Menilik Perjalanan Karier Rich Brian, Superstar Indonesia yang Suksesnya Mendunia

Nama Rich Brian alias Brian Imanuel Soewarno dikenal secara internasional sebagai rapper muda asal Indonesia yang mendunia. Di usianya yang masih relatif muda, karier musiknya telah melejit hingga skala mancanegara.

Pada tahun 2017 lalu, Brian sukses merilis Amen sebagai album internasionalnya yang pertama. Wajahnya pun dipampang di area Times Square sebagai bentuk dari promosi yang digencarkannya. Di tahun yang sama, pria berdarah Manado-Tionghoa ini meraih predikat Breakthrough Artist of the Year dari Indonesian Choice Awards ke-4.

Kini kanal YouTube Rich Brian telah mendapatkan subscribers sebanyak 2,2 juta orang. Ia pun berhasil mencetak rekor sebagai artis pertama dari Asia yang menempati chart nomor satu dari iTunes untuk musik genre HipHop. Bagaimana awal kisahnya hingga ia berhasil sukses seperti sekarang?

Baca Juga: Mengintip Kisah Sukses Travis Scott, Rapper Mantan Kylie Jenner

YouTube Menjadi Pembuka Jalan

View this post on Instagram

A post shared by RICH BRIAN (@brianimanuel)

Tak hanya tertarik pada dunia sinematografi, Brian memang sudah hobi menyanyi sejak masih kecil. Saat masih berumur 11 tahun, Brian sudah sering bermain media sosial. Melalui internet terutama YouTube, pria kelahiran 3 September 1999 ini kerap menyimak berbagai hal seputar musik HipHop dan kultur Amerika.

Di tahun 2010, ia pun sering mengunggah konten komedi seputar kultur Amerika sambil belajar Bahasa Inggris. Kemudian, putra dari pasangan Megawati Purnomo dan Heroe Moeljadi Soewarno ini menjadi fasih berbahasa Inggris dengan belajar secara otodidak.

Merilis Dat $tick yang Sensasional

Tak disangka ia pun berhasil meraih sukses skala internasional berkat YouTube serta kepiawaiannya menulis lagu dalam Bahasa Inggris dengan sempurna. Pria yang dulu masih menggunakan nama Rich Chigga itu merilis sendiri karya pertamanya melalui kanal YouTube pribadinya. Lagu pertama yang dibuatnya dari rumah namun fenomenal dan sensasional ialah Dat $tick (2016).

Rupanya, lagu inilah yang berhasil meroketkan namanya secara internasional. Dat $tick berhasil viral dan kini bahkan telah ditonton oleh lebih dari 183 juta viewers dan mengantongi penghargaan dari RIAA. Demikian juga dengan lagu Living The Dream yang ikut sukses setelahnya.

Kerja Sama dengan Banyak Musisi Beken

Sejak kemunculannya, Brian pun semakin sering meluncurkan berbagai karya. Ia bahkan berhasil menggaet sejumlah musisi kenamaan untuk bekerja sama. Terbaru, ia telah berkolaborasi dengan Diplo hingga Pharrell Williams yang tersohor.

Sebelumnya, Rich Brian sempat bekerja sama dengan para rappers kenamaan lainnya. Di antaranya seperti Ghostface Killah (Wu-Tang Clan), Pouya, Skrillex, Zhu, dan THEY untuk lagu Working For It. Ia juga menggandeng RZA, member dari Wu-Tang Clan lainnya untuk lagu Rapapapa.

Lain lagi untuk video musik Yellow, di mana Brian menggandeng Dave Meyers. Seperti diketahui, Dave Meyers ialah mastermind di balik video musik Taylor Swift hingga Kendrick Lamar. Ia jugalah yang menyutradarai All The Stars, soundtrack dari Black Panther. Salah satu film superhero garapan Marvel.

Adapun untuk lagu Gospel, ia sempat menggaet Keith Ape dari Korea Selatan serta mendiang XXXTentacion asal Negeri Paman Sam.

Baca Juga: 10 Anak Muda Sukses Indonesia yang Masuk Jajaran Pemuda Paling Berpengaruh di Asia

Pindah dan Menetap di Amerika

Sebelum menginjak usia 18 tahun, Rich Brian secara mencengangkan telah berhasil mencetak banyak karya hingga go international. Pada tahun 2017 lalu, Brian sudah menghelat konser pertamanya di Los Angeles serta menggelar tur keliling Amerika dan Eropa. 

