Serunya Perjalanan Karier Rizky Febian, Sukses Rilis Album Jejak Berkat Keluar dari Zona Nyaman

Sebagai bintang muda yang berbakat, nama Rizky Febian Adriansyah Sutisna atau Rizky Febian tentu sudah tak asing lagi. Suaranya yang khas senantiasa menghibur dalam lantunan lagu-lagu bernuansa romantis.

Pria yang memiliki bakat sebagai penyanyi dan pencipta lagu ini lahir pada 25 Februari 1998 di Bandung. Kiprahnya di industri musik dan hiburan tentu tak lepas dari sosok sang ayah yang merupakan komedian andal, Entis Sutisna alias Sule.

Meski berayahkan seorang Sule, namun bukan berarti Rizky bisa dengan mudahnya meraih kesuksesan tanpa penuh perjuangan. Berikut perjalanan karier Rizky Febian yang kini tengah disibukkan dengan promo album perdananya, Jejak (2019).

Mewarisi Bakat Seni

View this post on Instagram

A post shared by Makna Cinta (@rizkyfbian) on

Sejak kecil, Rizky sudah menunjukkan bakatnya yang kental di dunia musik. Mewarisi bakat seni dari sang ayah, Rizky tak hanya punya passion di dunia tarik suara. Ia juga berbakat memainkan instrument musik, salah satunya gitar. 

Mengikuti jejak sang ayah, pria yang akrab dipanggil Ikki ini pun ikut terjun menekuni dunia entertainment. Di umurnya yang masih belasan tahun, kemunculan perdana Ikki dapat dinikmati dalam film komedi yang berjudul Sule Detektif Tokek yang rilis di awal tahun 2013.

Tak lama berselang, ia kembali muncul membawakan acara di stasiun TV swasta ANTV, yakni Kata Bergaya (2014). Selain itu, Ikki yang merupakan putra pertama dari Sule ini melanjutkan kariernya dengan melakoni acara TV bertajuk Bukan Sekedar Wayang (2015).

Baca Juga: Nikita Willy, Gadis Imut yang jadi Ratu Sinetron Indonesia

Pernah Tak Lulus Casting

View this post on Instagram

A post shared by Makna Cinta (@rizkyfbian) on

Faktanya, Ikki harus berjuang dan belajar banyak dalam meniti karier. Menjadi putra seorang komedian bukan berarti membuatnya kebal dari kegagalan dan proses menuju sukses. Ia tetap harus mengikuti sejumlah casting dan audisi. 

Ia bahkan pernah mengalami beberapa kali penolakan sewaktu mengikuti sejumlah audisi dan casting sinetron juga film. Bahkan dalam film perdananya di Sule Detektif Tokek sekalipun, ia tetap wajib mengikuti proses casting dan lulus darinya.

Mantap Berkiprah di Dunia Tarik Suara

View this post on Instagram

A post shared by Makna Cinta (@rizkyfbian) on

Hingga memasuki tahun 2012, Ikki tak hanya aktif di dunia akting tapi juga mulai merambah dunia tarik suara. Bersama ayahnya, ia meluncurkan single berjudul Papa Telepon. Namun saat itu, namanya tak lantas langsung bersinar dan diperhitungkan sebagai penyanyi.

Sebaliknya, Ikki terus menekuni keterampilan lainnya sebagai presenter di berbagai acara TV. Tak hanya muncul dalam Kata Bergaya (2014), ia juga terbilang apik saat membawakan acara Saung Sule (2011), Siang Seru Sama Sule (2014), hingga Berbagi Rizki di tahun 2017 lalu.

Demi kelancaran kariernya, ia kemudian bergabung dengan NET Talent Management dan semakin sering muncul di sejumlah serial TV yang ditayangkan oleh NET. Sejumlah serial TV kondang yang ia lakoni antara lain berjudul Kesempurnaan Cinta, Stereo Season 2, dan Kelas Internasional.

Kesuksesan yang Bertahap

View this post on Instagram

A post shared by Makna Cinta (@rizkyfbian) on

Bisa dibilang, puncak kesuksesan karier Rizky Febian terjadi di tahun 2015 lalu. Ketika itu, single Kesempurnaan Cinta yang dirilisnya telah memikat hati banyak orang. Alhasil, namanya pun kian meroket dengan popularitas yang melambung.

Melalui lagu Kesempurnaan Cinta, ia memantapkan namanya sebagai salah satu penyanyi solo dan pencipta lagu dalam negeri. Meski begitu, single tersebut tentu bukanlah karyanya yang pertama. 

Namun semua batu loncatan yang ditempuhnya seakan terbayarkan dengan keberhasilan Kesempurnaan Cinta. Pasalnya, lagu tersebut berhasil booming dan merajai Top Chart iTunes.

