Mau Lulus Survei Asuransi Mobil? Lakukan Hal Berikut

Padatnya kondisi lalu lintas dan risiko mobilitas yang tinggi membuat pemilik kendaraan, khususnya mobil, sering kali merasa was-was, baik saat kendaraan digunakan maupun tidak. Selain perasaan was-was, biaya kecelakaan atau risiko kehilangan bisa membuat bangkrut jika harus membayarnya dari kantong sendiri. Bahkan, kerugian yang relatif kecil pun bisa mengganggu finansial dan beberapa kerugian lain bisa mengancam. 

Memiliki asuransi mobil bisa membantumu melindungi mobil dan finansial dari risiko kerugian atau kerusakan. Namun tahukah kamu bahwa ada proses survei dari pihak perusahaan asuransi. Simak tips lulus survei asuransi mobil berikut ini!

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Penjelasan Singkat Tentang Survei Asuransi Mobil

loader

Ketika membeli mobil baru, biasanya sudah dilengkapi dengan paket asuransi yang ditawarkan. Dalam kondisi keadaan mobil yang masih baru dibeli dari dealer terutama secara kredit, maka proses survei tidak perlu dilakukan. 

Namun berbeda apabila membeli asuransi mobil secara terpisah dari paket pembelian mobil, maka survei akan dilakukan.

Tips Lulus Survei Asuransi Mobil

Jangan khawatir bila pihak asuransi mobil melakukan survei. Hal ini dilakukan pihak perusahaan asuransi untuk memberikan penilaian atas kualitas mobil. Tentu saja ini akan memengaruhi besaran risiko yang akan memengaruhi premi.

Maka dari itu, untuk memastikan survei asuransi berjalan dengan lancar, siapkan beberapa hal ini:

  • Pastikan kendaraan dalam keadaan sehat, mulus, dan tidak ada cacat.
  • Siapkan dokumen-dokumen seperti, KTP, SIM, STNK, BPKB, dan segala bukti pembelian atau kepemilikan dari kendaraan.

Bisakah Survei Asuransi Mobil Dilakukan secara Online?

Di zaman teknologi canggih seperti ini, hampir semua serba online. Dengan segala kesibukan pekerjaan, survei asuransi mobil sangat sulit dilakukan secara langsung, maka dari itu berbagai perusahaan asuransi memberikan layanan survei secara online. Sistem online memberi kemudahan bagi para calon tertanggung melakukan survei mobil.

Proses survei online bisa dilakukan melalui video call atau dokumentasi yang dikirimkan langsung. Tergantung kebijakannya, proses tambahan juga dapat dilakukan apabila dibutuhkan.

Tata Cara Survei Asuransi Mobil secara Online

Apabila dilakukan secara video call, ikuti instruksi dari agen asuransi atau pihak perusahaan. Jika dilakukan melalui dokumentasi, maka ikuti beberapa langkah ini:

  • Pastikan mobil terparkir di tempat yang terang dan cukup luas.
  • Pastikan gambar yang diambil memiliki kualitas yang jernih.

Ini bagian-bagian mobil yang perlu difoto untuk proses survei:

  • Bagian depan bodi mobil.
  • Bagian kanan bodi mobil.
  • Bagian kiri bodi mobil.
  • Bagian belakang bodi mobil.
  • Atap. 
  • Mesin mobil.
  • Odometer dan dashboard.
  • Interior mobil diambil dari depan dan belakang.
  • Kerusakan atau aksesoris mobil (bila ada & sesuai ketentuan).

Foto dokumen-dokumen yang diperlukan:

  • STNK.
  • SIM.
  • KTP.
  • BPKB atau bukti kepemilikan.
  • Foto selfie dengan KTP atau SIM.

Apakah Membeli Asuransi Tanpa Survei Bisa Dilakukan?

Jawabannya bisa dengan dua kondisi. Kondisi pertama yaitu ketika membeli mobil baru dengan paket asuransi yang disediakan dealer atau bank penyedia kredit mobil. Kondisi kedua adalah kebijakan atau produk asuransi mobil yang tidak membutuhkan proses survei.

Maka dari itu, kamu juga dapat mencari produk asuransi mobil yang tidak membutuhkan proses survei. Akan tetapi, kamu juga perlu berhati-hati dan pastikan untuk mengerti persyaratan ketika ingin mendaftar produk asuransi mobil tanpa survei.

Tips Praktis Mencari Asuransi Mobil Tanpa Survei

loader
Mencari Asuransi Mobil

Sifatnya yang praktis dan mudah serta cepat menjadikan produk layanan ini banyak disukai nasabah asuransi. Pastikan layanan asuransi mobil tanpa survei tersebut juga tetap memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

1. Pertimbangkan Produk Rekomendasi Dealer

Jika kamu pintar mendekati dealer, mereka akan merekomendasikan produk terbaik untukmu. Berdasarkan dealer yang sudah berpengalaman di bidang otomotif, tentu punya jaringan dan pengetahuan yang cukup terkait produk asuransi mobil. Syaratnya, pastikan bahwa dealer tempat membeli kendaraan punya reputasi dan pengalaman yang baik.

2. Cek Bengkel Rekanan Umum dan Bengkel Authorized

Meskipun dapat kemudahan produk asuransi tanpa survei, jumlah bengkel rekanan juga perlu diperhatikan. Jika bengkel rekanannya terbatas, kamu akan mengalami kendala saat klaim. Oleh karena itu, perhatikan daftar bengkel rekanan mereka, tidak hanya jumlahnya, tetapi kualitas dari bengkelnya juga.

3. Cek Fitur Layanan Perusahaan

Fitur layanan dari pihak asuransi kendaraan ini penting. Jangan sampai saat membutuhkan layanan produk tertentu ternyata perusahaan kesulitan memberikan layanan. Saat memilih asuransi mobil, pilih asuransi dengan fitur yang lengkap dan layanan yang terjamin.

Kemudahan layanan ini akan lebih memudahkan ketika kamu sedang di luar kota dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa dengan mudah melaporkan masalah tersebut kepada pihak asuransi di mana.

4. Cari yang Punya Fitur dan Layanan Aplikasi Online

Saat ini zaman sudah canggih, jadi cari produk dari perusahaan asuransi yang memiiki fitur layanan online dan tentu saja tanpa survei seperti ulasan di atas. Hal ini akan sangat memudahkan jika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Kamu bisa langsung mengklaim asuransi via aplikasi.

Survei Asuransi Mobil Mudah dan Lancar

Persaingan industri asuransi salah satunya adalah dari sisi kemudahan yang diberikan. Layanan online kini sudah dilakukan hampir semua perusahaan. Jadi tidak perlu khawatir ketika survei asuransi mobil dilakukan, cukup ikuti tips yang diberikan dan tanyakan pada pihak agen bila ada hal yang tidak dimengerti.