Mengapa Pondok Indah Dikenal Sebagai Kawasan Elit? Inilah Alasannya

Sudah sejak lama diketahui jika hunian di kawasan Pondok Indah memiliki harga yang selangit dan hanya bisa dimiliki oleh kaum elit saja. Kawasan perumahan yang dibangun pada tahun 1970an tersebut memang dikonsep secara sedemikian rupa hingga dapat menunjukkan nuansa mewah dan megah. Tak hanya itu, setiap rumah di kawasan ini juga terlihat amat nyaman untuk ditinggali karena suasana yang tentram dan menenangkan.

Bayangkan saja, terdapat sebuah rumah Pondok Indah yang dibanderol dengan harga hingga puluhan triliun Rupiah. Lebih tepatnya, seseorang harus bisa menggelontorkan dana sekitar 74 triliun Rupiah untuk bisa memiliki rumah paling mahal di Pondok Indah. Harga tersebut tentu bagi kebanyakan orang amat mustahil untuk bisa dimiliki. 

Memang, terdapat beragam alasan logis mengapa harga jual rumah Pondok Indah mampu membuat banyak orang terbelalak. Salah satunya yang jelas adalah lokasi perumahaan ini yang strategis. Lokasinya yang berada tepat di pinggir jalan Pondok Indah juga menjadi penyebab mengapa orang rela menguras isi tabungan untuk bisa memiliki rumah di sana.

Perumahan Pondok Indah memang menjadi kawasan legendaris bagi masyarakat Indonesia yang mencari hunian mewah di Ibu Kota. Proses jual beli bangunannya pun masih aktif dilakukan hingga kini. Nah, daripada penasaran mengapa harga rumah di Pondok Indah berharga selangit, berikut adalah alasan logisnya. 

Baca Juga: Lebih Untung Mana? Beli Rumah Inden atau 'Ready Stock'

Alasan Mengapa Rumah-Rumah Pondok Indah Berharga Fantastis

loader

Sumber: infopromodiskon.com

1. Berlokasi di Wilayah Strategis

Alasan mengapa hunian di perumahan Pondok Indah dihargai mahal yang pertama ini pasti tidak akan ada yang bisa membantahnya. Ya, tidak dapat dipungkiri jika kawasan ini sangat strategis dan mampu memberikan akses kepada penghuninya ke lokasi penting Jakarta dengan mudah.

Diawali sejak masa jabatan Gubernur Sutiyoso, Pondok Indah telah disulap menjadi area elit idaman para petinggi negeri dan pebisnis ulung Ibu Kota. Selain karena memberikan kemudahan untuk melakukan kegiatan berbisnis, kawasan ini juga memberikan fasilitas untuk kendaraan agar bisa dijalankan dengan tanpa gangguan. Oleh karenanya, tak mengherankan jika harga jual hunian di Pondok Indah menjulang tinggi hingga kini.

2. Berdekatan dengan Tempat Berbisnis, RS Pondok Indah, hingga Pondok Indah Mall

Saat awal didirikan, area ini memang hanya difungsikan sebagai kawasan perumahan biasa. Namun, seiring berjalannya waktu, terdapat banyak pusat bisnis yang dibangun di daerah sekitar perumahan tersebut. Alhasil, karena dekat area bisnis, animo masyarakat untuk memiliki hunian di kawasan ini juga ikut meningkat.

Sebagai contoh adalah berdirinya Office Tower Pondok Indah yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan ternama Indonesia sebagai kantor. Mengetahui hal tersebut, tak sedikit petinggi-petinggi perusahaan yang membeli hunian di perumahan Pondok Indah agar tidak perlu menempuh perjalanan yang lama serta macet untuk bisa bekerja.

Karena lokasinya yang semakin padat dengan aktivitas industrial dan konsentrasi ekspatriat, area Pondok Indah banyak dijadikan incaran pebisnis sebagai lokasi mendirikan pusat kantor perusahaan.

Bukan melulu soal pusat bisnis, kawasan ini juga bersinggungan dengan mall yang memang dikenal modern dan hits untuk dikunjungi yaitu Pondok Indah Mall. Pondok Indah Mall memang telah menjadi favorit tempat nongkrong para generasi kekinian Jakarta di waktu senggang. Oleh karena itu, tak mengagetkan jika kawasan strategis tersebut banyak diincar oleh para konglomerat untuk dijadikan sebagai tempat bernaung.

Tidak perlu khawatir, kawasan ini juga difasili

3. Privasi serta Kenyamanan Penghuni yang Terjaga Baik

Sejak berupa blueprint, kawasan perumahan Pondok Indah memang dikonsep sedemikian rupa agar setiap penghuni di area ini bisa mendapatkan ketenangan dan privasi yang diinginkan. Ciputra Group, selaku perusahaan pengembang perumahan Pondok Indah, juga berusaha untuk menawarkan kedua aspek tersebut sebagai daya tarik hunian kepada calon pembeli. 

Berjalan sesuai rencana, tak sedikit masyarakat yang menganggap bahwa ketenangan dan privasi kehidupan dalam rumah sebagai hal yang penting. Terlebih bagi para orang penting yang telah mendapatkan banyak sekali kesibukan di tempat kerja. 

Suasana rumah yang tenang dan tentram tentu mampu membuat beban pikiran karena tanggung jawab kerja dapat dengan lebih gampang hilang. Kebersamaan bersama keluarga yang mungkin dirasa terbatas akan menjadi lebih dekat dan berkualitas.