Kesempurnaan Cinta membuat Ikki mencapai sejumlah apresiasi bergengsi. Salah satunya yaitu penghargaan dari Dahsyatnya Awards 2016 di kategori Pendatang Baru Terdahsyat. Berkat nuansa jazz yang chill and relaxing, lagu tersebut membuat Ikki menjajal Jakarta International Java Jazz Festival di tahun yang sama.

Baca Juga: Transformasi Si Cantik Anya Geraldine, Dari Selebgram Penuh Kontroversi Hingga Aktris Berprestasi

Tak Lelah Lahirkan Karya

View this post on Instagram

A post shared by Makna Cinta (@rizkyfbian) on

Mengecap kesuksesan yang manis tak lantas membuat Rizky Febian berpuas diri. Ia terus melahirkan sejumlah karya lainnya yang tak kalah menarik. Di antaranya seperti Penantian Berharga, Sweet Talk, Cukup Tau, Hargai Cinta, Indah Pada Waktunya, Mimpi Bersama, serta Berpisah Itu Mudah.

Karya-karyanya senantiasa mendapat apresiasi dan disukai banyak orang. Penerimaan masyarakat atas buah tangannya tersebut membawa Rizky meraih penghargaan lainnya. ia berhasil mengantongi SCTV Music Awards 2016 untuk Lagu Paling Ngetop dan Pendatang Baru Paling Ngetop.

Tak hanya itu saja. Ikki juga berhasil memboyong penghargaan dari Indonesian Choice Awards 2016 untuk Song of The Year serta Breakthrough Artist of The Year. Di samping itu, penghargaan bergengsi dari Nickelodeon Indonesia Kids Choice Awards 2016 kategori Lagu Favorit Indonesia juga berhasil dimenangkannya.

Berkat bakat dan kemampuan musiknya yang piawai di usia yang relatif muda, ia pun didapuk untuk menjadi juri dalam Indonesian Idol Junior tahun 2018 lalu.

Kini, namanya tenar sebagai salah satu penyanyi muda berbakat Tanah Air. Apalagi dengan fakta bahwa sejumlah single yang ia bawakan selalu hits dan diambil menjadi soundtrack serial TV.

Keluar dari Zona Nyaman

View this post on Instagram

A post shared by Makna Cinta (@rizkyfbian) on

Setelah perjalanan panjang yang berproses, tiba juga saatnya untuk menelurkan album perdananya. Berjudul Jejak, album yang berisikan rangkuman dari perjalanan kariernya itu telah rilis pada tahun lalu. 

Diakui Rizky, Jejak berhasil diluncurkannya setelah ia dituntut deadline dan berhasil keluar dari zona nyaman. Pasalnya, ia sempat berpikir bahwa dirinya belum siap untuk membuat album. Namun Ikki mengiyakan tantangan dari manajemen yang memberi deadline album harus dibereskan pada November 2019.

Berisikan sembilan lagu terbaru, anak pertama Sule ini menyebutkan album Jejak merupakan sebuah pembuktian darinya. Ia sengaja tak menyertakan sejumlah single terdahulu yang sudah hits.

Menggandeng sejumlah musisi senior, Ikki bahkan rela keluar dari zona nyaman dan meramu nuansa musik yang bukan merupakan warnanya. 

Ia juga mengeksplorasi keterampilannya dalam mencipta lagu. Tak hanya mengisahkan pengalaman pribadinya melulu, Ikki bahkan sengaja melakukan pengamatan untuk menambah seru berbagai story telling yang terlantun dalam lagu-lagunya.

Tentukan Sendiri Definisi Suksesmu

Faktanya, kesuksesan jarang sekali terjadi secara instan. Ada berbagai proses berliku dan tahapan yang mesti dilalui tanpa jalan pintas. Sama halnya seperti kisah perjalanan karier Rizky Febian.

Masih berusia dua puluhan, Rizky bersedia terus belajar demi mencapai sukses yang lebih besar lagi. Menurutnya, level keberhasilan yang kini dicapainya masih berada di tahap rintisan. Baginya, sukses berkarier berarti bisa menggubah sejumlah karya menakjubkan yang abadi dan diterima banyak orang. 

Nah, bagaimana dengan Anda? Apa definisi sukses bagi Anda? Definisi sukses setiap orang tentu akan berbeda-beda.

Sebagian orang lebih mengutamakan sukses di bidang karier, sementara yang lainnya menginginkan tak semata-mata hanya kesuksesan, tapi juga kehidupan yang memuaskan.

Terlepas dari apapun itu definisi sukses, bersedialah untuk melewati level demi level ujian yang datang. Hingga akhirnya Anda pun akan berhasil sampai pada tujuan, yaitu perwujudan puncak kesuksesan yang selama ini diimpi-impikan.

Baca Juga: 10 Artis Indonesia Terkaya Saat Ini