Simak Dulu Besaran Pajak Pajero Sport Sebelum Membeli Mobilnya agar Keuangan Tetap Aman

Banyak orang bermimpi untuk bisa memiliki mobil pribadinya sendiri yang dapat digunakan untuk memudahkan mobilitas sehari-hari saat diperlukan. Selain itu, mobil juga termasuk sebagai aset mewah yang bisa menjadi penunjuk status sosial seseorang. Karenanya, tidak sedikit orang yang berlomba-lomba membeli mobil incarannya agar dapat mewujudkan keinginannya tersebut.

Namun, ketika memutuskan untuk membeli mobil, jangan sekadar berfokus pada harga mobilnya saja, tapi juga beban pajak yang wajib dibayarkan nantinya. Hal tersebut juga berlaku pada pembayaran pajak kendaraan yang terbilang mewah dan idaman banyak orang, yaitu Mitsubishi Pajero Sport. Termasuk sebagai salah satu mobil jenis SUV yang terlaris di Indonesia, tidak sedikit orang yang mengincar untuk membeli mobil ini.

Lantas, berapa sih kisaran tarif pajak Pajero Sport ini? Selain itu, berapa pasaran harga mobil Pajero 2023 yang menjadi salah satu faktor penentu utama terkait tarif pajak dari mobil tersebut? Nah, jika tertarik untuk membeli mobil ini, simak dulu besaran pajak mobil Pajero 2023 dan beragam hal penting seputarnya berikut ini.

Baca juga: Ternyata Bisa Cek Pajak Kendaraan Online Dengan Mudah dan Praktis!

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Varian dan Harga Mobil Pajero Sport

loader

Pajak Pajero

Bagi yang tertarik untuk membeli mobil, mengetahui varian dan harganya tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Sebab, selain untuk menyesuaikannya dengan budget dan kondisi keuangan, mengetahui harga dan varian mobil juga mampu membantumu menentukan pilihan yang terbaik.

Nah, untuk mobil dari merek Mitsubishi, yaitu Pajero Sport, rentang harganya adalah sekitar 540 jutaan hingga 730 jutaan di tahun 2023 ini. Rentang harga dari mobil tersebut beragam tergantung dari 6 varian kendaraan yang ditawarkan pada konsumen di Indonesia. Berikut adalah perincian varian dan harga dari mobil merek Mitsubishi Pajero Sport 2023.

Varian Mobil Pajero Sport

Harga Mobil Pajero Sport

Exceed MT 4x2

Sekitar 547 juta rupiah

Exceed AT 4x2

Sekitar 562 juta rupiah

GLX MT 4x4

Sekitar 572 juta rupiah

Dakar AT 4x2

Sekitar 620 juta rupiah

Dakar Ultimate 4x2 AT

Sekitar 670 juta rupiah

Dakar Ultimate 4x4 AT

Sekitar 730 juta rupiah

Dilihat dari segi harganya, bisa dipahami bahwa Pajero Sport bukanlah jenis kendaraan yang murah dan bisa dijangkau oleh masyarakat umum. Tidak mengherankan jika pembeli dari mobil merek ini biasanya berasal dari masyarakat dengan tingkat finansial menengah ke atas dan atas saja. Dengan harga yang terbilang tinggi tersebut, tarif pajak mobil Pajero 2023 tentu juga akan menjadi relatif lebih tinggi karena keduanya saling berkaitan dan beriringan.

Beragam Faktor yang Pengaruhi Tarif Pajak Mobil

Terkait beban pajak kendaraan bermotor di Indonesia sendiri pada dasarnya telah diatur pada Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009, tepatnya Pasal 1 pada ayat 12 serta ayat 13. Pada pasal tersebut disebutkan terkait pajak terhadap kepemilikan maupun penguasaan dari kendaraan bermotor.

Mengacu dari aturan yang berlaku, ada sederet faktor yang mempengaruhi tarif pajak mobil atau kendaraan bermotor di Indonesia, antara lain:

  1. NJKB atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor

    Faktor pertama yang mempengaruhi besaran dari tarif pajak kendaraan adalah NJKB yang merupakan singkatan dari istilah Nilai Jual Kendaraan Bermotor. NJKB sendiri merupakan informasi nilai jual dari kendaraan bermotor dan dirilis oleh APM atau bisa juga disebut sebagai Agen Pemegang Merek.

    Mengetahui hal ini, sudah pasti makin mahal harga jual sebuah mobil yang dimiliki oleh wajib pajak, jumlah dari tarif pajak kendaraan yang harus dibayarkannya setiap tahun juga akan menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, ketika berencana untuk membeli mobil, termasuk jenis Pajero Sport, pastikan untuk menyesuaikan harganya agar beban pajaknya nanti tetap mampu dijangkau oleh keuangan.

  2. Pajak Progresif

    Faktor lainnya yang secara umum berpengaruh terhadap besarnya tarif pajak kendaraan adalah pajak progresif. Lantas, apa sih yang dimaksud dengan pajak progresif sebagai salah satu faktor penentu besaran pajak kendaraan?

    Secara umum, pajak progresif bisa dipahami sebagai sebuah pungutan dengan persentase biaya atau tarif tertentu dan didasarkan terhadap kuantitas atau jumlah objek pajak dan juga harga ataupun nilai objeknya. Dengan kata lain, pungutan atau tarif pajak ini bakal terus meningkat seiring dengan makin banyaknya kuantitas atau jumlah dari objek pajak serta kenaikan nilainya.

