Mengenal Hiasan Khas Hari Raya Natal, Pohon Natal

Bulan Desember identik dengan perayaan hari raya Umat Nasrani, Hari Natal. Di Indonesia sendiri, Hari Natal dirayakan dengan cukup meriah. Terdapat banyak hiasan khas hari raya ini di hampir seluruh tempat umum. 

Salah satu hiasan yang paling khas dari perayaan Hari Natal adalah Pohon Natal. Kehadiran pohon natal seakan tak pernah absen pada perayaan hari raya di Bulan Desember ini. Bahkan, hiasan Pohon Cemara ini seakan menjadi ikon dari perayaan Hari Natal di seluruh dunia.

Tak hanya itu, pohon natal juga selalu dihiasi oleh berbagai ornamen seperti gantungan warna-warni, lonceng, dan juga kaus kaki. Di puncak Pohon Cemara tersebut juga tak lupa dipasang hiasan bintang sebagai simbol ‘Bintang Betlehem’.

Memiliki makna yang mendalam dalam perayaan Hari Natal, pohon natal selalu ada menghiasi perayaan Hari yang Suci bagi Umat Nasrani tersebut. Untuk itu, agar lebih memahami lebih dalam lagi makna dari pohon natal, simak penjelasannya berikut ini versi cermati.com:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cerita Sejarah Pohon Natal

  sejarah pohon natal

Umum diketahui jika mendekati Hari Raya Natal, Pohon Natal akan mulai dipasang di banyak lokasi publik. Tujuannya tidak lain untuk turut memeriahkan perayaan Hari Raya Umat Nasrani tersebut.

Namun, tahukah Anda sejarah dibalik dipasangnya Pohon Natal sebagai hiasan di Hari Natal? Untuk memahami awal mula dipasangnya Pohon Natal pada Hari Natal, Anda harus mengetahui kisah dari salah satu pahlawan reformasi gereja, Martin Luther.

Suatu malam, Martin Luther sedang berjalan-jalan sembari menikmati alam di sebuah hutan di Jerman. Martin Luther pun terpesona dengan pemandangan banyak Pohon Cemara yang menjulang tinggi dengan hiasan cahaya bintang di sela-sela cabangnya. 

Kemudian, Martin Luther memutuskan untuk menebang sebuah Pohon Cemara yang tidak terlalu besar dan membawa pohon tersebut ke rumahnya. Martin Luther memasang banyak hiasan lilin di tiap cabang Pohon Cemara tersebut sebagai cara untuk menggambarkan cahaya bintang yang Ia lihat di hutan tadi. Sejak itulah, di Jerman, Pohon Cemara kerap dijadikan sebagai hiasan.

Mulailah pada awal abad ke-16, banyak penduduk Jerman yang mulai menyebar ke luar negeri. Sembari berpindah ke banyak negara tersebut, penduduk Jerman juga mengenalkan tradisi pemasangan Pohon Cemara di depan rumah mereka pada Hari Natal. Itulah mengapa Pohon Cemara kerap dijadikan sebagai hiasan di Hari Natal hingga sekarang ini.

Selain cerita Martin Luther tersebut, Pohon Natal juga konon berasal dari cerita seorang rohaniawan Inggris bernama Santo Bonifacius. Suatu hari, St Bonifacius melihat sebuah prosesi persembahan untuk Dewa Thor di sebuah Pohon Oak.

Dalam proses tersebut, tampak segerombolan orang hendak mempersembahkan anak kecil. Tak ingin melihat anak kecil tersebut dikorbankan, St Bonifacius berusaha menumbangkan Pohon Oak tersebut. Pohon Oak tersebut berhasil tumbang dan tumbuh menjadi sebuah Pohon Cemara yang sekarang identik dijadikan sebagai hiasan Hari Natal.

Selain dari kedua cerita tersebut, Pohon Cemara yang tahan dengan segala cuaca, tak terkecuali saat musim dingin, dianggap sebagai simbol ‘hidup kekal’.  Oleh karenanya, Pohon Cemara seringkali digunakan sebagai hiasan di perayaan Hari Natal di seluruh dunia.

