Perjalanan Karier Si Cantik Tatjana Saphira, Bintang Film Serba Bisa dengan Segudang Prestasi

Image cantik dan berbakat dalam akting telah melekat pada sosok aktris Tatjana Saphira Hartmann. Wanita kelahiran Jakarta, 21 Mei 1997 ini telah menorehkan banyak prestasi dalam kariernya di dunia hiburan.

Terkenal sebagai model dan pemain peran, Tatjana mendapat apresiasi Pemeran Utama Wanita Terfavorit dari Indonesian Movie Actors Award. Selain itu, wanita bertinggi tubuh 170cm ini juga berhasil menggaungkan namanya di Korea Selatan.

Terbukti, ia telah membawa pulang piala Asian Star Prize dari Seoul International Drama Awards pada tahun 2018 lalu. Sebelumnya, Tatjana yang berdarah blasteran Jerman-Minangkabau ini juga membintangi iklan sebuah smartphone beken bersama Gong Yoo, aktor ganteng Korea Selatan.

Baca Juga: Chelsea Islan, Si Anak Magang yang Kini Jadi Bintang Layar Lebar Indonesia

Jadi Model Sejak Bayi

View this post on Instagram

A post shared by Tatjana Saphira (@tatjanasaphira) on

Sebelum sukses berkiprah sebagai aktris, Tatjana kecil sudah terjun ke dunia model terlebih dahulu. Bahkan, di umurnya yang masih batita, Tatjana sudah menjadi model dari sabun bayi. 

Sedari dulu, Tatjana memang sudah rajin mengikuti casting demi casting untuk berkarier sebagai entertainer. Barulah kemudian setelah beranjak remaja, ia semakin serius menekuni kariernya di industri hiburan. 

Wajah cantiknya pernah menghiasi video musik dari Bagus Band yang berjudul Pendamping Hatimu (2010). Ia juga muncul di sekian banyak music video musisi Tanah Air. 

Mulai dari Panah Asmara milik Afgan dan Cinta Palsu dari Butterfly di tahun 2011, Dia yang merupakan lagu Sammy Simorangkir (2012), juga Pupus-Kasih Tak Sampai yang dibawakan Vidi Aldiano (2013).

Di tahun 2014, ia membintangi klip musik Ini Cinta milik Noah, Baru dari Tulus serta Lapang Dada yang dibawakan Sheila on 7. Kemudian di tahun 2018, ia muncul dalam video klip lagu Labirin milik Tulus. 

Tak bisa dipungkiri, sepak terjangnya sebagai model berhasil mengantarkan Tatjana ke ranah peran. Hingga terbukalah jalan baginya untuk menjajal sejumlah film layar lebar. Dengan wajah cantik dan rupawan, ia berhasil memikat hati para pemirsa dan masyarakat luas.

Kini setelah kariernya sebagai bintang film kian meroket, Tatjana masih bertekun menggeluti sejumlah dunia modeling. Dengan pembawaannya yang anggun, para desainer kondang kerap mempercayakan kepadanya hasil karya mereka untuk diperagakan oleh sang model di seluruh dunia.

Sukses Sebagai Aktris Papan Atas

View this post on Instagram

A post shared by Tatjana Saphira (@tatjanasaphira) on

Tahun 2013 menjadi awal bagi Tatjana Saphira berkecimpung dalam seni peran. Saat itu, putri dari pernikahan campuran Joachim Hartmann dan Ade Hartmann langsung didapuk untuk membintangi sejumlah film.

Selain membintangi Get M4rried dan Crazy Love di tahun 2013, ia juga tampil dalam Runaway (2014) dan Negeri Van Oranje (2015). Memasuki tahun 2016, ia kembali menunjukkan kemampuan aktingnya yang apik dalam I Am Hope serta Stip & Pensil.

Sedangkan di tahun 2017, Tatjana menjajal layar lebar lewat kemunculannya dalam film Sweet 20 dan Ayat-ayat Cinta 2. Dengan karier yang kian gemilang, ia pun kembali dipercaya turut berperan dalam Hit and Run serta Ghost Writer yang rilis tahun 2019.

Berbekal kecantikan perpaduan Gal Gadot dan Audrey Hepburn serta kemampuan akting yang mumpuni, nama Tatjana Saphira pun langsung menjadi sorotan. Publik semakin mencintainya dan menjadi fans setia.

Belakangan, aktingnya dalam Sweet 20 juga membuat namanya masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dari Festival Film Indonesia 2017.

Eksis di Layar Kaca dan Jajal Tarik Suara

View this post on Instagram

A post shared by Tatjana Saphira (@tatjanasaphira) on

Selain menjajal sejumlah film layar lebar, Tatjana yang baru menjadi WNI saat berusia 17 tahun ini juga eksis main sinetron. Terhitung dirinya sudah membintangi sejumlah judul sinetron dan FTV yang seru dan populer.

