Mengenal Podcast: Bentuk, Tipe dan Tips Sukses Membuatnya

Podcast tentu sudah bukan sesuatu yang asing lagi untuk kebanyakan orang, terutama anak muda yang terbiasa dengan berbagai info terkini. Podcast adalah istilah untuk rekaman audio yang bisa disimak atau didengar oleh banyak orang. 

Jika masih bingung dan bertanya podcast itu apa, maka secara garis besar ini hampir sama dengan radio, sebab hanya bisa didengarkan saja. Namun meski begitu, podcast tetap memiliki perbedaan yang cukup besar dengan radio.

Di dalam perkembangannya, podcast Indonesia juga mengalami banyak sekali perubahan. Ada banyak channel podcast baru yang muncul, bahkan dengan berbagai topik yang beragam dan lebih menarik dari sebelumnya. 

Podcast artinya siaran audio yang tersaji di website atau berbagai platform lainnya. Istilah pod sendiri diambil dari sebuah pemutar audio digital milik Apple, yakni “iPod”, sedangkan cast merujuk pada istilah yang banyak digunakan di dunia radio, yakni “broadcast”.

Podcast dapat didengarkan oleh siapa saja dengan mudah, kapan saja dan dimanapun mereka menginginkannya. Misalnya: dalam perjalanan pulang pergi ke kantor, dalam perjalanan ke luar kota, atau bahkan ketika sedang bersantai di rumah sekalipun.

Sama seperti di negara lain, podcast Indonesia juga memiliki pendengar yang terbilang cukup banyak, bahkan meningkat setiap tahunnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Edison Research dan Triton Digital lewat Oberlo, diketahui bahwa kebanyakan pendengar secara rutin mendengarkan podcast sekitar 5 jam setiap minggunya. 

Bagaimana Bentuk Podcast?

loader

Berdasarkan Live365, dijelaskan bahwa podcast tidak memiliki keterkaitan bentuk maupun kriteria tertentu. Artinya, podcast tidak memiliki kriteria khusus tertentu, seperti: durasi, format dan gaya yang dibawakan di dalamnya, jumlah produksi, dan yang lainnya. 

Jika penasaran dengan jumlah ideal durasi podcast itu apa, maka ini akan sangat variatif. Durasi podcast bisa saja beberapa menit yang terbilang singkat, atau bahkan hingga satu sampai dua jam, tergantung pada topik dan juga podcaster yang membawakannya. 

Di dalam prakteknya, format podcast adalah berupa sesi wawancara yang dilakukan langsung oleh pembawa acara/ host dengan orang yang menjadi narasumbernya. Namun selain format tersebut, host juga bisa menjalankan sebuah podcast dengan sendiri saja (tanpa narasumber).

Sejumlah podcast dibuat dengan seadanya saja dan tidak melalui proses editing, di mana proses produksinya pada umumnya dilakukan dengan memakai sejumlah peralatan yang terbilang seadanya. 

Namun di lain sisi, ada sejumlah podcast yang dibuat dan direkam langsung di sebuah studio profesional, di mana proses ini didukung dengan peralatan yang memadai. Bukan hanya itu saja, podcast juga melalui proses editing dan menerapkan sejumlah iklan, musik dan hal lainnya yang dianggap penting. 

Topik podcast artinya tema yang akan dibahas di dalam podcast tersebut, misalnya: fashion, traveling, musik, dan yang lainnya. Topik ini bisa saja beragam, tergantung pada host yang akan membawakan podcast itu sendiri. 

Baca Juga: Jangan Jadi Hobi Aja, Bawel di Podcast Bisa jadi Uang dengan Cara Ini

Apa Saja Tipe Podcast dan Aplikasinya? 

Jika masih bingung tentang tipe podcast itu apa saja, berikut ini penjelasannya: 

Nama Tipe Podcast Keterangan
Podcast Interview

Ini merupakan tipe podcast yang paling populer dan banyak disukai, termasuk di podcast Indonesia. Format wawancara ini dilakukan host dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada narasumbernya. 

Pada umumnya, narasumber yang diundang akan berbeda-beda di dalam setiap episodenya. Format ini terbilang simpel dan tidak membutuhkan teknik tertentu, sehingga cukup banyak disukai oleh para podcaster. 

Namun untuk membuat podcast lebih menarik, biasanya podcaster harus mempelajari materi maupun narasumber yang akan diwawancarainya tersebut. Selain itu, podcaster membutuhkan kemampuan

Podcast Solo

Solo podcast artinya podcast yang dibawakan seorang diri oleh podcaster, tanpa mendatangkan tamu maupun seorang co-host. Sebagaimana namanya, podcast ini dibuat berbentuk monolog, dimana pembicaraan akan dilakukan sendiri saja oleh podcaster. 

Topik yang diangkat dalam solo podcast adalah tidak terbatas dan bisa saja beragam, sebagaimana podcast pada umumnya. Hanya saja konten ini akan memuat opini pribadi podcaster itu sendiri terkait berbagai hal, seperti: gaya hidup, fashion terkini, berita terbaru, dan yang lainnya.
Podcast Multi Host

Ini merupakan tipe podcast yang dibawakan oleh dua atau beberapa orang host sekaligus. Jika melihat kenyataan tersebut, jelas podcast yang satu ini akan lebih ramai jika dibandingkan dengan tipe lainnya. 

