Cegah Mampet, Yuk, Terapkan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Berikut!

Mampet atau hidung tersumbat merupakan salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi. Selain membuat tidak nyaman, hidung tersumbat juga mengganggu aktivitas sehari-hari. Pasalnya, hidung tersumbat bisa berujung pada rasa pusing dan kesulitan bernafas secara alami. 

Hidung tersumbat disebabkan oleh sejumlah faktor kesehatan. Untuk mengatasi hidung tersumbat, kamu perlu tahu penyebab utamanya. Apabila penyebabnya sudah diketahui, mengatasi hidung tersumbat bukan perkara sulit. 

Lantas, apa saja penyebab hidung tersumbat? Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat? Yuk, simak penjelasan berikut. 

Apa Penyebab Hidung Tersumbat?

loader

Pada dasarnya, hidung tersumbat adalah kondisi saat saluran hidung terasa tersumbat sehingga sulit bernafas. Penyumbatan tersebut biasanya terjadi karena terdapat lendir atau pertumbuhan abnormal pada saluran hidung yang memblokir pernafasan. Adapun faktor penyebab hidung tersumbat adalah sebagai berikut. 

1. Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi saluran pernafasan merupakan kondisi saat saluran pernafasan, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru, kemasukan benda asing. Adapun benda asing dapat berupa kotoran dan bakteri. Ada pula infeksi yang disebabkan oleh virus, seperti flu dan influenza.  

2. Alergi

Hidung tersumbat akibat alergi terjadi karena zat alergen  yang masuk ke hidung, seperti debu, serbuk kayu, dan bulu binatang. Zat alergen tersebut dapat menyebabkan rongga hidung meradang. Alhasil, hidung pun tersumbat. 

3. Sinusitis

Sinusitis adalah kondisi saat rongga sinus pada hidung mengalami peradangan. Rongga sinus sendiri merupakan organ yang menghasilkan lendir. Akan tetapi, apabila terjadi peradangan, lendir yang dihasilkan akan berlebihan sehingga menyebabkan hidung tersumbat. 

4. Polip hidung

Polip hidung adalah kondisi saat terdapat pertumbuhan jaringan tidak normal di rongga hidung. Polip sendiri disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah peradangan hidung. Hal ini bisa menyebabkan hidung tersumbat. 

5. Rhinitis Vasomotor

Rhinitis vasomotor adalah kondisi hidung tersumbat akibat peradangan pada saluran hidung yang terjadi karena faktor eksternal. Sebut saja, faktor cuaca, paparan asap, dan bau menyengat. Faktor-faktor tersebut menyebabkan pembuluh darah pada hidung melebar sehingga hidung membengkak dan tersumbat. 

Baca Juga: Waspadai Penyakit Paru-paru: Pahami Sebab, Gejalanya, dan Cara Membersihkan Paru-paru Secara Alami

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Jenis Perlindungan
Pilih Jenis Kelamin
Pilih Tanggal Lahir
Pilih Bulan Lahir
Pilih Tahun Lahir
Pilih Tipe Asuransi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

loader

1. Konsumsi Obat

Apabila pilek dan hidung mampet, mengonsumsi obat dapat mengurangi gejalanya. Obat pilek bisa dibeli di pasaran sehingga mudah didapatkan. Adapun obat yang bisa dikonsumsi adalah obat khusus flu, obat pereda nyeri, dan obat dekongestan. 

Apabila hidung tersumbat terjadi karena alergi, silakan konsumsi obat antihistamin atau obat semprot khusus untuk mampet akibat alergi. Meskipun demikian, lebih baik berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat. 

2. Minum Air Hangat

Air hangat mengencerkan lendir yang menyumbat saluran hidung. Selain itu, uap dari air hangat juga dapat melonggarkan saluran hidung yang menyempit. Oleh karena itu, air hangat dapat melegakan hidung mampet. 

3. Gunakan Humidifier

Humidifier berfungsi untuk melembabkan udara. Untuk diketahui, udara yang lembap bisa meringankan gejala flu, seperti hidung tersumbat. Apabila gejala flu mulai menyerang, segeralah menyalakan humidifier agar flu tidak semakin menyerang. 

4. Gunakan Minyak Angin

Minyak angin memancarkan aroma terapi yang hangat dan dapat mengatasi hidung tersumbat. Pasalnya, aroma terapi minyak dapat mengencerkan lendir yang ada di saluran hidung. Minyak angin juga dapat melegakan gejala penyerta hidung tersumbat, seperti tenggorokan tak nyaman dan dada sesak akibat flu. 

5. Pakai Neti Pot

Neti pot merupakan wadah dengan corong yang dapat diisi dengan air untuk mengeluarkan lendir dari saluran hidung. Caranya, masukkanlah cairan steril seperti larutan saline ke dalam neti pot. Lalu, masukkan corong neti pot ke salah satu rongga hidung, semprot kuat cairan di dalamnya. 

Setelah disemprot, lendir yang mengisi saluran hidung akan keluar dari rongga hidung yang tidak dimasuki neti pot. Hidung mampet pun berhasil diatasi. 

Baca Juga: Mengenal ISPA, Penyakit Saluran Pernapasan yang Terjadi Akibat Infeksi

Mengatasi Hidung Tersumbat Membuat Nafas Jadi Plong Kembali

Nah, itulah penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat. Singkatnya, hidung tersumbat merupakan kondisi saluran hidung terblokir hingga sulit bernafas. 

Faktor penyebab hidung tersumbat dapat diakibatkan oleh infeksi virus, alergi, iritasi hidung, dan perubahan cuaca. Untuk mengatasinya, minumlah obat jika dibutuhkan dan lakukan langkah-langkah yang telah dipaparkan. Pastikan kesehatan selalu terjaga, ya.

Baca Juga: Kenali 7 Penyakit yang Bisa Serang Sistem Pernapasan Manusia