Mau Gadai BPKB Motor Cepat dan Aman? Ini Pilihan Jenis Gadainya

Saat sedang kepepet keuangan atau membutuhkan sejumlah dana, gadai BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) sering dipilih menjadi solusi praktis nan cepat. Salah satu tempat yang menawarkan jasa ‘menyekolahkan BPKB motor’ dengan aman adalah lembaga pegadaian.

Anda tidak perlu khawatir meminjam uang dengan cara melakukan gadai BPKB motor di lembaga gadai resmi karena sistem yang diterapkan memiliki standar keamanan yang baik guna menjaga jaminan harta benda yang dititipkan.Lembaga pegadaian resmi yang melayani jasa gadai BPKB aman ialah PT Pegadaian (Persero) adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang melayani jasa penyaluran kredit kepada masyarakat atas dasar hukum gadai. PT Pegadaian memiliki banyak kantor cabang/outlet yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Proses pinjaman Anda bisa cair cepat, hanya 15 menit. Khusus produk gadai BPKB motor, Pegadaian menawarkan 4 jenis model pinjaman dengan syarat yang mudah dan proses pencairan dana yang cepat. Sebelum Anda gadai BPKB motor, sebaiknya Anda mengetahui produk pinjaman yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak ulasan pilihan produk yang ditawarkan berikut ini berdasarkan sumber dari portal resmi pegadaian.co.id 

1. Gadai KCA (Kredit Cepat Aman)

Gadai BPKB Motor di Pegadaian via unand.ac.id

 

Kredit Cepat Aman (KCA) memiliki sistem gadai konvensional dengan yang bisa diikuti oleh semua orang untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Cukup dengan menyekolahkan BPKP motor, pinjaman Anda akan diproses dalam waktu 15 menit. KCA merupakan solusi terpercaya untuk mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat dan aman. Selain BPKB motor untuk agunan KCA, Anda juga bisa menggunakan agunan lainnya seperti perhiasan emas/batangan, mobil, sepeda motor, handphone atau barang elektronik lainnya.   

Bentuk Pinjaman:

  • Anda bisa mendapatkan  pinjaman mulai dari Rp50 ribu – Rp500 juta, atau lebih.
  • Pinjaman dalam bentuk tunai dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.
  • Praktis, tanpa perlu buka rekening dengan perhitungan sewa modal selama masa pinjaman.
  • Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Syaratnya:

Menyerahkan fotocopy KTP, KK atau identitas resmi lainnya (contohnya: surat nikah). Menyerahkan dokumen sah kepemilikan kendaraan bermotor seperti: BPKB Asli, fotocopy STNK dan membawa STNK. Nasabah mendatangani surat bukti kredit (SBK).

Baca Juga: Ketahui Cara Menghitung Simulasi Kredit Motor Bekas

2.Pinjaman Gadai Syariah (RAHN)

Gadai berprinsip syariah (RAHN) juga bisa menjadi alternatif pilihan solusi kebutuhan dana Anda. Prosesnya cepat dan berprinsip syariah. Hanya dengan menggunakan agunan BPKB motor, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dalam waktu 15 menit. Tidak perlu ragu atau khawatir, barang jaminan dan nasabah diasuransikan. Selain BPKB kendaraan bermotor, Anda juga bisa menggunakan jaminan lainnya seperti perhiasan atau barang elektronik.

Bentuk Pinjaman:

  • Anda bisa mendapatkan  (Marhun Bih) mulai dari Rp50 ribu- Rp200 juta, atau lebih.
  • Pinjaman dalam bentuk tunai dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari, dapat diperpanjang dengan cara membayar ijaroh saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.
  • Praktis, tanpa perlu buka rekening dan pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan ijaroh selama masa pinjaman.
  • Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai dan barang jaminan tersimpan secara aman.

Syaratnya:

Menyerahkan fotocopy KTP, KK atau identitas resmi lainnya (contohnya: surat nikah). Menyerahkan dokumen sah kepemilikan kendaraan bermotor seperti: BPKB Asli, fotocopy STNK dan membawa STNK.

3. Pinjaman KREASI Pegadaian

Gadai BPKB  via i988.photobucket.com 

 

Usaha Anda butuh modal? Gunakan saja pinjaman KREASI dari Pegadaian. Cara tambah modal usaha dengan aman dan cepat (hanya 3 hari proses), dan bisa menggunakan agunan BPKB motor ialah pinjaman KREASI. KREASI merupakan kredit yang khusus diberikan kepada Usaha Kecil dan menengah (UKM) untuk pengembangan usaha. BPKB motor sebagai agunan, motornya masih bisa dimanfaatkan untuk mendukung usaha Anda.