Pada umumnya, podcast yang satu ini menyajikan berbagai topik yang memungkinkan para host untuk berdiskusi dan menyampaikan opini masing-masing, bahkan berdebat. Hal inilah yang akan menjadi hiburan tersendiri bagi para pendengar. 

Podcast adalah sesuatu yang bisa dibuat dengan lebih mudah saat ini, sebab ada banyak aplikasi yang mendukung produksi audio ini. Di antara berbagai aplikasi yang populer, berikut ini adalah beberapa yang paling layak untuk dicoba: 

  • Anchor. 
  • Podbean
  • Castbox

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

10 Daftar Podcaster yang Paling Populer di Indonesia 

Podcast Indonesia juga terbilang banyak peminatnya, bahkan pendengarnya semakin bertambah saja. Podcast artinya audio yang mudah didengarkan kapan saja dan di mana saja. 

Nama Podcaster Keterangan
Pangeran Siahaan, Justin Lhaksana dan Tio Prasetyo

Channel podcast ini disebut Box2Box dan menjadi salah satu podcast Indonesia yang paling populer. Box2Box mengangkat tema sepakbola dan membahas apa saja tentang dunia sepak bola itu sendiri. Ketiga hostnya memiliki latar belakang presenter dan jurnalis, sehingga podcast ini ramai dan selalu seru.

 Randy dan Febri

Masih dengan tema sepakbola, Retropus juga terbilang populer. Podcast ini menarik dan biasanya menampilkan hostnya yang sok tau, sehingga sangat menghibur. Kedua hostnya memang bisa membawa podcast ini dengan balutan lelucon yang selalu baru.

Reza, Anka, Radhini, dan Abigail Raport dibawakan oleh 4 host yang akan membuat pendengar sulit untuk berhenti tertawa. Podcast ini mengangkat tema yang terbilang random, sehingga selalu seru dan penuh kejutan. Meski mengangkat obrolan sehari-hari, podcast ini tetap seru untuk dijadikan teman di saat santai.
Raditya Dika Podcaster yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi dan dikenal dengan kekonyolannya. Format talkshow yang dibawakan Raditya Dika dalam PORD ini mengangkat banyak tema menarik, tentunya dikemas dengan santai dan seru.
Adriano Qalbi Stand-up comedian ini sukses membawa Awal Minggu menjadi salah satu podcast populer di tanah air. Adriano sendiri membahas tema yang terbilang random, terutama yang terkait dengan rutinitasnya sendiri.
@mizter.popo Pada dasarnya, nama di atas bertindak sebagai kurator saja, sebab podcast ini hanya diisi dengan cerita kiriman dari para pendengar saja. Namun “Do You See What I see?” menjadi salah satu podcast yang paling populer dan wajib didengarkan oleh orang-orang yang senang dengan berbagai cerita horor.
Pangeran Siahaan dan Iman Sjafei Asumsi Bersuara merupakan podcast yang membahas isu popitik serta kultur pop, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri. Podcast ini sekaligus menjadi satu-satunya channel yang membahas tema di atas dengan bahasa yang santai, namun tetap informatif.
Iqbal Hariadi Subjective merupakan podcast yang membahas berbagai tema menarik dan sedang trending. Tidak hanya sendiri saja, Iqbal Hariadi juga kerap mendatangkan narasumber yang berkaitan dengan tema yang sedang dibahasnya.
Laila Achmad dan Dara Hanafi Kejar Paket Pintar ini dibawakan oleh dua wanita yang secara konsisten membahas berbagai hal yang informatif. Ada banyak topik yang beragam dibahas di podcast ini, seperti: politik, budaya, isu-isu terkini, dan yang lainnya.
Hersal dan Anjas  Sebagaimana namanya, podcast ini berisi tentang berbagai tema yang dibawakan dengan santai, bahkan dengan bahasa yang kerap mengundang kontroversi. Namun kedua host nya selalu memiliki cara untuk membuat setiap topik menjadi menarik.

Baca Juga: Bakal Jadi Tren Hiburan Berikutnya, Ini Dia 15 Channel Podcast yang Millenial Wajib Tau!

Tips Membuat Podcast

Podcast artinya sebuah audio yang bisa didengarkan oleh banyak orang, sehingga penting untuk membuatnya menarik dan informatif.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat podcast yang menarik dan memiliki banyak pendengar: 

  • Tentukan tujuan utama pembuatan podcast.
  • Pilih topik yang sesuai dengan passion
  • Lakukanlah riset pasar terlebih dahulu. 
  • Tidak ada salahnya untuk menggunakan format video dalam podcast.
  • Pertimbangkan untuk memiliki peralatan podcasting yang mendukung. 
  • Gunakan ruangan yang memadai untuk proses perekaman.
  • Buat jadwal tetap untuk memposting podcast.
  • Promosikan channel secara online. 
  • Dapatkan pendanaan dengan cara yang tepat.
  • Miliki kesabaran untuk membangun channel podcast.

Bangun Channel Podcast dengan cara Tepat 

Podcast adalah siaran audio yang tersaji di website maupun platform lainnya. Jika tertarik tentang podcast itu apa dan ingin menekuninya, maka mulailah belajar dari channel-channel yang populer di tanah air. Bangun channel podcast dengan cara yang tepat, agar kelak channel tersebut bisa populer dan menghasilkan uang. 

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Youtuber adalah Profesi yang Menjanjikan