Penting! Siapkan Ini Sebelum Pergi Liburan

Libur akhir tahun sudah ada di depan mata. Namun, apakah Anda sudah menyiapkan dengan baik rencana liburan nanti?

Musim liburan biasanya disebut dengan istilah ‘peak season’ yang artinya padat pengunjung yang ingin berlibur ke tempat-tempat wisata, baik dalam maupun luar negeri. Mumpung masih ada beberapa minggu ke depan untuk pergi liburan, ada baiknya Anda mulai menyiapkan diri.

Anda perlu membuat cek daftar perlengkapan, dan biaya apa saja yang akan digunakan saat berlibur nantinya. Selain biaya dan perlengkapan, ha yang juga penting jangan sampai ketinggalan dan dilupakan adalah asuransi perjalanan.

Baca Juga: Tempat Wisata Indonesia yang Mirip Dengan di Mancanegara

Apa Keuntungan Punya Asuransi Perjalanan?

loader
Pahami pentingnya asuransi perjalanan

Secara garis besar, asuransi perjalanan memberikan perlindungan yang berlaku dalam jangka waktu tertentu, yaitu selama nasabah asuransi melakukan traveling dari awal keberangkatan hingga pulang ke rumah.

Dengan demikian, sudah pasti keuntungan memiliki asuransi perjalanan ini adalah adanya jaminan proteksi selama melakukan perjalanan.

Ruang lingkup proteksi yang ditawarkan asuransi perjalanan pun cukup beragam, sesuai dengan kebutuhan nasabah. Beberapa proteksi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi umumnya memiliki manfaat standar dari paket asuransi perjalanan.

Jika asuransi perjalanan Anda belum memiliki manfaat standar ini, ada baiknya menanyakan lebih lanjut, atau menambahkan manfaat/fasilitas lain dari asuransi perjalanan dalam paket yang akan diambil.

Berikut fasilitas atau manfaat standar dari asuransi perjalanan yang wajib Anda tahu sebelum memulai perjalanan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Perlindungan Bagasi dan Barang Pribadi

loader
Liburan jadi berantakan karena kehilangan bagasi

Bagasi merupakan perlengkapan yang rawan hilang atau tertukar selama perjalanan. Jika ini terjadi pada Anda, maka kerugian akibat kehilangan dan kerusakan bagasi akan ditanggung oleh pihak asuransi perjalanan.

Inilah enaknya membeli asuransi perjalanan. Jika tidak, betapa paniknya saat kehilangan bagasi selama perjalanan. Indahnya liburan atau pentingnya urusan perjalanan bisnis bisa rusak hanya karena hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini.

2. Perlindungan atas Risiko Selama Melakukan Perjalanan

loader
Risiko perjalanan perlu diantisipasi

Ikut program asuransi perjalanan adalah langkah yang tepat. Sebab selain mengantisipasi risiko selama perjalanan, juga bisa menghemat banyak uang Anda ketika sesuatu hal terjadi.

Apalagi jika Anda pergi ke daerah yang rawan adanya risiko, atau sebuah negara dengan pelayanan kesehatan yang minim, serta melakukan beberapa kegiatan yang sangat berbahaya. Ditambah lagi bila Anda membawa barang berharga saat perjalanan.

Jadi, sebaiknya Anda memilih untuk membeli asuransi perjalanan sebagai bagian dari perjalanan Anda.

Pastikan juga aktivitas yang Anda sesuai dengan klausul perjanjian asuransi, karena jika melanggar, perusahaan asuransi tidak akan membayar klaim jika terjadi risiko. Kejadian menyimpang seperti kecelakaan saat Anda mabuk, itu tidak bisa diklaim.

3. Perlindungan atas Rumah

loader
Proteksi rumah Anda saat perjalanan

Jika Anda tidak memiliki asuransi rumah, namun punya asuransi perjalanan, maka asuransi ini bisa menjadi penyelamat atas risiko terhadap rumah tersebut, khususnya selama Anda melakukan perjalanan itu.

Misal, rumah yang ditinggalkan selama perjalanan tersebut dalam keadaan kosong dan mengalami kerusakan akibat kebakaran, maka pihak asuransi perjalanan yang akan membayarkan dan menanggung kerugian tersebut.

4. Evakuasi Medis bila Sakit Saat Perjalanan

loader
Manfaatkan layanan evakuasi medis

Asuransi perjalanan juga bisa berfungsi layaknya proteksi medis, jika terjadi kondisi darurat kesehatan yang menimpa nasabah. Asuransi ini memberikan fasilitas bantuan 24 jam keadaan darurat di seluruh dunia.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika mengalami sakit mendadak dan membutuhkan tenaga medis untuk evakuasi secara mendadak.

Vaksinasi dan Kesehatan

Jika Anda memiliki masalah medis, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda sebelum melakukan perjalanan. Lakukan konsultasi pemeriksaan kesehatan secara umum dan gigi, jika Anda ingin bepergian dalam waktu lama.

