Mengenal Point of Sales: Fungsi, Jenis dan Pilihan Aplikasinya

Point of sale mungkin tidak familiar untuk kebanyakan orang, sebab sistem yang satu ini biasanya hanya digunakan oleh para pebisnis. Secara garis besar, sistem ini akan membantu para pebisnis untuk melakukan perekaman data, sehingga berbagai data terkait bisnis bisa tersimpan dengan rapi.

Kemampuan point of sales dalam mengelola data tentu akan membantu pebisnis untuk lebih mudah dalam menjalankan bisnis mereka. Hal ini akan membawa banyak kemudahan dan dampak positif bagi bisnis itu sendiri.

Point of sales juga kerap disingkat menjadi POS, ini merupakan tempat pembayaran bagi pelanggan yang sedang membeli sesuatu, baik itu produk yang berbentuk barang maupun jasa. 

Pada umumnya, POS ini hadir dalam berbagai bentuk mesin, seperti: mesin EDC, tablet, smartphone, dan mesin pembayaran lainnya yang digunakan dalam menyelesaikan transaksi pembelian di toko-toko. Di tanah air sendiri, mesin ini dikenal dengan sebutan mesin kasir. 

Pada awalnya, mesin ini hanya digunakan untuk mempermudah para pebisnis untuk menjalankan transaksi di toko mereka. Saat ini, POS cukup bisa diandalkan untuk menyelesaikan berbagai tugas, seperti: menghitung cepat transaksi, menyimpan uang dan juga mencetak struk. 

Namun di dalam perkembangannya, aplikasi point of sales memiliki sejumlah fitur yang dikembangkan sesuai dengan perubahan teknologi. POS bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data pelanggan, melakukan penghitungan laba dan kerugian, termasuk melakukan perekapan laporan penjualan.

Bukan hanya itu saja, saat ini aplikasi point of sales bahkan sudah menggunakan teknologi internet dan dilengkapi dengan beragam fitur yang lebih mumpuni. Semua keunggulan point of sale ini akan membantu para pebisnis untuk lebih mudah menjalankan bisnis mereka. 

Selain itu, POS juga tidak hadir dalam mesin besar yang sulit untuk didapatkan. Sistem ini kini hadir dalam bentuk aplikasi point of sales yang langsung terhubung dengan layanan internet, sehingga lebih mudah digunakan.

Pebisnis bisa menggunakan aplikasi point of sales ini dengan praktis melalui tablet maupun smartphone mereka. Begitu mudah dan praktis, aplikasi ini bahkan bisa menghemat banyak biaya, jika dibandingkan dengan pembelian mesin kasir yang terbilang mahal.

Baca Juga: Sistem ERP dalam Bisnis: Pengertian, Tujuan, dan Fungsinya

Lindungi karyawan dengan asuransi kesehatan agar bekerja lebih nyaman.

Beli Asuransi Kesehatan Karyawan Sekarang!  

Apa saja Fungsi Point of Sale ?

loader

Point of Sales

Point of sales pada akhirnya memang banyak digunakan untuk menggantikan sistem pembayaran manual oleh para pebisnis. Hal ini tentu masuk akal, mengingat sistem tersebut bisa memberikan banyak kemudahan dalam pengelolaan bisnis. 

Sistem pembayaran dan juga pengelolaan berbagai data lainnya akan menjadi lebih mudah, bahkan jauh lebih rapi dari sebelumnya. Point of sales akan membuat berbagai pekerjaan yang sebelumnya terbilang rumit menjadi jauh lebih mudah dan cepat untuk diselesaikan. 

Berbagai kemudahan yang diberikan oleh POS tentu tidak lepas dari fungsinya yang cukup beragam. Bukan hanya bagi para pebisnis saja, penggunaan POS juga akan memberikan kemudahan bagi para pelanggan itu sendiri. 

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang bisa didapatkan dari penggunaan point of sale di dalam bisnis: 

  • POS bisa digunakan untuk menyimpan daftar seluruh harga barang yang dijual, sehingga catatan terkait persediaan dan yang lainnya akan menjadi lebih rapi dan mudah untuk dipahami.
  • Point of sales akan mempermudah proses pencatatan keuangan secara lengkap, baik itu pendapatan, pengeluaran maupun laba usaha yang didapatkan secara rinci.
  • Sistem ini juga bisa melakukan pencatatan secara otomatis terhadap semua barang, baik itu barang yang masuk maupun barang yang keluar. 
  • Sistem POS prakti dan mudah untuk dipahami, sehingga dapat dipasang dan digunakan sendiri. Hal ini akan menghemat pengeluaran untuk urusan penggunaan mesin kasir dan yang lainnya.
  • POS juga bisa dimanfaatkan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan pemesanan. Hal ini biasanya sering digunakan oleh pebisnis restoran dan kafe yang memungkinkan pelanggannya melakukan pemesanan langsung melalui tablet. 
  • Poin Of Sale juga memungkinkan pebisnis menerapkan beberapa sistem pembayaran yang berbeda di dalam bisnis mereka. Hal ini akan memudahkan pelanggan untuk melakukan transaksi, sesuai dengan layanan pembayaran yang mereka gunakan. 

Jenis-Jenis Poin Of Sale

Perkembangan teknologi juga membawa banyak perubahan di dalam sistem POS. Ini tentu sebuah hal yang positif dan diharapkan bisa membuat sistem pembayaran ini menjadi jauh lebih sempurna dari sebelumnya. 

