Paket Internet Termurah : XL, Telkomsel, Atau IM3 yang Terbaik?

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan saat ini sudah sedemikian cepatnya. Dahulu ketika kita ingin browsing, chatting, download harus datang ke warnet dan terkadang mengantri karena terbatasnya pengusaha warnet. Yang paling susah ketika ada tugas mendesak anggaran mepet, harus antri untuk browsing di jam paket murah warnet.

Tetapi kini dapat kita lihat anak muda sudah membawa hp yang langsung terkoneksi dengan internet, bahkan ada yang sampai membawa 2 smartphone sekaligus. Bukan hanya anak muda, para pekerja sampai anak kecil sudah membawa ponsel atau tablet yang langsung terkoneksi dengan internet. Dengan alat itu mereka dapat langsung chatting, browsing, download, atau main game online.

Jika sebelumnya orang beranggapan bahwa harga paket internet untuk smartphone mahal, maka kini anggapan itu sudah tidak berlaku lagi. Semua operator seluler kini justru bersaing untuk memberikan pelayan yang terbaik dengan harga paket internet termurah. Anda tinggal memilih paket yang sesuai dengan selera dan zona tempat tinggal, apakah operator tersebut sudah menjangkau wilayah Anda. Beberapa operator bahkan sering mengadakan promo yang super murah, sehingga banyak konsumen rela gonta ganti perdana tergantung promo tarif yang ada.

Kali ini kita akan bedah tarif internet 3 operator terbesar di Indonesia, yaitu XL, Simpati, dan IM3 yang bersaing menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Sepertinya 3 operator ini benar benar tahu kebutuhan pengguna seluler sehingga terlibat perang tarif yang cukup sengit. Untuk melihat mana yang lebih hemat dan hebat mari kita bandingkan paket internet mereka.

Operator XL Axiata

XL Axiata

XL Axiata via blogspot.com

 

Pada dasarnya XL punya 2 tarif yaitu HotRod (paket kuota) dan paket Unlimited (dengan FUP, setelah batas FUP habis, biasanya speed internet menjadi lemot). Adapun untuk pilihannya ada banyak mulai HotRod Pro, 3G+, Music, Super Unlimited sampai paket Sesukamu. Mari kita bedah satu per satu.

1. Sesukamu

Di sini kita diberi kebebasan untuk menentukan sendiri paket yang sesuai dengan selera kita. Misalnya kita menggunakan ponsel paling banyak untuk bermain Facebook, Twitter, dan chatting di media sosial lainnya, maka kita gunakan paket yang lebih banyak porsi media sosialnya. Namun ada syarat dan ketentuan yang harus diikuti dari XL. Di mana kita harus mengaktifkan paket ini lewat my.XL.co.id.

2. HotRod 3G+ dan HotRod Pro

HotRod 3G+ adalah generasi pertama yang sekarang disempurnakan oleh HotRod Pro. Perbedaannya adalah HotRod 3G+ lancar digunakan daerah yang sudah bisa dijangkau jaringan 3G. Untuk yang tinggal di daerah perkotaan yang sudah dijangkau jaringan 3G tidak ada masalah, tetapi bagi yang tinggal di daerah terpencil yang belum dijangkau jaringan 3G, sebaiknya gunakan paket HotRod Pro. Karena paket ini berlaku di jaringan 3G maupun 2G. Jadi Anda dapat berselancar di dunia maya 24 jam tanpa batas, tanpa perlu mencari jaringan 3G.

3. HotRod Music

Paket ini cocok buat kawula muda pecinta musik. Kalian bisa mendengarkan streaming musik favorit di Aplikasi Guvera, dan pembayarannya dilakukan dengan mnggunakan pulsa XL. Aplikasi Guvera ini support untuk smartphone berbasis Android, IOS, dan Windows Phone.

4. Super Unlimited

Disebut juga paket komplit, karena kita tidak perlu repot lagi menghitung berapa sisa kuota. Begitu paket ini diaktifkan, maka kita sudah bisa bebas mau chatting, browsing selama sebulan tanpa perlu kehabisan kuota. Namun paket ini ada batas FUP-nya, jika batas FUP sudah habis maka speed akan menjadi lemot di bawah kecepatan paket HotRod. Paket ini hanya berlaku untuk Smartphone berbasis Android, IOS, dan Windows Phone. Untuk BlackBerry disediakan paket khusus.

5. Full Service dan Full BIS lite

Paket Full service BlackBerry memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk mengakses BBM, media sosial lainnya dan browsing selama sebulan penuh. Full BIS Lite hampir sama, namun ada syarat dan ketentuan berlaku dari XL. Seperti untuk akses ke internet costumer wajib memakai browser dari BlackBerry, tidak bisa memakai browser yang lain.

6. 3 in 1

Paket ini bisa digunakan untuk telpon gratis ke 3 nomor yang didaftarkan dan SMS gratis ke semua operator. Sehingga cocok digunakan oleh orang yang mempunyai frekuensi telpon cukup tinggi, seperti untuk urusan bisnis.

7. BB Gaul dan BB Bizz

Perbedaannya adalah BB Gaul lebih fokus chatting di media sosial, jadi pas untuk pelanggan yang memang suka chatting di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Sedangkan BB Bizz lebih fokus untuk layanan email, paket ini cocok buat pelaku bisnis yang tiap hari mengirim email ke relasi kerjanya.

8. Unlimited 10 Ribu

Paket ini bisa digabungkan dengan BB Gaul dan BIS Lite. Dengan membeli paket ini, maka secara otomatis kita akan mendapatkan tambahan gratis paket sesuai pilihan utama tadi.

