Pentingnya Direct Marketing bagi Bisnis, Bisa Tingkatkan Penjualan dengan Biaya Rendah!

Pemasaran atau marketing adalah sebuah hal yang tak terpisahkan bagi bisnis. Tanpanya, bagaimana mungkin bisnis kamu bisa dikenal oleh masyarakat luas dan mampu menggaet pelanggan potensial untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan? Masalahnya, hampir semua aktivitas mengiklankan produk atau jasa sebuah bisnis membutuhkan biaya yang tidak murah.

Belum lagi iklan atau promosi tersebut tak menjamin mampu menarget audience atau sasaran konsumen secara akurat. Alhasil, kegiatan pemasaran tak menghasilkan dampak yang signifikan bagi penjualan atau target yang ingin dicapai bisnis padahal dana yang digelontorkan sudah sangat besar.

Nah, permasalahan tersebut ternyata bisa diatasi dengan memahami apa itu pemasaran langsung atau direct marketing. Melalui direct marketing, kamu mampu menyasar target konsumen yang cocok dengan informasi terkait produk atau layanan secara akurat. Sehingga menggugah keinginan untuk membeli produk yang ditawarkan oleh bisnismu. Selain itu, pemasaran langsung juga bisa dilakukan tanpa memerlukan media iklan dengan modal selangit.

Namun, meski mampu memberikan manfaat yang amat penting tersebut, masih banyak pebisnis yang belum memahami betul bagaimana praktik yang tepat dari direct marketing ini. Nah, jika kamu adalah salah satunya, pembahasan tentang pemasaran langsung atau direct marketing ini penting untuk disimak. 

Baca Juga: Biar Klasik, Cara Pemasaran Berikut Masih Tetap Ampuh Jaring Konsumen

Pengertian Direct Marketing

loader

Apa itu direct marketing?

Direct marketing adalah adalah tentang bagaimana sebuah bisnis mampu menciptakan kontak secara langsung dengan konsumen dan target pelanggannya sebagai upaya untuk mengenalkan produk atau layanan. Melalui teknik ini, pelaku pemasaran menjadi lebih mudah untuk meraih tujuannya secara spesifik serta mampu menyampaikan pesan pribadi.

Jika diterapkan secara tepat, direct marketing mampu memberikan nilai penjualan tinggi dengan biaya yang relatif rendah. Kini, ada banyak sekali model direct marketing yang bisa dipraktikkan. Mulai dari metode tradisional sampai modern yang memanfaatkan kemajuan teknologi digital. Beberapa contoh direct marketing adalah SMS marketing, e-mail marketing, pemberian katalog, penjualan pribadi, dan lain sebagainya.

Pengertian Direct Marketing menurut Para Ahli

Selain pengertian di atas, beberapa pakar dan ahli bisnis serta marketing juga memaparkan pengertian direct marketing. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Suyanto menerangkan bahwa direct marketing adalah sebuah sistem pemasaran dengan menggunakan channel atau saluran langsung guna mampu menjangkau pelanggan serta menyediakan produk kepada konsumen tanpa memerlukan bantuan perantara.
  • Kotler & Gary Armstrong menjelaskan bahwa direct marketing merupakan sistem marketing yang memanfaatkan sejumlah media periklanan guna dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumen yang ditarget. Biasanya, interaksi tersebut dapat terjalin melalui telepon, e-mail, atau secara langsung menemui pelanggan sehingga mampu mendapatkan tanggapan konsumen.
  • Duncan memaparkan direct marketing sebagai teknik pemasaran yang digunakan sebuah perusahaan guna menjaga serta menjalin komunikasi langsung dengan konsumennya. Strategi tersebut dianggap lebih efektif sebab dapat berinteraksi dengan cara membuat sebuah database yang mampu dimanfaatkan guna mengaktifkan komunikasi marketing. Caranya bisa dengan memanfaatkan sejumlah media agar pelanggan terdorong untuk memberikan respon.

Apa Dasar Variabel Keputusan pada Direct Marketing?

Terdapat sejumlah variabel keputusan sebagai kerangka dasar pada strategi direct marketing, antara lain:

Offering

Penawaran atau offering merupakan jenis proposal lengkap berupa layanan dan produk, harga, dan juga atribut lain yang ada pada produk yang dijajakan kepada pelanggan.

Creative

Beberapa hal yang termasuk pada variabel ini adalah platform penyalinan, elemen graphic design atau desain grafis, teknik, dan segala aspek manufaktur. Sebagai contoh, kustomisasi.

Media

Ada beberapa macam media yang dapat digunakan pada teknik pemasaran langsung. Misalnya, SMS, telepon, e-mail, situs, media sosial, dan lain-lain.

Sequencing dan Timing

Pemasaran langsung mempunyai kontrol lebih tinggi ketimbang teknik marketing lain, seperti kapan e-mail dikirim, opsi media yang dipilih, serta di mana segmen direct marketing dilakukan.

Customer Service

Pada dasar variabel ini, perusahaan perlu menyediakan sebuah saluran gratis dimana pelanggan dapat dengan praktis mengakses segala informasi serta menyampaikan tanggapan, saran, ataupun keluhan pada pihak pemilik bisnis atau perusahaan. 

