Rekomendasi Motor Listrik di Indonesia dan Tips Perawatannya

Motor listrik menjadi salah satu produk otomotif yang paling menyita perhatian banyak orang selama bertahun-tahun belakangan ini. Bagaimana tidak, sepeda motor listrik ini menjadi incaran banyak orang, meski pada dasarnya harga motor listrik tidak bisa dianggap murah juga.

Ramah lingkungan dan hemat merupakan dua alasan yang paling kerap dilontarkan orang terkait sepeda motor yang satu ini. Motor listrik Indonesia juga menjadi yang paling banyak dinanti, sebab di tanah air banyak orang yang berharap bisa segera memiliki dan menggunakan motor yang satu ini.  

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Pilih Motor Listrik yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan 

loader

Motor listrik Indonesia sendiri terbilang cukup beragam, sebab ada sejumlah pabrikan yang mengeluarkan varian ini.  Harga motor listrik ini sendiri juga sangat beragam dan bisa ditemukan mulai dari belasan jutaan. Pastikan untuk memilih sepeda motor yang tepat sejak awal, agar kendaraan ini bisa digunakan secara maksimal. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi sepeda motor listrik dan kisaran harganya yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan: 

1. Gesits G1

Motor listrik yang satu ini sudah cukup lama dipasarkan dan menjadi salah satu sepeda motor yang paling populer dalam varian ini. Gesits G1 mampu menempuh perjalanan hingga 70 km per jamnya. Sepeda motor listrik ini bisa menghasilkan angka 6,7 dengan torsi maksimumnya sebesar 30 Nm. 

Sebagai sumber dayanya, Gesits GI dibekali dengan baterai Li-NMC 72 volt 20 Ah. Dalam kondisi full, baterai tersebut sudah bisa memberikan sepeda motor ini jarak tempuh hingga 50 km. Namun jika ingin melakukan perjalanan lebih jauh, maka pengguna bisa menggunakan unit baterai keduanya sebagai cadangan. 

Kisaran harga Gesits G1: Rp 29 jutaan.

2. Polytron Fox-R

Tidak hanya memproduksi berbagai produk elektronik, Polytron juga mengeluarkan varian motor listrik Indonesia. Uniknya, perusahaan ini menjual motor listrik dengan unit baterai yang hanya dipinjamkan, dimana pengguna harus membayar biaya sewa baterai tersebut senilai Rp 250 ribu per bulan.

Menggunakan baterai 3,7 kWh, motor listrik ini bisa menempuh perjalanan hingga 90 km per jam. Dalam kondisi penuh, baterainya bisa diandalkan untuk menempuh perjalanan hingga 130 km. Sedangkan durasi pengisian baterainya adalah 4,5-5 jam. 

Kisaran harga motor listrik Polytron Fox-R: Rp 20,5 jutaan. 

3. NIU Gova 03

Ini merupakan varian motor listrik keluaran NIU yang paling populer. Menggunakan daya 2.000 watt, motor ini bisa menempuh perjalanan sampai 60 km per jam. Ini tentu bisa memenuhi kebutuhan rutinitas penggunanya dengan baik setiap harinya. 

Sepeda motor listrik ini menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate 60 volt 40 Ah. Dalam pengisian penuh, motor listrik ini bisa menempuh perjalanan hingga 70 km. Selain itu, motor ini juga menggunakan sistem EBS Power Recovery yang memungkinkan pengereman dilakukan dengan hemat energi. 

Kisaran harga motor listrik Niu Gova 03: Rp 25.800.000,- 

4. Selis Agats

Jika mencari motor listrik Indonesia dengan harga terjangkau, maka yang satu ini bisa jadi pilihan. Selis Agats menggunakan baterai dengan tipe sealed lead acid (SLA) 72 volt 20 Ah yang memungkinkannya menempuh perjalanan hingga 50 km per jam. Dalam kondisi penuh, baterai tersebut bisa membuat sepeda motor listrik ini berjalan hingga jarak 60 km. 

Kisaran harga sepeda motor Selis Agats: Rp 15 jutaan. 

5. Davigo Dragon Lithium

Jika membutuhkan motor listrik untuk rutinitas perjalanan yang jauh, maka yang satu ini bisa jadi pilihan. Dibekali baterai 72 volt 60 Ah, Davigo Dragon Lithium ini sanggup menempuh perjalanan sampai 180 km untuk satu kali pengisian penuhnya. 

Kapasitas baterai yang besar seperti di atas tentu akan sebanding dengan durasi pengisiannya juga. Untuk sekali pengisian baterai penuh, motor listrik ini membutuhkan waktu sekitar 10 jam. 

Kisaran harga Davigo Dragon Lithium: Rp 24 jutaan.  

6. Yadea G6

Tampilannya yang keren menjadi salah satu daya tarik motor listrik ini dan sudah membawanya menjuarai Red Dot Design Award. Bukan hanya sekedar keren, Yadea G6 juga memiliki performa yang mumpuni, sebab motor ini memiliki kecepatan maksimum hingga 70 km per jam. 

Sepeda motor ini menggunakan baterai jenis graphene yang berkapasitas 72 volt 38 Ah. Pada kondisi baterai yang penuh, motor ini mampu menempuh perjalanan sampai 100 km. 

