Karena 5 Alasan Ini Bali Kerap Dijadikan Destinasi Pernikahan, Apa Saja Rekomendasi Tempatnya?

Setiap orang yang berencana menikah pasti mendambakan pesta atau resepsi yang mewah, berkesan, dan romantis. Terlebih di Indonesia, budaya memeriahkan pesta pernikahan seakan tak bisa terpisahkan lagi. Hal ini membuat destinasi wisata populer seperti Bali kerap dijadikan sebagai tempat untuk menghelat resepsi pernikahan.

Namun, selain itu, ada banyak alasan lain yang membuat masyarakat Indonesia kerap menjadikan Bali sebagai lokasi pesta pernikahannya. Untuk lebih jelasnya, berikut 5 alasan mengapa Bali populer dijadikan destinasi pernikahan, sekaligus rekomendasi tempat serta tips mengumpulkan dananya. 

Baca Juga: Generasi Sandwich Mau Siapkan Pernikahan? Berikut Tips Menabung untuk Penuhi Anggarannya

Bingung cari investasi Reksa Dana yang aman dan menguntungkan? Cermati solusinya!

Mulai Berinvestasi Sekarang!  

Alasan Bali Populer Menjadi Destinasi Pernikahan

loader

Mengapa Bali menjadi alasan destinasi pernikahan

Selain itu, karena banyaknya suguhan yang dimilikinya, Bali juga sering kali dijadikan sebagai destinasi pernikahan banyak orang. Selesai melangsungkan pesta pernikahan, pengantin baru bisa langsung melanjutkan rencana melakukan honeymoon di pulau tersebut. Tentunya, ada beragam alasan lain yang menjadikan Bali populer dipilih sebagai destinasi pesta pernikahan banyak orang, antara lain:

Infrastruktur Pernikahan Lengkap dan Mumpuni

Salah satu hal utama yang menjadikan Bali kerap dipilih sebagai destinasi pernikahan adalah karena fasilitas dan infrastruktur yang ditawarkan terbilang lengkap. Kamu bisa memilih beragam jenis venue pernikahan sesuai keinginan bersama pasangan. 

Selain itu, Bali juga mempunyai vendor pernikahan yang mumpuni, mulai dari dekorator, fotografer, hiburan, sampai wedding planner profesional. Sehingga, budget pernikahan tidak berisiko membengkak karena harus membawa vendor dari kota asal karena semuanya telah tersedia di Bali. 

  1. Tawarkan Variasi Pesta Pernikahan Beragam Budget

    Alasan lainnya kenapa Bali layak menjadi tempatmu mengikat janji suci adalah karena menawarkan beragam jenis paket pesta pernikahan dengan kisaran budget yang luas. Dengan banyaknya spot yang bisa dijadikan sebagai tempat resepsi pernikahan, kamu dapat lebih mudah menyesuaikan budget. 

    Dengan budget melimpah, ada pilihan melakukan pesta pernikahan di resor atau hotel bintang 5. Sebaliknya, jika ingin lebih menghemat anggaran tapi tetap terkesan mewah, ada pilihan menyewa privat vila. Sehingga, rencana pernikahan di Pulau Dewata ini mampu direalisasikan dengan kesesuaian budget yang tersedia. 

  2. Suguhkan Pengalaman Pesta Pernikahan Berbeda

    Alasan ketiga kenapa Bali populer menjadi saksi pernikahan sepasang kekasih adalah karena mampu menyuguhkan pengalaman pesta pernikahan yang berbeda dan tak terlupakan. Beberapa calon pengantin mungkin memiliki mindset jika pesta pernikahan bisa dilakukan di mana pun.

    Tapi, tidak sedikit pula orang yang ingin menjadikan resepsi pernikahannya menjadi momen tak terlupakan karena umumnya hanya dilakukan sekali seumur hidup. Nah, jika bingung memilih tempat yang mampu memberikan pengalaman tersebut saat menikah, Bali selalu bisa menjadi pilihan.