Baca Juga: Sosok Humoris Mandra 'Si Doel' Kembali Jadi Idola, Yuk Intip Hunian Mewahnya!

 

2. Fakta Menarik Seputar Pohon Natal

fakta menarik pohon natal

Pohon Natal memang telah menjadi tradisi wajib saat perayaan Hari Natal. Sepanjang Bulan Desember, Pohon Natal akan tampak menghiasi di seluruh hunian umat Nasrani. Namun, dibalik Pohon Natal sebagai hiasan pada perayaan Hari Natal, terdapat beberapa fakta menarik di dalamnya. 

Tahukah Anda bahwa jaman dahulu, Pohon Cemara tidak dipajang berdiri seperti saat ini sebagai hiasan di Hari Natal. Melainkan, Pohon Cemara dipercaya dipajang dengan cara digantung terbalik di era seribu tahunan silam. 

Tanpa memiliki beragam hiasan seperti saat ini, dahulu Pohon Natal hanya dibiarkan menggantung di langit-langit di sebuah ruangan. Tak dapat dibayangkan bagaimana cara orang dahulu dalam mempersiapkan Pohon Natal tersebut menjelang perayaan Hari Natal.

Fakta menarik yang kedua tentang Pohon Natal adalah kini hiasan di Pohon Natal bukan lagi menggunakan lilin. Sekarang, kebanyakan umat Nasrani telah beralih menggunakan lampu sebagai pengganti lilin yang konon menjadi hiasan di Pohon Natal.

Hiasan lampu pada Pohon Natal ini juga terbilang unik karena umumnya menggunakan lampu berwarna merah dan biru. Tak sedikit umat Nasrani yang penasaran siapa yang pertama kali memberikan hiasan lampu berwarna biru dan merah ini di Pohon Natal.

Sebuah versi yang cukup populer dari cerita awal mula dipilihnya lampu berwarna biru dan merah adalah dari penemu lampu bohlam itu sendiri, Thomas Alfa Edison. Konon, pada tahun 1880, Thomas Alfa Edison gemar menghiasi kantornya menggunakan cahaya lampu. 

Hingga akhirnya pada tahun 1882, rekan kerja Thomas Alfa Edison memasang 80 buah lampu dengan warna biru dan merah sebagai hiasan di ruangan tersebut dan juga Pohon Natal. 

Terus berlanjut ke tahun 1890, perusahaan kepunyaan Thomas Alfa Edison menyebar brosur yang menawarkan jasa pemasangan lampu sebagai hiasan Natal. Disitulah awal mula mengapa banyak lampu berwarna biru dan merah dipasang sebagai hiasan di Pohon Natal hingga saat ini.

3. Kreasi Pohon Natal Terbaik di Dunia

Pohon Natal Terbaik di Dunia 2017, Nice, Perancis
Pohon Natal Terbaik di Dunia 2017, Nice, Perancis

Menjadi ikon di perayaan Hari Natal, banyak orang yang berlomba-lomba memberikan hiasan yang menarik. Tak terkecuali kreasi hiasan indah nan mewah pada Pohon Natal di banyak belahan dunia ini.

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki Pohon Natal dengan hiasan terbaik di dunia. Tepatnya pada tahun 2017 lalu, sebuah Pohon Natal raksasa dengan tinggi mencapai 38 meter terpajang di Central Park dan juga Neo SOHO Mal, Jakarta Barat. 

Bertemakan ‘Giant Whimsical Christmas Tree’, Pohon Natal tersebut sukses membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Kilauan cahaya dari ribuan hiasan stainless flappers serta laser show sukses menjadikan Pohon Natal ini sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Di tahun yang sama, Moscow, Rusia, juga memiliki salah satu Pohon Natal terbaik di dunia. Dengan ukuran puluhan meter, Pohon Natal yang terletak di GUM Fair sontak membuat para pejalan kaki terpukau. Hiasan seperti kado dan juga balon udara yang tampak menawan menambah alasan mengapa Pohon Natal tersebut layak disebut sebagai yang terbaik di dunia.

