Mau Lulus Survei Asuransi Mobil? Lakukan Hal Berikut

Padatnya kondisi lalu lintas dan risiko mobilitas yang tinggi membuat pemilik kendaraan, khususnya mobil, seringkali merasa was-was, baik saat kendaraan digunakan maupun tidak. Jika ditinggalkan takut kemalingan dan jika digunakan takut terjadi kecelakaan akibat padatnya lalu lintas atau pengendara yang tidak bertanggung jawab dalam mengemudi. Hal ini seringkali mengganggu pemilik mobil yang tinggal di kota besar.

Jika memiliki mobil, solusi mengatasi rasa was-was tersebut adalah dengan mengambil produk asuransi mobil. Hal ini dilakukan agar kemungkinan risiko yang terjadi pada kendaraan dapat teratasi. Maka, kekhawatiran tadi akan dialihkan ke perusahaan asuransi atau lembaga penjamin.

Selain perasaan was-was, biaya kecelakaan atau risiko kehilangan bisa membuat bangkrut jika harus membayarnya dari kantong sendiri. Bahkan, kerugian yang relatif kecil pun bisa mengganggu finansial dan beberapa kerugian lain bisa mengancam. Memiliki asuransi mobil bisa membantu kamu melindungi aset dan menggunakan alokasi uang untuk mencapai tujuan keuangan penting lainnya.

Baca Juga: Prosedur Klaim Asuransi Mobil dan Biaya yang Dibutuhkan

Asuransi Mobil Memiliki Dua Karakteristik

loader
Karakteristik Asuransi Mobil

Ada dua pilihan produk asuransi mobil sesuai dengan jenis proteksi yang diberikan, yaitu asuransi all risk dan asuransi total loss only. Dari dua karakteristik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tergantung dari kebutuhannya. Ini dia penjelasan lebih jelas mengenai jenis-jenis proteksi pada asuransi mobil.

1. Karakteristik Asuransi Mobil All risk (Comprehensive)

Cakupan asuransi Mobil All risk (Comprehensive) berlaku untuk kejadian apapun yang tidak dikecualikan oleh polis asuransi. Semua cakupan risiko, yang juga disebut cakupan bahaya, menawarkan perlindungan yang jauh lebih luas daripada cakupan risiko jenis asuransi total loss only.

Asuransi mobil all risk bisa melindungi kendaraan dari beberapa risiko yang tidak terdapat pada jenis produk asuransi total loss only. Semua risiko jenis asuransi ini memiliki pertanggungan asuransi yang telah diuraikan secara khusus dalam kontrak polis dan tidak masuk dalam pengecualian. Pengecualian biasanya terjadi pada kondisi khusus, seperti cakupan banjir, huru-hara, bencana alam, atau kondisi force majeur lainnya.

Prinsipnya asuransi all risk melindungi kendaraan secara menyeluruh kecuali yang masuk dalam klausul pengecualian. Jika ingin memasukan klausul tersebut, kamu bisa menambah proteksi manfaat. Misalnya, manfaat klaim untuk huru-hara, force majeur, tanggung jawab hukum pihak III, dan sebagainya.

2. Karakteristik Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Dengan kenaikan harga bahan bakar minyak yang mempengaruhi biaya memiliki mobil, ada baiknya juga mencari cara untuk memotong biaya operasional terkait lainnya misalnya saja asuransi mobil. Semua pemilik kendaraan harus peduli dan idealnya memiliki perlindungan asuransi. Bagi yang ingin berhemat dengan proteksi yang sederhana, asuransi total loss only bisa jadi pilihan alternatif.

Berbeda dengan all risk, asuransi total loss only (TLO) hanya melindungi kendaraan nasabah yang mengalami risiko kehilangan total atau kerusakan yang terjadi di atas 75%. Pahami juga beberapa kondisi yang masuk kategori pengecualian tidak bisa klaim, seperti penipuan dann penggelapan.

Dalam kasus ini, penting juga diperhatikan mengenai kasus parkir vallet. Parkir jenis ini banyak ditawarkan di pusat perbelanjaan atau hotel di kota besar. Pemilik kendaraan dengan sengaja menitipkan kendaraan kepada pengelola parkir vallet. Jika terjadi risiko kehilangan, kasus ini masuk kategori kesengajaan yang tidak bisa diklaim baik dalam produk asuransi all risk maupun TLO.

Membeli Asuransi Bisa Dilakukan Secara Online

loader
Asuransi Mobil Online

Di jaman teknologi canggih seperti ini, tidak hanya belanja barang saja yang online, membeli produk asuransi juga bisa dilakukan lewat jaringan internet. Sistem online memberi kemudahan membandingkan produk serta melihat reputasi perusahaan yang menjual produk asuransi tersebut.

