10 Oleh-oleh Yogyakarta, Bukan Cuma Bakpia Pathok!

Plesiran ke destinasi wisata tentunya tak akan lengkap jika belum membawa pulang oleh-olehnya yang khas. Pasalnya, setiap daerah pastinya memiliki kuliner yang khas dan berbeda, tak terkecuali dengan kota Jogja. 

Kota yang juga dijuluki sebagai kota pelajar ini dikenal punya banyak makanan lezat dan unik yang cocok dijadikan oleh-oleh, salah satunya bakpia pathok. Namun jangan salah, selain bakpia pathok, sebetulnya ada begitu banyak jenis makanan lainnya yang cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan, lho. Berikut rekomendasinya.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Batam

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Daftar Oleh-oleh Khas Yogyakarta

1. Yangko

loader

Sumber: serikatnews.com

Rekomendasi oleh-oleh Yogyakarta yang pertama ada yangko. Yangko merupakan kue yang memiliki rasa dan tekstur yang hampir mirip dengan kue mochi. Kudapan ini bisa jadi pilihan oleh-oleh buat kamu yang suka dengan kue-kue manis bertekstur kenyal. 

Kue yangko dapat ditemui di sejumlah toko khusus oleh-oleh maupun industri rumahan. Salah satunya yang cukup terkenal karena rasanya adalah Yangko Pak Prapto.

2. Gudeg Kaleng

loader

Sumber: www.tokopedia.com

Jika berbicara soal makanan khas Jogja, semua pasti setuju jika gudeg adalah yang paling banyak dicari. Olahan dari nangka muda yang dibumbui dengan rempah-rempah khas ini memang punya cita rasa yang bikin kangen.

Beberapa tahun belakangan, makanan ini mulai berkembang yang tadinya disajikan langsung, kini sudah tersedia dalam bentuk kalengan. Jadi, penggemar gudeg bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh tanpa takut akan basi di perjalanan.

3. Bakpia Kukus

loader

Sumber: www.kompas.com

Jika bakpia pathok termasuk kudapan kering, maka oleh-oleh dari Jogja yang satu ini agak berbeda. Sebab, kudapan ini diolah dengan cara dikukus.

Bakpia kekinian ini bahkan termasuk ke dalam oleh-oleh dari Jogja yang paling diminati, lho. Teksturnya yang empuk dengan isinya yang meleleh membuat banyak orang menyukainya. 

4. Geplak

loader

Sumber: www.kompas.com

Oleh-oleh khas Yogyakarta berikutnya adalah Geplak. Ini termasuk makanan khas dari Bantul yang dibuat dari perpaduan gula dan parutan kelapa. 

Inilah mengapa kudapan yang berbentuk bulat berwarna-warni ini memiliki rasa yang sangat manis. Tak sulit mencari geplak di Jogja, sebab hampir semua penjual oleh-oleh pinggir jalan hingga toko besar menjualnya. 

5. Tiwul

loader

Sumber: jogja.tribunnews.com

Pernah makan tiwul? Salah satu jenis makanan pokok yang bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Terbuat dari singkong atau ketela pohon, tiwul bisa dijadikan pilihan oleh-oleh dari Jogja yang menarik, lho.

Alternatif pilihannya bisa dengan membeli tiwul dalam kemasan instan maupun olahan tiwul siap makan dengan aneka rasa. Kamu bisa membelinya di toko khusus oleh-oleh terdekat.

6. Peyek Tumpuk

loader

Sumber: jogjakita.co.id

Jika peyek pada umumnya cenderung tipis, namun uniknya dari camilan ini ada pada bentuknya yang bulat dan bertumpuk-tumpuk. Peyek tumpuk ini awalnya diperkenalkan Mbok Tumpuk sekitar tahun 1975.

Rasanya tak kalah renyah dengan peyek biasanya, lho. Cocok buat dijadikan camilan sambil nonton acara TV atau film favorit.

7. Keripik Belut

loader

Sumber: travel.tribunnews.com

Jika di Malang ada keripik ceker, maka di Jogja ada keripik belut. Camilan ini banyak dijajakan di kawasan Godean, Yogyakarta. 

Karena sudah melalui proses pengolahan yang cukup panjang, jadi tak perlu khawatir soal aroma belut dan rasanya. Dijamin, kamu bakal ketagihan. 

8. Oseng Mercon

loader

Sumber: kulinear.hops.id

Suka dengan olahan pedas? Jika ya, maka kamu wajib beli oseng mercon khas Yogyakarta yang dikemas dalam kemasan kaleng.

Sajian yang diolah dengan bahan tetelan daging sapi ini, dimasak dengan rempah-rempah dan cabai yang melimpah. Khusus penyuka sajian pedas level maksimal, jangan sampai lupa beli oleh-oleh Yogyakarta yang satu ini, ya.

9. Wedang Uwuh

loader

Sumber: serikatnews.com

Selain makanan dan camilan, kamu juga bisa bawa wedang uwuh sebagai oleh-oleh. Minuman khas Yogyakarta ini menawarkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Mulai dari, menghangatkan badan, menghilangkan rasa pegal, menjaga sistem metabolisme tubuh, dan masih banyak lagi.

Karena memang di dalamnya terdiri dari berbagai campuran rempah herbal pilihan, seperti, kayu secang, jahe, cengkih, dan juga kapulaga. Di kalangan masyarakat Jogja, minuman herbal ini lebih dikenal dengan sebutan wedang rempah.

10. Walang Goreng

loader

Sumber: ameera.republika.co.id

Tertarik mencoba kuliner ekstrem? Kamu bisa mencoba olahan walang goreng.

Walang goreng sendiri merupakan belalang yang telah dibersihkan lalu digoreng hingga matang dan kemudian dibumbui. Olahan ekstrem ini bisa dengan mudah ditemui di tepi jalan daerah Gunung Kidul. 

Meski kelihatannya ekstrem, walang goreng ini memiliki tekstur renyah dan rasa yang gurih, lho.

Baca Juga: 12 Kuliner Jogja Terlezat dan Wajib Dicoba

Siapkan Budget untuk Beli Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Ada begitu banyak jenis oleh-oleh dari Jogja yang menarik untuk dibeli. Bukan cuma makanan khasnya tapi juga ada yang termasuk olahan ekstrem. 

Jadi, jangan lupa siapkan budget yang cukup untuk beli oleh-oleh buat keluarga di rumah, ya.

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh dari Lampung yang Khas untuk Dibawa Pulang!