Selanjutnya ada Pohon Natal yang dibuat pada tahun 2015 di New York, Amerika Serikat. Berlokasi di Rockefeller Center, sebuah Pohon Natal tampak gagah berdiri di jantung kota New York tersebut. Tak hanya hiasan lampu yang membuat Pohon Natal tampak gemerlap, 10 patung malaikat yang seakan sedang menjaga Pohon Natal tersebut menambah keindahan Pohon Natal tersebut.

Di Brazil, tepatnya di Rio de Janeiro, terdapat Pohon Natal yang dibuat mengapung di Danau Lagoa. Memiliki tinggi hingga 82 meter, tampak 3 buah Pohon Natal sedang menghiasi danau tersebut. Kemeriahan kembang api turut memperindah atraksi Pohon Natal tersebut.

Terakhir, di Nice, Perancis, ada sebuah Pohon Natal yang dihiasi oleh air mancur di sekitarnya. Pohon Natal yang telah hadir pada perayaan Natal tahun 2017 tersebut nampak megah dengan atraksi air mancur dan juga lampu di bawahnya. Pastinya, Pohon Natal tersebut akan membuat Anda terpana saat melihatnya.

4. Kreasi Pohon Natal Paling Unik di Dunia

Pohon Natal Terbesar di Dunia di Gubbio, Italia
Pohon Natal Terbesar di Dunia di Gubbio, Italia 

Pohon Natal memang identik dengan Pohon Cemara. Namun, membuat Pohon Natal tak dibatasi dengan menggunakan pohon tersebut saja. Terdapat beragam kreasi unik dari Pohon Natal yang telah dibuat di seluruh dunia.

Di Melbourne, Australia, pernah dibuat sebuah Pohon Natal dari tumpukan mainan Lego. Dengan desain kartunis dan juga hiasan kurcaci serta kereta Santa Clause, Pohon Natal unik tersebut sukses menarik perhatian wisatawan baik dewasa maupun anak kecil.

Lanjut di Vilnius, Lithuania, terdapat sebuah hunian yang menyerupai sebuah Pohon Natal. Lengkap dengan aksen warna hijau dan gemerlap lampu, rumah tersebut terlihat seperti sebuah Pohon Natal berukuran raksasa.

Kreasi unik Pohon Natal lainnya juga pernah ada di Tegucilpaga, Honduras. Bukan terbuat dari material biasa, Pohon Natal di Honduras tersebut dibuat melalui formasi dari 3000 orang. Tak ayal kreasi ‘Pohon Natal’ tersebut digadang-gadang masuk dalam Guinness Book of Records.

Pernah membayangkan Pohon Natal dengan tinggi 650 meter? Meskipun terdengar mustahil, Pohon Natal sebesar ini pernah dibuat di Gubbio, Italia. Namun, bukan dari pohon, Pohon Natal ini dibuat dengan memanfaatkan cahaya dari jendela rumah warga setempat yang membentuk formasi seperti Pohon Natal.

Di Turin, Italia, Pohon Natal pernah dibuat dengan menggunakan panel besi yang kokoh. Memiliki desain yang cukup rumit namun elegan, Pohon Natal ini sukses membuat orang yang melihatnya merasa speechless.

Baca Juga: Hari Perempuan Internasional, Peringatan Upaya Perjuangan Hak Wanita

Pohon Natal Telah Identik dengan Perayaan Natal

Hiasan Pohon Natal serasa tak pernah absen dalam memeriahkan Hari Raya Umat Nasrani tersebut. Memiliki sejarah serta makna kerohanian, Pohon Natal menjadi ikon dari perayaan Hari Natal di seluruh dunia. Oleh karenanya, tak sedikit umat Nasrani yang berusaha membuat kreasi Pohon Natal dengan seindah mungkin.

Baca Juga: Ini Dia 7 Bisnis yang Bikin Nikita Mirzani Semakin Kaya