Ketahui Apa Saja Obat Gusi Bengkak, Dari yang Alami Hingga Dijual di Apotik

Rasa sakit yang dirasakan mulut seringkali membuat suasana hati jadi berantakan. Pasalnya, mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang paling sering digunakan manusia, entah itu untuk bicara atau makan.

Apalagi jika rasa sakit itu disebabkan oleh gusi bengkak. Selain membuat berbicara atau makan jadi tidak nyaman, gusi bengkak juga bisa menyebabkan bentuk wajah jadi ikut bengkak.

Jika sudah demikian, pengobatan harus segera dilakukan. Ada banyak obat gusi bengkak yang bisa didapatkan di sekitar, baik itu dalam bentuk alami atau yang harus dibeli di apotik.

Lalu, apa saja obat gusi bengkak alami dan yang tersedia di apotik? Simak rekomendasinya berikut ini.

Sekilas Tentang Gusi Bengkak

loader

Gusi bengkak merupakan sebuah kondisi di mana gusi pada mulut mengalami pembengkakan. Penyebab dari bengkaknya gusi ini sangat beragam. Mulai dari kekurangan vitamin C hingga penggunaan gigi palsu yang tidak sesuai atau kurang dijaga kebersihannya.

Cara gosok gigi yang kurang benar juga bisa memicu terjadinya gusi bengkak. Menggosok gigi seharusnya dilakukan pelan-pelan dengan gerakan memutar, bukan maju mundur. Kurang menjaga kebersihan gigi juga bisa menyebabkan terjadinya gusi bengkak.

Pada beberapa kasus, gusi bengkak juga bisa disebabkan oleh efek samping obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Misalnya saja obat penghambat kanal kalsium, penekan imun tubuh yang umum diberikan pada orang dengan autoimun, serta obat terapi kanker.

Saat seseorang mengalami gusi bengkak, biasanya terdapat beberapa gejala yang menyertai seperti gusi kemerahan, bau mulut, bahkan terdapat nanah di antara gigi dan gusi. Agar tidak terjadi masalah yang lebih serius, kamu harus segera mencari tahu penyebabnya.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak Alami

Pengobatan gusi bengkak tidak selamanya harus menggunakan obat-obatan yang ada di apotik. Untuk yang lebih suka dengan bahan herbal, ada banyak obat alami gusi bengkak yang bisa ditemukan di sekitar.

Berikut beberapa obat alami gusi bengkak yang bisa kamu coba.

1. Rutin Sikat Gigi Setiap Hari

Terdengar sepele, tetapi rutin menyikat gigi setiap hari bisa menjadi cara alami untuk mengatasi gusi bengkak dan beberapa permasalahan mulut lain. Sikat gigi menjadi langkah penting untuk menjaga kebersihan gigi sehingga mampu mencegah timbulnya infeksi akibat penumpukan bakteri.

2. Berikan Kompres Dingin di Gusi yang Mengalami Peradangan

Melakukan kompres dingin pada bagian gusi bengkak juga bisa dilakukan. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi nyeri yang muncul ketika gusi bengkak.

Menempelkan es batu yang dibalut handuk akan membantu mempersempit pembuluh darah sehingga aliran darah jadi melambat. Selain untuk orang dewasa, bahan alami ini juga bisa digunakan untuk obat gusi bengkak anak.

3. Berkumur dengan Minyak Kelapa

Oil pulling atau berkumur dengan minyak kelapa dapat membantu mengatasi gusi bengkak. Hal ini dikarenakan minyak kelapa mengandung senyawa asam laurat yang memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri.

Baca Juga:  Tambal Gigi: Solusi Atas Gigi Berlubang

4. Berkumur dengan Sari Daun Jambu Biji

Kamu bisa merebus 6 atau 7 lembar daun jambu biji dalam air mendidih selama sekitar 10 menit dengan api kecil. Diamkan sampai dingin lalu gunakan untuk berkumur kurang lebih 30 detik sehari 3 kali. Sari daun jambu biji mempunyai kandungan senyawa antimikroba sehingga dapat membunuh bakteri penyebab infeksi di gusi.

5. Mengoleskan Bubuk Kunyit di Gusi Bengkak

Obat alami gusi bengkak lain adalah menggunakan bubuk kunyit yang dioleskan pada bagian gusi yang bengkak. Campurkan kunyit dengan air hangat sampai menjadi adonan kental atau pasta lalu oleskan di bagian yang bengkak dan diamkan sekitar 10 menit. Kunyit memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan bengkak pada gusi.

6. Berkumur dengan Air Garam

Air garam telah dikenal lama mengandung antiseptik yang bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya bakteri. Untuk mengobati gusi bengkak, kamu hanya perlu berkumur dengan larutan air garam yang dibuat dari segelas air hangat dan satu sendok teh garam. Gunakan untuk berkumur selama 30 detik sehari 3 kali.

Tidak hanya orang dewasa, bahan alami ini juga bisa menjadi obat gusi bengkak anak yang aman asalkan usia anak sudah cukup besar untuk bisa berkumur.

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak di Apotik

Menggunakan obat alami sering dirasa memberikan efek yang kurang cepat dibanding dengan obat-obatan medis. Karena itu, tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk menggunakan obat gusi bengkak di apotik.

