BCA Mobile: Keuntungan, Cara Registrasi, dan Aktivasinya

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA) menawarkan berbagai kemudahan bagi nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satunya adalah penggunaan BCA Mobile yang bisa diakses dengan mudah melalui smartphone.

BCA Mobile adalah salah satu fitur mobile banking yang dimiliki BCA untuk memanjakan nasabahnya dalam melakukan kegiatan perbankan dengan memanfaatkan aplikasi yang bisa dijalankan di berbagai macam jenis smarthone, termasuk Blackberry, Android, Windows Phone, iPhone, dan Nokia X.

Walaupun sudah pernah mendengar fasilitas ini, ternyata masih banyak juga nasabah atau calon nasabah yang belum sepenuhnya paham teknis aktivasi dan fitur lengkap layanan BCA Mobile. Berikut ini ulasan bagi Anda yang ingin lebih mengetahui tentang BCA Mobile.

Baca Juga: Inilah Nomor Call Center BCA yang Bebas Dihubungi Kapan Saja

Sekilas Tentang BCA Mobile

 BCA Mobile
BCA Mobile via twitter.com

Sebelum membahas fitur-fitur dan kemudahan apa yang ditawarkan melalui BCA Mobile, kita akan membahas secara singkat tentang layanan ini. BCA Mobile merupakan layanan aplikasi smartphone yang dapat digunakan untuk transaksi perbankan, baik melalui KlikBCA (internet banking) maupun m-BCA (mobile banking) selama terhubung dengan jaringan internet.

Sayangnya, sampai saat ini aplikasi tersebut hanya dapat dioperasikan pada tipe smartphone dengan jaringan operator GSM dan tidak mendukung jaringan CDMA. Oleh karena itu, sebelum mengunduh aplikasi tersebut, pastikan bahwa smartphone Anda menggunakan jaringan GSM.

Menggunakan layanan aplikasi ini sangat mudah dan praktis. Untuk menggunakan aplikasi ini, nasabah tidak perlu mengganti kartu SIM. Cukup dengan memasang aplikasi tersebut di smartphone dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan aktivasi melalui Kantor Cabang BCA ataupun melalui ATM BCA.

Uraian lengkap mengenai keuntungan BCA Mobile bisa didapatkan lewat informasi berikut ini.

Keuntungan BCA Mobile

Nasabah banyak memanfaatkan layanan BCA Mobile karena memiliki fitur lengkap dan sejumlah keuntungan.

  1. Aplikasi BCA Mobile dapat digunakan untuk melakukan transaksi perbankan melalui menu m-BCA via operator GSM, seperti Indosat, Telkomsel, Axis, XL Axiata, dan Three tanpa perlu mengganti kartu SIM.
  2. Karena aplikasi ini memanfaatkan jaringan internet berupa GPRS/3G/EDGE/Wi-Fi, transaksi melalui BCA Mobile tergolong sangat hemat. Anda tidak perlu keluar rumah.
  3. Adanya fitur-fitur layanan yang lengkap.
  4. Adanya fasilitas daftar transfer yang memungkinkan Anda untuk menyimpan nomor rekening tujuan transfer sehingga akan lebih mudah untuk melakukan transfer berikutnya.
  5. Layout dan menu yang sangat user-friendly sehingga sangat mudah digunakan untuk orang awam sekalipun.
  6. Pengguna Android dan Apple memiliki kemudahan untuk menikmati fitur-fitur baru.
  7. BCA Mobile Banking sudah dilengkapi dengan aplikasi Info BCA yang sangat membantu untuk mengetahui informasi terkini tentang promo BCA dan lain sebagainya.
  8. Pengguna kartu Flazz dapat langsung cek saldo serta cek informasi 10 transaksi terakhir.

Fitur-Fitur dalam Menu BCA Mobile

BCA Mobile
Install BCA Mobile di smartphone via suarainvestor.com

Berikut ini adalah sejumlah fitur yang terdapat pada menu BCA Mobile.

1. m-BCA

Inilah beberapa fitur yang terdapat pada m-BCA.

