Mau Bisnis Anda Jadi Viral? Begini Caranya Biar Terkenal

Pernah dengar es kepal milo? Bisnis yang sempat viral di tahun 2018. Begitu kekinian, langsung menjamur di mana-mana.

Sekarang kalau mau viral sebetulnya gampang. Sebar saja di media sosial. Tetapi tentunya viral positif ya. Imejnya bagus, bukan yang negatif sehingga jadi bahan bully-an netizen.

Jika bisnis Anda mau viral, simak beberapa tips berikut ini:

Baca Juga: UMKM Wajib Tahu, Begini Cara Daftarkan Produk ke BPOM secara Online

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Gunakan merek atau nama unik

Bisnis

Agar bisnis viral, gunakan nama atau merek produk yang unik. Bukan hanya itu, tempat atau lokasi usaha pun beda dari yang lain. Misalnya karena lokasi bisnis di dekat kawasan pemakaman, bisa dibuat merek produk es pocong, dan lainnya.

Kalau ada sesuatu yang unik dari bisnis Anda, pasti membuat orang penasaran. Akhirnya datang ke outlet dan membeli produk Anda.

Kemudian berita atau kabar keunikan bisnis Anda menyebar dari mulut ke mulut, sehingga menjadi viral. Kalau sudah viral, pasti bakal banyak orang tertarik membeli produk Anda. Bila pas atau cocok dengan konsumen, jadi langganan tetap deh.

2. Ada cerita menarik di balik bisnis Anda

Bisnis

Pernah dengar atau makan pisang goreng Bu Nanik? Selain rasanya enak, bisnis pisang goreng ini punya cerita menarik.

Gula yang biasanya dicampur dalam adonan pisang goreng diganti madu atas saran Ibunda Bu Nanik. Alasannya karena keluarganya menderita diabetes.

Awalnya, pisang goreng ini hanya dikonsumsi keluarga saja. Namun, Bu Nanik menjajal peruntungan dengan menerima pesanan katering karyawan hotel. Sejak saat itu sampai sekarang, cuan bisnis pisang goreng Bu Nanik makin ‘manis.’

Jika Anda merasa ada kisah atau cerita menarik di balik perjalanan bisnis Anda, kemas dengan apik. Anda bisa tuangkan kisah tersebut di website bisnis Anda.

Baca Juga: Bisnis Bareng Suami? Ini Tipsnya agar Tetap Akur dan Langgeng

3. Kemasan produk yang eye catching

Bisnis

Urusan packaging sebenarnya sangat subjektif. Artinya tergantung selera masing-masing orang. Namun kemasan menarik dan eye catching dapat mempengaruhi orang untuk membeli produk.

Konsumen bisa terpancing untuk mencari tahu tentang produk Anda. Kemudian tertarik untuk membeli dan mengonsumsi produk.

Perhatikan perpaduan warna, jenis kemasan, logo, dan tulisan apa saja yang ada di dalam kemasan. Buatlah semenarik mungkin untuk mengundang ketertarikan konsumen.

Konsumen juga akan lebih mudah mengenali produk kalau packaging-nya menarik. Jadi, perhatikan poin ini baik-baik supaya Anda tidak asal-asalan dalam mengemas produk.

4. Promosikan di media sosial

sosial media

Kekuatan media sosial sangat dahsyat dalam mempengaruhi konsumen. Media sosial menjadi salah satu wadah promosi online yang sangat dinikmati pelaku usaha.

Anda dapat memasarkan produk atau jasa Anda di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube.

Promosikan secara rutin dengan caption menarik, agar produk semakin viral. Perhatikan waktu promosinya agar produk mendapat banyak views.

Kalau Anda belum mengerti soal memanfaatkan media sosial untuk bisnis, rekrut saja satu orang untuk menjadi admin. Istilahnya jadi sosial media specialist. Jadi Anda tetap bisa fokus pada bisnis.

5. Adakan promo

Bisnis

Mau lebih cepat viral? Adakan promo dong. Apapun bentuk promo, pasti mendulang viewers, followers, atau subscriber.

Promo bisa berupa diskon atau potongan harga, buy 1 get 1, cashback, atau lainnya. Cara efektif dan efisien menarik konsumen membeli produk. 

Tidak perlu takut rugi. Promosi sangat lumrah dilakukan pengusaha, apalagi di awal-awal merintis bisnis. Jika strategi promosinya tepat, Anda malah bakal untung. Produk cepat dikenal masyarakat, dan penjualan meningkat.   

Baca Juga: Mengenal Customer Engagement dan Peran Pentingnya bagi Perkembangan Sebuah Bisnis

6. Gandeng selebgram atau youtuber

Selebgram

Produk oke, packaging bagus, kualitas the best, tetapi belum viral juga? Coba gandeng selebgram, influencer, atau youtuber.

Misalnya Anda buka usaha kuliner makanan. Endorse saja salah satu youtuber atau food vlogger untuk mukbang di restoran Anda.

Cara ini sangat bagus untuk membantu bisnis Anda dikenal orang, bahkan viral. Tak perlu youtuber, selebgram atau food vlogger terkenal. Yang penting mereka punya basis follower dan subscriber banyak.

7. Tingkatkan review

Bisnis

Tips lain agar bisnismu viral adalah meningkatkan jumlah review produk. Mintalah konsumen mengisi semacam review, bisa online atau offline.

Jika ada kritik dan saran, Anda bisa langsung mengevaluasi dan memperbaikinya. Bila review sudah bagus, maka pertahankan apa yang sudah Anda berikan pada konsumen.

Hindarilah memalsukan review suatu produk. Apabila ketahuan, maka konsumen tidak akan percaya lagi pada produk Anda. Kredibilitas sangat penting bagi keberlangsungan usaha.  

Bikin Bisnis Viral Gak Melulu Perlu Modal

Untuk membuat bisnis menjadi viral, tidak melulu memerlukan suntikan modal. Pakai cara sederhana dulu, misalnya promosi di media sosial pribadi. Jika belum sesuai target, Anda dapat memaksimalkan modal untuk menggunakan cara lain.

Baca Juga: Salah Pilih Bikin Rugi, Ini Tips Cerdas Memilih Pinjaman UMKM untuk Modal Bisnis