Melihat Peluang dan Risiko yang Ada dalam Bisnis Digital Marketing

Pesatnya perkembangan teknologi sudah membawa banyak perubahan di dalam dunia bisnis. Hal ini bahkan membawa banyak dampak besar di dalam bisnis online yang belakangan ini semakin banyak diminati. 

Jika di dalam bisnis konvensional pemasaran menjadi hal yang begitu rumit, maka di dalam bisnis online aktifitas ini terbilang jauh lebih mudah dan simpel. Banyak biaya dan juga tenaga yang bisa dihemat dalam pemasaran online, sehingga semakin banyak saja pebisnis yang menginginkan pelayanan yang satu ini.

Tingginya minat pebisnis online dalam melakukan pemasaran berbasis digital marketing merupakan angin segar bagi para penyedia layanan ini. Jika selama ini kamu berniat terjun ke dunia digital marketing, maka kesempatan tentu masih terbuka dengan sangat lebar. 

Namun pastikan kamu memahami dengan baik dunia digital marketing terlebih dahulu, termasuk peluang dan juga risiko yang ada di dalamnya. Hal ini penting, untuk memastikan kamu bisa menjalankan bisnis ini dengan lancar dan mendapatkan keuntungan maksimal di masa yang akan datang.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Peluang bisnis digital marketing 

loader

Bagi para pebisnis, melihat peluang di dalam sebuah usaha tentu akan menjadi poin pertama yang tak bisa diabaikan. Apapun  bisnis yang ingin jalankan, melihat dan menghitung peluang kesuksesan bisnis tersebut tentu akan menjadi poin penting yang wajib dicermati sejak awal. 

Hal ini berlaku dalam semua bisnis, termasuk bisnis digital marketing. Bagaimanapun juga, kamu tentu tidak ingin menjalankan bisnis yang tak bisa memberi keuntungan, bukan?

Di dalam bisnis digital marketing, peran pengguna internet tentu akan sangat mempengaruhi kesuksesan. Layanan ini ditujukan untuk memasarkan berbagai bisnis milik klien, terutama bisnis yang dijalankan secara online. Semakin banyak jumlah pengguna internet, maka akan semakin tinggi juga jumlah orang yang bisa ditargetkan dalam aktivitas pemasaran yang dilakukan.

Baca Juga: 3 Jenis Digital Marketing Ini Bikin Bisnis Berkembang Pesat 

Berdasarkan data yang dirilis Internet World Stat, jumlah pengguna internet di dunia terbilang sangat tinggi, yakni lebih dari 2,4 miliar orang. Jumlah ini bahkan setara dengan 34% dari total keseluruhan penduduk dunia. 

Sedangkan untuk pertumbuhan per bulannya, rata-rata pengguna aktif internet ini bertambah sekitar 14 juta orang. Ini tentu jumlah yang luar biasa besar dan akan menjadi peluang yang sangat bagus untuk berbagai bisnis yang berbasis online.

Jika dilihat dari fakta diatas, jelas peluang bisnis digital marketing masih sangat menjanjikan. Jumlah pengguna internet yang tinggi ini akan menjadi pasar yang sangat menjanjikan bagi bisnis online. 

Di lain sisi, hal ini juga akan sekaligus meningkatkan jumlah permintaan layanan digital marketing dari tahun ke tahunnya. Akan ada banyak pebisnis online yang membutuhkan layanan pemasaran, sehingga yang terjun ke dalam bisnis digital marketing tidak akan pernah kehabisan pelanggan. 

Baca Juga:  5 Strategi Pemasaran yang Wajib Kamu Kuasai

Risiko bisnis digital marketing

loader

Resiko merupakan bagian dari bisnis, dan wajib untuk memahami hal ini dengan baik sejak awal. Pada dasarnya tidak ada bisnis yang tidak memiliki resiko sama sekali, termasuk bisnis digital marketing. Sama seperti aktivitas pemasaran konvensional, digital marketing juga bisa saja mengalami kegagalan. 

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya akibat produksi konten yang tidak tepat sasaran. Saat membuat konten yang tidak sesuai dengan target pemasaran, maka pesan di dalam konten tersebut tidak akan tersampaikan dengan baik.

Resiko lainnya yang bisa terjadi dalam bisnis digital marketing adalah fraud, di mana terjadi aksi kejahatan (penipuan) yang dilakukan oleh pihak penjual maupun pihak pembeli. Peretasan data pemilik sistem juga bisa saja terjadi, di mana pemilik sistem tidak memiliki aturan yang jelas terkait dengan pengelolaan dan juga penggunaan data miliknya. 

Kondisi ini tentu bisa membawa dampak negatif, bahkan kerugian dalam jumlah yang besar. Jika data sampai jatuh ke tangan oknum yang tidak bertanggung jawab, maka bukan tidak mungkin akan terjadi penyalahgunaan data tersebut untuk berbagai hal di luar kepentingan bisnis itu sendiri.

Selain itu, ketatnya persaingan dalam bisnis digital marketing juga wajib menjadi pertimbangan. Meskipun jumlah pebisnis yang membutuhkan layanan ini terbilang tinggi, namun jumlah penyedia layanan digital marketing juga tidak bisa dianggap sedikit. 

Di luar sana, ada banyak perusahaan atau bahkan layanan perorangan mandiri yang menyediakan layanan yang satu ini. Jika ingin sukses dalam digital marketing, maka sudah jelas harus mengatasi ketatnya tingkat persaingan bisnis seperti ini.

Pertimbangkan Peluang dan Risiko di Dalamnya Sejak Awal

Bagi yang ingin terjun ke bisnis digital marketing, pastikan untuk memahami dengan baik seluk beluk bisnis ini sejak awal. Pahami semua risikonya dengan baik dan cobalah untuk melihat peluang terbaik di dalam  bisnis ini. Pertimbangkan kedua hal tersebut dengan cermat, sehingga bisa mengambil keputusan yang paling tepat dan menguntungkan.

Baca Juga: 7 Langkah Cerdas Menerapkan Digital Marketing dalam Bisnis