Modal Nikah Kurang? Pakai KTA Saja!

Berbicara soal pernikahan, memang bahasannya tidak akan jauh dari perkara biaya. Anda tidak dapat memungkiri bahwa modal nikah merupakan masalah yang krusial dan utama dalam mempersiapkan acara ini. Tren yang sedang berlangsung sekarang ini adalah menutup modal pernikahan dengan menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA). Cara ini memang terlihat seperti jalan pintas yang cukup mudah karena Anda tidak perlu mengajukan jaminan untuk mendapatkannya.

Kredit Tanpa Agunan

Kredit Tanpa Agunan

Mengajukan Permohonan Pinjaman KTA via fortunebuilders.com

 

Meski terlihat mudah, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakan KTA sebagai modal nikah. Sebelum mengetahui apa saja poin-poin yang perlu diperhatikan untuk menggunakan KTA sebagai modal menikah, Anda mungkin harus mengetahui secara lebih mendalam mengenai apa itu KTA.

Kredit Tanpa Agunan (KTA) merupakan sebuah produk bank di mana nasabah dapat meminjam sejumlah uang dan tidak perlu memberikan jaminan pinjaman yang lazimnya seperti Pinjaman jaminan BPKB MotorPinjaman jaminan BPKB MobilPinjaman jaminan Sertifikat Rumah, dan lain-lain. KTA merupakan produk bank yang ditujukan bagi para nasabah dengan usia produktif (usia 21 hingga 60 tahun).

Meski dari nama produknya sudah dapat dilihat bahwa pinjaman ini tidak menggunakan jaminan, namun bukan berarti KTA tidak memiliki syarat sama sekali. Harus ada komponen kredit berupa catatan kemampuan mengelola keuangan. Hal ini akan tercermin dari rekaman buku tabungan yang ada di bank tertentu. Jadi, keputusan Anda bisa menerima KTA atau tidak dinilai dari analisis kemampuan Anda dalam membayar dana yang akan dipinjam. Proses mendapatkan KTA setelah Anda memenuhi syarat tersebut cukup mudah, lewat beberapa tahap berikut:

  1. Menentukan Bank
    Hal ini merupakan titik awal yang perlu Anda perhatikan. Tentukan bank mana yang dapat memberikan layanan KTA terbaik bagi Anda. Kenyamanan pelayanan yang ditawarkan bank akan menjadi poin yang menentukan kesehatan pembayaran KTA calon nasabah.

  2. Mempunyai Kartu Kredit = Poin Lebih
    Ketika mengajukan permohonan KTA, kepemilikan kartu kredit akan menjadi poin yang cukup penting karena bisa menjadi bahan analisis bank penyedia KTA untuk memantau pola pembayaran calon nasabah. Setidaknya umur kartu kredit Anda sudah berjalan selama 1 tahun.

  3. Mempersiapkan Syarat-Syarat yang Diperlukan
    Ada beberapa syarat administratif yang harus Anda penuhi dalam pengajuan permohonan KTA, antara lain fotokopi kartu kredit, fotokopi KTP, fotokopi NPWP (sebagai tambahan), fotokopi slip gaji, atau fotokopi SIUP.

  4. Mendatangi Bank atau Via Online
    Anda perlu mendatangi bank untuk mengisi formulir pengajuan permohonan KTA. Namun saat ini Anda juga bisa mendatangi bank atau melakukannya secara online. Biasanya beberapa bank menyediakan fasilitas pengajuan KTA secara online agar tidak merepotkan calon nasabah.

  5. Melakukan Verifikasi dan Survei
    Tahap ini sebenarnya merupakan tahap wawancara di mana Anda akan dimintai keterangan oleh bank untuk mengecek kelengkapan persyaratan pengajuan KTA. Bank akan melakukan survei ke rumah atau kantor.

  6. Menunggu Kabar
    Terakhir, tinggal menunggu kabar dari bank apakah pengajuan KTA Anda disetujui atau tidak. Pencairan dana bisa dilakukan setelah satu atau dua minggu setelah proses adminsitratif selesai dilakukan.

