Mau Meminang Dia? Ini 7 Tips Memangkas Biaya Lamaran Biar Kantong Tak Jebol

Tunangan biasanya menjadi hal yang wajib sebelum menggelar pesta pernikahan yang sakral. Dari segi rangkaian acaranya, sebenarnya tidak serumit dan semegah pesta pernikahan. Bahkan pertunangan dapat dilakukan di rumah, restoran, atau kafe yang biasa saja.

Meski begitu, bukan berarti pertunangan tidak dipungut biaya apapun, ya! Tetap ada biaya, bahkan terkadang bisa memakan biaya yang besar kalau kamu dan pasangan tidak merencanakan acaranya dengan baik.

Untuk menghemat biaya pertunangan alias lamaran, berikut ini 7 tips yang dapat kamu lakukan sebelum hari H-nya tiba nanti.

7 Tips Memangkas Biaya Lamaran

1. Pilih tempat yang sederhana

loader

Jika tujuanmu untuk memangkas biaya lamaran, maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih tempat yang sederhana. Sederhana bukan berarti buruk, melainkan masih layak dijadikan tempat berkumpul. Tempat yang adem, menyediakan peralatan yang dibutuhkan, seperti kursi, meja, panggung, dan sound system

Wisma bisa menjadi tempat yang tepat dibandingkan hotel atau kafe. Biayanya jauh lebih murah, tapi tidak mengurangi kesan dalam acara pertunangan. 

Jika punya halaman belakang rumah yang luas, kamu dapat menyulapnya sebagai taman untuk melangsungkan lamaran. Jadi, tidak perlu menyewa tempat lagi. Paling cuma menyewa peralatan dan membeli pernak-pernik untuk dekorasi saja.

2. Dekor venue lamaran bersama orang terdekat

Kamu tidak perlu memanggil jasa desain ruangan khusus untuk mendekor venue tempat berlangsungnya pertunangan. Silahkan dekor sendiri bersama keluarga, teman, dan rekan kerja. Akan lebih menguntungkan lagi kalau kamu punya teman yang punya bakat di bidang seni. 

Kamu bisa meminta sarannya tentang konsep acara pernikahan hingga perintilan lainnya, seperti pencahayaan ruangan. Dengan pencahayaan yang baik, konsep pertunangan akan terlihat mewah.

Selain itu, kamu bisa memperbanyak referensi dari sosial media, seperti Instagram maupun Pinterest. Nanti tinggal pilih dekorasi mana yang paling pas menurutmu.

Baca Juga: Cara Booking Tanggal Nikah Secara Online Lewat Simkah Kemenag

3. Minta teman untuk mendokumentasikan momen bahagiamu

Mau memakai jasa fotografer untuk mengabadikan acara pertunangan? Boleh-boleh saja, tapi mahal. Kamu harus membayar paling sedikit Rp 3 juta untuk beberapa jam dan semakin mahal kalau menyewanya seharian.

Jika kamu punya teman yang pintar fotografi, apa salahnya meminta bantuan. Bukan berarti biaya untuk dokumentasi menjadi gratis, tapi setidaknya lebih murah daripada harus memakai jasa fotografer dari luar. 

Selagi hasil jepretan temanmu bagus, kenapa tidak? Kamu cuma perlu say hello saja, lalu utarakan maksud dan keinginanmu agar teman dapat mempertimbangkan tawaran tersebut. Sebaiknya lakukan dari jauh-jauh hari, jadi kamu bisa cari fotografer lain kalau misalnya temanmu tidak mau.

4. Beli cincin dan kotak pembungkusnya yang sederhana

loader
Beli cincin dan tempat yang sederhana

Tak perlu membeli cincin yang terbuat dari batu sapphire 16 karat agar dia mau menerima lamaranmu. Harganya ada di luar budget, jadi lebih baik beli cincin dari batu permata biasa atau emas putih yang warnanya tetap terlihat bagus meskipun sudah dipakai bertahun-tahun lamanya.

Selain cincin, kotak pembungkusnya pun tak boleh luput dari perhatian. Biasanya kotak pembungkusnya sudah satu set dengan cincin, tapi sah-sah saja kalau mau diganti asal harganya terjangkau.

Jika kamu ingin memberikan cincin terbaik, berikan nanti saat hari pernikahan. Sebab, cincin inilah yang nanti melingkar indah di jari pasanganmu. 

5. Sesuaikan katering dengan jumlah tamu

Selain sewa tempat, membengkaknya biaya lamaran disebabkan karena makanan untuk tamu. Memang, kamu ingin tamu dimanjakan dengan hidangan yang ada di depan mata, tapi pikirkan juga budget. Jangan sampai berutang hanya untuk membuat tamu undangan terkesan.

Agar tidak terkesan murahan, sebaiknya sediakan makanan pembuka, inti, dan penutup. Tidak perlu mahal-mahal yang penting sajiannya lengkap, jadi tamu dapat memilih sesuai selera.

Untuk mencegah makanan berlebih, sebaiknya pesan catering sesuai jumlah tamu. Jika makannya pakai metode prasmanan, lebihkan untuk porsi makan beberapa orang jadi tidak kurang. Cara ini sangat ampuh memangkas pengeluaran.

Baca Juga: Nikah Yuk! Ini 11 Rincian Biaya Nikah yang Perlu Disiapkan Milenial

6. Dandan sendiri

Bagi yang jarang dandan, tentunya agak janggal kalau sampai harus dandan sendiri, full makeup dan di acara penting pula. Tapi tenang, sekarang sudah ada Youtube dan sosial media sebagai wadah untuk mencari referensi makeup yang sesuai dengan keinginan.

Jadi, kamu tidak perlu memakai jasa MUA segala. Cukup pelajari teknik dasar memakai berbagai produk makeup yang dibutuhkan. Mulai dari foundation, bedak, eyeshadow, dan memasang bulu mata palsu. Selesai!

Kamu tidak perlu menambahkan dandanan yang aneh, apalagi belum terlalu ahli. Takutnya hasil yang didapat tidak memuaskan, membuatmu terlihat seperti bukan dirimu. 

7. Jangan menggunakan EO

loader
Jangan menggunakan EO

Agar pemangkasannya semakin maksimal, sebaiknya jangan menggunakan jasa EO (Event Organizer). Selain biayanya yang sangat mahal, pemesanan juga ribet karena harus mengantri. Sebab, yang memakai jasa EO tersebut bukan hanya satu dua orang, tapi banyak.

Apabila acara pertunangannya kecil-kecilan, seperti cuma mengundang keluarga terdekat saja, lebih baik andalkan kekuatan diri sendiri beserta orang-orang terdekat untuk membuat konsep.

Sedangkan untuk mengangkat barang, kamu bisa minta bantuan teman pria. Biaya yang tadinya untuk bayar EO bisa dialihkan untuk membayar hal lain, seperti katering atau biaya keamanan.

Rencanakan Lamaran Jauh-jauh Hari

Besar kecilnya biaya lamaran tergantung dari perancangan konsep yang kamu dan pasangan inginkan. Jika ingin konsep yang sederhana, maka kamu tidak perlu khawatir kantong jebol. Biar lebih aman dan matang, rencanakan lamaran dari jauh-jauh hari. Semakin cepat konsep dirancang, semakin cepat eksekusi dilakukan. Dengan begitu, kamu masih bisa mengecek apa yang kurang sebelum hari lamaran tiba.

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini 9 Susunan Acara Lamaran Pernikahan