Rekomendasi Mobil LCGC Terbaik untuk Temani Berbagai Aktivitas

Semakin banyaknya orang yang sadar lingkungan membuat mobil LCGC semakin ramai peminat. LCGC sendiri merupakan kependekan dari low cost green car atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti mobil murah ramah lingkungan.

Sesuai dengan namanya, mobil LCGC memang dihadirkan dengan mesin ramah lingkungan. Selain itu, kendaraan ini juga harus memenuhi spesifikasi dasar yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Beberapa spesifikasi itu meliputi: 

  • Penggunaan merek dan logo harus khas Indonesia.
  • Radius belok maksimal 4,6m.
  • Jika mesin diesel kapasitas maksimalnya 1.500cc atau konsumsi bahan bakar minimal 20km/l, bahan bakar yang digunakan memiliki CN 51. 
  • Jika mesin bensin kapasitasnya 980-1200cc atau konsumsi bahan bakar minimal 20km/l, serta bahan bakar yang digunakan memiliki RON 92.

Baca Juga: Mau Beli Mobil? Biar Tidak Rugi Ketahui Dulu Apa Itu Depresiasi Mobil Berikut Ini

Kelebihan dan Kekurangan Mobil LCGC

Sebagai mobil ramah lingkungan dengan harga terjangkau, jenis mobil ini tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Kelebihan dan kekurangan mobil LCGC ini bisa kamu jadikan pertimbangan jika berencana untuk membeli salah satu serinya.

Kelebihan

Kekurangan

1. Lebih Awet

Kelebihan dari mobil LCGC adalah dibuat agar bisa awet. Tidak hanya awet, mobil ini juga sudah diuji kualitasnya. Jadi, kapan lagi bisa mempunyai mobil dengan harga terjangkau tetapi awet dan berkualitas?


2. Mudah Dioperasikan

Bagi kamu yang belum terlalu mahir berkendara, mobil LCGC bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok. Pasalnya, kendaraan ini sangat mudah dioperasikan, bahkan untuk pemula sekalipun. Apalagi kamu juga bisa memilih apakah ingin menggunakan mobil dengan transmisi otomatis atau manual.


3. Ramah Lingkungan

Sesuai dengan namanya, mobil LCGC memang dihadirkan sebagai kendaraan yang ramah lingkungan. Salah satu bentuk dari penerapan ramah lingkungan ini adalah penggunaan bahan bakar untuk mobil ini tergolong hemat.

Hal ini tentu akan membuat polusi yang dihasilkan jadi lebih sedikit. Jika dilihat spesifikasi dasar yang harus dipenuhi, mobil LCGC bisa menempuh jarak 20km untuk satu liter bahan bakar.


4. Dimensi Kendaraan Lebih Compact

Dimensi mobil LCGC juga terbilang lebih compact. Karena itu, mobil jadi lebih mudah menyalip ke sana kemari ketika digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari. Di jalan yang tidak terlalu besar sekalipun, kamu masih bisa menyetir kendaraan dengan cukup aman tanpa takut menyerempet pengendara lain.

1. Kurang Bertenaga

Mengingat syarat spesifikasi dasar yang diterapkan kapasitas mesin bensin hanya 980cc hingga 1200cc, mobil LCGC jadi memiliki tenaga yang kurang gahar jika dibanding dengan mobil normal pada umumnya. 


2. Fitur Kurang Menarik

Kekurangan lainnya adalah fitur yang dibawakan tidak terlalu istimewa. Hal ini sebenarnya bukan hal yang aneh mengingat harga yang ditawarkan untuk setiap unit mobil ini sangat terjangkau.

Fitur yang dibekalkan pada mobil ini tergolong standar. Fitur keamanan airbag dan rem ABS pun absen dari mobil LCGC.


3. Tidak Cocok untuk Kecepatan Tinggi

Jika kamu mencari mobil untuk dibawa ngebut di jalanan, mobil LCGC sangat tidak direkomendasikan. Pasalnya, kendaraan ini memiliki berat lebih enteng dibanding dengan mobil pada umumnya. 

Karena itu, mobil jadi kurang stabil ketika dikendarai dalam kecepatan tinggi. Namun jika kamu teliti, ada juga mobil LCGC yang memiliki berat cukup stabil saat dikendarai dengan kecepatan tinggi.

Rekomendasi Mobil LCGC Terbaik

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan mobil LCGC, langkah selanjutnya adalah memilih kendaraan mana yang paling cocok untuk menemani aktivitas harian kamu.

  1. Honda Brio Satya

    loader

    Mobil tipe LCGC pertama yang dapat kamu pertimbangkan untuk dibawa pulang adalah Honda Brio Satya. Kendaraan mungil ini bukan hanya hemat bahan bakar, tetapi juga didesain dengan menarik dan sporty.

    Untuk tenaganya, ada mesin 1.200cc yang siap kamu pacu untuk berkendara di jalanan. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan mesin 4 silinder dengan teknologi i-VTEC. Untuk 1 liter bensin bisa menempuh jarak sampai 22,6km.

