12 Rekomendasi Oleh-Oleh Asli Khas Malaysia

Malaysia adalah salah satu destinasi wisata favorit yang sangat menarik untuk dikunjungi, apalagi letaknya cukup dekat dengan Indonesia. Nah, saat berlibur ke Malaysia tak lengkap rasanya jika kamu belum beli oleh-oleh khasnya.

Di Malaysia ada beragam makanan khas tradisional nikmat, souvenir menarik, dan berbagai kreasi menarik lainnya yang bisa kamu beli. Bingung pilih oleh-oleh di Malaysia? Yuk, simak rekomendasinya dibawah ini!

Baca Juga: Syarat Masuk Malaysia untuk Para Turis

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Rekomendasi Oleh-Oleh Asli Khas Malaysia

loader

Wisata ke Malaysia

  1. Dodol Malaysia

    loader

    Di Indonesia dodol adalah salah satu makanan tradisional yang sangat umum, begitu juga di Malaysia. Secara umum, tidak ada yang berbeda dari dodol khas Malaysia namun rasanya sedikit beda dari dodol yang biasa ada di Indonesia.

    Dodol adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan, gula kelapa, dan santan. Dodol memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, biasanya disajikan dalam balutan daun pisang.

    Dodol bisa menjadi oleh-oleh yang cocok untuk para pecinta makanan manis. Kamu bisa membeli dodol ini di pasar tradisional atau di toko-toko oleh-oleh khas Malaysia.

  2. Pua Kumbu

    loader

    Oleh-oleh satu ini bukan makanan, melainkan kain tradisional, ya. Kain ini memiliki beragam pola dan warna yang unik, serta dibuat dengan cara ditenun.

    Harganya sendiri cukup mahal, tapi sebanding dengan keindahan dan daya tariknya. Buat kamu yang kebetulan punya budget wisata lebih, jangan lupa membeli kain tradisional satu ini sebagai buah tangan.

  3. Roti Jala

    loader

    Ini merupakan salah satu makanan tradisional ala Melayu yang punya tekstur renyah. Roti ini memiliki kombinasi rasa asin dan manis, biasanya dimakan sembari dicelup ke kuah kari atau saus kacang.

    Kamu bisa membawa makanan satu ini sebagai oleh-oleh supaya keluarga atau teman yang ada di rumah bisa mencicipinya juga.

  4. Kek Lapis Sarawak

    loader

    Pernah dapat oleh-oleh khas Malaysia yang satu ini dari keluarga atau rekan kerja? Ini merupakan sejenis kue yang terbuat dari bahan-bahan seperti tepung terigu, telur, mentega, dan gula. 

    Kue ini memiliki berbagai macam warna dan rasa yang berbeda-beda, serta biasanya dibuat dengan pola-pola yang indah.

    Kue ini juga bisa menjadi oleh-oleh yang cocok untuk para pecinta makanan manis dan kue-kuean. Sebagai tambahan informasi, kue tradisional ini sering disajikan di Sarawak ketika ada acara-acara khusus, lho.

    Proses pembuatan kue tradisional satu ini cukup rumit, karena motifnya sangat unik dengan tampilan ala kaleidoskopnya. Hal ini membuat kue satu ini cukup viral dan banyak diminati oleh para wisatawan.

  5. Karipap

    loader

    Karipap adalah makanan khas Malaysia yang bentuknya mirip dengan pastel. Namun, kulit karipap ini menggunakan puff pastry sehingga lebih tebal dan terlihat berlapis. 

    Bentuk karipap sendiri identik dengan motif pusar melingkar sehingga terlihat cukup unik. Makanan satu ini biasa disajikan dengan kentang dan kari ayam yang dipanggang atau digoreng. 

    Tekstur kulit karipap renyah, rasanya gurih dan nikmat! Jangan sampai kamu melewatkan oleh-oleh asli khas Malaysia satu ini ya!