  3. Pilihan Ideal untuk Dekatkan Keluarga Besar

    Pesta pernikahan identik dengan acara yang mendekatkan antara pihak keluarga mempelai pria dan wanita. Sebagai undangan utama pada pesta pernikahan, tentu kamu ingin memilih tempat yang terbaik dan paling berkesan untuk menghibur seluruh anggota keluarga. Untuk mewujudkan tujuan ini, Bali tak akan gagal saat dijadikan sebagai pilihan menghelat hari bahagia tersebut.

  4. Sekaligus Menjadi Sarana Honeymoon dan Wisata

    Selain sederet alasan di atas, melakukan acara pernikahan di Bali juga memberi keuntungan tersendiri yakni bisa sekaligus menjadi sarana untuk melakukan honeymoon dan berwisata. Selesai melakukan acara pernikahan, kamu bersama pasangan bisa langsung melanjutkannya dengan melancong ke banyak spot wisata menarik di Bali. Jadi, momen berbahagia tersebut tak langsung terhenti di resepsi pernikahan saja, tapi juga sekaligus berbulan madu. 

Baca Juga: Jangan Bingung, Ini Susunan Acara Lamaran Pernikahan

Rekomendasi Spot Pesta Pernikahan di Bali

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Bali menawarkan banyak pilihan tempat atau spot pesta pernikahan beragam budget. Namun, di antara sederet pilihan tersebut, tentu ada beberapa rekomendasi yang menawarkan suguhan suasana paling memukau dan dijamin mampu memberi kesan tak terlupakan. Berikut di antaranya.

  1. Conrad Bali

    Dengan tampilan minimalis, Conrad Bali menawarkan venue pernikahan yang mewah dan terletak di pantai Tanjung Benoa. Menawarkan pemandangan laut biru begitu luas dilengkapi kolam di sekeliling bangunannya menjadikan tempat ini layak direkomendasikan bagi kamu yang ingin menikah dengan suasana menenangkan. 

    Selain itu, tempat ini juga dapat menampung sampai 300 tamu undangan dengan penawaran paket wedding party fantastis. Paket pernikahan di Conrad Bali ini sudah termasuk kamar pengantin, ruang persiapan, acara sulang, boutonniere, serta dekorasi. 

    Selain itu, pengantin juga mampu mendapatkan kamar tipe Deluxe Ocean Fronts yang bisa digunakan menginap selama 2 malam. Untuk biayanya sendiri adalah mulai dari Rp1.6 juta untuk paket wedding dinner, dan acara pernikahan tipe Splendor sebesar Rp112,5 juta, serta Rp77,5 juta untuk pesta pernikahan tipe Harmony.

  2. Jumana Bali 

    Berlokasi di Pantai Melasti, Jumana Bali menawarkan venue pesta pernikahan di The White Dove. Merupakan kawasan dengan banyak kawanan merpati putih sebagai lambang cinta dan kasih, lokasi ini kerap dijadikan sebagai destinasi pernikahan di Bali. 

    Paket pernikahannya sendiri mencakup bouquet dan boutonniere, sesi foto 3 jam pasca dan sebelum pernikahan, serta mobil buggy untuk dikendarai selama pesta pernikahan. Memiliki kapasitas hingga 60 tamu undangan, biaya paket pernikahan di Jumana Bali berkisar di angka Rp55,5 juta sampai Rp113,5 juta rupiah.

  3. Mulia Resort

    Selanjutnya ada Mulia Resort yang berada di garis Nusa Dua Beach yang elok dengan kolam biru memesona di sekelilingnya. Venue pernikahan mewah ini didesain sebagai bangunan dengan model kaca berisi lampu kristal yang menjadi lambang cinta abadi. 