  • m-Info digunakan untuk cek info saldo,mutasi rekening, info Kartu Kredit, informasi kurs, dan lain sebagainya.
  • m-Transfer digunakan untuk memuat daftar transfer, transfer antar rekening BCA, transfer antarbank dalam jaringan PRIMA dan inbox.
  • m-Payment digunakan untuk pembayaran telepon, listrik, internet, asuransi, pinjaman, handphone, kartu kredit, dan lain sebagainya.
  • m-Commerce digunakan untuk pembelian saham, voucher isi ulang, dan sebagainya.
  • m-Admin digunakan untuk menghapus daftar pembayaran, ganti PIN, registrasi/hapus inquiry kartu kredit, dan hapus daftar transfer.

2. KlikBCA

Inilah beberapa fitur yang terdapat pada KlikBCA.

  • Pembelian digunakan untuk membeli tiket, pulsa, saham, dan sebagainya.
  • Pembayaran digunakan untuk membayar berbagai macam tagihan, termasuk tagihan kartu kredit, tagihan internet, tagihan air, tagihan listrik, tagihan pinjaman, biaya pendidikan, dan sebagainya.
  • Pembayaran e-Commerce seperti pada m-BCA.
  • Fitur Informasi Rekening digunakan untuk mengetahui info saldo dan mutasi rekening.
  • Fitur Admin digunakan untuk mengganti PIN.

3. Info BCA

Ini adalah fitur baru yang sudah bisa diakses, baik melalui BCA Mobile maupun melalui aplikasi Info BCA yang dapat diunduh secara terpisah. Berbeda dengan aplikasi BCA Mobile, calon nasabah bank BCA juga bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi Info BCA.  Ada banyak sekali keuntungan yang dapat diambil dengan aplikasi Info BCA tersebut di antaranya:

  • Mengetahui promo BCA terkait Kartu Kredit, Kartu Debit, Kartu Flazz, dan sebagainya serta berbagai macam promo produk BCA lainnya.
  • Pengguna juga bisa melihat Mini Gallery yang isinya adalah katalog produk BCA.
  • Aplikasi Online. Ini adalah fitur yang sangat membantu bagi para calon nasabah BCA. Mereka dapat mengajukan Kartu Kredit BCA secara online melalui smartphone. Setelah pengguna melengkapi data pada form aplikasi, pengguna akan langsung dihubungi Tim Marketing BCA untuk memproses Kartu Kredit lebih lanjut.
  • Melalui Info BCA, pengguna juga dapat melihat lokasi Cabang dan ATM BCA terdekat. Nasabah juga bisa mencari lokasi Cabang dan ATM BCA di lokasi yang diinginkan.
  • Sambungan langsung ke Halo BCA via telepon untuk pengaduan ataupun informasi mengenai produk-produk BCA.
  • Fasilitas Reward BCA yang menginformasikan jumlah reward BCA dan tempat penukaran.

4. Info Flazz

Fitur Info Flazz ini seperti yang sudah disinggung di atas dapat dimanfaatkan hanya pada smartphone Android yang memiliki fitur Near Field Communication (NFC). Jika memiliki perangkat tersebut, Anda bisa melihat informasi saldo dan informasi sepuluh transaksi terakhir yang melalui BCA Mobile.

5. Fitur Keamanan Lengkap

Baik Anda melakukan transaksi melalui m-BCA ataupun KlikBCA di dalam BCA Mobile Banking, Anda akan diberikan proteksi atau perlindungan yang tangguh. Dengan m-BCA, Anda akan mendapatkan kode akses berupa 6 digit kode alfanumerik dan kode PIN berupa 6 digit kode numerik.

Anda bebas menentukan kedua kode tersebut agar keamanan akun lebih terjamin. Mengenai penggunaannya, Kode Akses m-BCA digunakan untuk pengamanan akses ke menu m-BCA. Sementara kode PIN digunakan untuk pengamanan validasi untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Jika menggunakan menu KlikBCA, Anda hanya akan membutuhkan PIN berupa 6 digit kode alfanumerik yang Anda buat sendiri. Akan tetapi, jika menginginkan tingkat proteksi yang sangat ampuh, Anda bisa menggandakan akun KlikBCA Anda dengan mengaktifkan KeyBCA. KeyBCA adalah alat pengamanan tambahan yang akan membuat password yang berbeda pada setiap transaksi finansial.

