Mobile Banking OCBC NISP dan Cara Pendaftarannya

Salah satu bank dengan reputasi terbaik di Indonesia adalah bank NISP dimana pertumbuhannya yang terbilang cukup menjanjikan hingga menarik perhatian institusi internasional seperti International Finance Corporation (IFC), yang merupakan bagian dari Grup Bank Dunia, yang memberikan pinjaman jangka panjang pada tahun 1999 dan kemudian menjadi salah satu pemegang saham dari tahun 2001 hingga 2010.

Sejak awal tahun 1990-an the Netherlands Development Finance Company (FMO) juga memberikan berbagai pinjaman jangka panjang dengan bunga menarik yang digunakan untuk penyaluran kredit pada segmen UKM.

Bank NISP pun saat ini telah bertransformasi menjadi Bank OCBC NISP dan merupakan salah satu bank tertua di Indonesia yang didirikan pada tangga 4 April 1941 di Bandung dengan nama NV Nederlandsch Indische Spaar En Deposito Bank. Kemudian, bank NISP pun saat ini telah berkembang menjadi bank yang solid dan handal, utamanya melayani segmen UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Menyadari kebutuhan nasabah yang ingin semuanya serba cepat dan praktis. OCBC NISP juga menyediakan layanan mobile banking untuk nasabahnya agar bisa melakukan kegiatan perbankan dimana saja selama terkoneksi internet.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Kelebihan Mobile Banking OCBC NISP

mobile banking ocbc nisp

  • Kemudahan dalam mengecek informasi rekening kapan pun dan dimana pun selama terhubung dengan koneksi internet. Untuk dapat menikmati layanan ini pun tidak akan dikenakan biaya apapun. Informasi yang dapat diakses diantaranya adalah informasi saldo rekening tabungan, termasuk deposito, reksa dana dan bancassurance.
  • Multitransfer dan Multipayment

Untuk yang sering melakukan transaksi transfer dana, Anda pun saat ini dapat melakukan transfer ke beberapa rekening maupun tagihan sekaligus, sehingga tidak perlu membuang-buang waktu untuk sekedar transfer dana.

  • Lifestyle Fiture

Tak hanya bisa melakukan transfer antar bank dan mengecek saldo rekening, Anda pun bisa membeli tiket menonton melalui aplikasi Mobile Banking OCBC NISP, salah satunya merchant yang bekerja sama dengan OCB NISP adalah Blitz Megaplex. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa mengetahui kondisi lalu lintas terkini melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga: BNI Mobile Banking dan SMS Banking, Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

 

Cara Mengaktifkan layanan Mobile Banking OCBC NISP :

Setelah mengetahui beberapa keunggulan dari Mobile Banking OCBC NISP, berikut ini adalah beberapa cara yang perlu diketahui untuk mengaktifkan layanan mobile banking :

  • Melalui ATM
  1. Sebelum mengaktifkan layanan mobile banking di ATM OCBC NISP, pastikan telah memiliki kartu ATM OCBC NISP yang masih aktif.
  2. Selanjutnya masuk lah ke menu registrasi mobile banking
  3. Pilih menu Terima User ID & Password
  4. Dan yang terakhir, aktivasi mobile banking dengan cara log in dang anti password untuk menjaga keamanan account Anda.
  • Melalui Cabang Bank OCBC NISP Terdekat
  1. Tak hanya bisa diaktifkan menggunakan ATM saja, untuk yang hendak mendaftarkan diri sebagai user mobile banking OCBC NISP, pastikan telah mengisi formulir yang telah di sediakan oleh pihak bank
  2. Selanjutnya Anda akan menerima User ID dan Password yang bisa digunakan untuk log in.
  3. Dan yang terakhir, pastikan merubah User ID dan Password yang telah diberikan oleh pihak bank OCBC NISP.
  • Melalui Layanan Internet Banking
  1. Melalui layanan  internet banking, Anda pun bisa melakukan aktivasi mobile banking dengan cara masuk ke menu layanan nasabah.
  2. Lalu pilih menu registrasi mobile banking
  3. Ikuti instruksi yang tertera di layar perangkat smartphone.

