Pekerjaan Penting di Bidang Keuangan Akan Diganti Robot, Begini Ulasannya!

Kehadiran robot dan juga kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan hal yang sudah akan semakin biasa kita temui. Saat ini, penggunaan robot dalam menangani berbagai pekerjaan sudah bukan hal yang asing lagi. Sebagian perusahaan besar sudah menjalankan sistem yang seperti ini sejak lama, sebab dianggap lebih efisien dan praktis. Bukan hanya itu saja, sejumlah perusahaan teknologi ternama juga tak henti-hentinya mengembangkan robot seperti ini, bahkan dalam skala yang besar-besaran.

Teknologi modern yang ditanamkan di dalam robot memang unik, di mana robot-robot ini didesain untuk bisa menyelesaikan berbagai pekerjaan. Bukan hanya sekedar selesai saja, namun berbagai pekerjaan ini juga bisa diselesaikan dengan sangat baik. Inilah salah satu alasan mengapa banyak perusahaan yang berlomba-lomba menciptakan robot. Hal ini menunjukkan kemajuan yang pesat, mengingat di masa depan permintaan akan robot seperti ini juga tentu saja akan semakin tinggi. 

Saat ini, robot sudah banyak digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan rutin di dalam dunia industri. Namun dalam beberapa tahun ke depan, penggunaan robot untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan di bidang keuangan akan sangat mungkin terjadi. Tidak hanya menangani berbagai pekerjaan rutin di bagian pelaksana saja, namun robot bahkan akan banyak menangani pekerjaan yang cukup rumit, sebagaimana layaknya seorang atasan di perusahaan keuangan.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Menangani Pasar Modal dan Layanan Asuransi

loader
Layanan asuransi

Banyak keputusan penting yang harus diambil dalam waktu yang cepat di dunia pasar modal, itulah mengapa dibutuhkan orang yang cakap dalam bidang keuangan yang satu ini. Namun di dalam perkembangannya, pekerjaan seperti ini diprediksi kelak akan ditangani oleh robot. Di masa yang akan datang, berbagai pekerjaan rutin yang biasanya ditangani oleh manusia kelak akan dikerjakan oleh robot. Robot akan menggantikan sejumlah besar pekerjaan rutin yang ada di Wall Street, bahkan untuk pekerjaan para atasan sekalipun. 

Hal seperti ini sudah pernah dikemukakan oleh seorang profesor dari Universitas Cornell, Marcos Lopez de Prado. Pria yang juga mantan kepala Machine Learning di AQR Capital Management LLC ini berpendapat bahwa kelak kehadiran robot dan juga kecerdasan buatan akan membawa dampak di dalam berbagai pekerjaan di bidang pasar modal. Robot tidak hanya akan mengerjakan berbagai tugas rutin saja, namun sangat mungkin menjalankan berbagai tugas para atasan. 

Hal ini dimungkinkan oleh berbagai hal, termasuk perkembangan teknologi di dalam dunia pasar modal itu sendiri. Saat ini, berbagai perhitungan sudah dilakukan dengan menggunakan algoritma, sehingga sistem yang otomatis bisa diterapkan dalam perdagangan pasar modal. Tujuannya  jelas, untuk membantu para pedagang dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dan cepat. Namun di lain sisi, penerapan sistem ini juga tentu akan membuat para pekerja yang menangani pemodelan harga serta resiko dan yang lainnya bisa kehilangan pekerjaan mereka. 

Hal yang sama juga akan terjadi di bidang asuransi, di mana pada awalnya perusahaan ini terbilang membutuhkan banyak sekali pekerja. Saat robot mulai mengambil alih pekerjaan di bidang asuransi, maka puluhan ribu pekerja di berbagai perusahaan asuransi tentu akan tergantikan oleh robot-robot ini. Bukan hanya karena sekedar tergantikan oleh robot saja, namun pada dasarnya pekerja asuransi ini juga tidak memiliki kemampuan untuk bekerja dengan menggunakan algoritma.

Semua ini akan menjadi tantangan yang serius bagi pekerja di sektor keuangan dan juga asuransi. Berdasarkan survei yang sudah dijalankan pada sekitar 3.800 responden, maka pekerjaan yang paling beresiko tergantikan oleh robot adalah analis, pedagang, dan juga agen penjualan.

Baca Juga: 10 Pekerjaan ‘Hip’ Ini Cocok Jadi Sampingan yang Menjanjikan

Penggunaan Algoritma dan Pengamannya

Sama dengan sistem lainnya, algoritma juga tentu akan memiliki kelebihan tersendiri. Akan selalu banyak oknum pelaku kejahatan yang bisa memanfaatkan dan melakukan kecurangan dalam sektor keuangan. Hal ini bahkan akan semakin dimungkinkan dengan adanya berbagai teknologi canggih yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan ini. Pengamanan dalam sektor keuangan sangat penting, bahkan harus menjadi prioritas di dalam layanan tersebut. 

Pengamanan seperti ini bisa dilakukan dengan banyak cara, termasuk dengan memaksimalkan layanan dan menggunakan kecerdasan buatan (robot) yang tepat. Robot akan menjalankan tugasnya sebagai penjaga keamanan yang cerdas, bahkan jauh lebih teliti jika dibandingkan dengan penjaga keamanan yang sesungguhnya. Hal ini memungkinkan minimnya penyalahgunaan dan juga kejahatan lainnya di dalam sektor keuangan, khususnya pasar modal. Pengawasan yang ketat seperti ini akan sangat membantu kelancaran sektor keuangan. 

Baca Juga: Diganti Robot, Ini Kementerian yang Jabatan Eselon III, IV, dan V Dihapus

Lebih Canggih dan Bersaing

Dunia kerja akan mengalami banyak perubahan, terutama setelah kehadiran robot dalam berbagai bidang. Pasar modal dan juga asuransi menjadi salah satu bidang yang kemungkinan akan menggunakan robot dan teknologi kecerdasan buatan ini. Imbasnya banyak pekerja yang akan tergantikan oleh robot dan hal ini juga akan membuat persaingan kerja semakin ketat saja.

Baca Juga: 7 Pekerjaan ini Akan Digantikan Robot, Pertahankan Karir dengan Kembangkan Skill ini!