Bentuk Pinjaman:

  • Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp1 juta – Rp200 juta.
  • Pinjaman dalam bentuk tunai dengan jangka waktu yang ditawarkan fleksible mulai dari 12, 18, 24 dan 36 bulan.
  • Sewa modal (bunga pinjaman) relatif murah dengan angsuran tetap per bulan. 
  • Praktis, tanpa perlu buka rekening dan pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu, dengan pemberian diskon untuk sewa modal.

Syaratnya:

Memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan dan sudah berjalan selama 1 tahun. Menyerahkan fotocopy KTP, KK atau identitas resmi lainnya (contohnya: surat nikah). Menyerahkan dokumen sah kepemilikan kendaraan bermotor seperti: BPKB Asli, fotocopy STNK dan membawa STNK.

Baca Juga: 7 Tips Kredit Motor Bekas Tanpa Repot

4. Gadai ARRUM

Gadai syariah khusus untuk biaya pengembangan usaha mikro kecil Anda yang ditawarkan oleh Pegadaian ialah pembiayaan ARRUM. Pinjaman yang bisa didapatkan dengan menyekolahkan BPKB motor Anda dan pinjaman yang diberikan akan diproses secara syariah. Prosesnya tetap mudah dan cepat, selain itu kendaraan akan tetap bisa digunakan oleh pemiliknya untuk mendukung usaha keseharian.  

Bentuk Pinjaman:

  • Pinjaman dalam bentuk tunai dengan jangka waktu yang ditawarkan fleksible mulai dari 12, 18, 24 dan 36 bulan.
  • Prosedur pengajuan Marhun Bih (pinjaman) hanya 3 hari dan dana dapat segera cair.
  • Ijaroh relatif murah dengan angsuran tetap per bulannya dan pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu.

Syaratnya:

Memiliki usaha yang memenuhi kriteria kelayakan dan sudah berjalan selama 1 tahun. Menyerahkan fotocopy KTP, KK atau identitas resmi lainnya (contohnya: surat nikah). Menyerahkan dokumen sah kepemilikan kendaraan bermotor seperti: BPKB Asli, fotocopy STNK dan membawa STNK. 

Selain menentukan mana jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya, Anda juga mengetahui kisaran beban suku bunga gadai atau biaya jasa penitipan (khusus pinjaman gadai syariah). Kisaran biaya bunga atau jasa penitipan itu dibagi berdasarkan tingkat golongannya. Tentunya, besar dana pinjaman yang Anda ajukan akan mempengaruhi besar bunga yang dibebankan kepada Anda. Adapun besarnya bunga yang dibebankan kepada peminjam terbagi atas empat jenis golongan. Untuk gadai emas dan non-emas (BPKB kendaraan, barang elektronik).  

Hitungan Biaya Bunga Pegadaian Jenis Konvensional

  1. Golongan A : Pinjaman sebesar Rp50.000-Rp500.000, akan dikenakan bunga 0,75%.
  2. Golongan B : Pinjaman sebesar Rp500.001-Rp5 juta, akan dikenakan bunga 1,15%.
  3. Golongan C : Pinjaman dana sebesar Rp5.000.001-Rp20 juta, dikenakan bunga 1,15%.
  4. Golongan D : Pinjaman sebesar lebih dari Rp20 juta, bunga hanya 1% untuk gadai emas, non-emas akan dikenakan bunga 1,15%.

Hitungan Biaya Penitipan Prinsip Syariah

  1. Golongan A : Pinjaman sebesar Rp50.000-Rp500.000, akan dikenakan biaya penitipan 0,45%.
  2. Golongan B : Pinjaman sebesar Rp500.001-Rp5 juta, akan dikenakan biaya penitipan 0,71% untuk gadai emas, sedangkan non-emas 0,72%.
  3. Golongan C : Pinjaman sebesar Rp5.000.001-Rp20 juta, akan dikenakan biaya penitipan 0,71% untuk gadai emas, sedangkan non-emas 0,72%.
  4. Golongan D : Pinjaman dana sebesar lebih dari Rp20 juta, biaya penitipannya hanya dikenakan 0,62% untuk gadai emas, sedangkan non-emas 0,65%.

Anda Bingung Cari Kredit Motor Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Kredit Motor Terbaik! 

Bijak Gadai BPKB Motor

Agar Anda berhasil mendapatkan pinjaman maksimal dari gadai BPKB motor, Anda harus memahami dan memilih jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan, memahami aturan biaya bunga kisaran atau biaya penitipan yang Anda bayarkan bersama cicilan pinjaman Anda. Gadai BPKB memang cara yang mudah untuk mendapatkan dana tunai, sebaiknya cara ini Anda gunakan dengan bijak. Pinjamlah dana sesuai kebutuhan dan bayar cicilan sesuai kemampuan agar tidak terjerat utang yang hanya merugikan keuangan Anda.

Baca Juga: Tips Membeli Sepeda Motor Bekas Berkualitas