Untuk memudahkan transaksi, pastikan ponsel Anda sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan aplikasi ini.

Tipe Smartphone dan OS yang Didukung BCA Mobile

BCA Mobile bisa digunakan melalui smartphone dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Semua Blackberry tipe GSM dengan OS 4.6 sampai dengan 7.1 dan 10 (Javelin 8900, Onyx1 9700, Q5, Z10, Q10, Z30 ,dan sebagainya).
  • Android dengan OS Froyo sampai dengan Marshmallow.
  • iPHone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6, dan 6+.
  • Windows Phone dengan OS WP 8.0.
  • Nokia X dengan OS 1.0 ke atas.

Yang perlu diketahui bahwa tampilan setiap aplikasi mungkin akan berbeda pada tiap-tiap tipe smartphone. Namun, jangan khawatir karena fungsinya sama saja. Pastikan juga setiap ingin melakukan transaksi, Anda sudah melihat bahwa lampu indikator pada BCA Mobile sudah berwarna hijau untuk memastikan bahwa layanan ini sudah aktif dan smartphone bisa digunakan untuk support layanan ini.

Cara Registrasi dan Aktivasi BCA Mobile

BCA Mobile
Ilustrasi Penggunaan Mobile Banking via shutterstock.com

Untuk registrasi/daftar BCA Mobile caranya sangat mudah yaitu bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor cabang BCA atau melalui ATM BCA.

Cara Aktivasi BCA Mobile melalui ATM

Untuk pendaftaran melalui mesin ATM, silakan mengikuti panduan berikut ini.

  1. Masukkan kartu ATM Anda dan isi PIN.
  2. Pada layar utama, silakan pilih menu Daftar E-Banking/Auto Debit.
  3. Pilih menu Mobile Banking (akan ada instruksi atau layar sambutan yang menampilkan kalimat “Apakah Anda inging melanjutkan?”)
  4. Tekan “Ya”.
  5. Masukkan nomor smartphone dan tekan “Benar”.
  6. Masukkan 6 digit angka yang akan menjadi PIN Mobile. Masukkan sekali lagi, catat, dan simpan baik-baik.

Setelah berhasil daftar BCA Mobile di ATM, langkah selanjutnya Anda harus mengaktifkan akun tersebut di smartphone. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda gunakan untuk aktivasi dengan memakai Android ataupun Blackberry.

  1. Download aplikasi BCA Mobile dari Blackberry Wolrd (untuk ponsel Blackberry) atau dari Google Play Store (Android).
  2. Install aplikasi dan jalankan.
  3. Pada layar utama, Anda akan mendapati tiga menu, yaitu m-BCA, Klik-BCA, dan Info BCA. Di sini Anda bisa memilih m-BCA untuk mendapatkan fitur yang lengkap.
  4. Terima syarat dan ketentuan pengguna dengan memilih tombol Accept.
  5. Masukkan 16 digit angka yang ada di kartu ATM.
  6. Kemudian buatlah 6 digit alfanumerik untuk Kode Akses (campuran antara angka dan huruf).
  7. Masukkan PIN yang telah Anda buat di mesin ATM.
  8. Aplikasi sudah bisa digunakan untuk transaksi dan lain sebagainya.

Untuk menggunakan fitur-fitur dan menu lainnya, Anda tinggal membuka satu-satu dan memanfaatkan fitur yang ada. Dengan menggunakan layanan mobile banking ini dengan benar, Anda bisa memaksimalkan semua manfaat yang ada didalamnya.

Baca Juga: Cara Bayar Tagihan Kartu Kredit via ATM, Internet Banking, dan Mobile Banking

Dengan Memahami Prosesnya, Menggunakannya Jadi Mudah

Kehadiran mobile banking membantu para nasabah agar lebih mudah dalam melakukan kegiatan perbankan. Kegiatan perbankan semisal transaksi, cek saldo, ataupun pembelian pulsa menjadi lebih efisien dengan memakai mobile banking.

Bagi Anda nasabah BCA, perlu sekali untuk memahami prosesnya, mulai dari registrasi sampai penggunaan BCA Mobile. Dengan begitu, menggunakannya jadi mudah.

Baca Juga: SMS Banking: Kelebihan dan Kekurangannya