Mengenal Cara Membersihkan Karang Gigi, Mudah dan Cepat

Permasalahan kesehatan menjadi hal yang sering terjadi. Salah satu permasalahan kesehatan adalah bau mulut. Tahukah kamu bahwa bau mulut terjadi karena disebabkan oleh menumpuknya karang gigi yang ada di mulut.

Karang gigi merupakan kondisi mineral yang berlebihan di dalam mulut. Mineral ini akan bertumpuk dan membentuk karang gigi dengan tekstur keras dan kasar serta berwarna kekuningan. Sayangnya, karang gigi tidak bisa hilang dengan hanya menyikat gigi saja. Maka, perlu cara efektif lainnya, yaitu dengan melakukan scaling gigi.

Jika tidak dibersihkan, hal itu tentunya akan menimbulkan permasalahan kesehatan mulut, seperti bau mulut atau bahkan gigi berlubang. Maka, scaling menjadi cara yang paling tepat untuk membersihkan karang gigi.

Sebelum melakukan scaling, ada baiknya kamu memahami dulu apa itu karang gigi beserta penyebabnya. Jika mengetahuinya, tentunya kamu pun dapat menjadi lebih memperhatikan kesehatan mulutmu. Untuk mengetahui informasi detail tentang karang gigi, simak informasinya berikut ini.

Baca juga: Tambal Gigi: Solusi Atas Gigi Berlubang

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

Penyebab Karang Gigi

loader

Penyebab Karang Gigi

Seperti yang telah disebutkan di atas, karang gigi merupakan tumpukan mineral yang mengendap di dalam mulut. Biasanya, karang gigi terjadi akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan. Sisa makanan ini akan membetuk plak pada gigi yang licin dan tipis. Namun, jika dibiarkan plak ini akan membentuk karang gigi.

Kamu pun dapat mengetahui kapan karang gigimu sudah terbentuk dengan memperhatikan tanda-tandanya, seperti bau mulut, gigi menguning, permukaan gigi kasar, serta gusi menjadi bengkak.

Akibat dari Tumpukan Karang Gigi

Pada umumnya, karang gigi tidak memiliki gejala yang berarti dan juga tidak mengganggu kesehatan gigi. Namun, ketika tumpukan karang gigi dibiarkan tentu akan mengundang bakteri dan penyakit untuk masuk lebih mudah. Sebab, penyakit akan nyaman berdiam dalam lingkungan yang kotor dan bau. Berikut terdapat beberapa akibat dari tumpukan karang yang tidak dibersihkan dalam kurun waktu yang lama.

  • Gigi copot
  • Infeksi gusi
  • Radang gusi
  • Gigi berlubang
  • Abses gigi
  • Periodontitis

Cara Membersihkan Karang Gigi

Scaling gigi adalah aktivitas mudah, namun mungkin sulit dilakukan karena malas. Sebab, untuk membersihkannya, perlu pergi ke tempat membersihkan karang gigi terdekat. Dalam membersihkan gigi, sebagian dokter gigi memakai ultrasonic scaler. Alat ini berfungsi untuk menghilangkan karang gigi.

Berikut adalah tahapan membersihkan karang gigi:

  1. Dokter akan memeriksa kondisi gigimu terlebih dahulu.
  2. Dokter juga akan menghilangkan karang dengan ultrasonic scaler.
  3. Akan ada getaran saat karang gigi dirontokkan.
  4. Karang gigi pun akan rontok.
  5. Biasanya dokter akan menggunakan alat tertentu untuk membuat kondisi gigi serta mulut segar.

Saat proses dilakukannya scaling gigi, pasti akan terasa ngilu. Namun, kondisi ini tidak berlangsung lama. Untuk scaling gigi, waktunya kisaran 30 menit demi mengembalikan gigi sehat dan bersih.

Setelah semua proses selesai, pastinya ngilu akan tetap terasa. Hal ini terjadi karena kondisi gigi sebelum scaling tertutup oleh tumpukan mineral. Bisa juga merasa lebih sensitif dengan apapun yang masuk ke mulut. Namun, jangan khawatir karena kondisi tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

Baca juga: Buruknya Kesehatan dan Kebersihan Gigi Bisa Sebabkan Abses Gigi, Ini Bahayanya

Jadwal Membersihkan Karang Gigi

loader

Membersihkan Karang gigi

Karang gigi merupakan keadaan yang dapat saja terjadi kembali, walaupun sudah melakukan pembersihan. Biasanya, karang gigi akan muncul kembali dalam enam bulan sekali. Akan tetapi, belum enam bulan pun sebaiknya anda tetap rutin datang ke dokter untuk membersihkannya.