  6. Teh Tarik

    loader

    Teh tarik adalah minuman teh khas Negara Malaysia yang terbuat dari campuran teh hitam, susu, dan gula. Teh tarik memiliki rasa yang unik dan dihidangkan dengan cara yang menarik. Pembuatnya akan menuangkan teh dari satu cangkir ke cangkir yang lain untuk menghasilkan busa.

    Kamu bisa menikmati teh ini secara langsung di kedai-kedai teh Malaysia ya. Sementara untuk oleh-oleh, belilah teh tarik versi bubuk yang biasanya dijual di toko oleh-oleh khusus Malaysia.

  7. Serunding

    loader

    Serunding adalah daging yang dihancurkan dan dicampur dengan rempah-rempah, dan kemudian digoreng hingga kering. Serunding bisa dibuat dari daging sapi, ayam, atau ikan, dan biasanya dimakan bersama nasi atau sebagai camilan.

    Serunding bisa menjadi oleh-oleh yang cocok untuk para pecinta makanan gurih. Selain itu, makanan ini juga tahan lama, jadi kamu tak perlu takut makanan ini akan cepat basi saat dibawa pulang ke Indonesia.

  8. Tau Sar Piah

    loader

    Nama “Tau Sar Piah” sendiri diambil dari dialek Hokkien dari kata “Tau Sar” atau pasta dari kacang hijau dan “Piah” artinya biskuit. Jadi, secara harfiah makanan ini adalah biskuit yang berisi pasta dari kacang hijau. 

    Tekstur luar kue tradisional ini cukup renyah dan garing, sementara bagian dalamnya gurih dan manis dengan isian kacang hijau nikmat. Ada juga varian isi lainnya yang tersedia selain kacang hijau, yakni kacang hitam, kacang merah, dan sejenisnya.

  9. Cincalok

    loader

    Cincalok adalah saus ikan yang terbuat dari ikan asin yang difermentasi. Cincalok biasanya dimakan bersama nasi atau sebagai bahan tambahan untuk membuat hidangan lain.

  10. Milo Cube

    loader

    Di Malaysia, ada beragam jenis kuliner dari Milo yang lezat, salah satunya adalah Milo Cube yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasa Cokelat Milo ini cukup berbeda dari Milo yang ada di Indonesia. 

    Bentuknya kotak kecil dengan isian susu padat. Per box-nya isinya sekitar 100 buah kotak kecil, camilan praktis ini bisa langsung dimakan. 

  11. Cokelat Malaysia

    loader

    Cokelat Malaysia ini punya variasi rasa yang unik dan menarik, contohnya saja ada varian rasa buah-buahan yang nikmat. 

    Harganya juga standar, tergantung pilihan rasa dan ukurannya. Kalau kamu kebetulan suka cokelat, jangan sampai melewatkan oleh-oleh khas satu ini ya!

  12. Miniatur Ala Menara Petronas

    loader

    Petronas adalah menara kembar setinggi 473 meter yang merupakan salah satu destinasi wisata terfavorit di Malaysia. Untuk kenang-kenangan, cobalah membeli miniaturnya untuk dipajang di ruang tamu. Atau, kamu juga bisa memberikannya pada keluarga ataupun kolega sebagai buah tangan.

    Baca Juga: Tanah Lot: Destinasi Liburan Wajib Saat ke Bali

Oleh-oleh Terbaik dari Negeri Jiran Malaysia yang Khas 

Rekomendasi oleh-oleh khas negeri Jiran Malaysia ternyata cukup banyak. Beberapa ada yang mirip oleh-oleh dari daerah di Indonesia, meski begitu tak ada salahnya untuk membelinya sebagai buah tangan.

Meskipun mungkin namanya sama, tapi kalau soal rasa bisa sangat berbeda, lho. Selamat berbelanja oleh-oleh dan nikmati liburanmu di Malaysia!

Baca Juga: 12 Kuliner Jogja Terlezat dan Wajib Dicoba

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!