Selain cara meregistrasikan Mobile Banking OCBC NISP, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan terkait penggunaan mobile banking OCBC NISP.

Mengurus ponsel SMS Token OCBC NISP yang Hilang

  • Melalui cabang OCBC NISP

Untuk yang kehilangan ponsel yang digunakan untuk SMS token, Anda bisa langsung mengurusnya di bank OCBC NISP terdekat dengan langkah sebagai berikut :

    • Anda bisa mengunjungi kantor cabang bank OCBC NISP terdekat dan sampaikan pada Customer Service bank OCBC NISP bahwa dikehilangan handphone yang biasa digunakan untuk keperluan SMS token. Anda pun kemudian akan diberikan formulir blokir SMS Token OCBC NISP. Isilah dengan benar sesuai data yang dimiliki.
    • Customer Service akan segera memblokir SMS Token OCBC NISP Anda yang hilang. Untuk yang ingin mengaktifkan kembali Anda pun bisa mendatangi customer service bank OCBC NISP dan menyampaikan bahwa Anda hendak mengaktivasi kembali.
  • Melalui Call OCBC NISP
    • Layanan pemblokiran SMS token pun bisa dilakukan melalui Call Center OCBC NISP di 500 – 999 atau 66 – 999 melalui handphone yang dimiliki dan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak Customer Service untuk proses verifikasi.
    • Petugas Call OCBC NISP akan segera memblokir SMS Token OCBC NISP setelah semua proses verifikasi telah dilalui.

Jika telah mendapatkan nomor baru, Anda pun bisa segera merubah nomor SMS token dengan nomer baru tersebut melalui ATM OCBC NISP. Berikut ini adalah langkah-langkah selengkapnya :

  • Melalui ATM OCBC NISP, masuk lah ke menu ADM/Daftar e-Banking
  • Selanjutnya pilih menu Mobile Banking
  • Kemudian pilih Ubah Nomor HP
  • Masukan lah nomor handphone yang baru untuk mulai menerima SMS Token OCBC NISP
  • Setelah berhasil melakukan perubahan, ATM OCBC NISP pun akan mencetak nomor handphone yang baru yang akan digunakan untuk mulai menerima SMS Token OCBC NISP

Baca Juga: Muamalat Mobile Banking, Cara Daftar, Download, dan Aktivasinya

Cara Membuka Blokir SMS Token OCBC NISP

Ada beberapa kemungkinan kenapa SMS Token Mobile Banking OCBC NISP terblokir. Pertama, Anda salah dalam memasukkan jawaban yang sah saat verifikasi data, atau di blokir karena permintaan sendiri. Namun tak perlu kawatir, bisa membuka blokir SMS Token tersebut dengan cara sebagai berikut :

  • Untuk mengaktivasi kembali SMS Token OCBC NISP, diharuskan untuk mendatangi kantor OCBC NIS dan melengkapi formulir pembukaan blokir.
  • Customer Service akan segera membuka blokir SMS Token OCBC NISP Anda.

Jika Lupa User ID

Anda dapat mengecek User ID melalui ATM OCBC NISP dengan cara,

  • Pilih menu "ADM/Daftar e-Banking"
  • Lanjutkan dengan memilih menu "Mobile Banking"
  • Lalu pilih menu "Cek User ID"
  • User ID pun akan muncul di layar ATM dan tercetak pada tanda terima ATM atau receipt.

Demikian lah beberapa hal yang perlu diketahui dari mobile banking OCBC NISP. Pastikan selalu menyimpan user ID maupun password dan jangan biarkan orang lain untuk mengetahuinya demi keamanan tabungan yang dimiliki.

Selain itu, jika lupa password mobile banking OCBC NISP pastikan jangan sampai mengulanginya hingga 3x, hal tersebut dapat menyebabkan fasilitas mobile banking yang dimiliki terblokir secara otomatis oleh sistem bank. Hal tersebut nyatanya cukup berguna untuk mendukung proses verifikasi data sehingga account Anda tak mudah diretas oleh hacker.

Baca Juga: BCA Mobile: Keuntungan, Cara Registrasi, dan Aktivasinya