Namun sama dengan berbagai sistem lainnya, sejumlah pengguna POS juga masih ada yang menggunakan sistem yang lama, tentunya dengan berbagai alasan. Hal ini tentu tidak masalah, selama manfaat yang didapatkan dari point of sale itu sendiri sudah sesuai dengan kebutuhan.

Simak jenis-jenis Point Of Sale dan karakteristiknya berikut ini sebagai gambaran: 

  1. Poin Of Sale (POS) Tradisional 

    POS tradisional adalah mesin manual yang dijalankan dengan dengan sistem back up data secara langsung pada hard disk komputer dan hanya bisa diakses melalui komputer tersebut atau melalui sambungan yang dihubungkan secara manual ke komputer lainnya. 

    Sistem POS tradisional memiliki beberapa karakteristik seperti berikut ini: 

    • Penggunaannya terbatas dan hanya bisa diakses di tempat/ komputer di mana data hard disk tersimpan.
    • Memiliki risiko pengelolaan data yang lebih tinggi, baik itu kehilangan maupun kerusakan data, sebab seluruh data hanya tersimpan dalam satu tempat saja. 
    • Membutuhkan biaya yang cukup tinggi, yakni biaya instalasi awal dan juga biaya pemeliharaan rutin yang biasanya harus dilakukan oleh teknisi. 
  2. Cloud Point Of Sale

    Cloud POS merupakan sistem POS yang terhubung dengan layanan internet, di mana sistem ini menggunakan penyimpanan data berbentuk digital yang lebih aman.

    Berikut ini adalah beberapa karakteristik dari sistem Cloud POS: 

    • Menggunakan sistem yang canggih berbasis aplikasi, sehingga lebih mudah diakses melalui tablet atau bahkan smartphone, dan bisa diakses dari mana saja dengan mudah.
    • Data bisa di back up, sehingga risiko kehilangan atau kerusakan data bisa diminimalisir dengan baik.
    • Electronic Point Of Sales (EPOS) pada umumnya menggunakan layanan berbayar yang bisa dibayarkan per tahun, di mana aplikasi ini bisa diakses dari perangkat apapun tanpa membeli perangkat khusus. Hal ini akan membuat biaya pengadaannya menjadi lebih hemat. 

Baca Juga: Kisah Sukses Erigo, Brand Lokal yang Mendunia

Pilihan Aplikasi Point Of Sales di Indonesia 

Berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi Point Of Sales di Indonesia yang bisa dijadikan pertimbangan: 

  1. Jurnal Touch

    Aplikasi POS ini menawarkan sejumlah manfaat, mulai dari kustomisasi struk penjualan, sinkronisasi data dengan cara otomatis, dan yang lainnya. Bukan hanya itu saja, aplikasi ini juga sudah terhubung dengan fitur akuntansi, sehingga transaksi keuangan akan dibukukan secara otomatis. 

  2. iREAP POS Pro

    Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk berbagai jenis bisnis, seperti: restoran, franchise, kafe, dan yang lainnya. iREAP sudah terhubung dengan jurnal, sehingga proses pembukuan penjualan bisa berjalan dengan otomatis dan membuat pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah. 

  3. Moka POS

    Moka POS menjadi aplikasi canggih lainnya yang bisa dijadikan pilihan. Moka Sudah dilengkapi dengan jurnal, sehingga semua transaksi akan dibukukan dengan cara otomatis melalui aplikasi ini. Sistem ini cocok untuk berbagai bisnis, bahkan bisnis kecil sekalipun.

  4. Octopus POS System

    Pengguna Octopus juga bisa mendapatkan banyak kemudahan saat menggunakan aplikasi POS ini. Karena sudah terhubung dengan jurnal, aplikasi ini juga akan membuat pencatatan keuangan dan penjualan menjadi lebih rapi dan mudah untuk dikelola. 

  5. Vend POS

    Dikenal sebagai salah satu aplikasi POS yang mudah digunakan, Vend POS akan membuat sistem pencatatan bisnis menjadi lebih simpel, sebab aplikasi ini juga sudah terintegrasi dengan jurnal akuntansi. Pembukuan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

  6. POS iSeller

    Ini merupakan salah satu aplikasi POS terbaru dan cukup mudah untuk digunakan. Aplikasi ini bisa menghubungkan berbagai data dengan mudah, seperti data penjualan dan persediaan produk, termasuk jurnal yang dibutuhkan untuk proses pencatatan 

  7. Olsera POS

    Aplikasi ini termasuk salah satu yang memiliki fitur cukup lengkap, sehingga akan memudahkan pebisnis dalam mengurus berbagai hal, seperti: penghitungan produk, penjualan, perhitungan pajak, hutang dan piutang, perhitungan komisi, dan yang lainnya. 

Permudah Aktivitas Bisnis dengan Point Of Sale (POS)

POS merupakan sistem yang bisa digunakan untuk mempermudah pengelolaan bisnis, terutama terkait dengan data serta keuangan. Saat ini, sistem ini sudah hadir dalam bentuk aplikasi yang simpel, sehingga lebih mudah untuk digunakan. Pahami dan manfaatkan POS di dalam bisnis, sehingga berbagai urusan bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Mengenal Leaflet: Fungsi, Bentuk, Contoh dan Cara Membuatnya