Harga motor listrik Yadea G6: Rp 29,5 jutaan. 

Baca Juga:  Jenis-Jenis Usaha Bengkel Beserta Berbagai Servis yang Diberikan

7. Rakata S9

Rakata S9 termasuk salah satu motor listrik yang dijual dengan harga terjangkau. Sepeda motor ini memiliki daya 800 Watt dengan jarak tempuh maksimal hingga 49 km per jam. Akata S9 menggunakan baterai dengan tipe lead acid gel berkapasitas 60 volt 20 Ah. Dalam kondisi baterai yang penuh, sepeda motor ini bisa menempuh perjalanan sampai 60 km. 

Harga motor listrik Rakata S9: Rp 17 jutaan.

8. Viar Q1

Viar sudah mengeluarkan sejumlah varian sepeda motor listrik, termasuk Viar Q1 ini. Sepeda motor ini menggunakan baterai 60 volt 23 Ah dan bisa menempuh perjalanan maksimal hingga 60 km per jam. Selain itu, Viar Q1 juga sudah menggunakan teknologi smart key system yang belakangan ini banyak diminati. 

Kisaran harga motor listrik Indonesia Viar Q1: Rp 20 jutaan. 

9. Charged Maleo

Motor listrik yang satu ini juga sangat diminati, meskipun harganya terbilang cukup mahal. Maleo bisa menempuh perjalanan hingga 125 km dalam kondisi baterai yang penuh. Sedangkan untuk kecepatan maksimumnya, sepeda motor listrik ini bisa menempuh perjalanan hingga 70 km per jam. 

Sama seperti Polytron, Charged Maleo juga tidak menjual baterai dalam unit sepeda motornya. Pengguna harus membayar biaya sewa baterai sebesar Rp 350 ribuan perbulan.

Harga sepeda motor Charged Maleo: Rp 24 jutaan. 

10. United MX-1200

Ini termasuk salah satu motor listrik termurah yang ada di Indonesia. Bahkan jika kelak program subsidi yang ditawarkan pemerintah sudah berjalan, maka harga motor yang satu ini bahkan bisa berada di bawah Rp 8 jutaan saja. 

United MX-1200 menggunakan daya 2.200 watt yang bisa memberinya kemampuan untuk menempuh perjalanan hingga 65 km per jam. Dalam satu kali pengisian penuh, sepeda motor listrik ini bahkan bisa menempuh perjalanan hingga 80 km. 

Harga motor listrik United MAX-1200: Rp 14 jutaan. 

Baca Juga:  Bengkel Mobil: Jenis dan Servis Lengkapnya

Tips Merawat Motor Listrik agar Awet

loader

Berikut ini adalah beberapa tips merawat sepeda motor listrik, agar awet dan tidak mudah rusak:

1. Jangan Berkendara di Area Banjir

Sama seperti kendaraan lainnya, motor listrik juga perlu menghindari area-area banjir. Hal ini juga berlaku saat harus melewati genangan air, terutama jika genangan tersebut cukup tinggi. Genangan air dan banjir seperti ini berisiko menimbulkan berbagai kerusakan pada mesin motor listrik. 

2. Jangan Mencuci Motor Menggunakan Kompresor  

Hindari juga mencuci sepeda motor listrik dengan menggunakan kompresor, sebab hal ini bisa menyebabkan air masuk ke area dalam kendaraan tersebut. Motor listrik memiliki kisi-kisi udara pada bagian kolongnya. Jika bagian ini sampai kemasukan air, akan rentan menyebabkan kerusakan pada bagian kelistrikan motor. Agar lebih aman, gunakan kanebo basah untuk mencuci motor ini dan jagalah sistem kelistrikan dari cipratan air. 

3. Cabut Baterai Motor Listrik saat Tidak Digunakan

Jika motor sedang tidak digunakan, maka akan lebih baik jika baterai kendaraan tersebut dicabut saja, apalagi jika motor listrik ini tidak akan digunakan dalam waktu panjang. Namun sebelum dicabut, lakukan pengisian daya hingga baterai penuh terlebih dahulu. 

4. Ganti Van Belt Secara Rutin 

Van belt adalah komponen motor listrik yang berfungsi untuk mengalirkan daya pada mesin menuju sistem penggerak. Lakukan penggantian van belt ini secara rutin, setidaknya setiap kali sepeda motor sudah menempuh jarak sejauh 3.000 km. 

5. Periksa Sistem Pengereman Secara Berkala 

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan pada sistem pengereman motor. Hal ini penting, untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan selama berkendara. Setidaknya, lakukan pengecekan sistem pengereman ini satu kali dalam 2-3 bulan.

Pilih Motor Listrik yang Tepat dan Nyaman Digunakan 

Sepeda motor listrik menjadi salah satu produk otomotif yang paling diminati saat ini. Di tanah air sendiri, ada banyak pabrikan yang mengeluarkan dan memasarkan varian motor yang satu ini. Cari informasi lengkap dan pilihlah motor listrik yang tepat, agar kendaraan ini bisa digunakan dengan nyaman. 

Baca Juga:  Kualitas Servis dan Layanan Terjamin, Ini Rekomendasi Bengkel Mobil Terdekat di Jakarta