Pilihan Karir Terbaik untuk Kamu yang Mengambil Jurusan Matematika

Mengambil jurusan matematika di bangku kuliah, kamu tentu sudah sangat familiar dengan angka dan urusan hitung menghitung. Jurusan yang satu ini memang berbeda dengan jurusan yang lainnya, sebagian orang bahkan menganggapnya sebagai salah satu bidang yang sulit untuk dipahami. 

Namun apapun itu, kamu tentu sudah memiliki pertimbangan yang matang terkait dengan pilihanmu ini, bukan?

Tidak harus bergelut di bidang akademi saja, jurusan matematika juga memiliki peluang kerja yang cukup menjanjikan. Ada banyak bidang yang membutuhkan tenaga kerja yang berasal dari jurusan matematika ini, sehingga kamu tidak perlu merasa khawatir akan kesulitan mencari pekerjaan setelah lulus nanti. 

Posisi yang bisa ditempati juga terbilang cukup beragam, mulai dari staf kantoran hingga menjadi seorang profesional. Pastikan kamu mempersiapkan diri dengan baik, sehingga kamu bisa memilih karir yang paling tepat dan sesuai dengan minat serta jurusan yang kamu tekuni saat ini.

Simak beberapa pilihan karir untuk jurusan matematika berikut ini, yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan:

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Analis Keuangan

analis keuangan

Analis keuangan menjadi salah satu pilihan karir yang paling menjanjikan bagi lulusan matematika sepertimu. Di dalam prakteknya, analis keuangan akan bekerja dan melakukan analisa berdasarkan data yang mereka terima. Biasanya hal ini dilakukan sebagai cara untuk menilai dan mengambil keputusan tertentu secara terukur. 

Analis keuangan tentu harus memiliki ketelitian yang tinggi, sebab di dalam pekerjaannya seorang analis bisa saja bekerja dengan banyak sekali data. 

Hingga saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang membutuhkan tenaga di bidang yang satu ini. Bukan hanya perusahaan kecil saja, analis keuangan bahkan banyak dibutuhkan di perusahaan berskala besar, termasuk perusahaan yang bergerak di dalam layanan keuangan dan perbankan. 

Penghasilan yang bisa didapatkan oleh seorang analis keuangan juga cukup besar dan layak dijadikan sebagai pertimbangan.

Baca Juga: Sering Dianggap Remeh, Ini Fakta Pekerjaan Staf Administrasi di Perusahaan

2. Akuntan

  akuntan

Kemampuan matematika yang baik juga bisa membawamu berkarir sebagai seorang akuntan. Bidang yang satu ini juga membutuhkan ketelitian yang tinggi, apalagi jika menangani pekerjaan ini di dalam sebuah perusahaan yang cukup besar. 

Namun jangan khawatir, kemampuan matematikamu yang baik akan sangat membantu kamu lebih fokus dan mudah untuk menyelesaikan berbagai tugas-tugasmu dengan baik. Jika bekerja sebagai akuntan, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup tinggi. 

Di Indonesia sendiri, penghasilan akuntan memang terbilang menjadi yang paling besar di antara pekerjaan staf kantoran lainnya.

3. Aktuaris

  aktuaris

Aktuaris menjadi pilihan karir lainnya yang bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan. Bidang yang satu ini mungkin masih kurang familiar untuk kebanyakan orang, meskipun belakangan ini cukup banyak dibutuhkan. 

Aktuaris bekerja dengan melakukan analisa pada hal-hal tertentu yang mereka tangani, seperti: kecelakaan, pensiunan, kematian, dan berbagai hal lainnya yang ditugaskan kepada mereka. 

Di dalam prakteknya, aktuaris akan melakukan analisa untuk menentukan nilai pertanggungan asuransi yang layak untuk dicairkan dalam berbagai kasus yang mereka tangani seperti di atas. Tugasnya tentu cukup berat, sehingga wajar saja jika seorang aktuaris bisa mendapatkan gaji yang tinggi setiap bulannya.

4. Ekonom

  ekonom

Sebagai lulusan matematika, menjadi seorang ekonom juga bisa menjadi pilihan karir lainnya untukmu. Pekerjaan ini akan mencakup bidang yang cukup luas, sehingga kamu harus memiliki kemampuan yang baik dan juga ketertarikan yang cuku kuat terhadap bidang ekonomi. 

Sebagai ekonom, kamu bisa saja menangani berbagai pekerjaan yang berbeda, seperti: penyusunan laporan, melakukan analisa, perhitungan fiscal, dan yang lainnya. Namun di luar semua itu, ekonom juga menjadi salah satu karir dengan penghasilan yang tinggi dan sangat layak untuk dijadikan sebagai pilihan.

5. Ahli Statistika

  ahli statistika

Untuk menekuni bidang ini, kamu tentu masih membutuhkan tambahan keahlian khusus terkait dengan ilmu statistika itu sendiri. Untuk bekerja di bidang yang satu ini kamu harus memiliki pemahaman yang baik terkait dasar analisa statistika, termasuk sistem pengelolaan data. 

Bidang yang satu ini dibutuhkan cukup banyak, terutama di perusahaan-perusahaan yang berskala besar. Selain itu, gaji untuk ahli statistika juga terbilang sangat besar dan sangat menjanjikan.

Baca Juga: Dapat Undangan Interview Kerja Online? Lakukan 8 Tips Ini Biar Wawancara Lancar!

6. Ahli Matematika

ahli matematika  

Menjadi ahli matematika juga bisa menjadi pilihan karir lainnya yang dapat kamu jadikan sebagai pertimbangan. Jurusan ini akan membawamu menekuni dan mempelajari berbagai bidang sains sekaligus dan tidak hanya terbatas pada bidang matematika itu sendiri. 

Ahli matematika akan menangani berbagai permasalahan dan menyelesaikannya dengan menggunakan metode matematika. Bidang yang satu ini juga bisa memberimu gaji yang cukup tinggi setiap bulannya.

Jurusan dengan Banyak Pilihan Karir

Jurusan matematika menjanjikan banyak peluang kerja yang cukup beragam, bahkan dengan gaji yang cukup besar sekalipun. Jika kamu termasuk orang yang mengambil jurusan ini, maka bersiaplah untuk memilih karir terbaik dan sesuai dengan minatmu, sehingga kamu bisa menikmati pekerjaanmu dengan lebih menyenangkan.

Baca Juga: 8 Tips Mengurangi Gangguan Kerja Saat Berada di Kantor