Ia kini bahkan telah sukses mewujudkan impiannya untuk pindah dan tinggal menetap di Negeri Paman Sam tersebut. Meski begitu, kedua orangtuanya sempat enggan merestui saat anaknya meminta izin untuk mengejar karier hingga ke Amerika.

Namun berkat kesungguhan yang ditunjukkannya, akhirnya seluruh keluarga Brian mendukung penuh cita-citanya. Hingga kemudian kerja kerasnya pun berbuah manis. 

Pelantun lagu Who That Be dan Seventeen ini kini telah sukses mengharumkan nama Indonesia di belantika musik internasional dengan membanggakan.

Kaya Raya di Usia Muda

View this post on Instagram

A post shared by RICH BRIAN (@brianimanuel)

Di tahun 2018 lalu, nama Rich Brian berhasil masuk dalam list 30 Under 30 Asia versi Forbes. Penyanyi lagu Glow Like Dat, Chaos dan Crisis ini sukses masuk dalam daftar apresiasi bergengsi bagi generasi muda di bawah usia 30 tahun yang kariernya melejit serta memberi impact bagi sekitarnya.

Pria yang sempat masuk nominasi Top Social Artist of the Year dari Billboard Indonesia Music Awards ini juga telah mengumpulkan pundi kekayaan. Per tahun 2020 lalu, ia memiliki total kekayaan bersih yang mencapai 1 juta Dollar AS (Rp15 miliar).

Sebar Pesan Positif Lewat Lirik Musik

Brian terus menyebarkan pesan positif dengan balutan lirik yang memberdayakan, menguatkan dan inspiratif. Tak heran jika debut album studionya rilis dan langsung menggegerkan dengan bertengger di posisi 18 chart Billboard 200 Amerika. 

Album Amen (2018) yang bermuatan 12 lagu tersebut rupanya dicintai oleh banyak orang. Saking tergila-gilanya, banyak bermunculan memes yang dibuat oleh fans garis keras Rich Brian.

Adapun album keduanya, The Sailor rilis setahun kemudian pada tahun 2019. Dalam album tersebut, ia bercerita mengenai upayanya menggapai cita-cita. Ia menyampaikan ajakan untuk generasi muda agar tak lelah dalam berusaha mewujudkan impiannya.

Senang Berbagi Saat Pandemi

View this post on Instagram

A post shared by RICH BRIAN (@brianimanuel)

Rich Brian juga terbilang inovatif dan produktif di masa pandemi. Sejak lockdown berlangsung, ia kembali menelurkan single bertajuk Bali dan album 1999 yang banyak terinspirasi dari virus yang tengah melanda dunia. 

Dalam video musik Bali, ia juga menyampaikan pesan donasi dan mengirimkan barang kepada teman terdekatnya. Alih-alih bergaya hidup hedonisme dan bling bling, Brian memang diketahui berjiwa dermawan. 

Ia mendonasikan makanan kepada tenaga kesehatan rumah sakit di Los Angeles. Selain itu, ia juga menyumbang uang kepada industri rumahan produsen masker serta mereka yang terdampak PHK akibat pandemi.

Jangan Takut Menghadapi Perubahan

Dalam lagu Kids yang sempat trending di YouTube, Brian mengajak anak bangsa untuk tak kenal lelah dalam berkarya. Ia menyebutkan, pencapaian kariernya yang kini mendunia tak serta merta ia dapatkan dengan instan. Butuh pengorbanan, Brian mengungkap kerjanya dari nol hingga mencapai keberhasilan.

Lagu itu juga yang menjadi pembuktian baginya, bahwa generasi muda Asia juga bisa menghebohkan kancah musik Amerika. Melalui lirik lagu tersebut, Brian berpesan agar dari manapun asal seseorang, jangan biarkan hal itu menghentikan cita-cita dan impiannya.

Sementara itu, salah satu lagu lainnya yang berjudul Sidney telah berhasil dipilih sebagai lagu resmi pertandingan final PUBG MOBILE Pro League pada Maret 2021 lalu. Acara bergengsi yang sangat dinantikan oleh para gamers Asia Tenggara.

Melalui lagu Sidney, Brian menyebutkan kebanyakan orang akan takut saat dihadapkan dengan perubahan hidup. Meski begitu, ia menandaskan bahwa kesuksesan dapat diraih jika berani mengalahkan hambatan yang menghadang. Dengan begitu, ia pun bisa tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang lebih dewasa dan tentunya mencapai kesuksesan.

Baca Juga: 20 Artis Hip Hop dengan Bayaran Termahal di Dunia versi Forbes, Adakah Idolamu?