12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Batam

Pulang liburan dari Batam rasanya kurang lengkap jika tidak membawa oleh-olehnya yang khas untuk keluarga, rekan kerja, maupun sahabat. Sebagai kota besar di Indonesia, Batam memiliki banyak sekali jenis oleh-oleh kekinian. Jadi kamu tidak akan kehabisan ide untuk membawa buah tangan saat pulang. 

Penasaran dengan apa saja oleh-oleh dari Batam yang khas dan recommended untuk dibawa pulang? Berikut ini rekomendasi selengkapnya!

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh dari Medan yang Khas dan Populer

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Daftar Oleh-oleh Khas Batam 

1. Bingka Bakar

loader

Sumber: majalahteras.com

Bingka merupakan makanan yang bisa ditemukan di banyak kota di Indonesia. Namun, bingka di Batam tentu saja berbeda dibandingkan kue bingka pada umumnya.

Oleh-oleh dari Batam ini dibuat dengan cara dipanggang dalam oven dengan suhu tertentu. Bahannya pun tak jauh berbeda dengan bahan-bahan untuk pembuatan kue bolu, hanya saja ada tambahan kentang yang dikukus. Rasanya dominan manis dengan aroma yang sangat menggugah selera.

2. Bilis Molen

loader

Sumber: wisata-id.com

Sesuai namanya, bilis molen merupakan cemilan yang mirip dengan pisang molen. Bedanya pisang molen berisi potongan pisang, sedangkan bilis molen berisi ikan teri. Perpaduan antara adonan molen yang manis dan ikan teri yang gurih cukup unik untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Keik Buah Naga

loader

Sumber: travel.detik.com

Kamu dan keluarga penggemar buah naga? Sepertinya keik buah naga cocok untuk dibawa pulang. Keik satu ini memiliki tampilan yang menarik serta rasa yang lezat. 

Kamu bisa mencari keik yang tidak terlalu manis jika memang tidak suka manis. Selain lezat, buah naga menyehatkan karena banyak kandungan gizinya.

4. Keik Pisang Villa

loader

Sumber: dananwahyu.com

Keik pisang villa sangat cocok untuk kamu yang menyukai aroma dan rasa lezat dari buah pisang. Perpaduan antara adonan roti dengan buah tropis memang sangat memanjakan lidah. Tenang saja, keik pisang villa ini bisa bertahan cukup lama. Jadi, kamu bisa membawanya pulang tanpa takut basi di jalan. 

5. Keik Durian

loader

Sumber: blog.tiket.com

Masih ada satu lagi rekomendasi kue berbahan buah-buahan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Batam yaitu keik durian. Warnanya yang kuning khas durian sudah sangat menggugah selera. Rasanya juga lembut dan legit, orang rumah pasti akan menyukainya. 

6. Gonggong

loader

Sumber: batam.tribunnews.com

Gong-gong merupakan siput laut khas Batam dan sekitarnya. Biasanya siput laut ini diolah dalam berbagai cara untuk dijadikan makanan yang lezat untuk dinikmati. 

Jika ingin yang awet untuk oleh-oleh, cobalah membeli keripik kari gonggong. Ini merupakan salah satu oleh-oleh Batam yang khas dan wajib dibawa pulang.

Tapi sebelum itu, kamu juga harus mencoba makanannya langsung di Batam karena sensasinya pasti berbeda.

7. Otak-otak Khas Batam

loader

Sumber: batam.tribunnews.com

Otak-otak juga termasuk makanan yang mudah ditemukan di tempat lain. Tapi jangan salah, otak-otak Batam memiliki cita rasa dan ciri khas yang berbeda. Rasa daging segar membuat makanan satu ini menjadi semakin gurih. Kamu bisa memadukannya dengan saus agar lebih lezat. 

8. Teh Rosella

loader

Sumber: mamikos.com

Bukan hanya makanan saja, kamu juga bisa membawa oleh-oleh berupa minuman yang bermanfaat, yakni teh rosella. Ini merupakan minuman dari bahan bunga rosella yang sudah melalui proses pengeringan. Teh rosella ini biasa memiliki cita rasa sedikit asam tapi sangat menyehatkan. 

Salah satu manfaat penting dari teh rosella adalah membantu menurunkan kadar gula yang tinggi di dalam darah. Nikmat dan sehat bisa kamu dapatkan hanya dari satu minuman saja.

9. Layers Cake

loader

Sumber: travel.okezone.com

Layers cake sekilas terlihat sama seperti jenis kue lapis lainnya. Cita rasanya pun manis dan legit dengan tekstur yang lembut. 

Ada banyak pilihan rasa yang bisa kamu pilih untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Mulai dari rasa cokelat, original, pandan, moka, dan masih banyak lagi. Semua orang pasti akan menyukai kue cantik satu ini. 

10. Rocklate

loader

Sumber: coklatrocklate.com

Pencinta cokelat harus banget cobain oleh-oleh Batam satu ini. Rocklate adalah cokelat batangan yang ditambah dengan marshmallow lembut. 

Bisa membayangkan bagaimana perpaduan cokelat dan marshmallow? Sangat lezat dan membuat ketagihan. Uniknya cokelat ini berbentuk bar atau batangan jadi sangat cocok untuk dibawa saat perjalanan jauh dan tentunya awet. 

11. Brownies Lava

loader

Sumber: menukuliner.net

Kue satu ini memiliki tekstur yang empuk, lembut, dan lumer saat masuk ke dalam mulut. Salah satu varian paling favorit di kalangan pelancong adalah cokelat. Namun masih banyak varian lainnya yang tak kalah legit seperti blackforest, kacang, cheesecake, dan lain sebagainya. 

12. Luti Gendang

loader

Sumber: ksmtour.com

Makanan satu ini berupa cemilan yang mirip dengan kroket. Isiannya berupa daging ikan yang telah dibumbui banyak bumbu khas yang membuatnya semakin lezat.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Asli Khas Malaysia

Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Unik dan Khas untuk Keluarga di Rumah

Nah, demikian tadi rekomendasi oleh-oleh Batam yang khas dan cocok untuk dibawa pulang. Selepas plesiran atau urusan bisnis, oleh-oleh khas Batam bisa jadi buah tangan yang menarik untuk diberikan pada keluarga, saudara, maupun kerabat dekat. 

Jika jaraknya cukup jauh dari rumah, pastikan untuk memilih jenis oleh-oleh yang tahan lama dan awet. Selamat berburu oleh-oleh dari Batam, ya!

Baca Juga: 10 Tips Siapkan Budget Oleh-Oleh saat Liburan agar Keuangan Tetap Terjaga