Mau Dapat Uang Meski Hanya di Rumah? Ini Caranya!

Siapa yang mau dapat uang meski hanya di rumah saja? Semua orang pasti mau, tapi tidak semua orang berhasil mewujudkannya. Sebagian besar tetap masih harus berangkat ke kantor pagi-pagi buta untuk mendapatkan uang, memenuhi kebutuhan hidupnya.

Namun, hidup dari satu sumber penghasilan saja tidaklah disarankan mengingat banyaknya pos-pos pengeluaran yang mesti di-cover.  Lakukan cara berikut agar kamu bisa dapat uang meski hanya di rumah. Lumayan untuk tambah-tambah pemasukan, lho!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Mulai bisnis online

loader

Pertama, kamu bisa mulai menjalankan bisnis online. Kamu tidak perlu memikirkan lokasi untuk berjualan, biaya listrik, konsep tempat karena yang satu ini bisa dilakukan di rumah. Bahkan di tengah-tengah kesibukan untuk mengurus rumah, bisnis ini tetap bisa dijalankan. 

Beberapa bisnis online yang bisa dicoba, seperti pakaian, alat memasak, produk kecantikan, dan furniture. Sementara untuk modalnya, tergantung bisnis yang ingin dijalankan.

Kalau kamu tidak mau keluar modal besar, bisa coba jadi dropshipper. Disini kamu bertindak sebagai orang ketiga dalam kegiatan jual beli online. Keuntungan bisa didapat dengan cara mark up harga barang yang ingin dijual kepada konsumen.

2. Menjadi freelancer

loader

Kalau kamu menginginkan pekerjaan yang fleksibel dari segi waktu dan tempat, bisa coba jadi freelancer. Misalnya, freelance writer, fotografer, editor, translator, desain website, dan masih banyak lagi. Kunci kesuksesannya terletak di kualitas dan originalitas setiap karya yang kamu buat. Jadi jangan coba-coba plagiat, ya!

Sebelum memulainya, sebaiknya siapkan portofolio kerja. Sesuaikan dengan bidang freelancer yang diinginkan. Kalau bidangmu ada di fotografi, maka buatkan portofolio berupa gambar yang dipotret sendiri.

Baca Juga: Mumpung WFH, Yuk Coba 9 Ide Bisnis Ini untuk Tambah Income!

3. Buka warung atau kedai kopi

loader

Kalau pasarmu adalah anak muda, cobalah membuka warung atau kedai kopi di sekitar rumah. Sebab, sudah menjadi gaya hidup anak muda untuk nongkrong di kedai kopi sewaktu senggang. Tentunya akan menjadi satu keuntungan tersendiri untukmu.

Menunya sendiri bisa disesuaikan, jadi tidak melulu hanya kopi saja. Apalagi tidak semua pengunjung ingin minum kopi, kan? Sediakan juga milkshake, jus, dan aneka makanan ringan sebagai teman saat mengobrol.

Modalnya memang lumayan, tapi kamu bisa siasati dengan menyederhanakan konsep warung atau kedainya. Kamu bisa bermain di kualitas kopi atau minuman lainnya, jadi tempatmu tak pernah sepi pengunjung.

4. Buka katering

loader

Bagi yang suka memasak, bisa coba buka usaha katering. Agar usaha ini berhasil, ada tentukan pasarnya terlebih dahulu. Apakah pasarnya adalah pekerja kantoran atau orang yang ingin mengadakan hajatan?

Ini penting karena akan mempengaruhi tingkat fleksibilitas waktumu. Kalau pasarnya pekerja kantoran, itu artinya kamu harus belanja dan memasak setiap hari. Tapi kalau pasarnya orang yang punya hajatan, memasaknya cuma saat orderan masuk saja.

Selain itu, perhatikan kualitas masakan juga, ya! Sebab, kunci kesuksesan usaha katering ada pada cita rasa dan tingkat kebersihan makanannya. 

5. Menawarkan jasa

loader

Uang juga bisa didapatkan dengan menawarkan jasa kepada mereka yang membutuhkan. Namanya jasa, tentu untuk memudahkan pekerjaan orang lain. Misalnya dengan membuka usaha laundry, fotokopi, salon, atau pengiriman barang.

Mengingat jenis usaha jasanya lumayan banyak, sebaiknya pilih salah satu yang paling menguntungkan. Sesuaikan dengan modal agar memilihnya lebih mudah.

Perhatikan kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen karena keberhasilan usaha ini sangat bergantung pada penilaian konsumen. Jangan sampai mereka kecewa, ya!

Baca Juga: Wow! 15 Aplikasi Online Ini Bisa Hasilkan Uang Kilat

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Memulai

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai mencari pekerjaan atau bisnis sampingan untuk menambah penghasilan agar tidak hanya bisa cuan, tapi juga bisa bertahan dalam waktu yang lama:

1. Sesuaikan dengan passion

Setiap orang punya passion yang berbeda. Sebaiknya ketahui passion kamu untuk memudahkanmu memilih pekerjaan yang ingin dilakukan dari rumah. 

Passion ini jugalah yang membuatmu semangat untuk bekerja nanti. Sesulit apapun pekerjaan tersebut, tapi karena menyukainya, kamu pasti berusaha memberi yang terbaik.

2. Harus penuh tanggung jawab

Meskipun bisa dikerjakan dari rumah, bukan berarti kerjanya jadi asal-asalan. Harus dengan tanggung jawab juga karena kesuksesanmu tergantung pada tingkat kepuasan konsumen.

Misalnya sebagai freelancer, kamu harus menepati janji yang sudah dibuat dengan konsumen. Jangan membatalkannya secara tiba-tiba dan lari dari tanggung jawab.

3. Perhatikan kualitas

Uangmu akan terus berputar kalau kamu menjaga kualitas kerjamu. Misalnya di bidang jasa, kualitas yang harus dipertahankan adalah pelayanan. Sedangkan di bidang kuliner, kualitasnya ada pada cita rasa makanan.

Konsumen rela membayar mahal demi mendapatkan kualitas yang sesuai. Jadi, jangan meremehkan kualitas, ya!

4. Inovasi dari waktu ke waktu

Poin terakhir yang mesti diperhatikan adalah inovasi. Lakukan perubahan dari waktu ke waktu, misalnya dengan meningkatkan kualitas layanan, menawarkan produk baru, atau membuat karya yang unik. 

Tujuannya agar konsumen tidak mudah bosan. Mereka juga tidak mau berpindah ke lain hati. 

Mintalah Feedback dari Konsumen

Kepuasan konsumen menjadi kunci tentang berapa banyak uang yang bisa didapatkan meski hanya di rumah. Jadi, jangan ragu meminta feedback dari konsumen untuk kebaikan dan kemajuan kerjamu, ya!

Baca Juga: Punya Pekerjaan Sampingan Penting Banget di Zaman Now, Ini Alasannya