Daftar Password Mudah Dibobol yang Banyak Digunakan, ini Tips Buat Password yang Benar

Setiap pembuatan akun baru yang bersifat online tentunya tak bisa lepas dari yang namanya sebuah password atau kata sandi. Tentunya setiap pengguna akan diminta untuk menginput password.

Hal ini penting sebab password menjadi bagian dari sistem keamanan guna menjaga keamanan informasi pribadi, mencegah adanya orang lain yang ingin masuk ke akun Anda dan mencegah oknum yang tak bertanggung-jawab meretas/mengambil data-data penting seperti akses ke email, sosial media, internet banking dan lain sebagainya.

Untuk itu, pengguna akun harus menjaga kerahasiaan password akun pribadinya dari siapapun, baik itu orang tua, saudara, kekasih dan teman sekalipun. Sayangnya, sekarang ini masih saja ada akun pengguna yang bisa diakses atau dibobol oleh orang lain lantaran password yang dibuatnya tidak aman alias mudah ditebak.

Manfaat Password / Kata Sandi yang Kuat 

  • Data pribadi Anda aman, termasuk data di sosial media hingga data-data yang tersimpan di laptop/ponsel. 
  • Data di akun-akun yang terkait dengan keuangan aman. Seperti email, akun internet / mobile banking, akun dompet digital, akun belanja online di e-commerce dan lain sebagainya. 

Hasil survei dari Pusat Keamanan Siber Nasional Inggris (NCSC) mengatakan terdapat daftar password yang tidak aman tapi paling banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia.

Wow, bayangkan ada sebanyak 85% dari mereka yang mengikuti surveo tersebut ternyata tidak paham pentingnya password yang kuat demi keamanan akun pribadi mereka.

Lalu bagaimana cara membuat password yang benar? Apa tips membuat password yang kuat agar akun Anda aman dan tidak bisa dibobol orang lain? Berikut ulasan dari cermati.com. 

Password yang Banyak Digunakan dan Mudah Dibobol

Pertama-tama, cek dulu secara sederhana. 

Apakah password email, social media, akun belanja online di e-commerce, akun dompet digital (GoPay, OVO, Dana,  LinkAja), akun investasi online, akun internet banking dan lain sebagainya menggunakan kata-kata sandi yang sangat sederhana, umum dan tentunya mudah Anda ingat?

Jika iya, Anda wajib waspada karena dilansir dari CNN, berikut daftar 30 kata sandi yang populer digunakan di seluruh dunia.  Tentunya, password ini tidak aman karena bisa jadi mudah diretas oleh penjahat siber.  

30 Daftar Password yang Terlalu Sering Digunakan dan Tidak Aman 

123456

Iloveyou

arsenal

123456789

monkey

manutd

qwerty

dragon

mancity

password

blink182

superman

111111

50cent

Ashley

12345678

eminem

Michael

abc123

metallica

Daniel

1234567

slipknot

Jessica

password1

Liverpool

Charlie

12345

chelsea

cowboys1

Sumber: edition.cnn.com

Baca Juga: Waspadai 7 Modus Penipuan Online Zaman Now dan Cara Menghindarinya

Tips membuat password yang baik, kuat dan mudah diingat 

Di zaman canggih seperti sekarang ini sudah tak asing lagi dengan pembobolan akun, baik itu milik pribadi, bisnis ataupun perusahaan besar. Penyebabnya, antara lain tingkat logika seseorang yang sudah semakin tinggi,  kejahatan siber makin canggih, penggunaan password atau kata sandi terlalu mudah di tebak.

Jadi, agar semua akun di dunia maya yang Anda miliki aman, Anda harus menerapkan password yang kuat dan tidak mudah di tebak. Caranya?  Ya, membuat password yang benar, aman dan mudah diingat itu sesuatu ya, alias tidak mudah tapi tidak sulit juga kok.  

Dilansir dari sumber terpercaya, support.google.com simak tips membuat password / kata sandi yang kuat agar tidak bisa diretas. 

1. Buat Password Unik

jadi unik
Buat password yang unik

Kebanyakan orang tidak mau ribet dalam urusan password. Sebagian dari mereka menyamakan password di semua akun yang dimiliki, mulai dari email, media sosial, akun belanja online, dompet digital hingga akun perbankan.

Hal ini umum dan sering terjadi di masyarakat sebab mereka malas untuk membuat password berbeda-beda, dan takut lupa.

Padahal menggunakan password yang sama untuk banyak akun penting itu sangat berisiko. Sebab, jika seseorang berhasil mendapatkan kata sandi Anda untuk satu akun, maka orang tersebut dapat mengakses email, alamat, dan bahkan uang yang Anda simpan di bank juga bisa dikuras habis.

Tips:  Buatlah password se-unik mungkin. Artinya pastikan setiap akun yang Anda miliki punya password yang berbeda-beda. Sehingga tak ada satu orang pun yang bisa menebak password Anda.

Apabila Anda adalah orang yang pelupa, atau memiliki perasaan takut lupa, boleh saja Anda mencatatnya di buku khusus. Tapi ingat ya, catatan ini hanya diketahui oleh Anda sendiri. 

2. Buat Password yang Lebih Panjang dan Mudah Anda Ingat

ingat
Ilustasi mengingat password

Untuk menghindari lupa lainnya, umumnya orang akan memilih memasukan password yang sangat singkat. Padahal ini tidak bisa membuat keamanan akun menjadi kuat, justru lebih mudah orang menebak passwordnya.

Tips:  Sebaiknya buatlah password yang kata-katanya lebih panjang agar kemanan akun semakin kuat. Tapi jangan lupa Anda juga harus pertimbangkan pemilihan kata sandi yang pas agar mudah Anda ingat.