Baca Juga: 5 Strategi Pemasaran yang Wajib Kamu Kuasai

Contoh Direct Marketing

  1. Direct Mail

    Surat langsung atau direct mail adalah surat iklan dari sebuah bisnis yang dikirim secara langsung kepada target konsumen di suatu daerah. Beberapa contoh direct mail adalah katalog produk, mailers, kartu pos produk, dan lain sebagainya. 

  2. Telemarketing

    Pada teknik pemasaran jarak jauh, pelanggan potensial harus bisa dihubungi via telepon guna menjual sebuah produk atau layanan. Teknik ini terbilang ampuh dalam menggaet pelanggan baru pada tingkat yang lebih besar, serta efektif dalam melacak kampanye promosi marketing.

  3. E-mail Marketing

    Praktik direct marketing ini sangatlah simpel, ekonomis, serta dapat diatur skalanya sesuka hati untuk menjangkau konsumen sebuah bisnis. E-mail marketing dapat berupa buletin elektronik, pesan berisi penawaran baru, maupun e-mail promosi pada pelanggan yang pernah melakukan pembelian, dan iklan yang berpotensi muncul pada e-mail perusahaan. 

  4. SMS Blasting

    SMS blasting menjadi metode direct marketing yang dapat menjangkau konsumen individu dalam skala luas dan membutuhkan biaya yang terjangkau. Melalui SMS, kamu dapat mengirim pemberitahuan pada pelanggan mengenai penjualan, tautan situs resmi, atau promosi. 

  5. Pemasaran Media Sosial 

    Media sosial menjadi platform marketing yang sudah seharusnya dimiliki oleh semua bisnis modern saat ini. Dengan jumlah pengguna yang masif, pemasaran pada media sosial dapat berjalan secara efektif karena memudahkan bisnis untuk berinteraksi langsung dengan konsumen dan saling bertukar informasi terkait produk atau layanan. Selain itu, melalui media sosial pula pelanggan mampu membagikan konten bisnismu pada seluruh relasi secara eksponensial guna meningkatkan popularitas brand.

  6. Direct Selling

    Direct selling merupakan cara yang amat efektif untuk mendirikan bisnis dengan lebih fleksibel dan terjangkau. Melalui cara ini, bisnis akan lebih gampang dipahami calon konsumen. Direct selling dapat dilakukan dengan cara berkunjung ke rumah maupun tempat kerja konsumen secara langsung.

  7. Leaflet Marketing

    Leaflet marketing secara ringkas berarti sebagai metode pemasaran langsung dengan menyebarkan selebaran pada target konsumen. 

  8. Online Marketing

    Kini, terdapat banyak sekali jenis media dan platform online, seperti, website, marketplace, toko online, dan iklan online. Misalnya, Facebook ads dan Google ads. Online marketing adalah cara pemasaran yang memanfaatkan media-media online tersebut.

Manfaat Direct Marketing bagi Pihak Penjual dan Konsumen

Secara umum, manfaat direct marketing adalah untuk memasarkan produk maupun layanan pada konsumen dengan modal biaya marketing lebih rendah. Teknik marketing ini merupakan sebuah bentuk aktivitas pemasaran yang secara langsung dijalin dengan target konsumen, yang mana kontak tersebut bersifat pribadi serta mampu memanfaatkan berbagai media tertentu.

Namun, secara khusus, direct marketing mampu memberikan keuntungan tak hanya bagi penjual, tapi juga konsumen, seperti:

  • Bagi Penjual

    Direct marketing memiliki tingkat fleksibilitas tinggi dimana setiap marketer dapat memilih metode, waktu, dan sarana paling tepat untuk menjangkau target konsumennya. Melalui pemasaran langsung pula pemasar mampu mendapatkan kesempatan dalam memilih opsi berbeda dan melakukan tes atau uji pasar guna mendapatkan metode marketing paling efektif. 

    Semua ahli pemasaran bisa menyusun strategi pemasaran yang sudah didesain secara khusus sesuai kemampuan mereka sendiri dan sulit untuk ditiru. Dalam kata lain, hal ini membuat para calon konsumen mampu mendapatkan pengalaman berbelanja yang berbeda.

  • Bagi Konsumen

    Teknik pemasaran langsung mampu membuat semua konsumen merasa lebih nyaman. Alasannya karena pelanggan tersebut mampu mengenali serta menemukan nilai plus dan minus dari produk yang dijajakan. 

    Di sisi lain, konsumen juga merasa kenyamanan tambahan karena dapat membeli produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan secara langsung tanpa harus mencari di banyak tempat dan membuang waktu. Kenyamanan dan kebebasan dalam memilih beragam varian produk, sekaligus segala informasinya dalam katalog layanan atau produk

Gaet Loyalitas Pelanggan dan Customer Baru dengan Direct Marketing

Pemasaran langsung atau direct marketing adalah teknik yang mampu membantu bisnis dalam menciptakan kontak secara langsung dengan konsumen lama maupun pelanggan potensial saat melakukan kampanye promosi atau iklan produk. Melalui teknik tersebut, pelaku bisnis mampu mencapai target marketing dengan lebih mudah dan spesifik, serta memberikan pesan pribadi kepada pelanggan. Jika diterapkan secara tepat, direct marketing mampu memberikan nilai penjualan tinggi, tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Baca Juga: Biar Menarik Perhatian Konsumen, Kenali Dulu Tipe-tipenya