9. Opera Mini

XL mempunyai layanan Opera Mini sendiri yang akan memberikan akses internet gratis jika kita menggunakannya. Tetapi itu tidak berlaku jika kita menggunakan browser selain Opera Mini XL, seperti Google.

10. Super Ngebut dan Facebook 123

Paket Super Ngebut cocok buat kawula muda yang suka melakukan download, tetapi pelajari dahulu kuota yang didapat pada jam tersebut. Pilih jam dengan kuota terbesar untuk download aplikasi yang besar, agar kuota tidak cepat habis. Paket Facebook 123 khusus disediakan untuk yang suka Facebook-an. Dengan mendaftar paket ini, Anda dapat Facebook-an seperti sms saja.

 

Operator Telkomsel

Logo Telkomsel

Logo Telkomsel via asal-iso.com

 

Telkomsel adalah operator pertama di Indonesia, bisa dibilang sebagai cikal bakal para operator mobile di negeri ini. Jadi sudah tidak diragukan lagi jangkauan jaringannya, karena sudah masuk ke daerah daerah terpencil. Banyak yang beranggapan tarif internet Telkomsel paling mahal, tetapi sebenarnya tidak berbeda banyak dan sebanding dengan kuatnya jaringan. Bahkan Telkomsel bisa membantu menghitung kebutuhan kita selama sebulan akan internet, sehingga dapat membantu merekomendasikan paket yang cocok dengan kita. Mari kita kupas lebih detail tarif paket Telkomsel.

1. Paket Flash

Paket ini cocok bagi yang suka berpetualang ke daerah terpencil namun tetap ingin berselancar di dunia maya dengan sinyal kuat bertarif ringan. Karena tarif ditentukan berdasarkan zona kartu dicetak, jadi antara zona 1 dengan lainnya bisa berbeda, dan Telkomsel sudah menerbitkan daftar tarif berdasar zona. Untuk masalah speed, rasanya cukup memuaskan dan stabil.

2. Telkomsel TAU

Paket ini dianggap paling irit oleh pemakai Android dan iOS. Dengan tarif tertentu untuk jangka waktu bulanan, Anda bisa menikati jaringan internet lancar dengan kuota besar. Sangat cocok bagi Anda yang rajin menggunakan internet setiap hari ataupun aktif di media sosial.

Untuk informasi Telkomsel TAU adalah bentuk kerjasama Telkomsel dengan produsen smartphone. Paket ini memang lebih irit, namun Anda harus memakai ponsel yang sesuai dengan paketnya. Misalnya untuk mengaktifkan paket Galaxy Plan, anda harus memakai ponsel seri Samsung galaxy, tidak bisa menggunakan seri lain atau produk merek lain.

3. Social Max

Paket ini memberikan kepuasan maksimal bagi penggila Facebook, karena kuota tidak akan berkurang meskipun kita sehari semalam online terus di Facebook. Bahkan untuk chatting Line, BBM dan Whatsapp juga diberikan gratis.

4. BlackBerry New Sosialita dan BlacBerry Full Service

Fasilitas yang BlackBerry New Sosialita sama seperti BlackBerry Sosialita, namun ada tambahan gratis Line tanpa kuota. Sedangkan paket BlackBerry Full Service memang disediakan bagi pengguna BlackBerry untuk berselancar di dunia maya tanpa batas.

5. 4G LTE

Ini adalah layanan paling gres dari Telkomsel. 4G LTE adalah teknologi jaringan internet super cepat generasi ke-empat berbasis Internet Protocol (IP) yang membuat proses transfer data jadi lebih cepat dan stabil. Meskipun begitu, 4G LTE Telkomsel baru bisa dipakai di wilayah Jakarta dan Bali saja.

 

Operator IM3

Logo IM3

Logo IM3 via edicrew.web.id

 

IM3 adalah operator yang lebih menyasar kepada anak muda, dengan berbagai promo yang lebih banyak melibatkan artis muda untuk menarik minat konsumen utamanya itu. Untuk paket internet IM3, harganya cukup murah dan sesuai dengan kantong anak muda, sinyalpun sudah lumayan oke. Pilihan paket nya tidak terlalu banyak, sehingga memudahkan anak muda untuk menentukan pilihannya. Mari kita perhatikan beberapa pilihan yang disediakan.

1. Paket Internet Super Kuota Bulanan

Paket ini cukup murah, dengan Rp39.900 sudah mendapat kuota internet 8GB, sehingga Anda bisa bebas browsing, chatting dan download.

2. Paket Super Kuota 4G

Paket ini baru berjalan dibeberapa kota besar dan khusus smartphone yang sudah support 4G.

3. Paket Reguler dan Enterprise Service

Ini adalah paket yang disediakan khusus pengguna BlackBerry, dengan Paket Enterprise Service keamanan anda dalam berkomunikasi dengan BB dijamin.

4. Paket Super Wifi

Paket ini memberikan kita kebebasan internet secara gratis ditempat yang bertuliskan Super Wifi.

Baca juga: 7 Restoran All You Can Eat Murah di Jakarta

Mau Pilih yang Mana?

Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan oleh operator seluler, tentu kita semakin banyak memiliki opsi untuk memilih layanan paket internet terbaik. Jangan pilih paket yang tidak sesuai dengan ponsel Anda, atau paket yang sinyalnya buruk dan belum menjangkau wilayah Anda. Sesuaikan dengan budget  dan kebutuhan pemakaian ketika memilih layanan ini. Jadi, selamat memilih!

Baca juga: 8 Cara Menghemat Paket Internet