Penasaran Ingin Cicipi Makanan Unik? Kamu Wajib Coba Olahan Hama Lezat Ini

Menikmati makanan lezat selalu menjadi hal yang menyenangkan, apalagi saat kamu bisa menikmati makanan lezat favoritmu. Indonesia sendiri memiliki banyak kuliner lezat yang bisa memanjakan selera makanmu, mulai dari makanan berat hingga berbagai camilan enak yang banyak sekali macamnya.

Namun jika kamu termasuk orang yang senang berpetualang dengan selera kulinermu, maka kamu wajib mencoba berbagai makanan lezat yang berasal dari hama. Jangan khawatir, makanan-makanan ini sudah diolah sedemikian rupa, sehingga tampilan dan juga rasanya sudah sebagaimana makanan rumahan pada umumnya.

Olahan makanan dari hama, ini mungkin belum menjadi sesuatu yang populer di tanah air. Namun jika ditilik lebih dalam lagi, berbagai olahan makanan dari hama ini bisa ditemukan dan bahkan menjadi favorit di beberapa daerah.

Selain rasanya yang unik dan lezat, makanan-makanan ini juga memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan. Kamu bisa menikmati makanan ini dengan aman, sambil mendapatkan manfaat baikmu untuk tubuhmu. 

Berikut ini adalah beberapa makanan olahan hama yang lezat dan bisa kamu jadikan sebagai pilihan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kepompong Ulat Jati (Entung)

Oseng entung
Oseng Entung

Entung merupakan kepompong ulat jati yang banyak disukai di beberapa wilayah tanah air, khususnya untuk daerah-daerah yang memiliki tanaman jati dan mudah menemukan hama yang satu ini.

Ulat jati banyak ditemukan pada musim tertentu, di mana hama ini menyerang tanaman jati dan menjadi banyak dengan memakan bagian daun jati tersebut. Di saat sedang musim, entung bahkan bisa ditemukan di pasar-pasar trandisional, baik itu dalam bentuk mentah ataupun dalam olahan yang sudah matang.

Harga entung terbilang cukup mahal di pasaran. Hal ini tentu cukup wajar, sebab olahan hama ini memiliki citarasa yang khas dan juga kandungan protein yang cukup tinggi. Pada umumnya, entung akan diolah dengan cara digoreng ataupun dimasak dengan cara lainnya. Rasanya yang gurih dan lezat tentu bisa membuat selera makan menjadi bartambah.

2. Belalang

belalang
Belalang Goreng

Belalang menjadi makanan olahan hama lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. Belalang banyak dijadikan sebagai camilan lezat dengan cara digoreng kering. Teksturnya yang renyah dengan rasa gurih yang unik akan membuat kamu senang dengan camilan yang satu ini.

Olahan belalang ini cukup populer di beberapa wilayah di tanah air. Pada umumnya belalang ini sudah dijual dalam kondisi matang dan dikemas dalam toples bening yang rapi. Bukan hanya sekedar lezat saja, belalang juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti: asam lemak esensial, mineral, vitamin, protein, dan yang lainnya.

Baca Juga: Tetap Nikmat, Begini Cara Minum Cappuccino Versi Lebih Sehat 

3. Keong Sawah

keong kuah
Keong Kuah

Keong sawah menjadi salah satu hama yang sudah dikonsumsi banyak orang sejak lama. Di tanah air sendiri, keong sawah ini dikenal dengan nama tutut dan terbilang begitu mudah ditemukan di hampir seluruh wilayah.

Keong sawah memiliki kandungan kalsium yang tinggi, bahkan bisa mengalahkan kandungan kalsium di beberapa jenis makanan lainnya, termasuk susu dan telur. Hama yang satu ini pada umumnya diolah menjadi lauk dalam bentuk berbagai makanan lezat, seperti: sate tutut, tutut gulai kuning, tutut pedas manis, dan yang lainnya.

Selain rasanya yang lezat, kandungan nutrisi di dalam keong sawah tentu bisa menjadi alasan untuk mengkonsumsi makanan ini.

4. Puthul

Puthul Goreng
Puthul Goreng

Puthul merupakan hama sejenis kumbang yang begitu populer di tanah air, termasuk kawasan Gunung Kidul. Hama yang satu ini pada umumnya ditemukan di dedaunan atau bahkan persawahan. Puthul menjadi hama yang begitu menganggu, sebab hama ini menyerang tanaman padi dan bisa merusaknya dalam waktu yang cepat.

Puthul biasanya akan memakan daun padi dengan cepat, bahkan hingga ke seluruh bagian akarnya sekaligus, sehingga padi akan layu dan mati. Hama yang satu ini biasanya diolah dengan cara digoreng dan dibacem, sehingga rasanya begitu khas dan sangat disukai banyak orang.

5. Krokot

Tumis Daun Krokot
Tumis Daun Krokot

Krokot merupakan tanaman liar yang kerap dimasukkan ke dalam jenis rumput-rumputan. Hama yang satu ini terbilang mudah tumbuh di masa saja dan menyerang tanaman utama yang ada di sekitarnya. Hal ini membuat tanaman ini menjadi salah satu masalah yang cukup serius bagi para petani, terutama di wilayah-wilayah tertentu yang begitu subur.

Tanaman ini pada umumnya diolah menjadi sayuran yang sedap dengan tambahan beberapa bumbu dapur lainnya. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, krokot juga dipercaya bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan, mulai dari batuk hingga demam.

Baca Juga: Biar Rasa Makin Mantul! Ini 8 Tips Memasak Ala MasterChef Indonesia

Coba Kuliner Lezat Berbahan Hama 

Menikmati kuliner lezat mungkin sudah biasa untukmu. Namun jika ingin sesuatu yang berbeda, maka cobalah untuk menikmati kuliner lezat yang berbahan hama. Selain rasanya yang lezat, berbagai kuliner ini bahkan memiliki banyak kandungan nustrisi dan manfaat baik bagi tubuh. Pilih kuliner berbahan hama yang paling lezat dan nikmati sekarang juga.

Baca Juga:  9 Resep Makanan Film Disney yang Bisa Kamu Buat Di rumah