Branz BSD Mobile

Penggunaan KTA untuk Modal Nikah

Penggunaan KTA untuk Biaya Pernikahan

Biaya Pernikahan Menggunakan KTA via huffpost.com

 

Fasilitas KTA memang terkenal fleksibel untuk digunakan dalam berbagai macam keperluan, salah satunya sebagai modal nikah. Namun Anda juga perlu mengetahui apa saja efek pengambilan KTA terkait penggunaannya dalam keperluan tersebut. Anda mungkin akan mengalami keberatan dalam pembayaran karena biasanya bank akan menerapkan suku bunga yang flat. Sangat dianjurkan bila Anda memilih jangka waktu pinjaman dalam tempo yang pendek, biasanya kurang dari 1 tahun. Semakin lama jangka periodenya, maka bunga yang harus dibayarkan juga akan terakumulasi. Hal lain yang harus diperhatikan ialah pelunasan KTA yang tidak bisa sesuka hati. Artinya, ketika Anda memiliki uang dalam jumlah yang besar, Anda tidak dapat melunasi KTA sekali jadi, namun harus sesuai dengan perjanjian awal yang telah dibuat. Sebelum membulatkan tekad untuk mengajukan sebagai modal pernikahan, ada baiknya Anda mempertimbangkan 5 poin berikut.

  1. Melakukan Survei Produk KTA
    Ini merupakan langkah yang tidak boleh Anda lewati. Memang rata-rata suku bunga yang dipatok setiap bank satu dengan lainnya tidak dapat menunjukkan perbedaan yang jauh, tetapi setiap bank memiliki nilai tambah tersendiri untuk setiap produknya. Namun, carilah bank yang memberikan suku bunga pinjaman KTA paling rendah dari yang lain.

  2. Lakukan Pinjaman dengan Nilai Kecil
    Pinjaman untuk nikah yang ditutup dengan KTA jangan terlalu besar. Gunakan kesempatan ini hanya untuk menutup kekurangan modal nikah saja, bukan untuk menggunakan seutuhnya sebagai modal nikah. Semakin kecil pinjaman Anda, semakin kecil pula cicilan per bulan sehingga Anda tidak merasa terbebani dengan hal itu.

  3. Jangka Waktu Pendek
    Semakin Anda memilih jangka waktu pinjaman yang lama, maka Anda akan membayar utang dengan bunga yang cukup tinggi bila diakumulasi. Jika tidak ingin terlalu terlilit hutang ketika pesta pernikahan selesai, gunakan pinjaman KTA dengan durasi pendek supaya dapat memaksa Anda segera melunasi utang. Sehingga Anda tidak akan kehilangan banyak dana untuk membayar bunga yang dikenakan.

  4. Jangan Tutupi Cicilan dengan Kartu Kredit
    Hal ini sama sekali bukan solusi. Kartu kredit adalah bentuk lain dari berutang secara modern. Jangan pernah menggunakan alternatif ini untuk melunasi pinjaman dan bunga pinjaman KTA. Anda tidak akan pernah lepas dari lingkaran hutang pasca pesta selesai. Yang ada, tagihan kredit Anda semakin membengkak.

  5. Jangan Melewati Batas Waktu
    Bayarlah cicilan pinjaman dan bunganya secara tepat waktu. Jangan melewati batas waktu yang telah ditentukan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari bank yang dapat memasukkan nama Anda ke dalam daftar hitam nasabah. Di kemudian hari, sikap disiplin ini akan memberikan kemudahan kepada Anda untuk mengajukan pinjaman yang mungkin dibutuhkan untuk keperluan lainnya.

