Mengenal Powder Coating: Kelebihan dan Kekurangannya

Powder coating menjadi salah satu istilah yang cukup populer di dunia modifikasi tanah air. Namun meski begitu, tak jarang sebagian orang justru kebingungan dengan arti coating itu sendiri, dan hal ini bahkan sering menimbulkan kesalahpahaman untuk beberapa orang. 

Pada dasarnya, cat powder coating sudah dikenal sejak lama oleh para pecinta otomotif, terutama mereka yang senang melakukan modifikasi pada kendaraan. Cat coating dianggap bisa memberikan hasil yang baik, jika dibandingkan dengan cat biasa. 

Baca Juga: Coating Motor: Manfaat, Jenis, dan Tips Memilih Bengkelnya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Pengertian Powder Coating

loader

Coating Mobil 

Powder coating adalah sebuah teknik pewarnaan komponen yang terbuat dari bahan metal. Artinya, powder coating aluminium adalah teknik pewarnaan yang hanya bisa dilakukan pada berbagai permukaan yang dibuat dari bahan metal saja. 

Jika melihat arti coating tersebut, jelas teknik pewarnaan powder coating aluminium ini akan cocok untuk digunakan pada kendaraan, baik itu motor maupun mobil. Jadi tidak mengherankan jika powder coating adalah istilah yang sangat populer di kalangan para pecinta otomotif. 

Pada dasarnya, powder coating adalah teknik pewarnaan yang berbeda dari teknik pewarnaan biasa. Bukan hanya teknik pewarnaannya saja, namun powder coating aluminium juga menggunakan jenis cat yang berbeda, sebab teknik ini dilakukan dengan menggunakan cat coating. 

Cat coating sendiri bukan seperti cat pada umumnya yang bisa ditemukan dalam bentuk cairan siap pakai. Namun sebaliknya, cat powder coating adalah cat yang berbentuk serbuk warna, sehingga dibutuhkan teknik khusus untuk menerapkannya pada permukaan motor atau mobil yang akan dicat. 

Saat akan digunakan, cat powder coating harus dipanaskan terlebih dahulu, sehingga bisa digunakan untuk melapisi permukaan-permukaan yang diinginkan. Teknik yang satu ini tentu tidak bisa dilakukan oleh semua orang, sebagaimana layaknya penerapan cat cair yang lazim digunakan oleh kebanyakan orang. 

Hasil pengecatan dengan menggunakan powder coating hampir sama dengan hasil pengecatan pada umumnya, yang dilakukan dengan menggunakan cat cair. Hal inilah yang menjadi pertimbangan banyak orang untuk menggunakan powder coating aluminium. 

Namun pilihan warna untuk powder coating adalah terbatas, jika dibandingkan dengan bentuk cat lainnya. Cat coating biasanya hanya ditemukan dalam warna-warna yang umum dan banyak dicari konsumen saja, sehingga sulit untuk menemukan warna yang lengkap untuk jenis cat yang satu ini. 

Arti coating sendiri adalah teknik pengecatan pada permukaan metal, sehingga proses ini tentu tidak bisa dilakukan secara instan. Pada umumnya, pengecatan dengan teknik coating ini akan membutuhkan waktu sekitar 4 hingga 6 hari, tergantung pada komponen apa saja yang akan dicat. 

Sedangkan harga untuk cat powder coating juga sangat beragam, tergantung pada kebijakan dan tarif bengkel yang menyediakan layanan tersebut. Namun rata-rata pengecatan dengan teknik unik ini bisa dihargai mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 

Jika dibandingkan dengan proses dan juga arti coating yang terbilang rumit, harga pewarnaan dengan teknik tersebut tentu masih masuk akal, bukan? 

Kelebihan dan Kekurangan Powder Coating

Arti coating adalah teknik pengecatan yang dilakukan pada permukaan metal yang dilakukan dengan menggunakan cat coating. Jika melihat pengertian tersebut, jelas pengecatan ini akan membutuhkan ketelitian khusus, mengingat cat yang akan digunakan dalam proses tersebut adalah berbentuk bubuk.

Namun sebagaimana proses pengecatan lainnya, teknik powder coating aluminium ini juga tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Penerapan cat powder coating pada permukaan metal tidak mudah, sebab permukaan metal tidak akan menyerap cat, sebagaimana pengecatan pada kayu atau media lainnya. 

  1. Kelebihan Teknik Powder Coating 

    Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari teknik powder coating:

    • Warna yang Lebih Tebal

      Pengecatan dengan powder coating adalah pengecatan yang memberi hasil warna stabil dan bahkan lebih tebal, jika dibandingkan dengan proses pengecatan lainnya. Powder coating bisa menghasilkan ketebalan sampai 350 micron, sementara cat minyak biasanya hanya bisa memberikan hasil pengecatan setebal 30-40 mikron saja. Ini tentu perbedaan yang sangat jauh. 

    • Permukaan yang Keras

      Masih berkaitan dengan poin di atas, hasil pengecatan yang tebal tentu akan membuat permukaan menjadi lebih keras. Cat yang tebal ini akan memberikan perlindungan yang lebih baik pada metal, di mana permukaannya akan menjdi lebih tahan terhadap goresan. 