Anda juga perlu memeriksa perlu tidaknya vaksinasi. Banyak situs yang memberikan informasi tentang vaksinasi apa yang dibutuhkan untuk setiap tujuan yang mungkin diperlukan. Atau bisa melakukan konfirmasi dengan dokter Anda.

Ingatlah, program vaksinasi bisa memakan waktu hingga 1 bulan. Jadi, Anda harus pergi setidaknya sebulan sebelum berangkat. Maka, semakin cepat makin baik pula.

5. Perlindungan atas Kecelakaan Selama Perjalanan

loader
Perlindungan kecelaakaan

Selain sakit, risiko yang bisa mengancam selama perjalanan adalah kecelakaan. Proteksi asuransi perjalanan atas risiko yang terjadi meliputi penggantian sejumlah uang, yang dibayarkan untuk kasus kematian, kehilangan anggota badan, atau kelumpuhan total akibat kecelakaan yang terjadi selama melakukan perjalanan.

Baca Juga: Asuransi Perjalanan: Manfaat dan Cara Memilihnya

6. Santunan Ganda untuk Kecelakaan Penerbangan Komersial

loader
Manfaatkan kompensasi ganda

Asuransi perjalanan memberikan perlindungan lebih bagi kasus kecelakaan yang terjadi pada saat tertanggung berada di dalam pesawat terbang komersial yang terjadwal. Santunan untuk kecelakaan pribadi akan digandakan untuk kondisi seperti itu.

7. Layananan Biaya Pengobatan Darurat hingga Pemulangan Jenazah bila Meninggal

loader
Ilustrasi Ambulan

Hal yang sering mengkhawatirkan saat melakukan perjalanan jauh, misal ke luar negeri, adalah ketika jatuh sakit. Sebab biaya perawatan atau pengobatan saat sakit di luar negeri tentu jauh lebih mahal ketimbang di dalam negeri. Sebab nilai tukarnya pun berbeda.

Sakit mendadak atau misalnya memiliki riwayat penyakit kritis maupun usia yang sudah lanjut, bisa saja terjadi risiko meninggal selama perjalanan akibat sakit.

Nah, asuransi perjalanan sangat membantu untuk kondisi seperti ini, di mana saat Anda membutuhkan biaya pengobatan yang mahal, asuransi perjalanan menawarkan manfaat pengobatan darurat.

Selain itu, apabila sampai terjadi risiko meninggal dunia, maka biaya pemulangan jenazah juga akan ditanggung oleh perusahaan asuransi perjalanan.

Perhatikan ini Sebelum Beli Produk Asuransi Perjalanan

loader
Pilih produk asuransi perjalanan yang sesuai

Walaupun banyak manfaatnya, hendaknya tetap jeli dan teliti sebelum membeli produk asuransi perjalanan ini sangat penting diperhatikan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli produk asuransi perjalanan:

  • Waktu membeli

Kapan waktu yang tepat untuk membeli asuransi perjalanan? Membeli asuransi perjalanan sebaiknya dilakukan 3 hari sebelum Anda melakukan perjalanan. Ini penting agar Anda merasa nyaman saat bepergian.

  • Besaran premi

Besarnya premi asuransi perjalanan tergantung dari durasi perjalanan, negara tujuan, dan jumlah orang yang tertanggung dalam polis tersebut. Selain itu, kisaran benefit yang diberikan.

  • Jumlah yang ditanggung

Satu polis biasanya menanggung 2 orang dewasa dan 3 anak. Jika dirasa masih kurang, Anda bisa menambah polis.

  • Tujuan perjalanan

Asuransi perjalanan biasanya menghitung berdasarkan tujuan yang paling jauh, apabila bepergian ke beberapa negara. Misal, Anda ingin pergi ke Jepang, China, dan Eropa, maka yang akan dihitung adalah perjalanan tujuan ke eropa.

  • Jumlah perjalanan

Jika Anda sering melakukan perjalanan setidaknya lebih dari 4 kali dalam setahun, atau dengan durasi selama 30 hari, ada baiknya mengambil asuransi perjalanan yang hitungannya per tahun. Sehingga akan menghemat biaya perjalanan Anda nantinya.

Sebelum Bepergian, Ingatlah bahwa Anda Butuh Proteksi Selama Perjalanan

Bepergian bukan hanya sekedar bersenang-senang atau hanya memikirkan keperluan bisnis semata. Berbagai risiko bisa saja terjadi kapanpun dan dimanapun. Oleh karena itu, perlindungan dari asuransi perjalanan menjadi sangat penting keberadaannya untuk melengkapi perjalanan Anda.

Tentu, bepergian akan semakin lancar dan menyenang karena merasa aman dengan adanya proteksi diri selama perjalanan dari asuransi perjalanan. Agar biaya premi yang dikeluarkan sesuai dengan manfaat perlindungan, sebaiknya Anda tidak mengabaikan ulasan di atas.

Baca Juga: Tips Menghemat Biaya Makan saat Travelling