Selain itu, hiruk pikuk Kota Metropolitan juga seolah tidak memberikan ruang kepada masyarakatnya untuk bisa mendapatkan suasana yang nyaman. Oleh karenanya, meski sudah dibangun sejak tahun 1970an, area perumahan Pondok Indah hingga kini masih banyak dicari oleh masyarakat dari kalangan atas. 

Baca Juga: Gunakan Kriteria Ini untuk Mendapatkan Perumahan Terbaik

4. Dikenal Prestisius dan Mampu Menunjukkan Pamor

Alasan lokasi strategis dan kenyamanan yang diberikan ternyata bukan menjadi alasan utama mengapa harga jual hunian di Pondok Indah sangat mahal. Banyak orang yang rela membayar hingga triliunan Rupiah untuk sebuah rumah di kawasan ini ditengarai oleh prestisius dan pamor yang bisa didapatkan oleh si pemilik hunian. 

Penghuni perumahan di perumahan Pondok Indah memang kerap dianggap sebagai orang-orang elit yang memiliki jabatan serta penghasilan selangit. Akan tetapi, rumah yang banyak didesain dengan mewah dan megah menjadi faktor tambahan mengapa harga rumah di Pondok Indah dibanderol mahal. 

Adanya hunian yang ditopang dengan banyak pilar berukuran raksasa membuat rumah terlihat bak istana yang ditinggali oleh raja dan ratu. Arsitektur artistik yang diaplikasikan oleh sang arsitek juga membuat unit rumah di area Pondok Indah memiliki harga berkali-kali lipat lebih tinggi dari harga rumah pada umumnya. 

Dengan mengetahui fakta tersebut, tak dapat dipungkiri jika setiap pemilik rumah di Pondok Indah akan dicap sekali seorang yang mapan dan layak untuk dihormati. Jadi, masih heran mengapa harga jual hunian di kawasan elit tersebut melejit?

5. Sering Disewa Rumah Produksi

Telah dijelaskan sebelumnya jika rumah di kawasan Pondok Indah memiliki tampilan yang megah dan penuh dengan hiasan artistik. Karenanya, tak sedikit rumah mewah di area tersebut yang disewakan sebagai tempat syuting sebuah film layar lebar atau sekadar sinetron. 

Siapa yang sangka jika kebanyakan rumah produksi hanya menyewa hunian mewah untuk kebutuhan sebuah scene dalam sebuah film atau sinetron. Hal ini memang tidak terlalu mengherankan karena jika pembuat film harus membeli rumah untuk kebutuhan produksinya, budget yang dibutuhkan tentu akan membengkak. 

Oleh karena itu, daripada membuang banyak dana hanya untuk keperluan sementara saat pembuatan film, pemilik rumah di Pondok Indah dapat menawarkan sewa hunian yang dimiliki. Jadi, rumah yang dibeli tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat tinggal, namun juga bisa menjadi sumber penghasilan tambahan.

6. Permintaan Pasar yang Berlimpah Membuat Harga Jual Tinggi

Rumah dan tanah memang menjadi instrumen investasi yang banyak dicari oleh para investor. Alasan umumnya karena harga jual kedua aset tersebut pasti akan meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Namun, model investasi tersebut akan menjadi jauh lebih efektif saat membeli rumah di area Pondok Indah. Pasalnya, permintaan pasar yang berlimpah membuat pemilik rumah dapat menaikkan harga jual dengan lebih tinggi.

Sebagai contoh, katakanlah harga normal sebuah hunian di Pondok Indah adalah 6 miliar Rupiah. Akan tetapi, pada saat itu, terdapat beberapa calon pembeli yang ingin membeli rumah tersebut secara bersamaan. 

Hal ini memungkinkan si pemilik rumah untuk menawarkan harga jual yang lebih tinggi agar persaingan di antara pembeli menjadi semakin kecil. Dengan begitu, hanya calon pembeli yang berani memberikan harga paling tinggilah yang akan mendapatkan rumah Pondok Indah yang dijual. 

Contoh kasus seperti ini pulalah yang jika dipraktekkan dalam waktu lama akan membuat harga jual rumah di kawasan ini semakin melonjak. Harga tinggi yang ditawarkan oleh pembeli tersebut akan menjadi patokan harga baru untuk hunian di sana. Jadi, tak mengejutkan bila hingga kini perumahan Pondok Indah memiliki rata-rata harga yang terus bertambah.

Baca Juga: 7 Keuntungan Tinggal di Perumahan yang Ramah Lingkungan

Membeli Rumah Tidak Akan Pernah Membuat Seseorang Rugi

  loader

Sumber: youtube.com

Sebagai tempat bernaung, rumah adalah salah satu dari sekian banyak kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Tanpanya, seseorang akan kesulitan untuk bisa bertahan hidup karena tidak memiliki tempat yang aman untuk beristirahat.

Rumah juga menjadi salah satu instrumen investasi yang banyak dipilih investor. Pasalnya, harga jual sebuah rumah akan terus bertambah mahal dan hampir tidak pernah memberikan kerugian kepada pemiliknya. Untuk itu, bagi yang masih ragu untuk membeli rumah, baik yang sederhana maupun yang mewah sekalipun, ketahuilah bahwa di masa depan, harga jualnya akan menjadi jauh lebih mahal.