Penting, Ini Manfaat Survei dalam Pengembangan Bisnis

KOMPAS.com - Dalam pengembangan bisnis, survei adalah sarana pengumpulan data-data krusial yang punya peran sangat penting. Melalui survei, perusahaan akan mendapatkan informasi secara akurat dari data-data yang dikumpulkan.

Secara sederhana, survei merupakan sebuah metode penelitian yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi dan data dari individu atau kelompok tertentu. Metode ini juga bisa diartikan sebagai riset pengumpulan data dan informasi dari sejumlah responden yang digelar secara offline maupun online untuk menjangkau lebih luas.

Data-data survei akan membantu para pelaku bisnis dalam mengumpulkan informasi objektif untuk mengembangkan bisnis di masa depan. Dengan survei, para pelaku bisnis dapat memahami pasar, pelanggan, dan lingkungan bisnis yang akan dihadapinya dengan lebih baik.

Nantinya, informasi yang terkumpul bisa digunakan untuk memudahkan dalam mengambil keputusan bisnis.

Dilansir dari Cermati.com, berikut lima manfaat terbaik yang bisa Anda pahami untuk melakukan survei dalam pengembangan bisnis :

1. Bisa Memahami Keinginan Pelanggan Lebih Jelas

Salah satu manfaat utama dari melakukan survei adalah mengetahui dengan jelas apa yang diinginkan oleh pelanggan. Baik seputar preferensi mereka, harapan mereka terhadap produk atau layanan perusahaan, dan masukan yang mereka miliki.

Informasi ini tentunya sangat berharga karena memungkinkan perusahaan untuk membuat produk atau layanan yang sesuai kebutuhan pelanggan. Produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen, punya potensi lebih besar untuk laku.

Survei dengan tujuan untuk mengenali kebutuhan pelanggan ini biasanya dilakukan saat perusahaan akan melakukan ekspansi bisnis. Misalnya, saat akan peluncuran produk baru tapi belum tahu produk dan layanan seperti apa yang disukai konsumen.

2. Mendapatkan Data Tingkat Kepuasan Pelanggan

Dengan adanya survei, bisnis akan lebih mudah mendapatkan informasi terkait tingkat kepuasan konsumen. Dengan begitu, perusahaan bisa mengukur sejauh mana tingkat kepuasan konsumen dengan produk atau layanan yang diberikan.

Dari data yang berisi pengalaman nyata para pelanggan, perusahaan bisa menerapkan strategi peningkatan mutu yang tepat. Survei dengan tujuan ini kerap dilakukan oleh perusahaan yang sudah memasarkan produk dan layanannya untuk ingin mengetahui penilaian konsumen.

Bahkan, perusahaan skala besar sekalipun masih melakukan survei kepuasan pelanggan untuk meningkatkan nilai bisnisnya.

3. Sebagai Metode Terbaik untuk Mengumpulkan Feedback

Feedback dari responden berguna sebagai bahan untuk mengambil keputusan. Apakah perusahaan harus mempertahankan performanya atau justru melakukan evaluasi.

Survei juga bisa menjadi pertimbangan dan mengambil keputusan bagi perusahaan dalam pengembangan bisnisnya. Sehingga, metode ini dirasa tepat untuk mengenal langsung keinginan responden atau pasar.

Baca juga: Inilah Strategi Marketing Kekinian yang Wajib Dilakukan Setiap Pebisnis agar Bisnis Semakin Melejit 

4. Mengidentifikasi Kompetitor

Dalam bisnis, identifikasi kompetitor merupakan bagian penting dalam pengembangan bisnis di masa mendatang. Perusahaan harus tahu dengan siapa mereka bersaing dan bagaimana peluang untuk memenangkan persaingan di pasar.

Anda bisa melakukan identifikasi terhadap kompetitor utama dengan mengukur tingkat brand awareness, dan mempelajari preferensi konsumen pada pesaing. Nantinya, informasi tersebut bisa digunakan untuk membantu bisnis membuat strategi marketing yang tepat.

Hal tersebut bukan hanya mampu mendongkrak tingkat penjualan menjadi lebih efektif, tapi juga mengokohkan keberadaan bisnis di pasar.

5. Memahami Tren dan Kondisi Pasar

Survei juga memungkinkan perusahaan untuk lebih mudah memahami tren dan kondisi pasar saat ini. Melalui survei yang tepat, ini menghasilkan sejumlah data yang akurat terkait tren bisnis yang sedang hype saat ini.

Terutama data-data terkait perubahan perilaku konsumen, tren pembelian, atau perkembangan teknologi yang dapat mempengaruhi bisnis.

Dengan demikian, perusahaan dapat mengidentifikasi berbagai peluang baru yang muncul. Sehingga bisa lebih mudah mempersiapkan strategi bisnis untuk menghadapi setiap perubahan yang terjadi di pasar. Tentunya, hal ini akan membuat bisnis lebih cepat tanggap dengan kemunculan tren dan selalu update.

Survei menjadi langkah proaktif yang dapat membantu bisnis tumbuh dan berkembang dengan lebih baik. Namun perlu diingat bahwa data-data yang diperoleh tersebut harus berasal dari responden sungguhan dan relevan agar diperoleh hasil yang akurat.