Seperti yang diketahui, bahwa ketika karang gigi menumpuk tentu akan menjadi tumpukan penyakit gigi. Lebih baik, kamu mencegah datangnya banyak penyakit ini dengan sering datang ke dokter gigi untuk melakukan scaling gigi. Pergi ke dokter gigi pun bukan upaya membuat kondisi gigimu menjadi lebih buruk, justru akan membuat kondisi gigi lebih sehat dan terawat dengan baik.

Tentunya untuk mendapatkan gigi yang sehat dan tidak terjadi tumpukan karang, kamu harus pergi ke klinik atau rumah sakit untuk membersihkan karang gigi. Sebab, melalui sikat gigi, karang tersebut tidak akan rontok. Pastinya butuh biaya yang harus disiapkan untuk melakukan scaling gigi ini.

Biaya Membersihkan Karang Gigi

Dibutuhkan metode scaling gigi ketika ingin membersihkan karang gigi. Metode ini tentu membutuhkan bantuan dokter gigi untuk membersihkannya. Selain itu, juga butuh dana untuk melakukannya. Klinik, puskesmas, atau rumah sakit biasanya memiliki biaya scaling gigi tersendiri.

Untuk biaya di klinik maupun rumah sakit biasanya juga akan berbeda-beda. Biayanya mulai dari Rp190.000—Rp400.000. Untuk biaya di puskesmas sendiri, kamu akan dikenakan biaya gratis, jika memiliki BPJS Kesehatan. Dengan catatan, tidak adanya tunggakan iuran bulanan.

Biaya tersebut merupakan kisaran biaya. Dapat saja harga tersebut melebihi estimasi atau bahkan kurang. Maka, kamu dapat berjaga-jaga menyiapkan dana lebih dari kisaran biaya tersebut agar bisa membersihkan karang dan mendapatkan gigi yang sehat.

Ingin bayar BPJS Kesehatan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Kesehatan Sekarang!  

Cara Lain Untuk Membersihkan Karang Gigi

Ketika ingin membersihkan karang gigi, metode scaling menjadi umum digunakan. Cara ini seperti efektif untuk membersihkan karang. Namun, untuk mengurangi dana pengeluaranmu, ada cara agar tetap dapat membersihkannya, yaitu dengan beberapa hal berikut.

  • Sering menggunakan obat kumur.
  • Gunakan baking soda saat sikat gigi
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C.

Beberapa cara di atas tidak akan secara utuh menghilangkan karang. Namun, akan membantumu supaya karang tidak menumpuk dalam gigi.

Baca juga: Serba-Serbi Pemasangan Gigi Palsu, Lakukan Ini agar Gigi Terpasang Sempurna

Cara Mencegah Karang Gigi

Ketika tidak bisa membuat hilang karang secara permanen. Jangan khawatir, kamu bisa mencegah munculnya karang gigi, yaitu dengan beberapa cara berikut:

  • Gunakan pasta gigi fluoride: Ketika memakai pasta gigi fluoride, kamu bisa mencegah munculnya karang karena pasta gigi ini bisa melakukan pencegahan terkait kerusakan bagian terluar gigi.
  • Sering menyikat gigi dengan benar: Disarankan minimal sikat gigi 2 kali sehari. Sikat gigi yang benar pun perlu untuk dilakukan, agar kotoran yang ada di gigi bisa hilang.
  • Hindari kebiasaan merokok: Kebiasaan merokok dapat memicu pertumbuhan karang gigi yang diawali dengan menguningnya gigi. Jika ini dibiasakan, karang gigi akan dengan cepat menumpuk pada gigi.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi: Ketika mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tentunya bisa membuat kondisi gigi juga sehat.

Baca juga: Behel Gigi: Harga, Prosedur, Resiko dan Jenisnya

Karang Gigi Hilang dengan Langkah Efektif Karang Gigi

Melalui scaling gigi berkala, akan membuat pengaruh positif bagi kesehatan gigi. Seringlah membersihkan gigi dengan baik, juga tidak mengonsumsi makanan yang mengundang bakteri masuk dengan mudah.

Perlu untuk diperhatikan juga, bahwa karang gigi akan muncul kembali walaupun sudah scaling. Maka, scaling gigi jadi hal rutin yang harus dilakukan agar kondisi gigimu makin baik.

Dengan tidak sama sekali melakukan scaling, bisa saja kondisi gigi makin buruk karena karang tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi saja.

Mengunjungi klinik atau rumah sakit untuk melakukan scaling gigi bukanlah aktivitas salah untuk membersihkan gigi. Namun, jadi cara tepat supaya kamu bisa memiliki gigi bersih. Harga scaling gigi juga terjangkau bukan? Maka, segera buat jadwal dengan dokter gigi pilihan untuk lakukan scaling agar gigi jadi lebih sehat.