Mumpung WFH, Yuk Coba 9 Ide Bisnis Ini untuk Tambah Income!

Saat virus corona mulai mewabah di tanah air, tatanan kehidupan masyarakat menjadi salah satu aspek yang terlihat jelas dampaknya. Semenjak anjuran pengurangan interaksi secara fisik serta kampanye stay at home disosialisasikan sebagian besar instansi pemerintah dan perusahaan swasta menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH) demi memutus rantai penyebaran COVID-19. 

Sistem WFH seperti sekarang ini tentunya dimanfaatkan kebanyakan pekerja untuk mengisi waktu luangnya dengan belajar membangun bisnis. Alhasil bisnis tersebut bisa menambah pemasukan (income) bulanannya.

Banyak bisnis yang bisa dijalankan, baik dari modal yang kecil bahkan tanpa modal sekalipun. Bagi yang penasaran mengenai peluang bisnis apa saja yang bisa dicoba sembari melakoni WFH, simak ulasannya berikut ini!

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Jadi Dropshipper

dropshiper
Jadi dropshiper

Sekilas informasi, dropshipper merupakan penjual atau agen yang menjual produk dari distributor maupun supplier, namun tidak serta merta memiliki produk tersebut. Sistem kerjanya pun sangat mudah. Bermodalkan gawai dan internet saja, seorang dropshipper hanya bertugas memasarkan produk kepada calon konsumen.

Tentu Anda bisa memilih produk apa saja yang akan dipasarkan. Adapun beberapa produk yang umumnya menjadi favorit para dropshipper yakni baju, case smartphone, tas, sepatu, dan sebagainya. Agar tak menjadi kesalahan, pastikan bahwa Anda sudah menentukan target pasarnya terlebih dahulu, ya.

2. Menjual Makanan Ringan

Salah satu nilai plus bisa bekerja di rumah yakni Anda bisa bebas menentukan ‘gaya bekerja’. Pasalnya, sebagian orang bisa saja merasa tak nyaman ketika berlama-lama mengenakan pakaian formal. Ada pula orang yang bisa berkonsentrasi ketika ia bekerja dengan ditemani kudapan.

Jika Anda memiliki ketertarikan di bidang kuliner, tak ada salahnya untuk mencoba berbisnis makanan ringan, seperti frozen food atau berbagai macam kripik atau juga bisa kacang-kacangan. Bisnis makanan ringan seperti ini tentunya tidak membutuhkan modal yang besar. Agar lebih mudah dan aman, pasarkan produk Anda di media sosial, serta memanfaatkan jasa ojek online maupun jemput paket untuk mengantarkan produk Anda ke tangan pembeli. 

3. Jadi Penulis Konten

penulis
Jadi penulis konten

Alternatif yang satu ini memang memerlukan kemampuan khusus. Namun, jangan khawatir! Jika Anda berniat memulainya, cobalah untuk membiasakan diri dengan menampilkan hasil tulisan Anda di blog pribadi terlebih dahulu.

Apabila Anda sudah bisa konsisten dalam melatih skill menulis, selanjutnya cobalah untuk mengirimkan karya Anda tersebut ke media. Jika beruntung, tentu Anda bisa menjadikan jalan tersebut sebagai sarana untuk menambah penghasilan, bukan? 

4. Punya Foto Bagus? Jual Saja!

Sekarang cobalah untuk menelusuri galeri di ponsel pintar Anda, atau file di laptop maupun komputer. Adakah hasil jepretan Anda yang terlihat menarik atau yang saat ini bisa dibilang aesthetic

Jika ada, dibandingkan dengan membiarkannya begitu saja, ada baiknya Anda coba jual hasil jepretan tersebut. Caranya? Cukup tawarkan produk Anda tersebut ke situs jual beli hasil foto, seperti alamy.com, Shutterstock, maupun stockfresh.com.

Baca Juga: OJK Berikan Kelonggaran Kredit UMKM Terdampak Covid-19, Begini Caranya!

5. Coba Jadi Translator

bahasa asing
Menjadi translator

Salah satu peluang usaha yang bisa dicoba sambil bekerja dari rumah yakni menjadi seorang penerjemah. Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang interpreter baik di perusahaan maupun tempat wisata sebelum wabah korona menyerang, menjadi penerjemah tertulis tentu bisa menjadi alternatif yang tepat, bukan?

Caranya, kunjungi saja situs-situs yang menyediakan lowongan bagi para freelancer. Pilih manakah yang menurut Anda paling menarik dan yang Anda mampu tuntaskan. Mudah sekali, kan?

6. Bisnis Pencucian Sepatu

Jika Anda ingin menjalankan bisnis sampingan yang mudah dan murah, cobalah untuk memulai bisnis pencucian sepatu. Bermodalkan skill membersihkan sepatu dan didukung perlengkapan yang memadai,  Anda sudah bisa memulainya. Agar lebih mudah, manfaatkan social media dan berikan promo menarik sebagai sarana untuk mempromosikan jasa Anda.

7. Jual Paket Data atau Pulsa Elektrik 

sim card
Jual paket data atau elektrik

Di era yang serba modern ini, smartphone seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Nah, sebab penggunaan ponsel pintar memerlukan pulsa maupun paket data internet untuk memaksimalkan fungsinya, coba saja untuk menjual produk digital tersebut. Mudah, kan?

8. Jasa Pemberian Umpan Balik untuk Situs Baru

Di kalangan para freelancer, peluang usaha berikut tentu sudah tak asing lagi. Jika Anda belum mengetahui, cara kerja dari peluang usaha ini yaitu hanya memberikan komentar atau feedback positif di platform yang tengah membutuhkannya, seperti yang masih baru dibuat. Bentuknya pun beragam, seperti memberikan bintang, komentar, dan lain-lain.

Baca Juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner Saat New Normal

9. Jadi Content Creator

konten
Jadi content creator

Terakhir, alternatif usaha dengan peluang besar yang bisa Anda coba yaitu menjadi content creator. Pastinya, untuk mencoba peluang yang satu ini, Anda perlu berbekal ide-ide segar nan kreatif. Sebab, Anda harus menyajikan konten-konten yang menarik, kekinian, dan bermanfaat untuk banyak orang di berbagai platfoarm media online seperti Youtube, Instagram hingga Twitter.

Dengan begitu, akan banyak orang yang mengikuti konten Anda dan pada akhirnya, akan ada brand-brand yang mempercayai Anda sebagai media untuk mempromosikan brand tersebut kepada pengikut Anda. Ini tentunya akan menghasilkan uang yang jumlahanya lumayan.

Asah Kreativitas Biar Bisnis Berkembang

Selain mudah, bisnis tersebut juga bisa Anda lakukan sembari menuntaskan pekerjaan utama yang digarap dari rumah. Meski hanya dijadikan sebagai pemasukan tambahan, tapi tak ada salahnya jika bisnis tersebut bisa berkembang. Untuk itu, asah kreativitas semaksimal mungkin agar bisnis bisa mudah mendapat perhatian banyak orang terutama konsumen. Cepat atau lambat, omset dari bisnis bisa meningkat tajam.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis yang Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan di Era New Normal