Merdeka Finansial Bukan Lagi Angan-angan Kalau Kamu Lakukan Hal Ini

Memiliki kondisi keuangan stabil merupakan impian banyak orang, mungkin juga termasuk kamu. Mencapai merdeka finansial atau financial freedom sehingga segala kebutuhan hidup dapat terpenuhi dengan baik.

Ya, merdeka finansial banyak maknanya. Ada yang mengartikan merdeka finansial itu adalah terbebas dari jeratan utang, kemampuan mengatur keuangan secara tepat, keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

Akan tetapi ada juga yang berpendapat seseorang sudah dikatakan merdeka secara finansial kalau bisa menikmati hasil investasi yang sudah ditanamkan. Jadi tidak perlu kerja keras lagi, tinggal tidur alias ‘merem’, uang mengalir ke kantong.

Bila hidup masih dirundung persoalan utang, kesulitan mengelola keuangan sehingga berapapun gaji yang diterima selalu merasa kurang, besar pasak daripada tiang, bahkan gaji cuma numpang lewat tanpa bekal investasi untuk masa depan, maka kamu dianggap belum merdeka secara finansial.

Untuk mencapai merdeka secara finansial butuh komitmen, disiplin, dan konsistensi. Tanpa tiga gal tersebut, kemerdekaan finansial hanya akan menjadi angan-angan yang tak pernah terwujud. Hidupmu selamanya tidak akan pernah lepas dari masalah keuangan.

Berikut ini adalah beberapa langkah tepat yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kemerdekaan finansial dengan lebih mudah:

Baca Juga: 8 Cara Gampang Cari Uang

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

  • Cek kondisi keuangan, hitung penghasilan dan pengeluaran

Mengatur Keuangan
Hitung penghasilan dan pengeluaran rutin

Mulailah dengan melihat kondisi keuanganmu secara keseluruhan. Hitung berapa jumlah kebutuhan rutin dan jumlah penghasilan yang diperoleh setiap bulan. Jika ingin mencapai financial freedom, idealnya total pendapatan harus lebih besar daripada pengeluaran. 

Bila dalam catatan keuanganmu, masih ada sisa uang dari penghasilan setelah dikurangi pengeluaran, maka kamu bisa memasukkannya ke pos anggaran investasi, tabungan, dana pensiun, atau dana darurat. Pokoknya untuk masa depan.

Sebaliknya, jika lebih besar pasak daripada tiang atau lebih besar pengeluaran daripada penghasilan, segera cari sumber pendapatan lain. Banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan sesuai minat, hobi, passion, dan bakatmu. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari utang untuk menutup defisit anggaran bulanan.

  • Tetapkan tujuan keuangan

Tujuan Keuangan
Tetapkan tujuan keuangan

Untuk mencapai financial freedom, kamu perlu menetapkan tujuan keuanganmu. Mulai dulu dengan tujuan keuangan jangka pendek, lalu ke jangka panjang.

Setiap orang punya tujuan keuangan yang berbeda. Misalnya saja, tujuan kamu berhemat dan menyisihkan gaji untuk tabungan DP rumah, biaya sekolah anak, dan lain sebagainya.

Dengan menetapkan tujuan keuangan, kamu punya arah yang jelas. Sehingga tidak akan menggunakan uang secara konsumtif demi mencapai tujuan keuangan tersebut.

  • Cari penghasilan tambahan, jual skill yang dimiliki

  Uang
Cari penghasilan tambahan dengan menjual skill

Untuk mendapatkan uang tambahan, kamu bisa mencari pekerjaan sampingan. Selepas pulang kerja, manfaatkan waktu luang untuk mendapat pemasukan dari sumber lain, seperti berbisnis jualan online, driver online, dan lain sebagainya. 

Jual keterampilan dan keahlian yang kamu miliki. Bila tidak mengerti bisnis, tapi memiliki skill menyanyi, menulis, mengajar, fotografi, atau lainnya. Manfaatkan skill tersebut dengan menjadi freelancer. Misalnya sepulang kantor, Anda menulis artikel untuk website perusahaan, menerima tawaran manggung di kafe, mengajar les di hari Sabtu atau Minggu.

Skill ini bisa jadi uang untuk menambah penghasilanmu. Tekuni pekerjaan sampingan ini dengan serius. Jangan malas kalau mau mencapai financial freedom.

Baca Juga: Cara Bijak Memanfaatkan Uang THR

 

  • Sisihkan uang untuk investasi

Investasi
Sisihkan uang untuk investasi

Dari jatah 20% anggaran masa depan, setorkan untuk investasi. Dengan berinvestasi, kamu akan memperoleh keuntungan apapun produk investasinya, seperti investasi emas, tanah, properti, deposito, reksadana, saham, obligasi, sampai pendanaan di fintech lending.

Pilih produk investasi jangka panjang yang sesuai dengan karakteristikmu. Apakah kamu termasuk orang yang berani mengambil risiko tinggi atau tidak. Tapi perlu diingat, investasi high risk, pasti high return. Dengan berinvestasi, kamu akan dapat menikmati hasilnya di masa depan.

  • Lunasi seluruh utang

utang
Lunasi seluruh utang

Namanya juga merdeka finansial, berarti kamu harus terbebas dari masalah keuangan, termasuk utang. Utang ini harus segera dilunasi agar tidak menjadi beban terus menerus yang justru akan menggerogoti keuanganmu.

Setiap memperoleh gaji atau penghasilan, disiplin membayar cicilan utangmu agar cepat lunas. Begitupun kalau mendapatkan bonus, THR, atau dapat uang tambahan dari pekerjaan sampingan, prioritaskan untuk melunasi utang.

Memang bakal terasa berat. Banyak godaan untuk melunasi utang. Tapi percayalah, dengan kemauan yang keras, kamu mampu membayar seluruh utang-utangmu, baik itu berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Multiguna (KMG), maupun pinjaman online dan kartu kredit.

Utang lunas, kamu betul-betul menjadi orang yang merdeka secara finansial dan bisa tidur nyenyak.

Kelola Uangmu Dari Sekarang

Untuk mewujudkan financial freedom butuh usaha keras. Tapi siapapun pasti bisa melakukannya. Mumpung masih muda, mulailah dengan mengelola keuanganmu sejak dini agar hasilnya dapat dinikmati lebih cepat. Hidup tenang dan nyaman, hari tua pun bahagia tanpa merana.

Baca Juga: Manfaat Besar Dana Darurat agar Keuanganmu Selamat saat Wabah Corona