Sebelum membeli produk asuransi secara online, pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki lisensi resmi sebagai broker asuransi. Selain itu, bandingkan pula keuntungan membeli asuransi mobil secara online tersebut. Karena industri jasa keuangan bank, non bank, asuransi di bawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), pastikan juga bahwa produk asuransi yang ingin dibeli masuk dalam pengawasan dan izin dari OJK.

Tips berikut ini bisa dipertimbangkan dalam memilih asuransi mobil secara online

1. Jangan Tergoda Promo

Promo memang menggoda sekali bagi pengguna asuransi baru, apalagi jika promo yang ditawarkan berupa pemotongan biaya premi atau potongan tarif tahunan. Ketika membeli asuransi mobil, sesuaikan produk yang dibeli dengan kebutuhan.

Untuk menghindari godaan promo, kamu bisa melakukan pengecekan tarif tahunan. Periksa dan bandingkan dengan harga dari perusahaan lain untuk memastikan kamu mendapatkan kesepakatan harga terbaik. Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan layanan secara online sehingga perbandingan asuransi dapat dilakukan dengan mudah. Perbandingan produk asuransi secara online bisa menjadi cara yang efisien dari sisi biaya dan waktu untuk menemukan paket yang lebih baik.

2. Cari yang Punya Produk “Asuransi Mobil Tanpa Survei”

Persetujuan klaim atas risiko yang langsung diterima tanpa melakukan survei saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi nasabah asuransi. Banyak lembaga asuransi yang menggunakan sistem penerbitan polis auto accept yang cepat dan benar-benar tanpa survei. Jadi, pastikan produk yang diambil punya fitur seperti itu.

Tips Praktis Mencari Asuransi Mobil Tanpa Survei

loader
Mencari Asuransi Mobil

Salah satu layanan unggulan yang banyak diincar nasabah asuransi adalah produk asuransi mobil tanpa survei. Praktis dan mudah serta cepat menjadikan produk layanan ini banyak disukai nasabah asuransi. Selain itu, asuransi dapat memberikan rasa aman serta nyaman. Pastikan layanan asuransi mobil tanpa survei tersebut juga tetap memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

1. Pertimbangkan Produk Rekomendasi Dealer

Jika kita pintar mendekati dealer, mereka akan merekomendasi produk terbaik bagi kita. Berdasarkan dealer yang sudah berpengalaman di bidang otomotif, tentu punya jaringan dan pengetahuan yang cukup terkait produk asuransi mobil. Syaratnya, pastikan bahwa dealer tempat membeli kendaraan punya reputasi dan pengalaman yang baik.

2. Cek Bengkel Rekanan Umum dan Bengkel Authorized

Meskipun dapat kemudahan produk asuransi tanpa survei, jumlah bengkel rekanan juga perlu diperhatikan. Jika bengkel rekanannya terbatas, kamu akan mengalami kendala saat klaim. Oleh karena itu, perhatikan daftar bengkel rekanan mereka, tidak hanya jumlahnya, tetapi kualitas dari bengkelnya juga.

3. Cek Fitur Layanan Perusahaan

Fitur layanan dari pihak asuransi kendaraan ini penting. Jangan sampai saat membutuhkan layanan produk tertentu ternyata perusahaan kesulitan memberikan layanan. Saat memilih asuransi mobil, pilih asuransi dengan fitur yang lengkap dan layanan yang terjamin.

Kemudahan layanan ini akan lebih memudahkan ketika kamu sedang di luar kota dan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu akan bisa dengan mudah melaporkan masalah tersebut kepada pihak asuransi di mana.

4. Cari yang Punya Fitur dan Layanan Aplikasi Online

Saat ini zaman sudah canggih, jadi cari produk dari perusahaan asuransi yang memiiki fitur layanan online dan tentu saja tanpa survei seperti ulasan di atas. Hal ini akan sangat memudahkan jika terjadi hal-hal yang tidak terduga. Kamu bisa langsung mengklaim asuransi via aplikasi.

Baca Juga: Asuransi Mobil Tua: Apa Saja yang Perlu Diketahui?

Fitur Layanan Lengkap, Mudah, Praktis dan Tanpa Survei

Persaingan industri asuransi salah satunya adalah dari sisi kemudahan yang diberikan. Layanan online kini sudah dilakukan hampir semua perusahaan. Untuk asuransi mobil, layanan yang paling dicari adalah layanan tanpa survei saat klaim terjadi. Maka, penting untuk mencari produk asuransi mobil yang sesuai dan tepat dengan kebutuhan kamu.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya