5 Persiapan Mental sebelum Haji agar Ibadah Berjalan Lancar

Haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat muslim yang mampu menunaikannya. Waktu pengerjaan haji sendiri cukup lama, yakni lebih kurang 30 hari. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan mental sebelum haji sebelum waktu keberangkatan.

Pasalnya, untuk bisa menunaikan ibadah haji, masyarakat Indonesia harus melewati waktu tunggu belasan hingga puluhan tahun. Maka dari itu, perlu persiapan sebelum berangkat haji, baik mental maupun fisik.

Mengingat kini sudah akan memasuki bulan Dzulhijjah atau bulan haji, adakah dari kamu yang sudah mendapatkan jadwal keberangkatan? Jika ada, sebaiknya mulailah persiapkan mental sebelum haji serta menjaga kesehatan fisik agar proses ibadah di Tanah Suci berjalan dengan lancar.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Alasan Persiapan Mental Sebelum Haji

loader

Haji memiliki beberapa proses rangkaian, seperti tawaf, wukuf, dan lain sebagainya yang wajib dikerjakan oleh setiap jemaah. Kewajiban ini terkait kepada keabsahan ibadah haji itu sendiri. Sebab, jika ada proses dalam ibadah haji yang tertinggal atau tidak dilakukan, maka jemaah harus membayar dam (denda).

Mengetahui hal tersebut, maka kamu yang hendak menunaikan ibadah haji perlu perisapan mental sebelum haji yang matang agar bisa melalui seluruh proses dengan lancar. Sebagaimana diketahui bahwa tidak semua orang berkesempatan menunaikan ibadah haji. Adapun waktu tunggu yang lama membuat ibadah sangat dinantikan oleh umat islam di dunia.

Itulah mengapa persiapan sebelum berangkat haji harus sangat diperhatikan, termasuk dari segi mental dan fisik. Sebab, saat mendaftar haji dan tiba waktu keberangkatan, kamu harus sudah membulatkan tekad untuk menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Baca Juga: Bercita-Cita Naik Haji? Simak Dulu Tips Keuangan Seputar Persiapan Tabungan Haji dan Syarat Membuka Tabungan Haji

5 Persiapan Mental Sebelum Haji

Bicara tentang persiapan mental naik haji yang telah disebutkan alasannya. Pada artikel ini akan dijelaskan beberapa bentuk persiapan mental sebelum haji yang bisa kamu lakukan. Berikut adalah persiapan mental sebelum haji yang bisa kamu lakukan.

1. Pahami Syarat dan Ketentuan Haji

Seperti yang sudah disebutkan, haji terdiri dari beberapa rangkaian yang harus dijalankan. Nah, seluruh rangkaian berjalan dengan lancar, kamu butuh memahami syarat dan ketentuan haji. Kemudian, akan ada beberapa hal yang pasti belum kamu pahami terkait proses di Tanah Suci nantinya.

Nah, informasi dan pengetahuan seputar syarat dan ketentuan haji bisa kamu dapatkan dari mengikuti manasik haji di daerah kamu. Kamu juga bisa meninjau informasi dari internet, buku, maupun kepada orang-orang yang sudah berpengalaman dengan ibadah haji.

2. Meniatkan Ibadah dengan Ikhlas

Persiapan mental sebelum haji selanjutnya adalah meniatkan ibadah dengan ikhlas. Saat di Tanah Suci, fokuslah untuk beribadah dengan khusyuk. Pasalnya, haji merupakan ibadah yang banyak dinantikan umat muslim.

Sebelum berangkat, persiapkan kegiatan-kegiatan apa saja yang sebaiknya dilakukan setelah prosesi haji. Ada pun sebaiknya, tingkatkan dan perbanyak melakukan ibadah, seperti salat, zikir, membaca Al-Quran, dan berdoa.

3. Memperkuat Iman dan Takwa

Haji merupakan rukun islam kelima yang wajib dilakukan umat muslim bila mampu. Sebab, menunaikan ibadah haji membutuhkan biaya yang tidak sedikit, serta memiliki kuota terbatas setiap tahun sehingga memiliki waktu tunggu yang panjang.

Maka dari itu, bagi kamu yang sudah mendapatkan jadwal keberangkatan haji tahun ini, pergunakan dengan sebaik-baiknya. Persiapkan mental dengan memperkuat iman dan takwa. Misalnya, tidak meninggalkan salat wajib 5 waktu, mengerjakan salat-salat sunah, membaca Al-Quran, serta mengikuti kajian untuk meningkatkan pengetahuan islami.

Persiapan sebelum berangkat haji tersebut perlu dilakukan untuk meningkatkan iman dan takwa sebelum mendatangi rumah Allah SWT di Tanah Suci.

4. Mengelola Pikiran

Saat berada di Tanah Suci, kamu akan menjalankan ibadah haji dengan umat muslim dari seluruh dunia. Banyaknya jemaah tentu akan membuat proses ibadah tidak semudah yang dibayangkan. Kemudian, fasilitas umum pun akan menjadi kurang terawat karena digunakan oleh banyak orang.

Dengan demikian, persiapkan mental sebelum naik haji dengan mulai mengatur atau mengelola pikiran. Jangan biarkan hal-hal yang tidak diinginkan tersebut membuat keikhlasan menunaikan ibadah terganggu. Anggaplah segala gangguan merupakan ujian dari Allah SWT. Tetaplah tenang dan kelola pikiran untuk tidak berburuk sangka kepada sesama jemaah dan lainnya, terlebih kepada Allah.

5. Mengontrol Emosi

Masih seputar gangguan yang terjadi selama ibadah haji, kamu juga perlu belajar mengontrol emosi. Hal ini merupakan persiapan mental sebelum haji yang wajib dilakukan. Selain tidak berburuk sangka, jangan mudah terpicu amarah saat mengalami gangguan.

Sebab, bukan tidak mungkin saat ibadah nanti kamu akan berdesakan dengan jemaah dari negara-negara lain, terlambat mendapat makanan, dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, sebelum waktu keberangkatan mulailah melatih diri untuk mengontrol emosi.

Itulah beberapa persiapan mental sebelum haji yang bisa kamu terapkan. Dengan menerapkan hal-hal tersebut semoga kamu bisa menjalani ibadah dengan lancar dan diterima oleh Allah SWT.

Sebagai informasi, persiapan sebelum berangkat haji yang perlu disiapkan tidak hanya dari segi mental, tetapi juga fisik. Pasalnya, suhu dan cuaca yang tidak sesuai dengan Indonesia serta berbagai aktivitas melelahkan akan membuat imunitas tubuh menurun.

Baca Juga: Biaya Umroh: Tips menabung dan Mempersiapkan Diri untuk Umroh

Persiapan Fisik sebelum Haji

loader

Persiapan sebelum berangkat haji dari segi fisik akan sangat penting. Mengingat, kamu akan berada di sana satu bulan lebih dan melewati berbagai kegiatan. Antara lain, berjalan kaki dengan jarak cukup panjang, berlari-lari kecil sebanyak 7 kali dari bukit Safa ke Marwah, berdiam di bukit arafah, serta mengelilingi Ka’bah.

Jika tidak mempersiapkan fisik dengan baik, potensi sakit akan sangat besar sehingga bisa mengganggu proses ibadah haji. Berikut adalah beberapa persiapan fisik sebelum haji yang bisa dilakukan.

1. Rutin Berolahraga

Mulai lakukan olahraga rutin selama 30 sampai 60 menit setiap hari sebelum berangkat ibadah haji. Beberapa olahraga yang bisa dilakukan, seperti berjalan kaki, bersepeda, serta berenang.

Kemudian, bagi kelompok lanjut usia (lansia) juga bisa berolahraga untuk kekuatan dan keseimbangan tubuh, seperti yoga dan pilates. Dengan demikian, kelompok lansia bisa terbiasa dengan aktivitas melelahkan saat ibadah haji.

2. Mengonsumsi Makanan Sehat

Untuk menjaga fisik tetap sehat dan bugar, kamu juga perlu mengonsumsi makan makanan sehat yang membantu meningkatkan imunitas tubuh. Persiapan sebelum berangkat haji satu ini bisa kamu lakukan dengan rutin konsumsi buah dan sayur.

Konsumsi makanan kaya vitamin D dan kalsium untuk membentuk kekuatan tulang yang semakin optimal.

3. Cukupi Cairan Tubuh

Mencukupi cairan tubuh juga menjadi persiapan sebelum berangkat haji. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan penyakit lain. Ada beberapa gejala dehidrasi, seperti mulut kering, urin berwarna gelap, merasa haus, kelelahan, hingga sakit kepala.

Selain dehidrasi, kekurangan cairan juga dapat memicu berbagai penyakit yang bisa mengganggu aktivitas ibadah haji. Untuk diketahui, mencukupi cairan tubuh tidak hanya diperlukan sebagai persiapan sebelum berangkat haji, tetapi juga saat menjalani ibadah haji di Tanah Suci. Sebab, cuaca dan suhu di Arab Saudi sangat panas sehingga membutuhkan cairan tubuh yang lebih.

4. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan

Sebagai persiapan, sebaiknya lakukan pemeriksaan kesehatan sebelum berangkat haji.  Beberapa pemeriksaan kesehatan yang bisa dilakukan, di antaranya adalah tekanan darah, asam urat, diabetes, hingga kondisi jantung. 

Selain itu, kamu juga bisa melakukan vaksinasi yang diwajibkan untuk jemaah ibadah haji agar kesehatan tetap optimal selama menjalankan ibadah haji. Kamu juga bisa menambahkan beberapa vaksinasi lain, seperti influenza untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Sediakan Perlengkapan untuk Mencegah Heat Stroke

Salah satu persiapan sebelum berangkat haji terkait kesehatan yang diimbau pemerintah Indonesia adalah pencegahan kondisi heat stroke. Antisipasi ini bisa dilakukan dengan menggunakan topi, tabir surya, kacamata hitam, serta membawa botol semprotan kecil berisi air untuk disemprotkan ke wajah dan tubuh.

Persiapan Mental dan Fisik agar Ibadah Haji Lancar

Demikianlah informasi seputar persiapan sebelum berangkat haji yang perlu kamu ketahui. Dengan segala persiapan yang matang diharapkan dapat membantu kamu menjalankan ibadah haji dengan lancar.

Adapun, persiapan mental sebelum haji merupakan dasar awal yang harus ditanamkan dalam diri serta dibiasakan agar proses haji tidak hanya berjalan lancar tetapi juga sah dan bermanfaat untuk kamu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang hendak berangkat haji tahun ini.

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Antara Haji dan Umroh