Mau Liburan Hemat di Labuan Bajo? Ikuti Tips Berikut Ini!

Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata eksotis yang kini kian diminati turis domestik dan mancanegara. Memiliki alam yang cantik dan tidak kalah dari Bali, pemerintah pun menetapkan Labuan Bajo sebagai satu dari 10 destinasi atau tujuan wisata Bali Baru.

Terdapat berbagai spot wisata seperti pantai, padang rumput, bukit, hingga wisata laut yang tersebar di area Labuan Bajo. Panorama yang terkenal dari Labuan Bajo yakni pertemuan dari birunya air laut dengan hijaunya perbukitan. 

Beberapa pilihan destinasi wisata Labuan Bajo yang recommended antara lain Gili Lawa, Pulau Padar, Pulau Rinca, serta Manta Point. Lokasi-lokasi wisata tersebut memiliki daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Tentu kamu tidak ingin melewatkan diving untuk melihat flora dan fauna bawah laut dan  juga menyusuri padang rumput yang membentang luas, bukan?

Nah, apakah kamu pernah berpikiran untuk liburan ke Labuan Bajo? Apakah liburan kesana membutuhkan budget yang besar? Tenang saja! Berikut ini adalah sejumlah tips yang dapat kamu coba untuk mendapatkan pengalaman liburan menyenangkan namun tetap hemat di Labuan Bajo!

Baca Juga: Tips Menyusun Budget Liburan Akhir Tahun agar Keuangan Tetap Aman

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

  1. Ajak Teman-teman

    loader

    Liburan Bersama Teman-teman

    Salah satu cara untuk menekan budget liburan ke Labuan Bajo yaitu dengan mengajak teman-teman. Labuan Bajo menyediakan kapal sebagai transportasi antar pulau, dan jika kamu berangkat bersama teman-teman, kamu bisa split biaya untuk sewa kapal sehingga jatuhnya bisa menjadi lebih murah.

    Selain itu, biaya untuk sewa penginapan atau hotel juga bisa menjadi lebih terjangkau karena dibagi dengan teman. Namun, pastikan bahwa rombongan kamu memiliki destinasi wisata yang sama agar bisa sejalan selama liburan. 

  2. Sewa Kapal Langsung ke Pemiliknya

    Tips hemat saat liburan di Labuan Bajo yang selanjutnya yaitu menyewa kapal langsung pada pemiliknya, dan bukan pada agen. Kini, banyak agen yang menyediakan paket sailing dengan berbagai fasilitas. Namun, jika ingin menekan budget, kamu bisa sewa kapal langsung pada pemiliknya.

    Nah, untuk menyewa kapal, pertama kamu perlu pergi menuju Jalan Soekarno Hatta yang berada di Pelabuhan Pelni. Selanjutnya, lakukan negosiasi dengan di pemilik kapal untuk memutuskan harga sewa kapal. 

  3. Turun Bukan di Bandara Utama

    Sebenarnya, Labuan Bajo memiliki bandara, yakni Bandar Udara Internasional Komodo yang memudahkan turis untuk datang maupun pergi. Akan tetapi, jika ingin meminimalisir budget, kamu bisa pilih untuk ‘turun’ di bandara Bali atau Lombok, dan melanjutkan perjalanan ke Labuan Bajo dengan menggunakan kapal.

    Apakah yang menjadi alasannya? Sebab merupakan bandara besar yang notabene lebih sibuk, tentu lebih banyak maskapai dan juga jadwal penerbangan yang dilakukan. Oleh sebab itu, tiket pesawat pun harganya menjadi lebih kompetitif. 

    Sebagai contoh, harga tiket direct flight dari Jakarta ke Labuan Bajo yakni sekitar 3 juta rupiah untuk rute pulang dan pergi. Selain lebih mahal, waktu penerbangannya pun terbatas. Lalu, coba bandingkan dengan flight dari Jakarta ke Bali atau Lombok. Lebih murah, bukan?

    Sesampainya di Bali atau Lombok, kamu bisa lanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal feri. Setelah itu, kamu bisa meneruskan perjalanan dengan menggunakan bus damri. Walaupun memakan waktu lebih lama dan menguras energi lebih besar karena harus berpindah-pindah moda transportasi, budget yang dikeluarkan justru lebih kecil. 

    Kendati demikian, perjalanan akan tetap terasa worth it karena kamu bisa sekaligus menikmati pemandangan laut saat menyebrang dengan kapal feri. Jadi, anggap saja perjalanan sebagai bagian dari rekreasi. 

  4. Cari Promo Tiket Pesawat

    Sudah dapat dipastikan bahwa saat-saat terbaik membeli tiket yakni di masa low season. Bahkan, harga tiket saat low season bisa selisih banyak jika dibandingkan dengan harga tiket high season. Namun, bukan berarti selain masa low season tiket akan selalu mahal, loh.

    Kini, banyak sekali promo tiket pesawat yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi penyedia layanan booking tiket secara online. Hal yang perlu dilakukan yaitu rutin mengecek harga tiket, karena diskon bisa muncul sewaktu-waktu. 

    Cara lain untuk mendapatkan tiket murah yaitu dengan melakukan reservasi jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Jadi, rencanakan liburan kamu sejak jauh-jauh hari.

    Baca Juga: Simak Tips Jitu Mendapatkan Tiket Pesawat Murah Seminggu Sebelum Lebaran

Nikmati Pesona Alam Labuan Bajo dengan Budget Terjangkau

loader

Labuan Bajo

Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal akan kecantikan alamnya, tentu tidak ada salahnya untuk datang ke Labuan Bajo barang sekali saja. Budget minim tidak menghalangi untuk bisa menuju Labuan Bajo. 

Ajak teman untuk split bill agar biaya sewa kapal atau hotel jadi lebih murah. Selain itu, kamu juga bisa sewa kapal langsung pada pemiliknya untuk mendapatkan harga yang lebih miring. Agar lebih hemat lagi, pilihlah flight yang mendarat di bandara besar kemudian lanjutkan perjalanan dengan kapal dan bus. 

Jangan lupa pula manfaatkan promo atau diskon tiket pesawat di aplikasi booking tiket secara online. Nah, mudah sekali kan cara liburan hemat di Labuan Bajo? Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Taman Wisata di Jakarta, Seru dan Berkesan