Pengertian People Management dan Cara Meningkatkannya

People management merupakan salah satu yang terpenting dan akan menjadi dasar bagi Anda dalam mengemban tugas-tugas yang diberikan perusahaan. Lalu, apakah Anda sudah memahami dengan baik tentang skill yang satu ini?

People management adalah kemampuan untuk memberikan motivasi, mengatur dan mengarahkan para karyawan dalam menjalankan tugas-tugasnya, sehingga produktivitas kerja mereka bisa meningkat. 

Selain itu, people management juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan karyawan dalam kapasitas profesional. Skill yang satu ini penting dan wajib dikuasai dengan baik oleh pemimpin maupun manajer perusahaan. 

Bukan hanya itu saja, kemampuan people management yang baik dari seorang manajer akan membuat karyawan lebih nyaman dan loyal dalam bekerja. Mereka akan mendapatkan motivasi yang positif dan juga penanganan yang baik terhadap berbagai masalah di dalam pekerjaan, jika berada di tangan manajer yang memiliki kemampuan people management yang mumpuni.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Keterampilan yang dibutuhkan dalam people management

people management

People management akan membantu manajer untuk mengatur dan mengelola kemampuan karyawan dengan porsi yang tepat, sehingga tujuan atau target kerja dapat dicapai dengan baik. Di dalam penerapan people management dibutuhkan beberapa soft skill yang berbeda, antara lain:

1. Komunikasi

Komunikasi selalu menjadi hal penting di dalam sebuah hubungan kerja, baik itu antara atasan dengan bawahan maupun pekerja dengan jabatan yang setara. Komunikasi ini juga menjadi bagian penting dari people management, sebab manager akan bertanggung jawab untuk mengatur kinerja banyak pekerja di bawahnya, sehingga dibutuhkan kemampuan berkomunikasi yang baik sejak awal.

2. Active listening

Bukan hanya memberikan arahan dan berbagai informasi penting lainnya, seorang manajer juga harus terbiasa mendengar. Para karyawan akan memiliki banyak kendala dalam bekerja, termasuk berbagai cerita maupun hal lainnya yang mereka ingin sampaikan. 

Anda harus membiasakan diri untuk mendengar dan menyimak berbagai hal seperti ini, terutama untuk hal-hal yang sangat berkaitan dengan pekerjaan. Selain itu, memberikan saran atas berbagai hal yang disampaikan karyawan juga menjadi hal penting lainnya yang tak bisa diabaikan. 

3. Manajemen konflik

Lingkungan kerja tidak akan selalu aman dan tenang, sebab sesekali konflik pasti akan terjadi di dalamnya. Ada banyak orang yang terlibat di dalam lingkungan kerja, jadi konflik di antara para karyawan merupakan hal yang sangat wajar. Kondisi seperti ini bahkan bisa saja sering terjadi, terutama di dalam sebuah tim kerja. 

Bagi seorang manajer, mengatasi berbagai konflik seperti ini akan menjadi salah satu tugas penting. Anda harus bisa menjadi penengah dan sesekali menjadi pengambil keputusan di dalam konflik yang terjadi.

4. Kolaborasi

Kemampuan berkolaborasi juga menjadi hal yang sangat penting, apalagi jika Anda kelak menjadi manajer yang menangani beberapa tugas yang berbeda. 

Anda harus memiliki kemampuan berkolaborasi dengan manajer lainnya di dalam perusahaan atau bahkan di luar perusahaan (klien). Selain itu, kemampuan yang satu ini juga akan dibutuhkan ketika bekerja di dalam sebuah tim kerja.

5. Fleksibel

Manajer juga harus bisa bersikap fleksibel dan mudah menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi yang berbeda. Tidak harus selalu sesuai dengan jadwal atau rencana kerja, berbagai tugas sangat mungkin memaksa Anda untuk mengambil keputusan dan juga tindakan dengan cepat. 

Semua ini tentu harus diimbangi dengan kemampuan berpikir yang cepat, termasuk sikap yang fleksibel untuk berbagai kondisi yang tidak terduga.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Kerja Sama dengan Teman Kerja Sekantor

Cara meningkatkan kemampuan people management

people management

Untuk menguasai people management dengan baik, Anda bisa melatih diri sejak saat ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan people management, antara lain:

1. Fokuslah pada satu keterampilan dulu

Ada banyak keterampilan yang dibutuhkan dalam people management, namun semua ini tentu tidak bisa dikuasai sekaligus. Fokuslah pada satu keterampilan dulu, sehingga bisa mempelajari dan menguasainya secara maksimal. Jika sudah benar-benar dikuasai dengan baik, maka Anda bisa memulai keterampilan lainnya.

2. Belajar dari mentor yang ahli

Jika merasa membutuhkan bantuan, maka cobalah untuk mencari seseorang yang benar-benar ahli di bidang ini. Saat belajar dari mentor yang tepat, maka Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pemahaman yang tepat, termasuk mengasah kemampuan secara lebih maksimal.

3. Jangan malu untuk meminta saran dari manajer lain

Dalam proses belajar, saran ataupun nasehat akan sangat berguna. Anda bisa mendapatkan kedua hal ini dari manajer lainnya di perusahaan, terutama mereka yang sudah berpengalaman. Anda bisa belajar banyak dari orang-orang yang seperti ini. 

Baca Juga: Kenali Manfaat dan Tips Membangun Team Building Agar Karir Melesat

Kuasai people management dengan cara yang tepat

Menguasai people management merupakan kebutuhan tersendiri bagi yang ingin meniti karir sebagai manager. Hal ini mungkin tidak mudah, mengingat ada banyak skill yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Luangkan waktu dan belajarlah dengan cara yang tepat, agar bisa menguasai skill people management ini dengan baik.

Baca Juga: Pemimpin, Lakukan ini Supaya Lingkungan Kerja Sehat