besar setiap bulannya.

Jangan memilih motor dengan harga yang mahal hanya karena jumlah uang muka yang Anda miliki cukup untuk membawanya pulang. Hal ini akan membuat Anda mengalami kesulitan saat membayar cicilannya yang tentu saja akan besar dan sesuai dengan harga motor tersebut, atau meskipun cicilannya kecil maka Anda harus mencicilnya dalam kurun waktu yang lebih panjang, dengan begitu Anda akan membayar jumlah bunga yang lebih besar.

Pilihlah sebuah motor yang sesuai dengan kemampuan keuangan Anda, artinya cicilannya tidak akan membebani atau mengganggu keuangan Anda dan keluarga, karena jika hal tersebut terjadi maka Anda akan sangat kerepotan nantinya. Selalu usahakan untuk membayar uang muka dalam jumlah yang besar, hal ini akan membantu Anda mendapatkan jumlah cicilan yang lebih ringan setiap bulannya, atau Anda bisa melunasi cicilan tersebut dalam kurun waktu yang singkat saja.

3. Lakukan Survei dan Perbandingan

Lakukan Survey dan Perbandingan

Lakukan Survey dan Perbandingkan via omnitrans.org

 

Ada banyak dealer yang bisa Anda  jadikan pilihan, jadi jangan terburu-buru untuk menentukan hal tersebut. Datangi beberapa dealer dan dapatkan berbagai informasi mengenai motor yang akan Anda beli. Cermati setiap penawaran yang mereka berikan, agar Anda memiliki beberapa dealer yang bisa dipertimbangkan.

Sebelum menentukan pilihan, maka ada baiknya Anda melakukan perbandingan. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan sebuah penawaran terbaik dan paling menguntungkan dalam pembelian yang akan dilakukan. Pastikan Anda menemukan sebuah dealer dengan reputasi dan kinerja terbaik, sehingga Anda bisa menghindari berbagai macam risiko kerugian yang mungkin datang di masa yang akan datang.

4. Temukan Leasing Terbaik

Temukan Leasing Terbaik

Temukan Leasing Terbaik via hardsoftcomputers.co.uk

 

Hampir sama dengan dealer, saat ini juga ada banyak perusahaan leasing yang menawarkan jasa dalam pembelian kredit motor yang akan Anda lakukan, dengan begitu Anda akan memiliki banyak pilihan. Meski biasanya pihak dealer akan merekomendasikan leasing tertentu, namun hal tersebut bukanlah harga mati yang harus Anda turuti, Anda tetap bisa memilih sendiri leasing yang paling sesuai dengan kebutuhan kredit saat ini.

Dapatkan informasi yang jelas mengenai leasing, hal ini bisa Anda lakukan dengan mendatangi kantor cabang mereka atau dengan mencari informasi lewat internet. Lakukan perbandingan dan pertimbangkan berbagai layanan serta kemudahan yang mereka tawarkan, sehingga Anda mendapatkan keuntungan maksimal dari pengajuan kredit yang akan dilakukan. Pastikan Anda memilih sebuah leasing yang memiliki kredibilitas yang baik, serta kinerja dan layanan yang memuaskan.

5. Pilih Penawaran Leasing Terbaik

Pilih Penawaran Leasing Terbaik

Pilih Penawarann Leasing Terbaik via gorentals.ie

 

Dalam memilih leasing, Anda tentu harus mempertimbangkan juga mengenai penawaran yang mereka berikan kepada Anda. Lakukan simulasi kredit dan pertimbangkan mengenai penawaran yang paling menguntungkan bagi Anda. Pilihlah fasilitas kredit yang tidak membebani dan paling ringan bagi keuangan Anda .

Anda juga harus mempertimbangkan besaran bunga kredit yang mereka terapkan, jangan sampai Anda dibebani oleh sejumlah bunga tinggi yang akan menambah nilai cicilan bulanan yang harus dibayarkan nantinya. Selain hal tersebut, fasilitas pembayaran yang ditawarkan oleh leasing juga patut untuk Anda cermati, pilih leasing yang memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran sehingga Anda tidak akan mengalami kesulitan saat akan melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya.

6. Pertimbangkan Berbagai Biaya

Pertimbangkan Berbagai Biaya

Pertimbangkan Berbagai Biaya via fiskal.co.id

 

Selain suku bunga kredit, maka penerapan sejumlah biaya dalam pembelian kredit adalah hal yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Ada banyak orang yang lupa atau tidak menyikapi hal ini saat akan melakukan pengajuan kredit, di mana hal ini sebenarnya bisa sangat merugikan Anda di kemudian hari.

Beberapa leasing menerapkan sejumlah biaya yang sangat tinggi bagi para nasabahnya, hal ini mungkin saja terjadi karena pada dasarnya para calon nasabah kurang teliti mengenai hal tersebut dan baru menyesalinya setelah kredit tersebut berjalan dan mereka dikenai sejumlah biaya tersebut. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda wajib untuk menanyakan berbagai macam biaya yang akan dikenakan oleh leasing pada Anda, seperti: biaya denda keterlambatan, biaya penalti jika terjadi pelunasan utang di awal, biaya pengambilan BPKB jika masa kredit telah selesai, dan berbagai macam biaya lainnya.

7. Pastikan Motor Dilindungi Asuransi

Asuransi Kendaraan

Asuransi Kendaraan Bermotor via newredwoodinsurance.com

 

Saat memiliki motor, maka Anda juga akan menanggung sejumlah risiko yang mungkin saja terjadi terhadap motor tersebut. Pastikan motor yang akan Anda kredit telah dicover oleh asuransi, sehingga Anda bisa menghindari berbagai risiko yang mungkin saja terjadi pada motor. Ketahui juga jenis asuransi yang digunakan serta jumlah biaya yang akan Anda bayarkan, dengan begitu Anda bisa merasa tenang dan nyaman saat menggunakan motor.

Anda juga perlu menanyakan mengenai proses pengambilan BPKB setelah masa kredit nantinya akan selesai, jangan sampai Anda kelak direpotkan oleh berbagai macam prosedur dan biaya yang tidak Anda ketahui sejak awal.

Baca Juga : Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Ajukan Kredit Motor

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Pertimbangkan Dengan Matang

Banyak orang berpikir bahwa membeli motor dengan cara kredit adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan, namun sebenarnya pembelian kredit merupakan hal yang akan membutuhkan rasa tanggung jawab yang besar serta pertimbangan yang matang sejak awal. Pastikan Anda mengajukan kredit motor yang benar-benar dibutuhkan serta berada dalam kemampuan bayar, sehingga Anda mendapatkan manfaat maksimal dari pengajuan kredit yang Anda lakukan. Senang mengajukan, senang pula membayar cicilan.

Baca Juga : Kredit Motor Anda Ditolak? Ini Alasannya!