Perusahaan BUMN Idaman Buat Para Pencari Kerja

Selain menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau PNS, banyak orang memimpikan bisa bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Apalagi yang para pencari kerja inginkan kalau bukan gaji tinggi dan masa pensiun terjamin. Maka tak heran lagi, jika lowongan kerja di perusahaan pelat merah selalu diserbu para pelamar, mungkin termasuk kamu.

Setiap tahun, bahkan setiap saat ada saja BUMN yang membuka lowongan kerja lewat website resmi atau bursa kerja yang digelar di berbagai kota. Tentunya untuk menjaring putra putri bangsa yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian pada posisi yang dibutuhkan. Perlu diketahui, jumlah BUMN saat ini sebanyak 115 perusahaan pada akhir 2017.

Jika kamu salah satu yang menunggu lowongan tersebut, jangan lupa untuk terus memantaunya. Sebab, peminat lowongan kerja BUMN sangat banyak lho, bisa mencapai puluhan ribu orang. Jadi kamu harus bersaing dengan pencari kerja lain yang juga memiliki tujuan yang sama untuk bekerja di perusahaan pelat merah.  

Keuntungan Bekerja di Perusahaan BUMN

Sebetulnya apa sih enaknya kerja di BUMN? Ini nih keuntungan mengabdi di perusahaan milik negara:

Baca Juga: Cara Cepat Dapat Kerja Setelah Lulus SMA/SMK

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Gaji Tinggi

Gaji Tinggi
Gaji Tinggi

Keuntungan berkarier di BUMN, pertama karena gaji tinggi. BUMN biasanya menawarkan gaji yang cukup tinggi untuk pegawainya, termasuk bagi kamu yang baru lulus dari perguruan tinggi atau fresh graduate. Biasanya sekitar Rp4-7 jutaan. Makanya banyak yang mengincar BUMN untuk memulai karier mereka.

2. Asuransi, Tunjangan, dan Bonus

Selain gaji, pertimbangan lain bekerja di perusahaan BUMN adalah fasilitas tunjangan, asuransi, dan bonus. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga. Bukan hanya kamu, istri/suami dan anak akan ditanggung asuransi kesehatan misalnya. Fasilitas asuransi ini memberikan sebuah jaminan yang membuat kamu merasa aman dan tenang saat bekerja.

Enaknya lagi, ada gaji ke-13 dan 14 sama seperti PNS, Tunjangan Hari Raya (THR), bonus atas kinerja sampai berkali lipat dari gaji. Ditambah lagi kalau kamu dinas ke luar kota atau ke luar negeri, seluruh biaya ditanggung perusahaan.

3. Jenjang Karier yang Menjanjikan

Hal lain yang diincar para pencari kerja melamar di perusahaan BUMN adalah jenjang karier. BUMN menawarkan hal tersebut, jenjang karier yang jelas dan akan diikuti dengan kenaikan gaji. Artinya kalau jabatan kamu semakin tinggi di BUMN, maka otomatis gaji pun ikut terkerek naik. Siapa sih yang tidak mau punya karier cemerlang dan gaji tinggi?

4. Jaminan Masa Depan

Istimewanya lagi perusahaan BUMN menawarkan jaminan hari tua. Biasanya dana pensiun dikelola di lembaga dana pensiun milik perusahaan tersebut. Program pensiun ini sangat bermanfaat ketika kamu memasuki masa pensiun. Selain mendapat pesangon (satu kali dalam jumlah besar), pegawai BUMN akan tetap menerima tunjangan pensiun setiap bulan meski jumlah yang diterima lebih kecil.

Belum lagi fasilitas kemudahan untuk memiliki rumah lewat Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan bunga rendah dari perusahaan. Kamu bisa mencicil angsuran kredit ke perusahaan dengan sistem potong gaji. Fasilitas lainnya program pendidikan bagi pegawai BUMN untuk melanjutkan studi S2 dan S3 di dalam maupun luar negeri. Jadi jangan khawatir madesu alias masa depan suram.

Baca Juga: 8 Pertanyaan Interview Kerja yang Perlu Diketahui dan Jawabannya

Setelah mengetahui enaknya bekerja di BUMN, selanjutnya akan dibahas beberapa perusahaan BUMN idaman para pencari kerja, yakni:

1. PT Pertamina (Persero)

Siapa yang tidak tahu PT Pertamina (Persero)? Perusahaan BUMN di bidang minyak dan gas (migas) itu menjadi salah satu perusahaan yang diburu para pelamar kerja. Maklum saja, gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan. Gaji yang bisa dikantongi posisi staf misalnya berkisar Rp4-7 jutaan per bulan. Beda lagi kalau posisinya sudah General Manager, penghasilnnya mencapai Rp75 juta setiap bulan.

Posisi Drilling Supervisor digaji Rp55 juta per bulan, dan jabatan Procurement Manager minimal memperoleh gaji sekitar Rp42 juta per bulan. Belum lagi ada fasilitas, seperti jaminan hari tua, tunjangan kesehatan, uang makan, bonus tahunan, dan fasilitas menarik lainnya. Kalau kamu mau cari tahu informasi lowongan kerja Pertamina, pantengin situs resminya https://recruitment.pertamina.com/.  

2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI

Selain Pertamina, lowongan perusahaan BUMN dari PT KAI selalu dinantikan para pencari kerja. Ya, itu karena gaji yang ditawarkan bikin mata terbelalak, mencapai Rp10 juta per bulan untuk posisi masinis. Bagian manajemen akan mengantongi gaji lebih dari Rp17 juta, jabatan Senior Manager dan General Manager masing-masing Rp28 juta dan Rp29 juta. Nih paling tinggi gaji lebih dari Rp40 juta untuk jabatan Executive Vice President.

Kalau untuk pegawai KAI, gaji standarnya berkisar Rp3,5 juta-Rp6 juta per bulan. Tapi itu cuma gaji pokok lho, belum termasuk tunjangan. Eits jangan takut juga tak ada fasilitas lain. Perusahaan ini menyediakan fasilitas pendidikan bagi para pegawainya selama 6 bulan sampai 1 tahun. Jadi bisa makin ahli di bidangnya masing-masing. Jika kamu berminat menjadi bagian dari PT KAI, kunjungi saja https://recruitment.kai.id/.

3. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Untuk kamu yang ingin memulai karier di perbankan, coba di Bank Mandiri. Fresh graduate bisa ikut program Management Trainee dengan gaji sekitar Rp5 juta per bulan. Cukup besar bukan buat kamu yang baru lulus. Nah beda lagi kalau posisinya sudah direksi, gajinya bisa mencapai Rp200 juta setiap bulan. Bank Mandiri juga menyediakan tunjangan lain bagi para pegawainya, seperti bonus tahunan, asuransi, dan lainnya. Mau berkarier di Bank Mandiri, cek informasi lowongan kerja melalui https://www.mandiricareer.net/.

4. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk/Bank BRI

Satu lagi perusahaan BUMN perbankan yang berani memberi gaji tinggi, yaitu Bank BRI. Kalau kamu masih berada di level staf, gajinya berkisar Rp4-6 juta per bulan. Naik ke posisi Senior Manager, gaji yang diperoleh sekitar Rp32 juta, Assistant Vice President Rp25 juta, Branch Manager Rp22 juta, jabatan Service Quality Assurance bisa lebih dari Rp19 juta per bulan. Mau tahu gaji direksi? Lebih dari Rp200 juta per bulan. Wow... Informasi lowongan kerja, klik https://e-recruitment.bri.co.id./

5. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk/Bank BTN

Bank BTN
Bank BTN

Perusahaan BUMNperbankan lainnya yang menjadi idaman para pencari kerja, yakni Bank BTN. Perusahaan pelat merah ini menawarkan gaji Rp6-8 juta per bulan untuk pegawai di Officer Development Program (ODP). Apa itu ODP, yakni program yang diperuntukan bagi kamu fresh graduate. Jika sudah naik jabatan ke posisi Manager, gaji yang bisa dibawa pulang berkisar Rp10-28 hjuta per bulan. Informasi lowongan kerja di Bank BTN, bisa dilihat di https://recruitment.btn.co.id/Web/en/.

Persiapkan Diri Kamu Sebaik Mungkin

Banyak pencari kerja, baik itu yang baru lulus maupun yang sudah berpengalaman tertarik menjadi pegawai BUMN. Persaingan tentunya akan semakin ketat. Oleh karenanya, persiapkan surat lamaran atau CV paling keren, termasuk keahlian dan keterampilan yang kamu miliki untuk melamar di perusahaan BUMN yang sudah kamu incar. Perusahaan akan mencari pelamar yang terbaik di antara yang baik. Jadi pastikan kamulah orang yang mereka cari. Semoga sukses.

Baca Juga: Mau Daftar Lowongan CPNS? Ikuti Tips Berikut agar Lancar