Kondisi Finansial Sulit Membaik Meski Kerja Siang Malam? Ternyata Ini Penyebabnya

Di situasi yang serba sulit seperti sekarang, mengumpulkan uang bisa jadi perkara yang rumit. Meski demikian, ada sebagian orang yang tak merasa kesulitan untuk menambahkan saldo tabungannya. Tetapi, nyatanya justru lebih banyak yang justru berkurang tabungannya meski sudah kerja siang malam.

Perlu dipahami bahwa menabung bukan sekadar menyimpan uang dalam rekening saja, lho. Jika ingin saldo tabungan terus bertambah maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Misalnya dengan mengalokasikan dana tabungan untuk investasi atau produk keuangan lainnya yang memberikan benefit.

Bingung cari tabungan terbaik? Cermati solusinya!

Bandingkan Tabungan Terbaik Sekarang!  

Penyebab Kondisi Finansial Selalu Sulit

loader

Nah, sebelum itu pahami dulu apa saja alasan saldo tabungan tak pernah bertambah. Jadi jangan hanya berharap tanpa mengetahui kesalahan apa yang diperbuat selama ini. Simak ulasan berikut selengkapnya:

1. Lebih Sering Boros

Setiap orang yang hidup tanpa tujuan yang jelas untuk masa depannya cenderung lebih boros saat menggunakan uangnya. Bahkan bisa dipastikan mereka tak punya catatan pengeluaran yang terperinci di tiap bulannya. Tak heran jika gaji seringkali cepat habis tak bersisa sebelum sampai tanggal gajian bulan berikutnya.

Mereka yang suka menghabiskan uangnya ini biasanya tak memiliki rencana finansial apapun bisa di hidupnya, baik di masa sekarang maupun di masa mendatang. Jadi jangan heran, jika mereka kerap mengalami kesulitan finansial. Inilah yang jadi penyebab tabungan tak pernah bertambah dan justru keuangan makin memburuk dari hari ke hari. 

2. Malas Menghitung dan Membuat Anggaran

Penyebab berikutnya yang bisa membuat tabungan tak kunjung bertambah, hingga memburuknya kondisi finansial adalah malas membuat detail anggaran tiap bulan. Dengan kata lain, gaji yang diterima hanya sekedar numpang lewat saja di rekening dan habis entah kemana.

Agar hasil jerih payah bekerja bisa bertambah dalam saldo tabungan, maka jangan malas untuk membuat anggaran pafa gaji. Pisahkan dalam sejumlah kategori, dari mulai kebutuhan pokok, cicilan bulanan maupun untuk investasi. Dengan begitu gaji bulanan yang didapat bisa lebih terkontrol kemana perginya. 

Baca Juga: Pengeluaran Bayi Baru Lahir Ini Bisa Bikin Pusing Kalau Gak Nabung

3. Malas Menabung

Nominal saldo di dalam rekening tabungan tentu tak akan pernah bertambah jika tak ada niat untuk menambahkan saldonya secara rutin. Sebenarnya, ada beberapa alasan utama mengapa orang sulit menabung secara konsisten setiap bulannya. Bisa karena lupa, belum punya tujuan, kebiasaan yang kurang disiplin hingga memang pada dasarnya malas dan tak suka menabung.

Salah satu trik yang bisa dilakukan agar kamu tidak gampang lupa menabung dan lebih konsisten adalah dengan membuat pengingat di kalender atau smartphone. Pilih saja tanggal yang paling sesuai atau punya makna khusus agar tetap mudah untuk diingat. Berkat cara ini, dijamin saldo tabungan bakal terus bertambah nantinya.

4. Kerap Menarik Saldo Tabungan Tiba-tiba

Tak sedikit orang yang rutin menabung, tetapi lucunya mereka juga rutin menghabiskan saldo tabungannya tanpa alasan jelas. Perlu diingat, bahwa uang yang ditabung bukan untuk mendukung gaya hidup yang boros. Jadi, jika ingin saldonya bertambah, maka hindari kebiasaan menggunakan saldo tabungan. 

Apalagi, jika ternyata hanya untuk membeli barang yang sama sekali bukan sesuatu yang penting. Jika masih tidak bisa mengendalikan diri untuk tidak mengambil tabungan, coba saja pilih produk tabungan berencana. Agar kamu tak tergiur untuk menggunakannya sesuka hati. .

5. Punya Kebiasaan Buruk

Merokok dan minum minuman beralkohol bisa menjadi salah satu kebiasaan buruk yang membuat tabungan tak pernah bertambah saldonya. Asumsikan harga rokok per bungkus sekitar Rp20 ribuan, dan kamu butuhkan sa menghabiskan dua bungkus rokok per harinya. Jika dijumlahkan, total pengeluaran untuk beli rokok saja bisa mencapai Rp1.200.000. 

Bayangkan jika uang tersebut dialokasikan ke dalam tabungan, tentu jumlah saldo di rekening tabungan akan bertambah banyak bukan. Kebiasaan lainnya yang juga tak kalah buruknya untuk kesehatan finansial adalah mengkonsumsi minuman keras. Selain menggerogoti tabunganmu, kebiasaan tersebut bisa mengacaukan kondisi finansial dalam jangka panjang.

Baca Juga: 12 Cara Atur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

6. Bayar Utang dari Tabungan 

Selanjutnya, alasan yang membuat saldo tabungan sulit bertambah adalah menjadikan tabungan tersebut untuk membayar utang. Memang tak dapat dipungkiri, jika uang yang tadinya disimpan di dalam tabungan bakal digunakan juga nantinya. 

Namun sebaiknya, sebaiknya jangan gunakan uang tabungan untuk bayar hutang tapi alokasikan untuk berinvestasi ataupun menciptakan bisnis baru. Pastikan untuk mengalokasikan sebagian gaji untuk membayar cicilan utang dan bukan dari alokasi tabungan. Sebaiknya hindari keinginan menggunakan uang tabungan untuk keperluan yang lain, termasuk bayar utang.

Atur Keuangan Dengan Cermat agar Saldo Tabungan Tak Semakin Berkurang 

Bersikap bijak dalam mengatur keuangan pribadi menjadi kunci utama jika ingin saldo tabungan bisa bertambah. Bukan masalah hemat saja, tapi kamu juga harus bisa lebih bijak dalam menentukan langkah selanjutnya. 

Tak perlu cemas karena tak ada kata terlambat, sebab kamu masih bisa kok memperbaiki semuanya dari sekarang. Dari mulai mengelola anggaran, mengurangi gaya hidup hedonis, pilih investasi yang menguntungkan hingga bayar hutang tepat waktu. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Menghindari Utang di Usia 20 Tahun, ini Cara Efektifnya