Tips Merakit PC Gaming, Aktivitas Seru sambil Belajar Hal Baru

Siapa tidak suka bermain game? Aktivitas ini begitu menyenangkan bisa menghilangkan stres di tengah aktivitas yang menyibukkan.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, semakin banyak konsol yang menghadirkan pengalaman gaming yang seru untuk dicoba. Salah satunya adalah personal computer (PC) gaming.

Namun, membeli PC gaming yang siap pakai dianggap terlalu mahal. Sebab, kamu harus membeli berbagai komponen, seperti CPU, SSD, motherboard, RAM, dan GPU sesuai dengan kebutuhan dan jenis game yang akan dimainkan.

Meski demikian, hal itu tidak menyurutkan semangat para gamers untuk memiliki PC gamingKendala biaya yang menghantui bisa diatasi dengan satu solusi, yaitu merakit PC gaming sendiri.

Secara umum, merakit PC gaming merupakan proses penggabungan komponen-komponen hardware yang diperlukan untuk membangun sistem komputer, Meski dibeli secara terpisah, hardware tetap bisa bekerja secara sinergi dengan baik.

Baca Juga: Biar Tidak Bosan, 7 Game Online PC Ini Cocok Dimainkan saat Waktu Luang

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Keuntungan Merakit PC Gaming

loader

Gaming PC

Berikut beberapa alasan yang membuat orang memilih untuk merakit PC gaming. Berikut 5 alasan di antaranya.

  1. Lebih murah

    Merakit PC gaming lebih murah prebuilt atau rakitan pabrik yang biasanya bisa 2 kali lebih mahal. Karena merakit sendiri, kamu bisa menyesuaikan hardware dengan bujet yang akan dibeli.

    Untuk pembelian awal, cari dulu CPU dan Motherboard yang sesuai dengan kebutuhan gaming. Selanjutnya, beli RAM, VGA Card, SSD, serta hardware pendukung lain. Jika sudah lengkap, kamu dapat membeli layar dan aksesori gaming tambahan agar pengalaman bermain jadi lebih asik.

  2. Bisa di-upgrade

    Dengan merakit PC sendiri, kamu tahu persis apa yang perlu di-upgrade untuk meningkatkan performa komputer. Hal ini mungkin sulit dilakukan jika membeli PC gaming prebuilt.

    Misalnya, kamu bisa meningkatkan kapasitas RAM, mengganti VGA Card, dan memperbarui sistem gaming dalam jangka waktu tertentu.

  3. Menghilangkan bloatware

    Ketika membeli prebuilt, produsen akan menginstal berbagai perangkat lunak yang tidak diperlukan. Hal ini dapat menyebabkan bloatware yang memperlambat kinerja PC secara keseluruhan.

    Dengan merakit sendiri, kamu dapat memilih software sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kapasitas RAM juga akan lebih besar untuk menyimpan game atau software pendukung lainnya.

  4. Bebas kustomisasi

    Kamu memiliki kebebasan untuk menggabungkan berbagai model, jenis, dan merek hardware untuk PC gaming. Selain itu, kamu juga bisa meng-upgrade hardware kapan saja sesuai keinginan.

    Kustomisasi yang bisa dilakukan meliputi memori, casing, drive optic, mouse, keyboard, hingga layar. Kamu juga bebas untuk menukar beberapa hardware pada PC untuk memaksimalkan pengalaman gaming yang lebih baik.

  5. Pengalaman yang menyenangkan

    Menggabungkan bagian demi bagian untuk membentuk kesatuan PC merupakan pengalaman yang menyenangkan. Seperti menyusun puzzle yang harus disatukan, kamu akan merasakan puas ketika selesai merakit PC sendiri.

    Itulah 5 alasan umum yang membuat banyak orang memilih merakit PC gaming sendiri. Tentu saja butuh kemampuan khusu untuk merakitnya, tapi kamu bisa memahami teorinya terlebih dulu dan meminta dirakitkan oleh ahlinya. Tertarik untuk mencoba?

Estimasi Biaya Merakit PC Gaming

Sebelum merakit, kamu harus tahu dulu berapa biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah PC gaming. Estimasi biaya tergantu pada kelas PC gaming yang akan dirakit, mulai dari low specification (spesc), medium specs, dan high end specs.

Kamu dapat menyesuaikan kelasnya dengan dana yang dimiliki. Berikut ulasannya.

  1. Low specs

    Low specs cocok untuk pemula yang baru mau belajar merakit PC. Komponen yang dibutuhkan masuk dalam kategori low dengan performa yang standar. Berikut rinciannya: 

    • Motherboard dan prosesor: Rp800.000.
    • RAM 4GB dual channel: Rp400.000.
    • HDD kapasitas 500GB: Rp400.000.
    • Grafis kapasitas 2GB: Rp800.000.
    • Monitor 17 inch: Rp800.000.

    Dengan komponen di atas, estimasi biaya antara Rp4.000.000 hingga Rp5.000.000. Perlu diingat bahwa PC gaming ini low spec, artinya hanya cukup untuk memainkan game ringan. 

  2. Medium specs

    Medium specs memiliki performa yang lebih baik ketimbang low specs, tentu dengan harga yang lebih mahal. Pengalaman gaming di PC medium spec juga akan lebih baik, meski di beberapa bagian perlu ditingkatkan.