    Terkait konteks pajak kendaraan, makin banyak jumlah kendaraan yang dimiliki oleh seseorang, tarif pajak kendaraan yang dibebankan kepadanya juga akan menjadi lebih besar. Jadi, sebelum membeli mobil baru, perhatikan tentang ketentuan pajak progresif ini agar bisa menghitung secara akurat besaran pajak yang harus dibayarkan nanti.

  3. Bobot

    Terakhir, banyak orang tidak mengetahui, tapi bobot dari kendaraan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tarif dari pajak kendaraan. Ada beberapa alasan mengapa bobot dari kendaraan ini termasuk sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi besaran pajak kendaraan dari wajib pajak.

    Pertama, bobot kendaraan mencerminkan tingkat risiko kerusakan jalan yang mungkin diakibatkannya. Selain itu, emisi dari kendaraan dengan bobot besar juga umumnya lebih tinggi sehingga risiko pencemaran lingkungannya relatif lebih besar ketimbang jenis kendaraan dengan bobot kecil.

Baca juga: Bebaskan Denda Keterlambatan, Yuk Ketahui Tentang Pemutihan Pajak Kendaraan, Syarat, dan Cara Urusnya

Perkiraan Tarif Pajak Pajero Sport Terbaru

Setelah mengetahui beragam faktor yang mampu mempengaruhi besaran tarif pajak kendaraan, kamu tentu bisa mendapatkan gambaran secara umum terkait beban pajak Pajero 2023. Mengacu dari harga dan beragam faktor penentunya, kisaran pajak mobil Pajero 2023 adalah sekitar 6 jutaan sampai 10 jutaan per tahunnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah daftar lengkap perkiraan tarif pajak mobil Pajero 2023 berdasarkan tahun produksi dari tahun 2017 sampai 2021, serta jenis variannya.

Produksi 2017

Varian

Tarif Pajak per Tahun

Exceed MT 4x2

6 juta rupiah

Exceed AT 4x2

6.2 juta rupiah

Dakar

6.6 juta rupiah

Dakar Ultimate

6.8 juta rupiah

GLX

6.7 juta rupiah

Dakar AT 4x2

6.8 juta rupiah

Dakar AT 4x4

8 juta rupiah

Produksi 2018

Varian

Tarif Pajak per Tahun

Exceed MT 4x2

7 juta rupiah

Exceed AT 4x2

7.3 juta rupiah

Dakar

8 juta rupiah

Dakar Ultimate 4x2

8.6 juta rupiah

GLX

8 juta rupiah

Dakar AT 4x2

8 juta rupiah

Dakar Ultimate 4x4 

10 juta rupiah

Produksi 2019

Varian

Tarif Pajak per Tahun

Exceed MT 4x2

7.3 juta rupiah

Exceed AT 4x4

7.5 juta rupiah

Dakar 4x2

8.2 juta rupiah

Dakar Ultimate 4x2

8.9 juta rupiah

GLX MT 4x4

8.2 juta rupiah

Dakat Ultimate 4x4

10.5 juta rupiah

Produksi 2020

Varian

Tarif Pajak per Tahun

Exceed MT 4x2

7.4 juta rupiah

Exceed AT 4x4

7.6 juta rupiah

Dakar 4x2

8.2 juta rupiah

Dakar Ultimate 4x2

8.9 juta rupiah

GLX MT 4x4

8 juta rupiah

Dakat Ultimate 4x4

10.6 juta rupiah

Produksi 2021

Varian

Tarif Pajak per Tahun

Exceed L AT 4x2

8 juta rupiah

Exceed L MT 4x2

7.7 juta rupiah

Exceed MT 4x2

7.7 juta rupiah

Exceed H AT 4x2

8 juta rupiah

Dakar L AT 4x2

8.7 juta rupiah

Dakar H 2W 8A

8.7 juta rupiah

Dakar H AT 4x4

11.2 juta rupiah

Dakar L 8 AT 4x2

8.9 juta rupiah

GLX H MT 4x4

8.7 juta rupiah

GLX L MT 4x4

8.7 juta rupiah

Tarif pajak mobil Pajero 2023 di atas tentu saja masih berupa perkiraan atau estimasi yang mungkin saja belum akurat dengan fakta di lapangan. Apabila ingin mendapatkan perkiraan yang valid terkait pajak mobil Pajero yang valid dan akurat, kamu bisa menanyakannya ke pihak dealer atau langsung kepada pemilik dari kendaraan dengan merek tersebut.

Baca juga: Begini Cara Cek Pajak Mobil, Jangan Sampai Terlewat!

Susun Budget Pajak Pajero Sport Dulu Sebelum Beli Mobilnya

Menjadi aset yang termasuk sebagai objek pajak, membeli mobil tentu perlu dipertimbangkan dengan seoptimal mungkin, khususnya mobil yang terbilang mahal sekelas Pajero Sport. Berdasarkan perkiraan di atas, kisaran pajak Pajero Sport adalah mulai dari 7 jutaan sampai 10 jutaan rupiah per tahunnya. Tentunya, dengan tarif pajak yang tidak boleh dipandang sebelah mata tersebut, kamu perlu mempersiapkan anggaran untuk keperluan tersebut agar bisa membayarnya dengan lancar.