Berikut beberapa obat gusi bengkak di apotik yang bisa dipilih.

Nama Produk Keterangan
Chlorhexidine

Obat ini tersedia dalam berbagai bentuk, mulai dari obat kumur, larutan, serta salep. Obat ini tergolong sebagai antiseptik yang bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya bakteri yang menyebabkan gusi bengkak. 

Untuk mengatasi gusi bengkak, kamu bisa menggunakan varian obat kumur. Gunakan obat ini setelah menyikat gigi dan jangan lupa untuk membuang larutan bekas kumurnya. Jangan minum atau makan usai berkumur supaya manfaat obat ini jadi maksimal. Konsultasikan dengan dokter penggunaan obat ini jika kamu baru saja menambal gigi, pasang gigi palsu, veneer gigi, atau memiliki riwayat periodontitis.

Ibuprofen

Obat gusi bengkak di apotik berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah ibuprofen. Obat ini bermanfaat untuk mengatasi radang penyebab bengkak serta demam yang menyertai. Obat ini sebaiknya diberikan sesudah makan dengan dosis yang sesuai.

Untuk anak usia 6 bulan sampai 12 tahun diberikan tiap 6-8 jam sekali dengan dosis 4-10 mg. Untuk orang dewasa diberikan tiap 4-6 jam dengan dosis 200-400 mg. Jadi selain untuk orang dewasa, ibuprofen juga bisa menjadi rekomendasi obat gusi bengkak anak.

Paracetamol

Paracetamol bisa digunakan menjadi obat alami gusi bengkak. Obat ini diberikan dengan dosis 500 mg untuk orang dewasa. Sementara jika digunakan untuk obat gusi bengkak pada anak diberikan dengan dosis 60-120 mg untuk bayi umur dua bulan sampai dua tahun.

Obat ini diberikan tiap 4 hingga 6 jam sekali. Paracetamol tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki riwayat penyakit ginjal dan hati.

Hidrogen Peroksida Kamu juga bisa menggunakan hidrogen peroksida digunakan untuk mengatasi gusi bengkak adalah dengan berkumur dengan hidrogen peroksida. Obat ini bekerja dengan membersihkan area kulit yang terluka dan mengangkat sel kulit mati. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengencerkan dengan sedikit air sebelum dipakai untuk berkumur.
Kalium Diklofenak Hexpharm

Obat ini bisa digunakan untuk mengatasi nyeri yang diakibatkan gusi bengkak. Obat ini merupakan golongan obat anti inflamasi non steroid yang memiliki efek antiinflamasi dan analgesik. Cara kerjanya adalah menghambat prostaglandin yang berperan untuk menyebabkan demam, nyeri, dan inflamasi.

Obat ini dapat digunakan oleh anak-anak usia di atas 14 tahun.

Asam Mefenamat Obat gusi bengkak berikutnya yang bisa kamu pilih adalah asam mefenamat. Cara kerja obat ini adalah dengan menghalangi produksi enzim cyclooxygenase (COX), yakni enzim yang mendorong produksi prostaglandin.
Sanorin Hijau Obat berikutnya yang bisa kamu andalkan untuk mengatasi gusi bengkak adalah Sanorin yang mengandung sodium hyaluronate. Senyawa ini bekerja dengan cara menghentikan reproduksi bakteri dalam rongga mulut. Pengobatannya biasanya dikombinasikan dengan antibiotik dan harus dikonsultasikan dengan dokter.
Hexadol Gargle Obat ini mengandung hexetidine yang merupakan senyawa antifungi dan antibakteri. Obat kumur ini bermanfaat untuk mengatasi oral trush, stomatitis, periodontitis, gingivitis, faringitis, dan beberapa masalah di dalam rongga mulut lainnya

Baca Juga:  Cara Pakai BPJS Kesehatan untuk Perawatan Gigi

Rekomendasi Obat Gusi Bengkak untuk Anak

Gusi bengkak tidak hanya bisa dialami oleh orang dewasa, tetapi anak kecil juga bisa mengalaminya. Pada anak-anak, lebih dianjurkan untuk menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi gusi bengkak. Berikut beberapa obat gusi bengkak anak yang bisa diberikan kepada buah hati.

  1. Berkumur dengan air garam
  2. Menyikat gigi secara rutin
  3. Kompres dengan es batu pada bagian yang sakit
  4. Minum obat pereda  nyeri sesuai petunjuk dokter

Gunakan Obat Gusi Bengkak Sesuai dengan Dosis dan Petunjuk Penggunaan

Setiap menggunakan obat apapun, kamu harus selalu mematuhi petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan atau resep yang diberikan oleh dokter. Selain itu, pastikan cara penggunaan obat juga sesuai dengan petunjuk. Misalnya untuk obat yang digunakan berkumur, pastikan untuk tidak menelan obat tersebut dan membuangnya dari mulut setelah digunakan.

Jika muncul reaksi efek samping atau alergi, hentikan pemakaian dan segera temui dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Selain itu, jika penggunaan obat-obatan di atas tidak juga membuat gusi bengkak membaik, segera periksa ke dokter.

Baca Juga:  Mengenal Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah dan Cepat