    • Motherboard dan prosesor: Rp2.000.000
    • Memori RAM 8GB: Rp800.000.
    • HDD kapasitas 1000 GB: Rp700.000.
    • SSD kapasitas 240 GB: Rp400.000.
    • Kartu Grafis: Rp3.000.000.
    • Case PC Gaming dengan kipas pendingin: Rp1.000.000.
    • Mouse dan keyboard: Rp300.000 hingga Rp500.000.
    • Monitor 20 inchi: Rp1.200.000.
    • Speaker gaming: Rp700.000.

    Dengan PC gaming medium specs, kamu bisa memainkan game generasi terbaru dengan baik. Daya tahannya juga kuat dan bisa dipakai hingga 5 tahun pemakaian. Estimasi harganya mulai dari Rp9.000.000 hingga Rp12.000.000.

  3. High end specs

    Untuk merakit PC gaming high end specs, kamu harus mengenal dulu seluk beluk hardware yang dibutuhkan. Terlebih dengan harga yang lebih mahal, tidak boleh asal dirakit. Berikut rinciannya:

    • Monitor 24 inch LED: Rp1.900.000.
    • CPU menggunakan AMD Ryzen 7 1700: Rp4.305.000.
    • CPU Cooler dan dua fan: Rp970.000.
    • Motherboard: Rp2.580.000.
    • RAM 16GB: Rp2.020.000.
    • Hard Drive: Rp2.200.000.
    • Kartu grafis gaming: Rp9.800.000.
    • Casing: Rp1.150.000.
    • Power Supply: Rp1.510.000.
    • Keyboard gaming: Rp918.000.
    • Mouse: Rp229.000.
    • Speakers: Rp700.000.

    Dengan estimasi harga sekitar Rp25.000.000 hingga Rp30.000.000, performa PC gaming high end sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain awet, PC gaming ini tidak membutuhkan upgrade yang terlalu sering. Cocok untuk investasi barang jangka panjang dan gamers profesional. 

    Baca Juga: 15 Daftar Game Online Gratis dan Ringan di PC

Tips Merakit PC Gaming Sendiri

loader

Merakit PC Gaming

Setelah mengetahui alasan dan estimasi biaya merakit PC gaming, apakah kamu menjadi semakin tertarik untuk mencobanya? Pada dasarnya, merakit PC gaming memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Namun, kamu akan sangat menikmati setiap prosesnya, ketika membeli item kecil sedikit demi sedikit, lalu merangkainya menjadi PC gaming yang bisa berfungsi dengan baik. 

Kamu dapat mengikuti 5 tips di bawah ini untuk merakit PC gaming. Berikut ulasannya.

  1. Buat list hardware yang dibutuhkan

    Buatlah list hardware yang diperlukan terlebih dulu untuk memudahkan dalam menentukan anggaran. Daftar bisa dimulai dari internal CPU hingga ke aksesori.

    Jika sudah terbayang akan membuat PC seperti apa, kamu bisa mulai dari medium specs. Lihat review sebanyak-banyaknya untuk menambah pengetahuan sebelum membeli.

  2. Buat target waktu dan dana

    Setelah list dibuat, lanjutkan tentukan target pembelian. Tentukan berapa lama waktu untuk menabung, misalnya dalam 6 bulan atau satu tahun. Menentukan tenggat waktu akan membuat kamu makin giat menabung.

    Selanjutnya, tentukan dana yang dibutuhkan untuk membeli salah satu hardware terlebih dulu. Kamu bisa mulai dari yang paling murah atau yang paling penting, seperti RAM atau motherboard dulu.

  3. Jangan malas hunting

    Ketika sudah mantap akan merakit PC gaming, jangan malas untuk melakukan hunting. Datangi toko yang menjual perlengkapan komputer untuk melihat-lihat, siapa tahu kamu akan menemukan barang bagus dengan harga terjangkau.

    Tidak harus langsung membeli, tapi jadikan perbandingan harga dan spesifikasi dari list yang sudah dibuat. Jangan lupakan juga event sale dan pameran untuk melihat bermacam produk.

  4. Jangan ragu berkonsultasi

    Jika masih bingung menentukan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan teman atau orang lain yang memahami cara merakit PC gaming. Kamu bebas bertanya untuk mendapatkan saran terkait model yang sesuai dengan bujet, kelebihan dan kekurangan, serta rekomendasi tempat membeli.

  5. Sabar dan fokus

    Sama halnya dengan menyusun puzzle, satu piece tidak akan membentuk apa-apa. Begitu juga ketika kamu membeli RAM atau motherboard dulu, terlihat kecil dan tidak bisa digunakan.

    Namun, itulah “seni” dalam merakit PC gaming, menyatukan bagian-bagian kecil secara bertahap untuk membentuk satu hardware sesuai impian. Jadi, jangan patah semangat dan fokus untuk terus menabung dan kejar terus target membeli PC gaming sesuai keinginanmu.

Tambah Pengalaman dari Merakit PC Gaming

Merakit PC gaming dapat menjadi solusi jika kamu memiliki dana terbatas. Tak hanya itu, merakit PC sendiri juga memberikan kebebasan seluas-luasnya untuk bereksplorasi dan mempelajari dunia komputer lebih dalam.

Jangan malas untuk melihat review dan berkonsultasi ke orang yang lebih ahli. Sebab, jika dirakit dengan baik, PC gaming dapat menjadi investasi jangka panjang. Selamat mencoba!

Baca Juga: Rekomendasi Game Balap Mobil di Android yang Wajib Kamu Mainkan