    • Memiliki Sifat Adhesif yang Lebih Kuat

      Powder coating memiliki sifat adhesif yang lebih kuat dan ini menjadi keuntungan tersendiri dalam proses pengecatan. Cat coating akan lebih menyatu dengan permukaan metal, sehingga hasil pengecatan lebih baik. Proses chemical pretreatment serta bake oven yang mencapai 200 derajat celcius, akan membuat proses melting dari cat coating menjadi lebih mudah untuk menyatu pada permukaan/ media yang dicat.  

    • Menutup Pori-pori dengan Sempurna

      Di dalam prakteknya, teknik pengecatan dengan powder coating akan memberikan hasil yang lebih merata dan juga tebal. Hal ini akan membuat pori-pori metal/ media yang dicat bisa ditutup dengan sempurna. Hasil pengecatan juga akan jadi lebih tahan lama.

      Sedangkan hasil pengecatan dengan menggunakan cat minyak justru sebaliknya. Dalam kurun waktu tertentu, permukaan yang dicat biasanya akan mengalami retakan kecil yang tak kasat mata. Seiring dengan berlalunya waktu, retakan ini akan menjadi jalan masuknya air atau embun dan uap menuju pori-pori, di mana hal ini dapat menjadi pemicu timbulnya karat.

    • Efisien

      Pengecatan dengan powder coating akan lebih efisien serta hemat, jika dibandingkan dengan teknik pengecatan lainnya. Penyebaran warna yang baik bisa membuat penggunaan cat coating menjadi lebih hemat. 

      Bukan hanya itu saja, penerapan cat juga akan lebih mudah dengan menggunakan peralatan yang tepat. Bahan-bahan yang digunakan untuk teknik pengecatan ini juga lebih murah, jika dibandingkan dengan pengecatan lainnya. 

    • Ramah Lingkungan

      Teknik pengecatan powder coating cukup aman bagi kesehatan, bahkan ramah lingkungan. Cat ini tidak membutuhkan bahan tambahan khusus dalam proses pelarutannya, di mana berbagai bahan ini biasanya rentan membuat cat mengelupas dan menimbulkan sampah lingkungan. Selain itu, bahan cat bubuk ini tidak menimbulkan bau menyengat, bahkan ketika dalam kondisi basah. 

    • Aman 

      Secara garis besar, saat berbentuk bubuk terbilang aman untuk kesehatan dan tidak akan menimbulkan masalah saat mengenai kulit. Namun meski begitu, proses pengecatan dengan menggunakan powder coating haruslah dilakukan dengan menggunakan peralatan yang tepat dan memadai. 

    • Kualitas Baik dan Tahan Karat 

      Teknik pengecatan coating yang menggunakan suhu tinggi akan membantu proses hilangnya karat dari permukaan metal. Hasil pengecatan yang tebal akan membuat permukaan metal lebih baik dan sekaligus tahan karat. Permukaan metal akan tahan terhadap hujan dan panas, jika dibandingkan dengan hasil pengecatan biasa. Daya tahan cat coating bahkan bisa mencapai 10 tahun. 

  2. Kekurangan Teknik Powder Coating 

    Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari teknik pengecatan powder coating: 

    • Hanya untuk Permukaan Metal 

      Cat powder coating merupakan cat bubuk yang hanya bisa digunakan untuk permukaan metal saja. Cat yang satu ini tidak bisa dipakai untuk mengecat permukaan kayu, karet atau material lainnya di luar metal. Hal ini tentu akan membuat penggunaan powder coating menjadi terbatas. 

    • Hanya Memiliki Warna Terbatas 

      Hadir dalam bentuk bubuk, cat powder coating memang tidak memiliki banyak pilihan warna. Pada umumnya, bengkel atau toko-toko yang menyediakan produk ini hanya menjual sejumlah warna yang umum saja, biasanya warna-warna yang banyak diminati. Hal ini akan membuat pilihan warna untuk pengecatan ini begitu terbatas, terutama untuk warna-warna yang unik.

    • Proses Pengeringan Lama 

      Berbeda dengan proses pengeringan cat lainnya, cat powder coating memang membutuhkan proses pengeringan yang lebih lama. Hal ini tentu dipengaruhi oleh ketebalan cat yang juga lebih, jika dibandingkan dengan ketebalan pengecatan biasa lainnya. 

    • Material harus Steril 

      Pengecatan powder coating akan menggunakan suhu di atas 200 derajat celcius, itulah mengapa cat ini khusus diperuntukkan untuk material metal. Saat akan melakukan pengecatan, media yang akan dicat harus benar-benar steril dan bebas dari material di luar metal, seperti kayu atau karet dan yang lainnya. 

Lakukan Pengecatan Powder Coating dengan Benar 

Powder coating adalah teknik pewarnaan komponen yang terbuat dari bahan metal. Teknik yang satu ini biasanya banyak digunakan dalam proses modifikasi kendaraan. Pahami menggunakan teknik powder coating dengan benar, agar hasil pengecatan bisa awet dan tahan lama.

Baca Juga: 10 Tips Merawat Bodi Mobil Bebas Karat dan Jamur di Musim Penghujan