    Soal fitur keselamatan juga cukup lengkap. Ada sistem pengereman anti-lock braking system dan electronic brake-force distribution (EBD) yang akan membuat proses pengereman jadi lebih aman. Jika berencana untuk memboyong mobil ini, kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp150 jutaan.

  2. Daihatsu Ayla

    loader

    Memilih sebuah mobil tidak hanya semata-mata karena memiliki tampilan yang keren, tetapi juga harus bisa melindungi pengemudi dan penumpang dengan baik jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Daihatsu Ayla pun melakukan sejumlah pembaruan sehingga membuat mobil tipe LCGC ini jadi semakin aman di 2022.

    Beberapa fitur yang kini juga dipasang di antaranya adalah keberadaan teknologi pengereman EBD dan ABS yang dapat mengurangi risiko ban selip. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan back sonar yang bisa membuatmu terhindar dari tabrakan dengan objek di belakang.

    Beberapa fitur keamanan lain termasuk Dual SRS Airbag, Front & Rear Stabilizer, immobilizer, hingga Alarm Fire Extinguishing Equipment (APAR). Sebagai mobil tipe LCGC, Daihatsu Ayla dipasarkan dengan harga mulai dari Rp106 jutaan.

  3. Toyota Agya

    loader

    Selain Honda Brio dan Daihatsu Ayla, Toyota Agya juga menjadi mobil LCGC yang paling sering kamu temui di jalan raya. Kendaraan ini hadir dengan desain yang memberikan kesan sporty bagi penggunanya. 

    Kapasitas mesin yang dibekalkan pada mobil ini mencapai 1200cc dengan pemakaian bahan bakar yang cukup irit, yakni 1 liter untuk jarak 15,1km. Selain itu juga terdapat sentuhan modern yang membuat kesan mobil jadi lebih modis.

    Untuk fitur keselamatannya sudah ada airbag di kursi utama penumpang, kemudian ada immobilizer, dan teknologi ABS untuk pengeremannya. Soal harga, mobil berkapasitas lima orang ini ditawarkan seharga Rp140 jutaan.

  4. Daihatsu Sigra

    loader

    Selain Ayla, Daihatsu juga memiliki Sigra sebagai andalan di kategori mobil LCGC. Sama seperti saudara sepupunya, Sigra juga dihadirkan dengan kemampuan hemat bahan bakar. Di jalanan perkotaan mobil ini hanya menghabiskan satu liter untuk menempuh jarak 13km.

    Soal keamanan, mobil bertipe MPV ini juga sudah cukup mumpuni. Sudah ada sensor sabuk pengaman, pelindung benturan, airbag, hingga teknologi pengereman ABS. Kapasitas mesinnya ada dua pilihan 1.000cc atau 1.200cc.

    Tidak hanya itu, desain yang diusung oleh mobil ini jadi lebih bergaya dan berkelas. Soal harga, Daihatsu Sigra ini ditawarkan mulai dari Rp120 jutaan saja.

  5. Toyota Calya

    loader

    Bagi yang sedang mencari mobil LCGC versi MPV, Toyota Calya bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Kendaraan dengan 7 kursi ini sangat cocok dijadikan andalan keluarga. 

    Tidak hanya karena harganya lebih terjangkau, tetapi mobil ini juga irit bahan bakar. Untuk satu liter bensin yang dihabiskan, mobil ini bisa digunakan untuk berkendara sejauh 13,9km. Soal urusan keamanan juga dual SRS Airbags untuk mengurangi cedera ketika terjadi kecelakaan.

    Selain itu juga ada sensor parkir yang memudahkan kamu saat parkir di tempat sempit. Ada pula rem ABS dan EBD yang dapat membuat mobil tetap terkontrol saat direm. Jika berminat, mobil dengan kapasitas mesin 1.200cc ini dipasarkan dengan harga mulai dari Rp140 jutaan.

Baca Juga: Ini Kelebihan Beli Mobil Baru Daripada Mobil Bekas

Sesuaikan Harga dan Kebutuhan

Meskipun semua jenis mobil LCGC memang irit dan harganya terjangkau, tetapi sebelum memutuskan untuk membeli salah satunya kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya dari segi harga dan kebutuhan.

Pasalnya, mobil dengan kapasitas 5 tempat duduk dan 7 tempat duduk harganya tidak terlalu beda jauh. Jika kamu memiliki jumlah anggota keluarga cukup banyak, tentu membeli mobil LCGC versi MPV menjadi pilihan yang lebih hemat.

Kamu juga harus lebih dahulu mencari tahu perlindungan asuransi dan fitur keamanan apa saja yang sudah dibekalkan pada mobil LCGC incaranmu agar berkendara jadi lebih aman dan nyaman. 

Baca Juga: Perlukah Mobil Bekas Diasuransikan? Begini Tips Memilih Asuransi Mobil