Contohnya, kata sandi dari lirik lagu/puisi/kutipan motivasi yang bermakna untuk Anda. Bahkan bisa juga dengan judul film/ judul buku, dan lain sebagainya. Tentunya, kata atau kalimat yang memiliki makna dalam hidup Anda dan tidak di ketahui orang lain.

Baca Juga: Marak Pencurian Data Pribadi, Begini Cara Jaga Data dan Cara Lapornya!

3. Kombinasikan Password dengan Berbagai Jenis Karakter

alfabet
Kombinasikan password dengan berbagai karakter

Agar keamanan akun menjadi lebih kuat, buat password dengan berbagai jenis karakter. Ini pastinya membuat password lebih sulit untuk ditebak oleh orang lain. Tapi penggunaan karakter yang banyak juga memungkinkan Anda lebih sulit diingat. Jangan khawatir, selain password tersebut dicatat di buku khusus, Anda dapat menyiapkan info pemulihan untuk menghindari akun terkunci jika lupa sandi.

Tips: saat membuat kata sandi, usahakan Anda menggunakan campuran karakter alfanumerik (huruf dan angka) serta symbol, seperti:

  • Huruf besar (huruf kapital), Contoh: A, E, R
  • Huruf kecil, Contoh: a, e, r
  • Angka, Contoh: 2, 6, 7
  • Simbol dan karakter khusus, Contoh: ! @ & *

Anda bisa mengganti huruf dengan campuran karakter di atas. Kemudian pilih kata atau frasa dan gunakan angka dan simbol, bukan huruf. Misalnya, "Sayang Ayah Ibu" diubah menjadi “s4y@n9@yAh18U” atau "Sampai jumpa" menjadi "$4mpa1Jvmp@". Anda juga bisa buat singkatan dari kalimat. Misalnya, " Indonesia Tanah Airku, Tanah Tumpah Darahku" menjadi "!t4T7D".

4. Hindari Data Info Pribadi, Kata-Kata dan Pola Umum

pass
Hindari info pribadi atau kata dan pola umum

Disadari atau tidak, kebanyakan orang melakukan kesalahan dalam membuat password, misalnya menggunakan info pribadi, kata-kata umum dan pola umum lainnya.

Padahal password dengan kriteria tersebut sangat mudah ditebak orang lain. Yuk pahami dulu apa saja hal yang harus dihindari dalam membuat kata sandi/password

  • Penggunaan nama pribadi, anggota keluarga, hewan, nama jalan, alamat rumah
  • Frasa umum, seperti “katasandi, “password” dan sebagainya
  • Pola keyboard, seperti “qwerty”, “qazwsx” atau “zxcvbnmn” dan lainnya
  • Urutan, seperti “abcd”, “12345” dan masih banyak lagi.

Lakukan Hal Ini, Buat Password yang Kuat dan Aman

  • Selalu perhatikan kata sandi, dan usahakan terdiri dari 8 karakter atau lebih. Umumnya, panjang password 6-12 karakter, hal ini masih aman. 
  • Pastikan ada kombinasi kata, nomor dan simbol. Anda bisa menbuat password dengan cara yang kreatif yakni mengganti angka dengan huruf contoh “4” diganti dengan “A”.
  • Hindari dan jangan pernah pakai ulang password yang sudah pernah dipakai sebelumnya
  • Gunakan layanan tingat keamanan 2 tahap, misalnya ada password dan verifikasi via email / nomor HP. 
  • Gunakan layanan generate dan simpan password otomatis yang aman seperti LastPass atau 1Password. Keduanya, adalah contoh aplikasi penyimpan dan pengaturan kata sandi yang populer. Aplikasi ini bisa membuat kata sandi yang rumit dan sulit diretas serta menyimpannya untuk Anda. 

Lakukan Hal Ini Bila Password Terlanjur Diretas

Apabila Anda mendeteksi adanya unusual activity atas kegiatan login yang tidak Anda kenali. Maka segera lakukan hal ini: 

  • Segera ganti password Anda dan aktifkan akses verifikasi keamanan dobel
  • Login ke email Anda, tambahkan alamat email lainnya untuk Recovery Email Adress atau sebagai emal verifikasi apabila ada akses tak di kenal masuk. 
  • Tambahkan juga recovery phone alias nomor hp lainnya sebagai tanda verifikasi keamanan
  • Segera cek akun-akun yang terkait dengan keuangan Anda. Misalnya, akun dompet digital, akun internet banking dan lain sebagainya. Pastikan saldo Anda masih aman dan tidak ada transaksi mencurigakan. 
  • Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saldo bank atau kartu kredit terkuras karena ada transaksi yang tidak Anda kenali dan tidak Anda lakukan, segera laporkan kepada pihak yang berwajib yakni perbankan, polisi maupun Otoritas Jasa keuangan (OJK). 
Jaga Keamanan Password dengan Baik

Mencatat password di buku khusus menjadi solusi kebanyakan orang agar tidak lupa. Namun, bagi Anda yang melakukan cara ini tetaplah harus berhati-hati. Jangan meninggalkan catatan tentang password di meja maupun di folder dengan judul (Password), yang sangat dengan mudah di kenali atau dilihat orang lain.

Waspada selalu demi keamanan data Anda ya. Bila perlu Anda juga bisa memanfaatkan pengelolaan password terpercaya yaitu menggunakan di google chrome setting, guna mencek dan menyimpan password. 

Baca Juga: Tindak Kejahatan Phishing Makin Marak, Begini Cara Mengenali dan Menghindarinya