Bagi-Bagi Perlindungan Asuransi Kecelakaan

Baca Juga: 5 Cara Melakukan Negosiasi Dengan Wedding Organizer

Memilih Bank Penyedia KTA

Memilih Bank Penyedia Produk KTA

Memilih Bank Penyedia Produk KTA via hb.se

 

Jika Anda sudah memahami pengertian KTA dan poin-poin penting KTA sebagai modal menikah, berikut ini merupakan informasi tambahan mengenai 4 KTA yang cocok digunakan untuk modal menikah. Apa saja itu?

  1. ANZ
    ANZ Personal Loan Reguler merupakan KTA yang ditawarkan ANZ dengan limit pinjaman Rp8 juta hingga Rp250 juta, tenor pinjaman antara 12 bulan hingga 60 bulan. Keunggulannya, proses dana cair cepat karena hanya memakan waktu 1 hari kerja.

  2. Bank Bukopin
    Bank ini mengeluarkan produk KTA bernama Bank Bukopin Kredit Serba Guna yang memiliki suku bunga rendah yaitu 1,58% dengan limit pinjaman Rp25 juta hingga Rp100 juta. Tenor pinjaman maksimal mencapai 60 bulan.

  3. Bank DBS
    Di Dana Bantuan Sahabat Anda bisa mendapatkan KTA dengan suku bunga rendah yaitu 0.99%, dengan nominal pinjaman Rp5 juta hingga Rp200 juta. Tenor pinjaman maksimal 36 bulan.

  4. Standard Chatered Bank
    Standard Chartered KTA Reguler yang ditawarkan merupakan KTA dengan limit cukup besar yaitu Rp30 juta hingga Rp250 juta dengan tenor maksimum 60 bulan. Keunggulan yang ada pada KTA Reguler ini adalah waktu pencairan yang cepat dan sistem bunga yang flat.

Baca Juga: Biaya Nikah Hemat dengan Hiasan Kreasi Sendiri

Rencanakan dengan Cermat

Bagaimana? Cukup mudah bukan pengertian mengenai Kredit Tanpa Agunan atau KTA? Setelah Anda benar-benar memahami seluk beluk KTA yang mungkin juga berbeda-beda di setiap bank, Anda diharapkan bisa menentukan keputusan yang paling baik untuk mengajukan permohonan KTA apalagi untuk tujuan modal pernikahan. Perhatikan 5 poin penting yang sudah disampaikan di atas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengajukan permohonan KTA yaitu:  survei produk KTA untuk mengetahui suku bunga, tenor yang disediakan, dan keunggulan yang ada. Kemudian pilih pinjaman yang paling kecil untuk menutup modal nikah Anda, bukan semuanya sebagai modal nikah. Pilihlah tenor pembayaran yang pendek, hal ini akan menghindarkan Anda dari kewajiban pembayaran pinjaman dan bunga yang terlalu lama dan tinggi.

Jangan pernah membayar cicilan pinjaman dan bunga Anda dengan kartu kredit karena itu sama saja dengan gali lubang tutup lubang. Dan yang terakhir, usahakan untuk membayar cicilan pinjaman dan bunga tepat waktu. Semakin Anda tepat waktu dalam pembayaran, maka bank yang meminjamkan dana kepada Anda akan lebih menyukai Anda sebagai pribadi yang dapat diandalkan dan dipercaya dalam hal peminjaman uang. Selain itu di masa mendatang, Anda juga akan mendapat kemudahan dalam meminjam dana untuk keperluan lain karena Bank akan lebih percaya pada pola pembayaran Anda yang tidak melewati batas waktu yang telah disepakati.

Meskipun begitu, usahakan jangan sampai meminjam uang untuk dijadikan modal nikah. Karena, tentu lebih baik menyiapkannya dengan menabung bukan? Jadi, yuk siapkan dana menikah Anda dari sekarang.

Baca Juga: Tips Mempersiapkan Tabungan untuk Pernikahan Anda dan Pasangan

Butuh dana? Punya kartu kredit? Dapatkan pinjaman tanpa agunan KTA terbaik disini. Tidak punya kartu kredit, Pilihan KTA Tanpa Kartu Kredit Bisa membantu

Dapatkan Kredit Tanpa Agunan Sekarang