    Tempat ini mampu menampung hingga 250 tamu undangan dengan berbagai paket pernikahan berbeda. Untuk kisaran biayanya sendiri dimulai dari Rp87 juta sampai Rp203 juta rupiah. 

  4. Six Sense Uluwatu

    Jika menginginkan suasana pesta pernikahan yang elegan, hotel di kawasan Uluwatu ini bisa dijadikan pilihan. Kamu bisa memilih tempat pernikahan dengan setting terbuka maupun tertutup sesuai keinginan dengan pemandangan lautan biru yang luas dan memesona. 

    Beberapa pilihan venue yang bisa dipilih di Six Sense ini meliputi The Retreat, Aarunya Ballroom, Andakara Lawn, dan Cinema Paradiso. Kisaran harga paket pernikahannya sendiri mulai dari Rp157 juta sampai Rp2,3 miliar. Jika kamu ingat, Six Sense ini merupakan tempat resepsi yang dipilih oleh Maudy Ayunda dulu.

  5. Apurva Kempinski Bali

    Ingin suasana pernikahan yang kental dengan unsur tradisional? Apurva Kempinski jawabannya! Lokasi ini berada di tepi pantai dan terlihat megah dengan desain bangunan yang terinspirasi arsitektur hunian tradisional Sulawesi. 

    Dihiasi oleh batang bambu di bagian dinding yang menjulang tinggi, venue ini juga memiliki jendela besar dengan pemandangan Samudera Hindia. Mampu diisi hingga 100 tamu, kamu bisa menghelat pesta pernikahan di sini dengan budget mulai Rp47 juta sampai Rp92 juta. 

Tips Mengumpulkan Biaya Nikah di Bali

Setelah alasan dan rekomendasi nikah di Bali, kamu tentu telah mengetahui kisaran budget yang harus dikumpulkan. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara mengumpulkan biaya nikah di Bali? Berikut adalah bocorannya.

  1. Rinci Biaya Nikah di Bali yang Dibutuhkan

    Tergantung dari tempat dan rencana pernikahan, budget untuk acara tersebut tentu bervariasi. Tentunya, kamu perlu merinci besarnya biaya nikah di Bali sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan agar tak menjadi sumber utang. 

  2. Pilih Jangka Waktu

    Setelah mengetahui rincian biayanya, selanjutnya tentukan kurun waktu untuk mengumpulkan uangnya. Misalnya, kamu ingin menikah 2 tahun lagi. Artinya, durasi mengumpulkan biaya nikah di Bali kurang dari itu, misalnya 1,5 tahun saja. 

    Dalam jangka waktu tersebut, dana yang terkumpul harus mampu memenuhi segala kebutuhan pernikahan. Hal tersebut mencakup biaya DP, katering, dekorasi, dan sebagainya. Tentunya, jangan memaksakan diri untuk berutang demi memenuhi biaya menikah karena hanya akan menjadi sumber masalah ke depannya. 

  3. Investasi di Instrumen yang Tepat

    Tips yang terakhir, pastikan untuk menyimpan dana biaya nikah di Bali pada instrumen investasi yang tepat. Karena biasanya dalam jangka waktu pendek, instrumen investasi ideal untuk mengumpulkan anggaran ini adalah di reksa dana pasar uang dan deposito yang memiliki tingkat risiko rendah. 

Demi Tercapai Impian Nikah di Bali, Kumpulkan Dananya Sedari Sekarang

Itulah sederet alasan, rekomendasi tempat, hingga tips mengumpulkan biaya nikah di Bali. Sebagai rangkaian acara menjalin janji suci dengan belahan jiwa, tidak ada salahnya untuk melangsungkan acara pernikahan di Pulau Dewata ini. Yang terpenting, siapkan dananya sedari sekarang dengan investasi agar impian tersebut bisa terwujud tanpa harus berutang.

Baca Juga: Jadi Lebih Hemat, Ini 10 Situs Membuat Undangan Pernikahan Gratis