Di antaranya seperti Rahasia Kasih, Bulan di Atas Mentari, dan tak ketinggalan drama bernuansa musikal yang berjudul Stereo. Dalam drama musikal tersebut, Tatjana juga unjuk gigi mempertontonkan kemampuannya bernyanyi.

Bintang iklan dari produk Biore, Wardah, Veet, XL, Yamaha Mio M3 dan Berrygood ini sempat menunjukkan kemampuannya yang andal dalam bernyanyi. Dengan suaranya yang lembut dan empuk, Tatjana sukses membawakan ulang sejumlah lagu-lagu hits dalam negeri.

Lagu-lagu Andai Dia Tahu, Melompat Lebih Tinggi, Arti Hadirmu, Ya Sudahlah, Lebih Indah, Kecuali Kamu, Bunda, Aku Baik-Baik Saja, Rindu Setengah Mati, Hanya Kamu yang Bisa, hingga Inikah Cinta berhasil dinyanyikannya dengan nuansa yang benar-benar terdengar baru.

Sebelumnya, ia juga pernah meluncurkan Shoot Me, sebuah single yang menjadi soundtrack dari sinetron Smile & Spirit. Dengan olah vokal yang cemerlang, namanya pun makin diapresiasi sebagai aktris berbakat yang serba bisa.

Terkenal Hingga ke Korea Selatan

View this post on Instagram

A post shared by Tatjana Saphira (@tatjanasaphira) on

Tak hanya diperhitungkan sebagai aktris kenamaan dalam negeri, nama Tatjana juga kian menggema di Negeri Ginseng. Di tahun 2017 lalu, ia membintangi iklan ponsel pintar yang populer bersama Gong Yoo, aktor ganteng dari Korsel.

Pada tahun berikutnya, mantan kekasih Herjunot Ali ini meraih prestasi gemilang di sana. Piala Asian Star Prize dari Seoul International Drama Awards tahun 2018 berhasil dibawanya pulang.

Baca Juga: Serunya Perjalanan Karier Rizky Febian, Sukses Rilis Album Jejak Berkat Keluar dari Zona Nyaman

Torehkan Segudang Prestasi

View this post on Instagram

A post shared by Tatjana Saphira (@tatjanasaphira) on

Tak hanya itu saja, sebagai hasil dari kerja kerasnya, Tatjana punya segudang prestasi lain yang tak kalah membanggakan. Di tahun 2016, namanya masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terbaik dari Indonesian Box Office Movie Awards. 

Selain itu, ia juga kembali masuk nominasi Pasangan Terbaik (dengan Tio Pakusadewo) di Indonesia Movie Actor Awards pada tahun yang sama. Memasuki 2017, ia kembali masuk nominasi Pemeran Utama Wanita Terpuji dalam Festival Film Bandung 2017.

Adapun di tahun 2018, nama Tatjana Saphira mendapat penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik dari IBOMA 2018. Dengan pencapaian besar di usianya yang masih belia, tak heran jika makin banyak fans dari kalangan millennial yang menggemarinya.

Kiat Sukses Ala Tatjana Saphira

Kini Tatjana didapuk untuk bermain dalam film layar lebar berjudul Perempuan Bergaun Merah. Rencananya, film bergenre horror tersebut akan tayang tahun ini dan Tatjana yang selama ini dikenal lebih sering bermain dalam film drama digadang-gadang terpilih menjadi pemeran utamanya.

Ketika disinggung mengenai motivasinya merintis karier sebagai entertainer, Tatjana mengungkapkan dalam interview bersama media. Menurutnya, ia tidak membandingkan kehidupannya dengan kisah yang dimiliki orang lain.

Alih-alih membandingkan, ia berfokus mengasah terus bakat dan keterampilan yang dimilikinya. Karena ia percaya, tak ada formula khusus bagi kehidupan. Seperti bulan, bintang, dan matahari yang terus bersinar di momen yang berbeda, setiap orang akan bersinar pada waktunya masing-masing.

Layaknya Tatjana, jangan bandingkan pencapaian Anda dengan keberhasilan yang telah diraih orang lain karena itu tidak adil. Alangkah lebih baik lagi jika Anda membandingkan diri yang kemarin dengan diri hari ini.

Teruslah menjadi pribadi yang lebih baik lagi, lebih percaya diri dan temukan jalan kreatif yang dapat membuat Anda kian bersinar di kemudian hari.

Baca Juga: Transformasi Si Cantik Eva Celia Lesmana, Si Jago Akting yang Kini Sukses Jadi Penyanyi