Mau Kredit Motor? Ini Tips Jitu Membayar Cicilannya

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis kendaraan sepeda motor bukanlah tergolong barang mewah lagi. Sepeda motor, kini sudah menjadi kebutuhan utama sebagian besar orang. Maka, tak asing lagi bila kita melihat hampir seluruh jalanan di Indonesia ini dipenuhi oleh lalu Lalang kendaraan yang satu ini.

Aktivitas pada sehari-hari memang mengharuskan kita bekerja dengan cepat. Sehingga tak sedikit orang yang akhirnya memilih sepeda motor sebagai solusinya. Mengingat, hampir di seluruh kita besar tak luput dari yang namanya kemacetan.

Kini pembelian sepeda motor pun juga mudah dilakukan, bahkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana sekalipun. Berbagai promo pembelian sepeda motor dengan sistem cicilan kini makin marak di masyarakat, baik perkotaan maupun perdesaan.

Bicara kredit motor, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya dengan cara mencicil. Berikut tips jitu membayar cicilan sepeda motor yang harus Anda ketahui:

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

1. Pertimbangkan Angsuran sebelum Mengambil Kredit Motor

loader
Pertimbangkan dengan baik besaran cicilan kredit motor Anda nantinya

Sebelum mewujudkan keinginan Anda untuk membeli motor secara kredit, terlebih dulu harus melihat ketersediaan dana yang dimiliki. Sesuaikan dana dengan keinginan Anda itu agar tidak perlu susah-susah mencari uang tambahan hanya sekedar untuk melunasi uang muka (DP/down payment) motor tersebut.

Jika dana yang Anda miliki belum mencukupi, maka sebaiknya tunda dulu keinginan untuk mulai kredit motor tersebut. Sebab, jika Anda memaksakan diri, maka yang ada justru bisa saja menambah beban hidup nantinya.

Membeli sepeda motor dengan cara kredit berarti sama halnya dengan Anda harus siap menerima beban selama beberapa bulan atau tahun ke depan. Belum lagi kebutuhan-kebutuhan pokok lainnya yang harus dipenuhi. Rata-rata, lama cicilan kredit motor sekitar 12 bulan hingga 24 bulan atau lebih.

2. Dealer yang Kredibel Lebih Direkomendasikan

loader
Pilih dealer motor yang kredibel

Selanjutnya, apabila dana yang Anda miliki sudah pasti tersedia untuk mengambil kredit motor, maka menentukan dealer mana yang akan dipilih menjadi sangat penting. Penjual resmi (dealer) dari sepeda motor yang dikreditkan juga perlu diperhatikan.

Carilah dealer yang sudah jelas terpercaya dan cukup terkenal akan kualitasnya yang bagus. Tak dapat dipungkiri, kasus penipuan bisa datang dari mana saja, termasuk soal jual-beli sepeda motor melalui dealer. Jadi, Anda harus waspada!

Baca Juga: Kredit Multiguna : Keunggulan dan Jenis-Jenisnya

3. Perhatikan Syarat Kredit yang Ditawarkan Dealer

loader
Hitung cicilan kredit motor Anda

Tentu kita semua tahu ada banyak dealer sepeda motor yang ada di Indonesia, dan antara dealer yang satu dengan lainnya umumnya memiliki sistem kredit yang berbeda-beda. Sebaiknya pilihlah dealer yang memang sudah jelas terpercaya, persyaratan pengajuan kreditnya mudah, dan nominal kredit yang ditawarkan juga wajar alias normal (tidak terlalu rendah ataupun tinggi).

Sebaiknya, carilah informasi dan testimoni masyarakat sekitar atau konsumen lain dari dealer tersebut, untuk memastikan bahwa pilihan Anda memang tepat untuk melakukan kredit motor di dealer tersebut.

4. Pahami Sistem Kredit dan Dendanya Sebaik Mungkin

loader
Perhatikan sistem denda pada kredit motor Anda nantinya

Tiap dealer memiliki sistem kredit dan dana yang berbeda-beda. Anda sebaiknya memahami dengan baik hal itu karena akan sangat membantu ketika ingin dan sudah siap untuk mengajukan kredit motor. Dengan ini pula, Anda juga bisa mengatur kapan waktu yang tepat dan harus dihindari untuk membayar angguran tiap bulannya.

5. Pilihlah Jangka Waktu Kredit yang Tepat

loader
Pilih jangka waktu kredit sesuai dengan kemampuan Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa tiap jenis kredit memiliki jangka waktu yang berbeda, ada yang 1 tahun, 2 tahun, hingga 5 tahun. Nah, perhatikan dulu kemampuan Anda dalam mencicil kredit motor tersebut, jangan sampai tidak mampu membayar di tengah jalan nantinya.

Anda harus tahu dan menghitung dengan tepat antara berapa penghasilan dan kebutuhan Anda per bulannya? Sesuaikan jangka waktu kredit yang akan Anda ambil nantinya dengan hal tersebut!

Jika jangka waktu kredit yang diambil pendek, maka otomatis besaran cicilan akan lebih tinggi dan jika jangka waktunya panjang, maka kewajiban mencicilnya pun akan lebih lama. Jadi, manakah yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan Anda?

Baca Juga: Kredit Balloon Payment: Pengertian dan Keuntungannya

6. Pastikan Dokumen Tersebut Resmi dan Dapat Dipertanggungjawabkan

loader
Dokumen kendaraan bermotor yang disediakan dealer via jualbelibpkb-facebook.com

Hal penting yang harus Anda amati dengan teliti lainnya adalah dokumen yang tersedia, yakni surat-surat sepeda motor yang akan dibeli, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), plat nomor, buku service, buku asuransi, dan sebagainya.

Pastikan dokumen tersebut jelas dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Sebab ini penting karena berhubungan erat dengan kepemilikan Anda nantinya. Bila suatu hari ada orang yang mencuri sepeda motor Anda, dengan adanya bukti kepemilikan sah berdasarkan surat-surat tersebut, maka Anda akan lebih mudah melaporkan kepada pihak berwajib untuk melakukan tindakan, misal penangkapan pencuri apabila motor Anda telah hilang dicuri.

Persiakan Diri dengan Baik Sebelum Mengambil Kredit Motor

Tidak ada ruginya bila memikirkan segala sesuatunya dengan baik sebelum memutuskan untuk melakukan sesuatu, seperti halnya kredit motor. Apakah Anda sanggup membayar cicilannya dalam beberapa waktu ke depan. Bila jawabannya tidak, jangan terlalu memaksakan diri. Tapi bila ternyata Anda sudah mampu, jangan segan untuk kredit motor dengan mempertimbangkan tips-tips di atas dan berusahalah sebaik mungkin agar dapat melunasi cicilan tepat waktu. Semoga tips ini dapat membantu Anda membayar cicilan kredit motor impian!

Baca Juga: Over Kredit Motor: Kenali Strategi dan Syaratnya Dulu